BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Konsep Administrasi

2.1.1 Administrasi Secara Etimologis

Secara etimologis istilah administrasi berasal dari bahasa Inggris, dari kata

Administration yang bentuk infinitifnya adalah administer. Kata Administrasi juga

berasal dari bahasa Belanda, yaitu Administratie yang mempunyai pengertian

mencakup stelselmatige verkrijging en verwerking van gegeven (tata usaha),

bestuur (manajemen dari kegiatan-kegiatan orang), beheer (manajemen dari

sumber daya, seperti financial, personel, gudang). (Silalahi,2009:2)

Definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa administrasi secara etimologis

yaitu kegiatan yang mencangkup tata usaha, manajemen dari kegiatan manusia

dan dari sumber daya seperti financial, personel, gudang

2.1.2 Administrasi dalam arti sempit

Adapun administrasi dalam arti sempit menurut para ahli menurut para

ahli ilmu administrasi adalah sebagai berikut : Soewarno Handayaningrat

mengemukakan bahwa : “ Administrasi meliputi kegiatan surat – menyurat,

pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda yang bersifat teknis ketatausahan (

Clerical Work ).” (Handayaningrat, 1998 :

10

11

Sedangkan Ulbert Silalahi menyatakan bahwa :

“Administrasi dalam arti sempit merupakan penyusunan dan pencatatan
data dan informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan
keterangan serta memudahakan memperolehnya kembali secara
keseluruhan dan dalam hubungannya satu sama lain.” ( Silalahi, 2009 : 5)

Definisi diatas dapat disimpulkan bahawa administrasi secara sempit

merupakan penyusunan dan pencatatan data yang bermaksud untuk

mempermudah memperolehnya kembali. Sehingga tujuannya hanya sebagai data

atau catatan dimaksudkan untuk menyediakan informasi serta mempermudah

memperoleh informasi kembali jika dibutuhkan.

Menurut Sondang P. Siagian mengemukakan bahwa “Administrasi adalah

keseluruhan proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau

lebih yang terlibat dalam suatu bentuk usaha kerja sama demi tercapainya tujuan

yang ditentukan sebelumnya.” (Siagian, 2006:2).

Definisi diatas dapat disimpulkan bahwa administrasi merupakan proses

pelaksanaan kegiatan yang dilakukan suatu organisasi untuk mencapai suatu

tujuan bersama.

Berdasarkan beberapa definisi tersebut di atas, cirri – cirri administrasi

dapat digolongkan atas:

1. Adanya tujuan yang dicapai,

2. Adanya sekelompok orang yang bekerja sama,

3 Administrasi dalam arti luas Pengertian administrasi dalam arti luas merupakan suatu proses rangkaian kerjasama antara dua orang atau lebih bedasarkan tugas pokok dan fungsi masing masing dalam sebuah hirarki organisasi yang saling mendukung dan melengkapi untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama. Dengan kata lain pengertian administrasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuanyang disepakati bersama. Negara atau sipil atau militer. 2. usaha besar atau usaha kecil dan sebagainya.1. 1996:2) Definisi diatas dapat disimpulkan bahwa administrasi sebagai suatu proses yang terdapat pada suatu organisasi. . Adanya kegiatan / proses / usaha yang dilakukan. Didasarkan atas rasionalitas. perdagangan bisnis atau juga perbisnisan. Pengertian administrasi dalam arti luas menurut Leonard D White yang dikutip oleh Soewarno Handayaningrat mengemukakan bahwa : “Administrasi sebagai suatu proses yang pada umumnya terdapat pada suatu usaha kelompok.” (Handayaningrat. 4.2 Konsep Bisnis Kata “Bisnis” dalam sehari-hari sering kita dengar diucapkan orang-orang untuk menyebut atau mengartikan sebuah urusan. kegiatan dagang. 2. 12 3.

guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. yang dikutip oleh Buchari : “Bisnis adalah suatu kegiatan terorganisasi yang menghasilkan dan menjual barang dan jasa. perdagangan dan lain-lain. Sedangkan menurut Buchari Alma menyatakan sebagai berikut : “Bisnis adalah sejumlah total usaha yang meliputi pertanian. produksi. komunikasi. bisnis atau bahkan digunakan untuk menterjemahkan perdagangan dan pembisnisan.” (Buchari.” (Buchari. Hal ini tergantung kalimatnya dan maksud pembicaraan. 1999 : 20 ) Definisi diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis merupakan sejumlah total usaha yang meliputi berbagai macam jenis usaha yang memproduksi barang atau jasa dan memasarkanya kepada konsumen. 1998 : 21) Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis merupakan kegiatan organisasi yang menghasilkan suatu barang maupun jasa yang bertujuan meraih keuntungan. perusahaan. kontruksi. Istilah Bisnis pada umumnya ditekankan pada tiga hal yaitu: . Dalam kamus Bahasa Indonesia. 13 Jika kita lihat dari asal katanya Business berasal dari bahasa inggris yang berarti jual beli. perusahaan jasa dan pemerintahan yang bergerak dalam bidang membuat dan memasarkan barang dan jasa kepada konsumen. transportasi. istilah bisnis atau trade diartikan sebagai dagang. Menurut Huges dan Kapoor. usaha. distribusi.

menyatakan bahwa untuk dapat menyediakan barang dan jasa bagi kebutuhan masyarakat.2. c. 2. Spesialisasi yaitu adanya jabatan dan pembagian kerja 2. Dan usaha ini sangat luas sekali sebab mencakup usaha-usaha yang dilakukan oleh pemerintah dan baik yang mengajar laba atau tidak. Usaha –usaha perusahaan seperti pabrik.1 Fungsi Dasar Bisnis Menurut Steinhoff . Ciri – ciri Bisnis Modern Ciri-ciri bisnis modern adalah sebagai berikut (Buchari. 2. Usaha dalam struktur ekonomi suatu bangsa. Usaha-usaha perorangan kecil-kecilan dalam bidang barang dan jasa b. maka suatu perusahaan dalam melakukan proses kegiatannya sangat tergantung pada perusahaan yang lainnya.2. Manufacturing raw materials into products (merubah bahan mentah menjadi produk) c. kemudian diproses dalam pabrik menjadi hasil produksi (Buchari. . Distributing products to costumers (menyalurkan barang ke tangan konsumen). Dengan demikian tampak jelas bahwa fungsi dasar bisnis adalah: a. perusahaan transport. Acquairing raw materials (mencari bahan baku) b. 14 a. surat kabar. diperlukan lebih dulu bahan mentahnya.2. Saling ketergantungan yaitu karena bisnis telah bergerak di dalam bidang- bidang tertentu. hotel dan sebagainya. 2006 : 34) : 1.1998 :26).

15 3. seperti usaha pertenakan. ada Sembilan macam kegiatan bisnis (Buchari. 2. Jika usaha ini tidak ada. perkebunan. juga perikanan air tawar maupun ikan laut. Produksi Bahan Mentah Usaha produksi bahan mentah. 2. 3. Usaha Pertanian Usaha pertanian ini banyak macamnya. pertanian. Pabrik atau Manufaktur Usaha pabrik atau manufaktur banyak kita jumpai di sepanjang jalan raya. Produk massal yaitu menghasilkan suatu produk dalam jumlah. perkebunan. 4. Kontruksi . 2001:24) : 1. Dari sini bekerja sebagian besar penduduk sebagai tenaga kerja. Usaha menghasilkan bahan mentah ini sangat penting bagi industry lainnya. sayuran buah – buahan. pertambangan. misalnya yang bergerak dalam bidang kehutanan. maka usaha perindustrian akan mati dan took – took juga akan sepi. Usaha ini mengolah bahan mentah menjadi bahan baku sampai menjadi barang jadi. sawah.2. ataupun di lokasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.3 Klasifikasi Bisnis Adapun Klasifikasi organisasi bisnis yang bergerak dalam bidang komersial. dapat memudahkan para konsumen dalam memilih sesuai dengan kebutuhannya. ukuran dan jenis yang banyak. dan sebagainya. perikanan.

