6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel

Warning! Jika Anda Arsitek, Civil Engineer
atau Drafter Pemula, Mungkin ebook ini Perlu
Anda Ketahui…
Haloo teman-teman…

Sebelum Anda mempelajari ebook ini, perlu saya katakan bahwa ebook ini
adalah hasil dari pengalaman pribadi saya saat menjadi drafter CAD profesional
dulu.

Artinya, ebook ini ditulis berdasarkan kisah nyata, bukan Cuma teori. Saya tidak
akan share ke teman-teman jika ilmu ini tidak bermanfaat.

Ucapan Selamat buat Anda!

Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada Anda karena Anda sudah berhasil
mendownload ebook ini.

Itu artinya Anda sudah selangkah lebih maju dari orang lain. Mungkin
banyak yang melihat informasi tentang ebook ini, tapi karena mereka
berkata “saya sudah tau”, maka tertutuplah kemungkinan mereka untuk
belajar. Syukurlah Anda bukan orang-orang seperti itu. ^_^.

Mulai saat ini saya minta Anda untuk mengosongkan gelas (pikiran) Anda
untuk menerima ilmu yang sederhana ini, karena dengan begitu Anda akan
mudah mencernanya.

Cara terbaik untuk mempelajari ebook ini adalah dengan praktek, Nyalakan
laptop Anda dan buka program Autocad!...
Page 2 of 22

6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat adalah: 1) Aturan penggunaan tangan 2) Layer 3) Command Favorite 4) CAD Lisp 5) Block 6) Xref Aturan Penggunaan Tangan Tangan KANAN Anda bertugas mengoperasikan Mouse + Numeric pad (Jika menggunakan Desktop). Tangan KIRI Anda bertugas mengoperasikan Keyboard. Jangan sampai terbalik karena tentu akan sangat merepotkan Anda (repotnya posisi tangan seperti huruf X) :p . Ada pengecualian untuk Anda yang kidal. tangan kanan hanya mengoperasikan mouse . Artinya Anda tidak benar-benar awam dengan AutoCAD. Page 3 of 22 . Anda sudah mengerti bahasa-bahasa yang digunakan dalam AutoCAD. jika pakai laptop. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel Asumsi saya Saya asumsikan teman-teman yang membaca ebook ini adalah orang-orang yang sudah mengenal dasar-dasar penggambaran menggunakan program AutoCAD.

Gunakan jempol tangan kiri untuk memencet tombol Space. lebih baik menekan Space... mengapa harus satu? Dengan mengaktifkan tangan KIRI artinya Anda mengasah kemampuan otak KANAN Anda. Selalu ingat. Mengapa? Karena Tuhan menciptakan kedua tangan Anda tidaklah sia-sia. tombol Enter sama dengan Space. Jika Anda tidak mengaktifkan tangan KIRI Anda. Ingat otak kanan adalah otak imajinatif yang membuat Anda kreatif. kalau bisa digunakan keduanya dan lebih cepat. mungkin memang terasa lambat. Pada awal penggunaan tangan KIRI untuk mengetik Command.) Mulai detik ini Anda diharamkan meng-klik Toolbar untuk Command. bertobatlah). artinya Anda tidak memanfaatkan potensi yang dianugerahkan oleh Tuhan (sampai segitunya ya. jadinya besok). daripada menekan tombol Enter. tapi seiring waktu berjalan Anda akan terbiasa dan akan semakin cepat/terlatih. jangan komentar dulu) Page 4 of 22 .. Karena keyboard sudah dikuasai oleh tangan KIRI.. Anda harus mulai mengetikknya! Faham! (Ikuti saja. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel Kebanyakan CAD User pemula memilih menggunakan Command Toolbar daripada mengetik Command melalui keyboard (Apakah Anda salah satunya? Jika ya. (Jangan sampai Entar.. maka menekan tombol Space lebih mudah daripada menekan tombol Enter.

tanah. Layer berfungsi untuk membedakan object/garis/properti yang akan Anda buat. Artinya. Misalkan Anda menggambar sebuah rumah. Artinya semua terpakai. Tidak lebih dan tidak kurang. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel Layer Kebanyakan CAD user pemula yang saya jumpai.) Jika membuat Object berbeda. elektrikal. namun ingat untuk mengelompokkan kategori yang sejenis. Jangan ragu untuk menambahkan layer sebanyak mungkin. *_^…) Page 5 of 22 . diawal menggambar Anda tidak perlu pusing menentukan layer apa saja yang akan Anda buat. notasi. finish dinding. text. Jika ada Layer yang tidak terpakai. furniture. saniter. dll. arsir atap. maka Anda bisa mengelompokkan layer seperti: taman. jual saja di OLX (sayangnya tak bisa jadi duit…heu heu. Layer bisa dibuat sebelum memulai menggambar atau di saat tengah menggambar. Cara membuat Layer: 1) Buka program AutoCAD (sudah dibuka atau belum? Kalau belum. lebih baik tidak usah dilanjutkan membaca. mulai saja sambil jalan. Buatlah Layer sesuai kebutuhan. Tidak ada batasan penggunakan layer. jangan mempersulit diri Anda. arsir bata. Ikuti saja. mereka jarang sekali memanfaatkan fasilitas yang satu ini. yaitu Layer.. dimensi. maka bedakan Layernya.

