RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMA NEGERI 2 GRABAG
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/1
Materi : Bakteri
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit (4 X Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan diskusi, presentasi, dan penugasan:
1. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri bakteri berdasarkan struktur tubuhnya
2. Siswa dapat menyajikan data tentang ciri-ciri bakteri berdasarkan struktur tubuh dan
fungsi bagian-bagian tubuh dengan plastisin
3. Siswa dapat menerangkan dasar pengelompokan bakteri
4. Siswa dapat membedakan struktur dinding bakteri (C2)
5. Siswa dapat menyajikan data perbedaan struktur dinding bakteri dalam bentuk tabel
6. Siswa dapat menyajikan data macam-macam bakteri menurut dasar
pengelompokannya
7. Siswa dapat mengelompokkan bakteri dengan peranannya
8. Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk tabel tentang peran bakteri bagi
kehidupan
9. Siswa dapat menjelaskan reproduksi bakteri
10. Siswa dapat membuat bahan makanan awetan dari kontaminasi bakteri

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Mengidentifikasi struktur, cara 1. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-
hidup, reproduksi dan peran bakteri ciri bakteri berdasarkan struktur
dalam kehidupan tubuhnya
2. Siswa dapat menerangkan dasar
pengelompokan bakteri

3. Siswa dapat membedakan struktur
dinding bakteri (C2)
4. Disajikan tabel bermacam-macam
bakteri siswa dapat
mengelompokkan bakteri dengan
peranannya
5. Siswa dapat menjelaskan
reproduksi bakteri

4.5 Menyajikan data tentang ciri-ciri 1. Siswa dapat menyajikan data
dan peran bakteri dalam kehidupan tentang ciri-ciri bakteri berdasarkan
struktur tubuh dan fungsi bagian-
bagian tubuh dengan plastisin
2. Siswa dapat menyajikan data
perbedaan struktur dinding bakteri
dalam bentuk tabel

3. Siswa dapat menyajikan data
macam-macam bakteri menurut
dasar pengelompokannya
4. Siswa dapat menyajikan data dalam
bentuk tabel tentang peran bakteri
bagi kehidupan
5. Siswa dapat menyajikan data dalam
bentuk tabel tentang peran bakteri
6. bagi kehidupan
7. Siswa dapat membuat bahan
makanan awetan dari kontaminasi
bakteri

C. Materi Pembelajaran
 Struktur bakteri
 Penggolongan bakteri
 Reproduksi bakteri
 Peran bakteri
 Pengawetan makanan dari bakteri

D. Metode Pembelajaran
Diskusi dengan metode Discovery Learning

E. Media dan Alat Pembelajaran

Media : CD bakteri, plastisin, buah segar, manisan buah, bahan makanan yang akan
diawetkan
Alat : LCD, Lap top, LKS

F. Sumber Belajar
1) D.A Pratiwi, dkk. 2007. Biologi X. Jakarta: Erlangga
2) Ririn Safitri,2016. Biologi X Peminatan MIPA, Surakarta, Mediatama
3) Ririn Saftri, dkk.2013. Biologi X Peminatan MIA, Surakarta, Mediatama
4) Internet

G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Langkah Sintaks Model Alokasi
Pembelaja Pembelajaran Deskripsi Waktu
ran
Kegiatan Apersepsi 1) Siswa menjawab salam dari guru 10 menit
Pendahulua dan berdoa sebelum pembelajaran
n di mulai
2) Guru melakukan presensi dan
mengatur tempat duduk siswa
3) Guru memotivasi siswa melalui
dengan memperhatikan tomat
busuk yang diperlihatkan guru
dan menjawab apa yang
menyebabkan tomat tersebut
busuk (harapan guru peserta didik
menjawab bakteri )