dokter. 6. televisi. 5. serta bangunan real estate yang dijual secara cicilan kepada masyarakat. seperti pembangunan jalan-jalan. hotel servis. usaha ini sangat membantu kelancaran kegiatan bisnis. Demikian pula kegiatan komunikasi seperti telepon. 9. asuransi.dan kegiatan olah raga. Usaha Perdagangan Besar dan Kecil Usaha perdagangan besar dan kecil. disini bekerja lebih banyak lagi tenaga kerja. tukang cukur. kerohanian. 16 Usaha kontruksi bergerak dalam usaha pembangunan. Usaha Financial. Disamping itu pemerintah . gedung perkantoran. Usaha yang Dilakukan Oleh Pemeritah Usaha ini merupakan pembeli terbesar dari barang dan jasa dan merupakan bisnis yang banyak menyerap tenaga kerja. pertokoan. rumah. Usaha Jasa Usaha ini banyak disediakan seperti usaha yang dilakukan dalam bentuk jasa penginpan. sekolah. Asuransi dan Real Estate Usaha ini memberikan kemudahan kepada kegiatan bisnis seperti pemberian kredit. Karena baik toko besar atau kecil diseluruh pelosok tanah air. pos sangat memudahkan kegiatan transaksi bisns secara cepat dan efisien. pengacara. dan berbagai bangunan lainya. Transportasi dan Komunikasi Transportasi dan Komunikasi. 8. 7. Kegiatan transportasi membantu mengangkut bahan baku dan barang jadi dari produsen ke konsumen. salon kecantikan. pabrik. rumah sakit.

2.1996:3) Definisi diatas dapat disimpulakan bahwa Administrasi bisnis adalah seluruh kegiatan dari organisasi bisnis dalam usahanya yang bertujuan untuk mencari keuntungan. yaitu kegiatan – kegiatan /proses/usaha yang dilakukan dibidang Bisnis.3 Administrasi Bisnis Menurut yang dikemukakan oleh Soewarno Handayaningrat Administrasi Bisnis (Private/Business Administration). . melarang barang-barang berbahaya. dan mengeluarkan izin perdagangan. 17 sangat berperan dalam mengatur kegiatan bisnis dan menjaga kestabilan perekonomian dengan mengeluarkan berbagai peraturan seperti menentukan lokasi perusahaan atau pabrik. Sedangkan menurut Siagian (1996:8) mengemukakan bahwa “ Administrasi Niaga (Business Administration) adalah keseluruhan kegiatan mulai dari produksi barang atau jasa sampai tibanya barang dan jasa tersebut di tangan konsumen”. hak paten.(Handayaningrat. mengatur hakcipta. Dalam bidang “Administrasi Bisnis” (Business Administration) dapat diartikan sebagai berikut: “Administrasi Bisnis ialah kegiatan-kegiatan dari pada organisai- organisasi Bisnis dalam usahanya mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan (profit making)”.

dan dalam aktivitas tersebut diharapkan memperoleh hasil. Sedangkan menurut Drs. 18 Definisi diatas dapat disimpulkan bahwa administrasi bisnis adalah seluruh kegiatan dalam organisasi bisnis dari mulai produksi barang atau jasa sampai produk tersebut sampai ditangan konsumen. Siagian (1933:14) : “ Proses merupakan suatu rangkaian kegiatan yang berlangsung secara berkelanjutan dan terdiri dari tahap-tahap yang di satu pihak bersifat independen akan tetapi dipihak lain merupakan “bagian” dari suatu yang bersifat tanpa akhir (never ending)”. Menurut P. 2. Suatu proses yang benar-benar memerlukan waktu yang panjang dalam pelaksanaannya. Definisi diatas dapat disimpulkan bahwa proses merupakan serangkaian kegiatan yang bertahap dimulai penentuan sasaran sampai tercapainya tujuan dari sasaran tersebut. Definisi diatas dapat disimpulakan bahwa proses merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari tahap-tahap dan berkelanjutan serta bersifat tanpa akhir. Soewarno Handayaningrat (1981:20) mengemukakan bahwa : “Proses adalah serangkaian tahap kegiatan mulai dari menentukan sasaran sampai berakhirnya sasaran/tercapainya tujuan”. .4 Konsep Proses Secara umum proses adalah serangkaian kegiatan atau aktivitas. Dibawah ini ada beberapa pengertian proses menurut para ahli.

