BENTUK-BENTUK BADAN USAHA

/
PERUSAHAAN
Pengertian Perusahaan / Badan Usaha
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor
produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi
perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk
perusahaannya. Badan usaha adalah kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang
bertujuan mencari laba atau keuntungan. Badan Usaha seringkali disamakan dengan
perusahaan, pada kenyataannya perusahaan dan Badan hukum berbeda. Perbedaan utamanya,
Badan Usaha adalah lembaga sementara perusahaan adalah tempat dimana Badan Usaha itu
mengelola faktor-faktor produksi.

Bentuk-bentuk Perusahaan / Badan Usaha
1. Perusahaan berbadan hukum
Merupakan perusahaan yang dapat dimiliki oleh swasta maupun negara, dapat berupa
perusahaan persekutuan. Jenis perusahaan inin didirikan dan dimiliki oleh beberapa orang
pengusaha baik swasta maupun negara yang memenuhi syarat-syarat sebagai badan hukum.

 Persero adalah Badan Usaha yang dikelola oleh Negara atau Daerah. Tujuan
didirikannya Persero yang pertama adalah mencari keuntungan dan yang kedua
memberi pelayanan kepada umum. Modal pendiriannya berasal sebagian atau
seluruhnya dari kekayaan negara yang dipisahkan berupa saham-saham. Contoh: PT
Perusahaan Listrik Negara, PT Pos Indonesia, PT Kereta Api Indonesia.

Keunggulan
# Pemegang saham bertanggung jawab terbatas terhadap hutang-hutang perusahaan.
# Mudah mendapatkan tambahan dana/modal misalnya dengan mengeluarkan saham baru.
# Kelangsungan hidup perusahaan lebih terjamin.
# Terdapat efesiensi pengelolaan sumber dana dan efesiensi pimpinan, karena pimpinan dapat
diganti sewak tu-waktu melalui Rapat Umum Pemegang Saham.
# Kepengurusan perseroan memiliki tanggung jawab yang jelas kepada pemilik atau
pemegang saham.
# Diatur dengan jelas oleh undang-undang perseroan terbatas serta peraturan lain yang
mengikat dan melindungi kegiatan perusahaan.

Kekurangan
# Merupakan subjek pajak tersendiri dan deviden yang diterima pemegang saham akan
dikenak an pajak.
# Kurang terjamin rahasiaperusahaan, karena semua kegiatan harus dilaporkan kepada
pemegang saham
# Proses pendiriannya membutuhkan wak tu lebih lama dan biaya yang lebih besar dari CV.
# Proses Pembubaran, Perubahan Anggaran Dasar, Penggabungan dan Pengambilalihan
perseroan membutuhkan waktu dan biaya serta persetujuan dari Rapat Umum Pemegang
Saham (RUPS).

 PERUM adalah BUMN yang seluruh modalnya dimiliki oleh Negara dan tidak
terbagi atas saham, yang bertujuan untuk kemanfaatan umum berupa penyediaan