Stimulation 1) Guru menyajikan gambar struktur bakteri 2) Siswa mengamati gambar struktur bakteri 1) Setiap siswa menerima Lembar 2. 3) Siswa membaca literature dari buku berkaitan dengan struktur bakteri. Verrification mempresentasikan hasilnya (memveri 2) Siswa kelompok lain fikasi) memperhatikan 1) Siswa memperhatikan penguatan 6. Generalizatio guru dari hasil diskusi kelas tentang n konsep struktur tubuh bakteri (menyimpulk 2) Siswa bersama-sama dengan guru an) menyusun kesimpulan . Problem Kerja yang dibagikan oleh guru Statemen 2) Siswa mempelajari lembar kerja. 1) Siswa membentuk kelompok @ 4 3.indikator yang akan dicapai adalah struktur bakteri dan teknik penilaian Kegiatan Discovery 70 menit Inti Learning 1. 4) Guru menyampaikan kompetensi materi. Data untuk mengerjakan pertanyaan LKS Prosessing tentang struktur bakteri dan (mengolah fungsinya dari literasi data) 2) Siswa mendiskusikan dengan teman kelompoknya 3) Siswa membuat sruktur bakteri dari plastisin 1) Siswa dalam kelompok 5. Data orang Collecting 2) Setiap kelompok mempelajari LKS (mengumpul 8 tentang struktur bakteri kan data) 3) Siswa mengumpulkan data komponen penyusun tubuh virus 1) Siswa melakukan studi literatur 4.

Stimulation Siswa mengamati bahan kajian berupa peta konsep penggolongan bakteri 2. Problem 1) Setiap siswa menerima Lembar Statemen Kerja yang dibagikan oleh guru 2) Siswa mempelajari lembar kerja. Data 1) Siswa membentuk 9 kelompok @ Collecting 3 – 4 anak yang terbagi dalam 3 (mengumpulk kelompok besar sesuai LKS an data) 2) Setiap kelompok mempelajari LKS 9 tentang penggolongan bakteri 3) Siswa mengumpulkan data tentang penggolongan bakteri 4. Data 1) Siswa melakukan studi literatur Prosessing untuk mengerjakan pertanyaan (mengolah LKS tentang penggolongan data) bakteri dari literasi 2) Siswa membuat bentuk bentuk bakteri dari plastisin 3) Siswa mendiskusikan dengan teman kelompoknya . 3) Siswa membaca literature dari buku berkaitan dengan penggolongan bakteri 3. Kegiatan 1) Siswa menjawab pertanyaan guru 10 menit Penutup tentang struktur tubuh bakteri 2) Siswa mendapat informasi bahwa pembelajaran pertemuan berikutnya adalah pengelompokan bakteri Pertemuan 2 Langkah Sintaks Model Alokasi Pembelaja Pembelajaran Deskripsi Waktu ran Kegiatan Apersepsi 1) Siswa menjawab salam dari guru 10 menit Pendahulua dan berdoa sebelum pembelajaran n di mulai 2) Guru melakukan presensi dan mengatur tempat duduk siswa 3) Siswa menjawab pertanyaan guru tentang struktur bakteri 4) Siswa menyimak kompetensi yang akan dicapai pada pertemuan ini. indikator yg akan dicapai adalah penggolongan bakteri dan teknik penilaian Kegiatan Discovery 70 menit Inti Learning 1.

Verrification 1) Siswa dalam kelompok (memveri mempresentasikan hasilnya fikasi) 2) Siswa kelompok lain memperhatikan 6. siswa mengamati gambar dan menuliskan organisme apa yang berperan dalam pembuatan makanan tersebut! Gambar . 5. indikator yg akan dicapai adalah peranan bakteri dan teknik penilaiannya Kegiatan Discovery 70 menit Inti Learning 1. Stimulation Guru menampilkan gambar macam- macam produk makanan hasil aktifitas bakteri. Generalization 1) Siswa memperhatikan penguatan (menyimpulka guru dari hasil diskusi kelas tentang n) konsep penggolongan bakteri 2) Siswa bersama-sama dengan guru menyusun kesimpulan Kegiatan 1) Siswa menjawab post test dari guru 10 menit Penutup secara lesan 2) Siswa mendapatkan informasi bahwa pertemuan berikutnya peranan bakteri Pertemuan 3 Langkah Sintaks Model Alokasi Pembelaja Pembelajaran Deskripsi Waktu ran Kegiatan Apersepsi 1) Siswa menjawab salam dari guru 10 menit Pendahulua dan berdoa sebelum pembelajaran n di mulai 2) Guru melakukan presensi dan mengatur tempat duduk siswa 3) Siswa diajak untuk mengingat kembali bahwa dalam ajaran agama Islam orang yang meninggal makamnya tidak boleh dikijing/permanen 4) Siswa diajak membayangkan apa yang terjadi terhadap bangkai makhluk hidup sejak jaman Nabi Adam sampai sekarang jika tidak ada bakteri 5) Siswa menyimak kompetensi yang akan dicapai pada pertemuan ini.