. oleh sebab itu agar terciptanya proses promosi yang baik harus sesuai dengan tujuan perusahaan yang ingin dicapai secara efektif dan efisien. Menurut Basu Sawastha (1993:222) mengungkapkan bahwa : “Promosi adalah arus informasi persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi pada tindakan yang menciptakan pertukaran. 19 Dari beberapa pendapat mengenai pengertian proses penulis dapat menyimpulkan bahwa proses adalah serangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai.” Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa promosi merupakan arus informasi yang sangat dibutuhkan suatu perusahaan dengan terciptanya suatu pertukaran dalam pemasaran.5 Konsep Promosi Dengan semakin ketatnya persaingan dunia usaha saat ini. memaksa setiap perusahaan untuk lebih meningkatkan potensi yang ada pada perusahaan yang bersangkutan. terlebih lagi perusahaan yang menghasilkan produk ataupun jasa sejenis menghadapi persaingan ketat. 2. disamping itu menitik beratkan pada pendorongan permintaan. oleh karena itu perusahaan harus melakukan promosi yang efisien dan menarik.

5. yaitu: a. Membujuk Membujuk yaitu tujuan promosi yang diarahkan pada promosi persuasif untuk mendorong pembelian dan menciptakan kesan positif.5. 2. 2008: 349) . personal selling. Mengingatkan Mengingat yaitu tujuan promosi yang bertujuan untuk mempertahankan merek produk di mata masyarakat dan perlu dilakukan selama tahap kedewasaan di dalam siklus kehidupan produk. 20 2. d.2 Bauran Promosi Bauran Promosi adalah kombinasi strategi yang paling baik dari periklanan. b. dan alat promosi yang lain yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan penjualan (Basu Swastha dan Irawan. Modifikasi tingkah laku Modifikasi tingkah laku yaitu tujuan promosi yang bertujuan untuk membertahu pasar yang dituju tentang penawaran perusahaan. Memberitahu Memberi tahu yaitu tujuan promosi yang bertujuan untuk memberi tahu pasar yang dituju tentang penawaran perusahaan. c.1 Tujuan Promosi Sistaningrum (2002 : 98) menjelaskan tujuan promosi adalah empat hal.

3 Karakteristik dari masing – masing Unsur Bauran Promosi Di dalam merancang bauran promosi banyak factor yang harus dipertimbangkan diantaranya pasar harus mengenal ciri masing – masing alat promosi. penggunaan surat langsung. b. e. Pemasaran langsung (direct marketing) adalah Hubungan Langsung dengan konsumen individual yang ditargetkan secara cermat untuk memperoleh respons segera dan membangun hubungan pelanggan yang langgeng. telepon. dan sarana lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen tertentu. televisi respon langsung. c. Periklanan (advertising) adalah Semua bentuk terbayar presentasi nonpribadi dan promosi ide. internet. Menurut Djaslim Saladin dan Yevismarti Oesman (1994 :194) yaitu : . atau jasa dengan sponsor tersebut. Penjualan personal (personal selling) adalah Persentasi pribadi oleh wiraniaga perusahaan untuk tujuan menghasilkan penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan d. barang. 2. 21 Philip Kotler dan Gary Armstong (2008 : 117) mejelaskan variabel bauran promosi sebagai berikut: a. Hubungan masyarakat (public relation ) dilakukan perusahaan untuk membangun hubungan antar perusahaan dengan public sehingga terbangun citra yang positif terhadap perusahaan. Promosi Penjualan (sales promotion) adalah Insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan produk. email.5.

3. 22 A. Jangkauan luas Mampu beradaptasi sampai ke pelosok tanah air B. Periklanan (advertising) 1. Tanggapan : dapat mengetahui tanggapan penjual secara langsung sehingga penjual secara cepat pula dapat menyimpulkan . Keakraban : dapat menciptakan suatu kontak/hubungan yang lebih erat. Penampilan public Sebagai model komunikasi yang paling memasyarakat 2. Berhadapan langsung : dapat mengetahui secara langsung apa yang diinginkan pembeli dan dapat segera melakukan penyesuaian dengan pembeli 2. sepanjang tenaga penjual mempunyai kemampuan pulan mengadaptasi secara langsung terhadap kesenangan pembeli. Penjualan Pribadi (personal selling) Merupakan cara promosi yang efektif untuk menanamkan pilihan pembeli dan tindakan pembeli mempunyai kekuatan yaitu: 1. Daya serap Dapat meresap karena penjual bias mengulang peran mereka 3. Menanam citra Mampu menanamkan citra jangka panjang 5. Ungkapan perasaan yang jelas Mampu mengungkapan perasaan melalui pelukisan indah bunyi dan warna 4.

