A.

IMPLEMENTASI KEPERAWATAN
SP I
IMPLEMENTASI EVALUASI
Tanggal : 31 Juli 2017 S: (Pasien dan Keluarga)
Data  Keluarga mengatakan merasa
Keluarga Pasien : Tn. A senang atas kunjungan yang
S: dilakukan oleh mahasiswa
1. Keluarga mengatakan belum  Keluarga mengatakan mengerti
mengerti tentang pengertian Pengertian, tanda dan gejala serta
halusinasi, tanda dan gejala proses terjadinya halusinasi dan
halusinasi yang dialami beserta cara merawat pasien dengan
proses terjadinya halusinasi halusinasi
2. Keluarga mengatakan belum  Keluarga mengatakan akan selalu
mengetahui cara merawat pasien mengingatkan pasien untuk
dirumah menghardik halusinasinya saat
O: muncul saat pasien sudah pulang
3. Keluarga terlihat bingung ketika kerumah
ditanyakan tentang halusinasi  Keluarga mengatakan akan senang
4. Keluarga terlihat antusias ketika jika mahasiswa bisa kembali
dijelaskan tentang pengertian berkunjung ke rumah.
halusinasi, tanda dan gejala serta
proses terjadinya halusinasi O: (Pasien dan Keluarga)
5. Keluarga bertanya tentang cara  Keluarga mampu menjawab
perawatan pasien saat ini pertanyaan dari mahasiswa tentang
pengertian, tanda dan gejala serta
Diagnosa Keperawatan : proses halusinasi
Gangguan Persepsi Sensori : Halusinasi  Keluarga kooperatif
 Sikap keluarga bersahabat
Tindakan Keperawatan:  Keluarga antusias mendengarkan
SP I k penjelasan yang diberikan oleh
mahasiswa

1. Mahasiwa ULM Profesi Ners Kelompok C . Latih cara memenuhi kebutuhan pasien 3) Latih cara memberikan / 5. Latih cara merawat halusinasi : proses terjadinya halusinasi hardik P: 5. Mempertahankan Hubungan saling percaya Rencana Tindak Lanjut : 2. Mengetahui. tanda dan gejala serta 4. tanda dan gejala  Keluarga mampu mendiskusikan serta proses terjadinya halusinasi masalah yang dirasakan dalam merawat (gunakan flipchart) pasien 3. Anjurkan membantu pasien sesuai jadwal dan beri pujian jadwal dan beri pujian. Pengertian. Latih cara melatih kemampuan yang membimbing minum obat dimiliki pasien 4) Anjurkan membantu pasien sesuai 6. . Mempertahankan Hubungan saling 2) Jelaskan 6 benar cara memberikan percaya obat 4. Jelaskan cara merawat pasien dengan  Keluarga mengerti: halusinasi. Lanjutkan Sp 2 halusinasi pada 1) Evaluasi kegiatan keluarga dalam Keluarga merawat / melatih pasien menghardik Keluarga: beri pujian 3. Anjurkan membantu pasiensesuai Perawat : jadwal dan beri pujian. Diskusikan masalah yang dirasakan A: keluarga dalam merawat pasien  BHSP terjalin dengan baik 2. 1. Jelaskan pengertian.

3. Keluarga mengatakan tidak tahu  Keluarga mengatakan memahami nama-nama obat pasien dan manfaat Tentang pemberian obat pada serta akibat dari pemberian obat yang pasien saat ini yaitu pasien salah kepada pasien menggunakan obat HLP.SP II IMPLEMENTASI EVALUASI Tanggal : 31 Juli 2017 S: (Pasien dan Keluarga) Data  Keluarga mengatakan merasa Keluarga Pasien : Tn. Keluarga mengatakan belum mengetahui cara merawat pasien di O: (Pasien dan Keluarga) rumah  Keluarga mampu menjawab O: pertanyaan dari mahasiswa tentang 4. Keluarga terlihat bingung ketika 6 benar obat serta memahaminya ditanyakan tentang bagaimana obat  Keluarga kooperatif pasien  Sikap keluarga bersahabat 5. A: Diagnosa Keperawatan :  BHSP terjalin dengan baik Gangguan Persepsi Sensori : Halusinasi  Keluarga mampu mendiskusikan masalah yang dirasakan dalam merawat Tindakan Keperawatan: pasien . A senang atas kunjungan yang S: dilakukan oleh mahasiswa 1. Keluarga bertanya tentang cara perawatan pasien saat ini. 2. Keluarga mengatakan ingin Clozapine dan Depacote mengetahui informasi tentang  Keluarga mengatakan akan selalu perawatan pasien dan cara mengingatkan pasien untuk membimbing pasien untuk minum meminum obatnya dan menjaga obat teratur setiap hari stok obatnya agar tidak habis. THP. Keluarga terlihat antusias ketika  Keluarga antusias mendengarkan dijelaskan tentang obat untuk penjelasan yang diberikan oleh mengontrol halusinasi mahasiswa 6.