Data 1) Siswa membuat kelompok @ 2 Collecting anak (mengumpulk 2) Setiap kelompok mempelajari LKS an data) 10 tentang peranan bakteri 3) Siswa mengumpulkan data tentang peranan bakteri 4. Generalization Siswa bersama-sama dengan guru (menyimpulka menyusun kesimpulan n) Kegiatan 1) Siswa menjawab post test dari guru 10 menit Penutup secara lesan 2) Siswa mendapatkan informasi bahwa pertemuan berikutnya reproduksi bakteri dan pengawetan bahan makanan dari bakteri 3) Siswa mendapat tugas mandiri tidak terstuktur untuk membuat bahan makanan awetan dari bakteri sesui petunjuk LKS 11 b dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya Pertemuan 4 Langkah Sintaks Model Alokasi Pembelaja Pembelajaran Deskripsi Waktu ran Kegiatan Apersepsi 1) Siswa menjawab salam dari guru 10 menit Pendahulua dan berdoa sebelum pembelajaran n di mulai 2) Guru melakukan presensi dan mengatur tempat duduk siswa . 2. Problem 1) Setiap siswa menerima Lembar Statemen Kerja yang dibagikan oleh guru 2) Siswa mempelajari lembar kerja. Verrification 1) Siswa dalam kelompok (memveri mempresentasikan hasilnya fikasi) 2) Siswa kelompok lain memperhatikan 3) Siswa memperhatikan penguatan guru dari hasil diskusi kelas tentang konsep peranan bakteri 6. Data 1) Siswa melakukan studi literatur Prosessing untuk mengerjakan pertanyaan LKS (mengolah tentang peranan bakteri dari literasi data) 2) Siswa mendiskusikan dengan teman kelompoknya 5. 3) Siswa membaca literature dari buku berkaitan dengan peranan bakteri 3.

Generalization 1) Siswa memperhatikan penguatan (menyimpulka guru dari hasil diskusi kelas tentang n) konsep reproduksi bakteri dan pengawetan bahan makanan dari bakteri 2) Siswa bersama-sama dengan guru menyusun kesimpulan . cara pengawetan makanan dan teknik penilaiannya Kegiatan Discovery 70 menit Inti Learning 1. Problem 1) Setiap siswa menerima Lembar Statemen Kerja yang dibagikan oleh guru 2) Siswa mempelajari lembar kerja. Data 1) Siswa membentuk kelompok @ 3 – Collecting 4 anak sesuai dengan tugas minggu (mengumpulk lalu dan mengeluarkan produk an data) awetan bahan makanan dari bakteri 2) Setiap kelompok mempelajari LKS 11 tentang reproduksi bakteri dan pengawetan bahan makanan 3) Siswa mengumpulkan data tentang reproduksi bakteri dan pengawetan bahan makanan 4. 3) Siswa menjawab pertanyaan guru tentang klasifikasi bakteri 4) Siswa menyimak kompetensi yang akan dicapai pada pertemuan ini yaitu reproduksi bakteri . Data 1) Siswa melakukan studi literatur Prosessing untuk mengerjakan pertanyaan LKS (mengolah 11 tentang reproduksi bakteri dan data) pengawetan bahan makanan dari literasi dan hasil pengawetan bahan makanan 2) Siswa mendiskusikan dengan teman kelompoknya 5. 3) Siswa membaca literature dari buku berkaitan dengan reproduksi bakteri dan cara pengawetan makanan dari bahaya bakteri 3. Verrification 1) Siswa dalam kelompok (memveri mempresentasikan hasilnya fikasi) 2) Siswa kelompok lain memperhatikan 6. Stimulation Siswa memperhatikan tayangan CD tentang reproduksi bakteri dalam bahasa inggris 2.