Mempunyai dorongan keluar yang bias menjangkau lebih banyak 3. Komunikan 2. dan pasar barang industry. barang konsumsi. promosi penjualan (sales promotion). 23 C.5. penjualan tatap muka (personal selling) dan hubungan masyarakat (public relation) sedangkan untuk pasar industri lebih mengutamakan penjualan tatap muka (personal selling). periklanan (advertising) dan hubungan masyarakat (public relation). Nilai kepercayaan tinggi 2. Mempunyai potensi untuk mendramatisasi produk E. promosi penjualan (sales promotion). 2. Hubungan masyarakat (public relation) Dapat mempengaruhi sikap / perilaku khalayak pembeli karena bukan saja menggunakan media akan tetapi juga keterampilan tenaga terampil. Menggretak 3. dan Yevismarti Oesman (1994:217) yaitu barang pasar konsumsi lebih mengutamakan periklanan (advertisisng).4 Faktor yang Mempengaruhi Bauran Promosi Terdapat perbedaan cara promosi antara pasar. Publisitas (publicity) Publisitas memiliki tiga kualitas khusus yaitu: 1. Promosi penjualan (sales promotion) Promosi penjualan mempunyai tiga karakteristik khusus yaitu: 1. . Secara visual faktor-faktor yang mempengaruhi bauran promosi menurut Djaslim Saladin. Instasi D.

24 Penggunaan penilaian tatap muka untuk barang-barang industri pada umumnya berharga mahal dan banyak resiko. Strategi diversifikasi Perusahaan berusaha membuat produk dan memasuki pasar yang sama sekali berada dengan usaha yang dimiliki saat ini. . seperti yang dikemukakan oleh Igor Anmsoff dan Kotler tentang kerangka yang bermanfaat untuk mendeteksi adanya peluang melalui Market Expantion Grid. Strategi pengembangan produk Perusahaan berusaha membuat produk baru atau menyempurnakan produk lama untuk menarik pasar yang ada 4. 2. Strategi penetrasi pasar Perusahaan berusaha mendapatkan lebih banyak pangsa pasar untuk meningkatkan penjualan di pasar yang ada tanpa merubah produk. yaitu : 1.5. 2. akan tetapi pada kenyataannya perusahaan lebih cenderung membaurkan dengan periklanan.5 Strategi Perluasan Promosi Perusahaan dalam mengembangkan promosinya perlu menggunakan strategi. Strategi pengembangan pasar Perusahaan berusaha mencari dan mengembangkan pasar baru untuk produk yang ada 3.

yang biasa dikonsumsi pada saat yang sama dengan waktu memproduksi sambil memberikan nilai tambah (sperti misalnya kenyamanan. Valarie A. (Oka A. . 2001:1). Prof. Ciri – ciri yang sangat itu spesifik itu adalah: a. kesenangan atau kesehatan). (Oka A.6 Konsep Jasa Jasa (service) adalah suatu produk yang tidak nyata (intangible) dari hasil kegiatan timbal balik antara pemberi jasa (producer) dan penerima jasa (customer) melalui suatu atau beberapa aktivitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Zeithaml dan Mary Jo Bitner memberi batasan tentang service sebagai berikut : semua aktivitas ekonomi yang hasilnya tidak merupakan produk dalam bentuk fisik atau kontruksi. 2001:1) 2. Service tidak bisa diraba atau disentuh karena sifatnya yang tidak nyata.6. hiburan. 25 2. seperti halnya terjadi pada produk manufaktur.1 Ciri – Ciri Jasa (Services) Ciri – ciri khusus pelayanan (service) sebagai suatu produk sangat berbeda dengan produk yang bersifat konkret (psical product) seperti pada barang – barang manufaktur. Philip Kotler member batasan tentang service sebagai berikut : pelayanan (service) adalah suatu aktivitas yang memberikan manfaat dan ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak yang lain dalam bentuk tidak nyata (intangible) dan tidak menimbulkan pemindahan kepemilikan.