6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel 2) Klik icon Layer Properties Manager (yang seperti gambar kertas bertumpuk yang ditunjukkan pada gambar berikut) Klik ! Figure 1 Properties Layer 3) Maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Bedakan nama. dan ketebalan garisnya. Tambahkan Layer sesuai kebutuhan. Page 6 of 22 . warna.

5) SELAMAT.. untuk Layer AS biasanya menggunakan garis ----.----. klik [OK]. Baja. Anda telah berhasil membuat Layer. misal: Beton. Page 7 of 22 .----- Lineweight Ketebalan garis saat display maupun mencetak 4) Setelah selesai. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel Kode Keterangan Name Isikan nama Layer yang Anda butuhkan. dll Color Bedakan warna setiap Layer untuk memudahkan Linetype Bentuk garis continuous adalah bentuk standard -________.. Bata. AS.

Dimension Continuous ketik: [DCO] berfungsi untuk meneruskan penggambaran dimensi Page 8 of 22 . Offset ketik: [O] berfungsi untuk mengcopy garis sejajar 4. Block ketik: [B] berfungsi untuk membuat Object Block 12. ada beberapa Command yang menjadi idola. bahkan ada juga yang mengidolakan diri sendiri (Anda termasuk yang mana?.) Sama halnya dengan Nge-CAD. Line ketik: [L] berfungsi untuk membuat garis 2. Diantaranya: 1.. Copy ketik: [CO] berfungsi untuk mengcopy Object 5. ada yang mengidolakan Nabi. Dimension ketik: [DI] berfungsi untuk mengukur panjang garis 6. Trim ketik: [TR] berfungsi untuk memotong garis 9. Dimension Linier ketik: [DLI] berfungsi untuk membuat dimensi linier 13. Erase ketik: [E] berfungsi untuk menghapus Object 7. Hatch ketik: [H] berfungsi untuk mengisi/mengarsir area suatu Object 8. Extend ketik: [EX] berfungsi untuk memanjangkan garis 10. Xline ketik: [XL] berfungsi untuk membuat garis bantu 3. yaitu command-command yang paling sering digunakan Command-command tersebut sebaiknya dihafalkan selagi menggunakan AutoCAD.. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel Command Favorite Setiap orang punya idola. Explode ketik: [X] berfungsi untuk memecah Object Block 11. Dimension Angular ketik: [DAL] berfungsi untuk membuat dimensi angular 14. ada yang mengidolakan Artis. ada yang mengidolakan Atlit.

maka dengan sendirinya Anda akan hafal. trus kertasnya dibakar. dan airnya diminum. kemudian tempelkan di monitor komputer menggunakan nasi. tetapi Command di atas adalah idolanya Setiap menginput perintah. Jangan katakan Anda tidak punya nasi!) Dengan terjadinya pengulangan.LSP Simpan pada folder yang mudah untuk Anda temukan! Cara mengaktifkannya 1) Ketik [AP] > [Space] Page 9 of 22 . (Kalau gak punya Post-it. Sudahlah. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel 15. abunya dicampur air. tidak usah membantah. akhiri dengan Space (ingat space = enter). gunakan kertas HVS biasa dan potong-potong seukuran post-it. CAD Lisp CAD Lisp adalah sebuah aplikasi custom yang tidak include di dalam instalan program AutoCAD.dropbox. itu sudah kuno.com/s/6ihdey5ell3j75s/ACAD. untuk memperolehnya silakan download di https://www. Tuliskan kode Command tersebut pada Post-it dan tempelkan di sisi monitor komputer/laptop Anda. Dan masih banyak Command lainnya. Carilah oleh Anda command-command yang sering Anda gunakan dan hafalkan kode keyboardnya Cara menghapal seperti menulis di kertas.