Penilaian. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. 19690129 199703 2 003 Lampiran: Lampiran 1 : Ringkasan materi Lampiran 2 : LKS Lampiran 3 : Penilaian kognitif Lampiran 4 : Penilaian psikomotorik Lampiran 5 : Remidi dan pengayaan .Muh Baiquni Kun Wiji Astuti. NIP. S. Teknik penilaian Tes lisan : Tanya Jawab Tes tertulis : Pilihan ganda dan essay Unjuk kerja Penugasan 2. Kegiatan 1) Siswa menjawab post test dari 10 menit Penutup guru secara lesan 2) Siswa mendapatkan informasi bahwa pertemuan berikutnya Ulangan Harian meteri virus dan bakteri H. 18 Juli 2016 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Drs. 19610328 198203 1 001 NIP. Instrumen penilaian dan Pedoman Penskoran Terlampir 3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Terlampir Mengetahui Grabag.Pd.

Coccus (bulat) b.meliputi Bakteri saprofit dan Bakteri parasit . Spirillium (spiral/koma) Macam-macam bakteri berdasarkan letak flagella (gambar 3. 1. Lampiran 1 – Ringkasan Materi Organisme yang masuk kingdom monera adalah semua mikroorganisme uniseluler dan prokariotik . simbiosis. Basil (batang) c. Atrik : tidak punya flagel b.2) a. parasit dan saprofitik Struktur tubuh bakteri dapat dilihat dari penampang melintang bakteri seperti nampak pada gambrar 3. Monotrik : 1 flagel di salah sastu ujung c. transduksi  Hidup kosmopolit. Mikroorganisme yang termasuk dalam monera adalah bakteri dan cyanophyta. Bakteri heterotrop . hidup dari bahan organik organism lain . artinya dapat hidup dan ditemukan di mana saja  Dalam kondisi ekstrem membentuk endospora  Pada umumnya tidak mempunyai kloroplas kecualli bakterioklorofil dan bakteriopurpurin  Hidup soliter (sendiri). Amfitrik : satu berkas pada kedua ujung e. Peritrik : banyak flagel tersebar diseluruh tubuh Macam bakteri berdasarkan cara memperoleh makanan : a. BAKTERI Ciri-ciri bakteri :  Uniseluler. prokariotik  Berkembang biak secara vegetative dengan pembelahan biner dan generative dengan konjugasi.1 Macam bakteri berdasarkan bentuknya a. yaitu mikroorganisme satu sel yang memilliki DNA di bagian sitoplasma tetapi tidak dibungkus oleh membrane inti. Lofotrik : banyak flagel di salah satu ujung d. trasformasi. koloni.

Nitrosococcus. Klebsiella 4) Bakteri fermentasi Contoh : Lactobacillus bulgaris ( membuat yogurt) 5) Penghasil antibiotic Contoh .meliputi Bakteri fotosintetik ( mensintesis dengsn bantuan cahaya) dan Bakteri khemosintetik ( mensintesis dengan abntaun energy kimia) Macam bakteri berdasarkan kebutuhan oksigen : a. Escherichia coli. mempunyai kemampuan untuk menyusun zat organik dari zat anorganik.b. Aerobacter. bactoderma 3) Bakteri di dalam usus Contoh . Streptomyces venezualeae b. Bakteri aerob. Bakteri yang merugikan 1) Perusak makanan Contoh : Clostridium betulinum (menghasilkan racun betulin pada makanan kaleng) 2) Bakteri denitrifikasi (mengurangi kesuburan tanah) Contoh : Micrococcus denitrificans. Clostridium pasteurianum 2) Bakteri nitrifikasi Contoh : Nitosomonas. Bakteri anaerob. Nitrobacter. Bacillus polymixa. Rhizobium. tidak membutuhkan oksigen Peranan bakteri bagi kehidupan a. membutuhkan oksigen b. Pseudomonas denitrificans 3) Bakteri pathogen pada manusia Contoh . Bakteri yang menguntungkan 1) Bakteri pemfiksasi Nitrogen Contoh : Azotobacter vinelandii. Bakteri autotrop. Salmonella typhosa (tifus) 4) Penyakit pada hewan Contoh : Bacillus anthracis (antraks) 5) Penyakit pada tumbuhan Contoh : Xantomonas oryzae ( menyerang pucuk daun padi ) Penanggulangan terhadap bakteri yang merugikan : 1) Pengawetan dan pengolahan makanan 2) Kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan : .

1 4. Carilah informasi dari berbagai sumber literatur tentang hal-hal yang berkaitan dengan struktur tubuh bakteri! c. 8 9 3. 9. …. …………………………………………………………………………………………………………………………………. 11 0 5. Amati bagian-bagian tubuh bakteri. dan nomor absen! GAMBAR STRUKTUR BAKTERI 4 KETERANGAN 5 6 1. 3 7. …. Siswa dapat mereplikasi stuktur bakteri dengan plastisin b. Tujuan : a. kemudian tuliskan nama bagian-bagian tersebut sesuai dengan nomor-nomor yang tersedia! e. …………………………………………………………………………………………………………………………………. Pertanyaan untuk diskusi : a. …. 10.LKS LKS 8 : SRTUKTUR BAKTERI 1. Lengkapi dengan fungsi dari bagian-bagian tubuh tersebut! f. …. Buatlah replikasi tubuh bakteri dengan menggunaan plastisin d. Lampiran 2 . …. …. 7 2. Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh bakteri dan fungsinya 2. …. Cara kerja a. beri masing-masing contohnya …………………………………………………………………………………………………………………………………. mengenai : 1) Penyusun dinding sel 5) Pelindung bakteri 2) Membran inti 6) Penyusun membrane sitoplasma 3) Cara hidup 7) Cara Proteksi bakteri 4) Cara reproduksi 8) Alat gerak bakteri b. …. 11. …………………………………………………………………………………………………………………………………. Sebutkan cirri-ciri bakteri . 3. kelas. Perhatikan gambar struktur tubuh bakteri berikut! b. …. Apa yang dimaksud dengan bakteri garm negative dan bakteri gram positif. 2 11 6. . …. …. 8. Tuliskan identitas anda: nama.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………. Siswa dapat menjelaskan pengelompokan bakteri b. …………………………………………………………………………………………………………………………………………. yaitu ………………………………………………. contoh ………………… c. Berdasarkan ukuran dan bentuknya. terdiri dari 6 . Definisikan macam bakteri tersebut dan berikan contohnya ………………………………………………………………………………………………………………………………………. yaitu ………………………………. meliputi : 1) Bagian-bagian tubuh bakteri dan pengelompokan bakteri berdasarkan jumlah dan letak flagel 2) Bentuk-bentuk bakteri coccus serta peranannya 3) Bentuk-bentuk bakteri basil dan spiral beserta peranannya c. saprofit. Pertanyaan untuk diskusi a. yaitu …………………………………………………. .4. d. …………………………………………………………………………………………………………………………………………. Streptobasil. Buatlah 9 kelompok heterogen yang masing-masing tediri dari 3 -4 orang b. dimana masing-masing bertanggung jawab terhadap kelompok lain untuk menjelaskan sampai semua anggota mengerti. b. …………………………………………………………………………………………………………………………………………. Definisikan macam bakteri tersebut dan berikan contohnya …………………………………………………………………………………………………………………………………………. terdiri dari 3 : a. Cara kerja a. contoh ……………….. yaitu : 1) Bentuk basil. dengan pembagian sebagai berikut: 1) Kelompok A terdiri dari kelompok 1. …………………………………………………………………………………………………………………………………………. Buatlah model bakteri dari plastisin. bakteri dibagi menjadi 3 kelompok.dan 7 2) Kelompok B terdiri dari kelompok 2. Apa yang dimaksud dengan bakteri heterotrof dan autotrof ? ………………………………………………………………………………………………………………………………………….dan 9 3. 2) Bentuk cocus. terdiri dari 3. yaitu ……………………………… . kelompok yang lain memperhatikan 4. Tiga kelompok bergabung menjadi satu kelompok besar. Siswa dapat membuat replikasi bentuk –bentuk bakteri c. yaitu ……………………………. Monobasil. sebutkan dengan contohnya b. Bakteri heterotrof dibagi menjadi 4 yaitu parasit.. c. sebutkan dengan contohnya 3) Bentuk spirilum. Tujuan : a. LKS 9 : PENGGOLONGAN BAKTERI 1. Diplobasil. Kelompok 1-3 mengerjakan tugas (1) . Bakteri autotrof dibagi menjadi 2 yaitu fotoautotrof dan kemoautotrof.dan 8 3) Kelompok C terdiri dari kelompok 3.. Wakil dari kelompok mempresentasikan hasilnya. Siswa dapat menjelaskan klasifikasi bakteri berdasarkan cara memperoleh makanan d. yaitu ………………………………………………………. Siswa dapat menjelaskan klasifikasi bakteri berdasarkan kebutuhan oksigen 2.. kelompok 4 – 6 mengerjakan tugas no (2) sedangkan kelompo 7-9 mengerjakan tugas (3) d. contoh ………………. .6.5. pathogen dan apatogen.