# Seluruh keuntungan perusahaan menjadi hak pemilik perusahaan. # Dengan status pegawai perusahaan negara atau daerah. # Seluruh aktivitas manajemen dilakukan sendiri.  Perusahaan perseorangaan adalah perusahaan yang dimiliki. sehingga pengelolaan manajemen menjadi kompleks. # Rahasia perus ahaan terjamin. Kekurangan : # Tanggung jawab pemilik tidak terbatas. budaya kerja di perum umumnya lebih baik dibanding perjan. Masing-masing sekutu (firmant) ikut memimpin perusahaan dan bertanggung jawab penuh terhadap hutang perusahaan. Kelemahan: # Masih terjadi pemborosan (inefisiensi) karena tidak adanya perusahaan saingan. # Tingkat produktivitas pegawai umumnya masih di bawah pegawai perseroan (PT). Keunggulan : # Pemilik bebas mengambil keputusan.  Firma (Fa) adalah badan usaha yang didirikan dua orang atau lebih yang menjalankan kegiatan usaha dengan satu nama. dapat berupa perusahaan perseorangan maupun perusahaan persekutuan. Perum Pegadaian. Keuntungan yang didapat digunakan lagi sebagai dana pembangunan. berarti negara yang dirugikan. # Sering menjadi alat politik kelompok tertentu sehingga perum menjadi sapi perahan (diperas) untuk kepentingan kelompok tersebut. Perum Perhutani. perum bekerja lebih efisien karena selain member layanan kepada masyarakat. baik pusat atau daerah. Kelebihan: # Modalnya lebih besar karena gabungan beberapa orang . Kelebihan: # Menangani bidang-bidang usaha yang penting. Tidak ada pemisahan modal antara kekayaan pribadi dan kekayaan perusahaan. # Kelangsungan hidup perusahaan kurang terjamin. # Jika perum rugi. # Dibanding perjan. 2. Contoh: Perum Peruri / PNRI (Percetakan Negara RI). barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan sekaligus mengejar keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan badan usaha. # Sumber keuangan perusahaan terbatas. Perum Damri. # Pemilik lebih giat berusaha. dll. juga dituntut untuk meraih laba. dikelola dan dipimpin oleh seseorang yang bertanggung jawab penuh terhadap semua resiko dan aktivitas perusahaan. # Seluruh modalnya milik pemerintah. Perusahaan bukan berbadan hukum Merupakan perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan swasta. # Bertujuan memberikan layanan kepada masyarakat sekaligus mencari keuntungan.

com/2014/10/kelebihan-dan-kelemahan-perusahaan- umum. Kelebihan: # Mudah memperoleh/menambah modal dengan jalan menjual saham # Keprofesionalan pengelola lebih bisa diandalkan # Pemilik saham dapat sewaktu-waktu memindahtangankan atau menjualnya kepadaorang lain # Tanggung jawab pemilik sebatas saham yang dimilikinya # Mudah memperoleh kredit dari bank Kelemahan: # Proses pendirian memerlukan perijinan yang lama dan berbelit # Spekulasi saham dibursa saham menyebabkan labilnya permodalan perusahaan # Rahasia badan usaha kurang terjamin SUMBER : o http://simplenews05. dan tidak turut campur dalam pengelolaan perusahaan. yaitu sekutu yang ikut menyertakan modal sekaligus aktif mengelola jalannya usaha.blogspot.html . Kelebihan: # Cara pendiriannya mudah # Modalnya relatif besar yang bersumber dari para sekutu # Sistem pengelolaan lebih baik # Mudah memperoleh kredit dari bank Kelemahan: # Sekutu aktif memikul tanggungjawab yang tidak terbatas # kelangsungan usaha sewaktu-waktu dapat terganggu # kesulitan untuk menarik modal yang telah disertakan  Perseroan terbatas (PT) disebut juga Naamloze Vennootschap (NV-Bahasa Belanda). adalah badan usaha yang dari persekutuan antara dua orang atau lebih yang modalnya diperoleh dengan cara menjual saham.# Kelangsungan hidup lebih terjamin karena dikelola oleh beberapa orang # Bisa memanfaatkan keahlian masing-masing sekutu Kelemahan: # Tanggungjawab pemilik yang tidak terbatas terhadap hutang perusahaan # Mudah terjadi perselisihan diantara sekutu perusahaan # Apabila salah satu sekutu (firmant) melakukan kesalahan akibatnya ditanggung oleh # seluruh anggota firma.  Persekutuan komanditer atau CV (dari bahasa Belanda Commanditair Vennootschap) adalah badan usaha yang terdiri dari satu atau beberapa sekutu komanditer.Sekutu komanditer adalah sekutu yang hanya menyerahkan atau menyertakan modal. Pada CV dikenal dua macam sekutu yaitu: o Sekutu aktif. o Sekutu pasif atau sekutu komanditer. yaitu sekutu yang hanya menyertakan modal saja dan tidak terlibat dalam pengelolaan usaha.

org/wiki/Badan_usaha o http://id.org/wiki/Perusahaan o https://www.wikipedia.o http://id.academia.html Tentang iklan-iklan ini .wikipedia.edu/8023990/Bentuk_-_Bentuk_Perusahaan o http://wahyudanu93.com/2011/12/bab-3-bentuk-bentuk-badan-usaha.blogspot.