Caranya sebagai berikut: 1) Pastikan Layer yang akan Anda Hide merupakan Layer yang tidak aktif Page 10 of 22 . 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel 2) Maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut: Figure 2 Mengaktifkan CAD Lisp 3) Cari dan Klik aplikasi CAD Lisp. CAD Lisp Anda sudah aktif. Hide/Unhide Layer (1) – menyembunyikan / memunculkan layer Sekarang Anda akan mencoba menyembunyikan sementara Layer yang tidak terpakai agar pekerjaan Nge-CAD lebih teliti. kemudian klik [Load] > [Close] 4) Selamat. Berikut adalah beberapa fungsi dari CAD Lisp yang penting untuk Anda ketahui: 1.

maka tidak bisa Anda hide 3) Untuk meng-Hidden Layer (beton). 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel Figure 3 Menyembunyikan Layer yang tidak terpakai 2) Layer (dinding) yang dilingkar merah adalah Layer yang sedang digunakan/Layer aktif. ketik [LO] > [Space]. kemudian klik pada garis atau Object apa saja yang menggunakan Layer (beton). maka hasilnya sebagai berikut: Page 11 of 22 .

6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel Figure 4 Layer (Beton) disembunyikan 4) Untuk memunculkan semua Layer yang di hidden. Hide/Unhide Layer (2) Kebalikan dari point A. ketik [9] > [Space] 5) Ajaib bukan? (ah gitu doang. maka hasilnya sebagai berikut: Page 12 of 22 .”) 2. di sini Anda akan mencoba memunculkan HANYA Layer yang dipilih. [(Hide/Unhide Layer (1)].. Caranya sebagai berikut: 1) Misalkan Anda ingin memunculkan Layer (as) saja 2) Ketik angka [7] > [Space]. kalau udah tau memang ngomongnya gitu doang. “yeee. pilih Layer (as)....

maka ketik [KU] > [Space] 2) Klik Layer (beton). Langkahnya sebagai berikut: 1) Misalkan Anda ingin mengunci Layer (beton). tetapi Anda tidak ingin mengganggu garis tersebut (terhapus. tergeser. maka caranya adalah dengan mengunci / Lock Layer tersebut. ketik [BU] > [Space]. Maka Layer (beton) akan terkunci 3) Untuk mengaktifkannya kembali. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel Figure 5 Menampilkan hanya Layer AS 3) Untuk memunculkan kembali semua Layer: ketik [9] > [Space] 3. klik pada Layer/Object yang terkunci Page 13 of 22 . terklik. Lock/Unlock Layer Misalkan Anda masih ingin menampilkan Layer tersebut (sebagai garis bantu). dsb).

. ukuran arrow. Page 14 of 22 . Cara menggunakannya sebagai berikut: 1) Ketik [ART] > [Space]. skala.. maka secara otomatis Properties Skala Anda sudah ter-setting menjadi 1 : 100. sudah tersetting. 3) Jadi misalkan Anda membuat dimensi atau-pun text. leader. 2) Misalkan Anda ketik [100]. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel 4. Membuat properties skala Di dalam aplikasi CAD Lisp tersebut sudah ada Properties Skala yang siap pakai. kemudian masukkan skala yang Anda inginkan Skala Kode 1:5 5 1 : 10 10 1 : 100 100 1 : 200 200 1 : 250 250 1 : 500 500 Dst. segala ukuran font. Artinya. itu adalah ukuran 1:100.

6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel Figure 6 Ukuran font sesuai skala 5. pertama-tema Anda harus membuat kop sesuai ukuran kertas yang ingin Anda gunakan. A1. misal ketik [A3] Page 15 of 22 . Dengan CAD Lisp akan menjadi sangat mudah. A3. Berikut cara membuat ukuran kertas: 1) Ketik [AA] > [Space] 2) Kemudian ketik ukuran kertas yang Anda inginkan. Ukuran kertas yang sering digunakan CAD User adalah ukuran A0. Tentunya untuk menghapal semua ukuran kertas (panjang x lebar) itu sangatlah merepotkan. dan A4. A2. Membuat kertas berbagai ukuran Untuk mencetak gambar kedalam kertas.

taruh kertasnya dengan cara klik di lembar kerja. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel 3) Tentukan faktor skala yang akan Anda gunakan saat mencetak. Block Block berfungsi untuk menggabungkan beberapa garis menjadi sebuah Object Block berfungsi menggabungkan beberapa buah object menjadi grup. dst Page 16 of 22 . misal 1:100 maka ketik [100]. Figure 7 Berbagai Ukuran kertas 4) Selamat! Kertas Anda sudah jadi. Ukuran kertas tersebut bisa Anda jadikan acuan dalam membuat kop gambar.