Masing-masing kelompok mempresentasikan data hasil kajian dari berbagai sumber (buku. internet) e. Membuat tabel mengenai nama bakteri serta peranannya bagi kehidupan baik yang menguntungkan maupun yang merugikan di bidang industri makanan. Siswa dalam kelompoknya mencari dan mengumpulkan data tentang jenis bakteri beserta peranannya dari berbagai sumber (buku. Pertanyaan untuk diskusi a) Jika kita diberi antibiotic oleh dokter karena sakit. Tujuan : a. 3. Merugikan No. Jika tidak dihabiskan maka akan muncul dampak negative. Cara kerja a. Siswa dalam kelompoknya mengidentifikasi berbagai macam penyakit baik manusia maupun hewan yang disebabkab bakteri b. Peserta didik dapat menjelaskan peranan bakteri yang merugikan 2. Nama Bakteri Peranan 1 2 dst d.. internet). LKS 10 : PERANAN BAKTERI 1. kesehatan ! 1. Membuat kesimpulan tentang peranan bakteri dalam kehidupan. Peserta didik dapat menjelaskan peranan bakteri yang menguntungkan b. Nama Bakteri Peranan 1 2 dst 2. Menguntungkan No. pertanian. maka antibiotic tersebut harus kita habiskan sesuai dosis. Apa resiko jika antibiotic tidak kita habiskan dan bagaimana mekanismenya ? ………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………. serta mengelompokkannya dalam berbagai bidang kehidupan c. .

Radang paru-paru …………………………………. Fiksasi Nitrogen Bersimbiosis dengan akar tanaman Leguminoceae 3 Nirtrosomonas …………………………… Aerob 4 Nitrobacter Nitrit menjadi nitrat ……………………………. merusak makanan kaleng Racun betulin 8 Salmonella typhosa …………………………… Usus halus manusia 9 ………………………. 5 ……………………. 10 Xantomonas oryzae …………………………… Tanaman padi . 7 ……………………. Susu menjadi yogurt Fermentasi/anaerob 6 Acetobacter xylinium …………………………… ……………………………….b) Lengkapi table berikut : No Nama Bakteri Peranan Cara/tempat hidup 1 Azotobacter vinelandii ………………………… Hidup bebas 2 …………………….

LKPD 11: REPRODUKSI BAKTERI DAN PENGAWETAN MAKANAN DARI BAHAYA BAKTERI 1. Cara Kerja A. Ada 3 spesifikasi pemanasan. Peserta didik dapat mengawetkan makanan dari bahaya bakteri c. Apa yang terjadi pada buah papaya segar dengan manisan papaya setelah 3 hari ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… b. Peserta didik dapat menjelaskan cara pengawetan makanan dari bahaya bakteri 2. Salah satu cara pengawetan makanan supaya tidak dirusak oleh bakteri adalah dengan cara pemanasan. Tujuan a. Mengapa demikian ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… c. Reproduksi Bakteri 1) Amati tayangan reproduksi bakteri dan gambar reproduksi bakteri 2) Jelaskan tentang reproduksi bakteri tersebut B. Jelaskan ! ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………… . satu wadah sebagai control (tidak diawetkan) dan satu wadah sebagai perlakuan (diawetkan) 4) Kerjakan di rumah dan tunjukkan pada gurumu hasil percobaan tersebut 5) Pertanyaan untuk diskusi: a. Pengawetan Bahan Makanan dari Bahaya Bakteri 1) Pilih makanan yang akan diawetkan 2) Pilih cara pengawetan yang sesuai dengan jenis bahan makanan yang diawetkan 3) Buatlah 2 percobaan. Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi bakteri b. Sebutkan 7 cara pengawetan tersebut ! ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… d. Pengawetan makanan sering dilakukan agar makanan tidak dirusak oleh bakteri.