tapi ubtuk produk tertentu perantara diperlukan untuk penggunaan terbatas. h. i. Service tidak dapat dicoba. 2007:246): 1. j.2 Macam-Macam Jasa Macam-macam jasa dapat dikelompokan sebagai berikut (Buchari. Permintaan produk berupa jasa (service) tidak tetap melainkan sangat dipengaruhi oleh factor factor non ekonomis. Oleh sebab itu pelayanannya haruslah langsung ditangani sendiri oleh produsennya. . f. karena itu dalam hal service penggunaan gudang tidak diperlukan. e. Umumnya. Proses produksi dan konsumsi jatuh pada saat yang bersamaan. Service tidak memiliki standart atau ukuran yang objektif. Kualitas hasil produk berupa jasa (service) sangat tergantung pada tenaga manusia dan sedikit sekali dapat digantikan oleh mesin. peranan perantara (middlemen) tidak diperlukan. c. Service tidak bisa ditimbun. d. 2. dan untuk mengkonsumsinya konsumen harus dating kepada produsen. Service tidak bias dipindahkan.6. 26 b. Personalized service Jasa ini sangat bersifat personal. karena itu pelanggan tidak bisa mencicipinya terlebih dahulu. yang tidak dapat dipisahkan dari orang yang menghasilkan jasa tersebut. Konsumen terlibat dalam proses produksi. g.

Commercial and office ( perkantoran dan perdagangan) c. 4. Financial sevices Financial services terdiri dari : Banking service (Bank). air minum. travel biro.bioskop. kendaraan umum. Entertainment Usaha ini bisa memperolehpendapatan yang besar karena mereka bisa mempengaruhi masyarakat melalui advertising. pesawat udara dsb. Pelayanan disini ditujukan untuk angkutan penumpang dan angkutan barang. agar dapat menjadi daya tarik dari daerah yang bersangkutan” . gedung-gedung pertunjukan dan usaha hiburan lainya. Insurance Service (asuransi) dan Investement Securities (Lembaga penanam modal) 3. Yang termasuk kedalam kelompok ini ialah usaha dibidang olah raga. Para pemakainya terdiri dari : a. 5. Municipalities (kota praja. Domestic consumer (Konsumen local) b. Public Utility and Transporttion Services Perusahaan public utility mempunyai monopoli secara alamiah misalnya perusahaan listrik. Hotel Servivces Hotel merupakan salah satu sarana dalam bidang kepariwisataan. pemda) Sedangkan dalam transportasi services ialah meliputi : angkutan kereta api. maka dalam hal ini hotel perlu mengadakan kegiatan bersama tempat-tempat rekreasi. hiburan. Industrial users (industri) d. 27 2.

. kontruksi. Mulai dari kegiatan perencanaan. Sedangkan pengertian proses promosi jasa penginapan adalah serangkaian kegiatan yang saling berhubungan. karena admnistrasi bisnis merupakan suatu disipin ilmu yang mengatur segala sesuatu yang terjadi dalam kegiatan bisnis. yaitu berupa keuntungan. yang tersusun secara beraturan yang berisi tata cara yang telah di tetapkan oleh perusahaan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi produk – produk dari suatu perusahaan agar produknya diminati oleh calon konsumen. juga seperti saat terjadi penyimpangan atau kesulitan dalam proses promosi.7 Hubungan Administrasi Bisnis dengan Proses Promosi Jasa Penginapan Berdasarkan pengertian yang telah dipaparkan diatas dapat terlihat bahwa. produksi. 28 2. komunikasi. dan pemerintah yang bergerak dalam pembuatandan memasarkan barang atau jasa kepada konsumen guna mendapatkan keuntungan. bisnis diartikan sebagai jumlah tata usaha yang meliputi bidang pertanian. Hal ini berhubungan dengan proses promosi yang juga mengatur segala tata cara promosi bisnis. Administrasi bisnis adalah seluruh kegiatan dari organisasi – organisasi niaga dalam usaha mencapai suatu tujuan. distribusi. Berdasarkan hal tersebut hubungan antara administrasi bisnis dengan proses promosi sangat erat. maka disiplin ilmu administrasi bisnis dapat mengatasinya dengan menerapkan teori-teori para ahli. usaha jasa.

. dapat mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. 29 Sehingga administrasi bisnis sangat penting dalam membantu proses promosi produk karena dengan menjalankan administrasi yang baik.