item-item landscape. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel Object yang sudah di-Block jika di Copy. item-item saniter. maka akan menjadi replika sejiwa Object tersebut (saya tidak ada kata-kata lain untuk menjelaskannya) Jadi. maka replika-nya juga akan ikut berubah. (Ah. jangan kaget gitu… biasa aja keles…) Biasanya Block digunakan untuk membuat Object yang paling sering/banyak muncul di lembar kerja. profil baja. seperti: Kolom. Kop gambar. jika Object tersebut Anda edit.dll Cara membuat Block: 1) Ketik [B] > [Space] 2) Maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut: 3) Isi nama Block di kolom Name Page 17 of 22 . item-item furniture.

denah pola lantai. Gambar yang di Xref adalah gambar utama yang menjadi acuan. misalnya denah utama. denah pola lantai. pasti ada revisi-revisi yang mendasar. ada banyak sekali denah yang digunakan. Apabila gambar utama tersebut berubah. denah perletakan kusen. maka gambar yang lain juga ikut berubah. Dalam menggambar tentu tidak selalu mulus. Lain halnya jika Anda menggunakan Xref. Xref adalah file di dalam file. Misalkan terjadi perubahan Pada denah utama. site plan. misal: Milimeters 5) Klik: Select Object 6) Pilih Object yang akan di Block 7) Klik Pick Point untuk menentukan titik pemunculan object 8) Klik [Space] > OK Xref Dalam gambar arsitektur. Anda menggunakan 1 gambar utama yaitu gambar Xref denah. Page 18 of 22 . Misalkan dalam membuat denah rumah: untuk membuat detail kamar mandi. maka Anda akan kerepotan merubah denah-denah yang lainnya. denah plafond. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel 4) Pilih Block unit sesuai satuan yang digunakan. denah plafond. denah sanitasi dll.

Cara penggunaan: 1) Buatlah sebuah file gambar yang menjadi master gambar/gambar utama. misalkan Anda membuat KOP gambar 2) Simpan file tersebut dalam folder (usahakan satu folder dg gambar yang baru) 3) Buka lembar kerja baru Page 19 of 22 . ukuran file yang Anda hasilkan akan lebih kecil. Dengan begitu. maka detail-detail lainnya juga akan ikut berubah. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel Dengan begitu. Apa bedanya dengan Block? Bedanya dengan Block adalah gambar Xref TIDAK terletak dalam satu lembar kerja. saat ada revisi pada denah bangunan. Konsep one for all. (cocok untuk pengiriman parsial). Gambar Xref terdiri dari file yang terpisah-pisah.

dan klik [Attach DWG] 6) Cari file gambar Xref-nya. muncul kotak dialog seperti dibawah: 7) Klik [OK] Page 20 of 22 . klik [Open]. maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut: 5) Klik gambar kertas. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel 4) Ketik [XR].

oleh karena itu. Sebenarnya.LaporanTeknikSipil. My Blog http://www. hak untuk membuat buku dalam bentuk cetak atas naskah ini untuk dijual adalah tindakan yang tidak dibenarkan. maka Anda akan semakin mahir. kami akan sangat senang bila Anda membuat duplikat buku elektronik ini sebanyak-banyaknya.com/afretnobel Twitter @AfretNobel TENTANG PENULIS Afret Nobel adalah alumni Diploma Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada Angkatan 2005 dan Alumni Ekstensi Teknik Sipil Universitas Indonesia Angkatan 2009.wordpress. Page 21 of 22 . Kiranya buku ini masih jauh dari kesempurnaan. saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel Penutup Silakan Anda berexplorasi sendiri menemukan kegunaan-kegunaan dari tutorial di atas. Papanya seorang petani dan Mamanya pedagang. Semakin sering Anda praktek.facebook.com My Website http://www.com Facebook http://www.nobelconsultant. Tetapi bagaimanapun.

com/watch?v=hVFtxxbNqLw https://www. copy-kan Layer yang sudah Anda buat tersebut ke lembar kerja baru. alat saniter (closet.com/watch?v=RoGCQh9DWD4 https://www. Anda tidak perlu repot-repot membuat layer lagi ketika memulai pekerjaan baru. pohon.youtube.com/watch?v=eTyU_d4PKWA https://www.com/watch?v=ZcXmJlRbXYc Page 22 of 22 . Buat juga database furniture-furniture. bangku taman dll) dan simpan dalam file terpisah. maka silakan lihat videonya di saluran youtube saya: https://www. Jika Anda kesulitan memahami ilmu ini melalui ebook. landscape (taman. wastafel dll). Dengan begitu. Gunakan object tersebut pada gambar yang baru dengan cara copy-paste. sink. Saat memulai lembar kerja baru.youtube.youtube.youtube. 6 Formula Jitu Nge-CAD Secepat Kilat | Afret Nobel TIPS PENTING Buatlah database Layer-Layer yang sering Anda gunakan dan simpan dalam sebuah file (beri nama file: Layer).