Mengubah organic menjadi anorganik D. Amfitrik 9. dimasukkan dalam kelompok … . Silia 6. Endospoara D. Manakah pernyataan di bawah ini yang benar ? A. Streptokokus E. spirochaeta 7. flagel E. Perhatikan bentuk bakteri disamping berikut. Pilihan ganda (skor 1) 1. Stafilokokus B. Gambar di bawah ini menunjukkan struktur sel bakteri. bakteri ini memperoleh nutrisi dengan cara …. 4.LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF Lembar Penilaian 1 A. Acetobacter xylinium E. kapsul E. dinding sel B. Struktur sel bakteri yang menunjang kemampuan tersebut adalah … . tidak memiliki polisakarida pada dinding selnya E. bersifat eukariotik C. Monotrik B.. ribosom C. Diplokokus D. Bakteri bentuk kokus yang berkoloni membentuk kelompok sel seperti buah anggur disebut A. Peptidoglikan C. Clostridium acetobatylicum B. Lactobacillus thermophillus . Nitrobacter merupakan bakteri autotrof .. Mengubah anorganik menjadi organic E.. tidak berinti C. Lofotrik D. Staphilococcus D. Bacillus thuringiensis D. tidak bermembran sel E. Ciri-ciri organisme prokariotik adalah . Monococcus B. tidak berflagel B. Atrik C. Streptococcus C. Kitin B. tidak membentuk endospora 2. Diplococcus E. 3. Fimbria B. DNA 5. Sebagian nutrisi diambil dari organism lain C. bersifat prokariotik B. plasmid D. Menyerap bahan organic saja 10. Clostridium acetobatylicum C. tidak memiliki peptidoglikans pada dinding selnya 3. Archaebacteria memiliki struktur yang berbeda dengan Eubacteria. tidak bermembran inti D. 1. Bakteri tersebut berbentuk …. tidak memiliki ribosom D. A. 5. A. A. Lampiran 3 . Tergantung organisme lain B.. Sarcina 8. Pilus C. Bakteri ada yang memiliki kemampuan lokomosi/melakukan gerakan. Lipid D. A. Sarkina C. peritrik E. 2. Selulosa E. Protein 4. Penyusun dinding sel bakteri berupa… A.. A. Bakteri yang mempunyai seberkas flagella pada salah satu kutubnya. karena Archaebacteria . Dinding sel bakteri kuat dan lentur. Air kelapa yang dimanfaatkan untuk pembuatan nata de coco membutuhkan peran bakteri A. A.

A. C 2. A 14. Fiksasi Nitrogen dan vegetasi perintis D. E 8. Membunuh bakteri makanan D. Bakteri dan ganggang biru dikelompokkan dalam monera karena … . Ganggang biru yang berperan dalam pembuatan PST sebagai sumber makanan alternative berprotein tinggi adalah … . Air kelapa yang dimanfaatkan untuk pembuatan nata de coco membutuhkan peran bakteri 5. 2. Menambah kadar air C. Ada 5 cara pengolahan dan pengawetan makanan. B 15. Kita tidak boleh mengkonsumsi makanan dalam kaleng yang telah melewati batas kadaluwarsa. E 7. Uniseluler B. E 9. Fermentasi dan fiksasi nitrat B. C 5. A. Menambah zat makanan E. Streptomyces aureofaciens B. Sebutkan dan jelaskan 5 macam bakteri berdasarkan jumlah dan letak flagel (skor 5) 2. Hal ini dikhawatirkan mengandung racun dari bakteri … . Kunci : Pilihan ganda : 1. A 6. Tidak punya membrane inti D. Berkembang biak dengan spora E. Menghambat pertumbuhan bakteri 14. Makanan dan fermentasi alcohol C. Escherichia coli 13. B 3. Essay 1. Nostoc commune dan Spirulina maxima berperan untuk … . B 13. Penanggulan bakteri yang merugikan dapat dilakkukan dengan pengawetan dan pengolahan bahan pangan. A. Fiksasi nitrogen dan makanan alternative E. Bakteri dan ganggang biru dikelompokkan dalam monera karena … . Meningkatkan kualitas B. bakteri akan melindungi dirinya dengan membentuk … 3. Jika keadaan lingkungan memburuk. C. Bentuk bakteri disamping disebut …… 4. Perhatikan hubungan antara bakteri dan peranannya berikut ini. Clostridium betulinum E. Makanan yang tidak habis sering dimasukkan ke dalam kulkas. B 10. 11. Isian singkat (skor 2) 1. Tujuan pengawetan ini adalah … . C 11. Mempunyai lapisan lendir B. Pseudomonas cocovenenans D. A. D 12.pasangan yang tepat adalah Nama Bakteri Peranan A Nitrobacter Nitrit menjadi nitrat B Lactobacilus Bulgaricus Nata de coco C Acetobacter xylinium Susu menjadi yogurt D Clostridium betulinum tifus E Diplococus pneumonae Merusak makanan kaleng 12. Heterotrof C. sebutkan dengan contohnya (skor 5) D. C . B 4. Streptomyces griceus C. Fiksasi oksigen dan membentuk lichens 15.

Isian singkat 1-5 Betul : 2 10 Salah : 0 3. Pilihan ganda 1 . Isian singkat : 1. 7 cara : Pemanisan : pembuatan manisan buah Pengeringan : pengovenan kue Pengasapan : pembuatan sale pisang Pengasaman : pembuatan asinan buah Pengasinan : pembuatan ikan asin Pendinginan : makanan dimasukkan kulkas Pemanasan : makanan dipanaskan Rublik Penilaian Jenis soal Nomor soal Kriteria penilaian Skor 1. Acetobacter xylinium 5.15 Betul : 1 15 Salah : 0 2. Endospora 3. Spirulina Essay : 1. Berdasar letak flagel : 1) Atrik : tidak punya flagel 2) Monotrik : 1 flagel di salah sastu ujung 3) Lofotrik : banyak flagel di salah satu ujung 4) Amfitrik : satu berkas pada kedua ujung 5) Peritrik : banyak flagel tersebar diseluruh tubuh 2. Spirochaeta 4. Prokariotik 2. Essay 1 Betul 5 5 Tidak menyebutkan 0 2 Betul 5 5 Tidak menyebutkan 0 SKOR MAKSIMUM 35 PEROLEHAN NILAI = Jumlah skor x 20 7 .

2. 9. reproduksi bakteri dan pengawetan bahan makanan 3.25 fungsi bagian bakteri 2 Mengomonikasikan model 0 . Tugasi siswa untuk membacanya.25 bakteri Total 0 . Peserta didik melaporkan hasil kerja kelompok 4. Rincian Tugas Kinerja Skor Skor Asesmen Oleh Peserta Oleh Guru didik 1 Melakukan diskusi cirri dan 0 . FORMAT ASESMEN KINERJA PROSES No. selanjutnya mengerjakan tugas yang berupa menemukan: a. 6. peran bakteri d. Bagikan LKS 8. Berikan format ini kepada peserta didik sebelum asesmen dilakukan. 5. Penentuan kinerja peserta didik mengacu format asesmen kinerja di bawah ini.25 penggolongan bakteri 3 Mempresentasikan peran 0 . Peserta didik diizinkan mengakses kinerja mereka dengan menggunakan format ini.25 bakteri 4 Melakukan diskusi reproduksi 0 . Penggolongan bakteri c. cirri-ciri dan fungsi bagian-bagian bakteridari model yang dibuat b.100 . LEMBAR PENILAIAN 2 Prosedur: 1. 10 dan 11 kepada siswa yang telah terbagi dalam beberapa kelompok.

25 4 Hasil kerja 0 .25 makanan dengan cara pengawetan 2 Pemilihan alat dan bahan 0 .25 JUMLAH 0 – 100 Lampiran 5 RANCANGAN PEMBELAJARAN REMIDIAL DAN PENGAYAAN A. PENGAYAAN : Siswa diberi penugasan untuk membuat cerpen dengan tema penyakit yang disebakan oleh bakteri . Memberikan tugas mandiri tidak terstuktur tentang ppengawetan produk makanan dari bakteri 2. 5. FORMAT ASESMEN KINERJA PSIKOMOTOR No. Peserta didik diizinkan mengakses kinerja mereka dengan menggunakan format ini. REMIDIAL ( diberikan tes tertulis PG) B. Meminta peserta didik membawa hasil produk ke sekolah dan mendemonstrasikan cara pembuatan produk tersebut 3. Rincian Tugas Kinerja Skor Skor Asesmen Oleh Peserta Oleh Guru didik 1 Keserasian pemilihan bahan 0 . 4. Berikan format ini kepada Peserta didik sebelum asesmen dilakukan. Lampiran 4 – Penilaian Psikomotorik Prosedur: 1. Penentuan kinerja peserta didik mengacu format asesmen kinerja di bawah ini.25 3 Prosedur kerja 0 .