Latih cara melatih kemampuan yang 7. Anjurkan pasien minum obat secara menghardik dan memberikan obat. Anjurkan membantu pasien sesuai 8. Evaluasi kegiatan keluarga . Anjurkan membantu pasien sesuai jadwal dan berikan pujian. melakukan kegiatan untuk mengontrol halusinasi Mengetahui. Mempertahankan Hubungan saling percaya Rencana Tindak Lanjut : 2. Latih cara memberikan / 2. Latih dan sediakan waktu untuk Mahasiwa ULM Profesi Ners Kelompok A bercakap-cakap dengan pasien terutama saat halusinasi 10. rutin Beri pujian 5. Jelaskan cara bercakap-cakap dan jadwal dan beri pujian. Tentang obat yang diberikan pada dalam merawat / melatih pasien pasien menghardik beri P: pujian Perawat: b. SP 2 k  Keluarga mengerti: a. Latih cara memenuhi kebutuhan pasien SP 3 k 3. Evaluasi kegiatan keluarga dalam dimiliki pasien merawat / melatih pasien dalam 4. Mempertahankan Hubungan saling memberikan obat percaya c. Lanjutkan Sp 3 halusinasi pada membimbing minum obat Keluarga d. 9. Anjurkan membantu pasien Keluarga: sesuai jadwal dan beri pujian 1. Jelaskan 6 benar cara 1. SP III IMPLEMENTASI EVALUASI Tanggal : 31 Juli 2017 S: (Pasien dan Keluarga) .

cakap saat halusinasinya muncul O: saat pasien sudah pulang kerumah 1. Keluarga terlihat antusias ketika dijelaskan tentang cara bercakap. Tentang pemberian cara mengatasi cakap saat pasien mengalami halusinasi dengan cara bercakap- halusinasi cakap saat halusinasi muncul 2. Keluarga terlihat bingung ketika  Keluarga mengatakan akan senang ditanyakan cara mengatasi halusinasi jika mahasiswa bisa kembali dengan bercakap-cakap berkunjung ke rumah. Jelaskan cara bercakap-cakap dan  Keluarga mampu mendiskusikan melakukan kegiatan untuk masalah yang dirasakan dalam merawat mengontrol halusinasi pasien .Data  Keluarga mengatakan merasa Keluarga Pasien : Tn. Keluarga mengatakan belum  Keluarga mengatakan mengerti mengerti tentang cara bercakap. A: Beri pujian  BHSP terjalin dengan baik 2. Keluarga mengatakan pasien sering  Keluarga mengatakan akan selalu menyendiri dan memang terkenal mengajak pasien untuk bercakap – jarang bersosialisasi.O: (Pasien dan Keluarga) cakap ketika halusinasi muncul  Keluarga mampu mendemonstrasikan cara bercakap- Diagnosa Keperawatan : cakap saat pasien mengalami Gangguan Persepsi Sensori : Halusinasi halusinasi  Keluarga kooperatif  Sikap keluarga bersahabat Tindakan Keperawatan:  Keluarga antusias mendengarkan SP 3 k penjelasan yang diberikan oleh 1. 2. A senang atas kunjungan yang S: dilakukan oleh mahasiswa 1. Evaluasi kegiatan keluarga dalam mahasiswa merawat / melatih pasien dalam menghardik dan memberikan obat.

Anjurkan membantu pasien sesuai dimiliki pasien jadwal. 4. Mempertahankan Hubungan saling cakap. Anjurkan pasien minum obat secara rutin 5. Beri pujian.1. 3. Perawat: 1. Latih cara melatih kemampuan yang 3. Evaluasi kegoatan keluarga merawat Keluarga / melatih pasien menghardik. Anjurkan membantu pasien sesuai jadwal dan beri pujian. 2. 3. Mengetahui. Ajurkan pasien selalu bercakap-cakap ketika halusinasi muncul 6. Jelaskan follow up ke RSJ / PKM. Latih cara memenuhi kebutuhan pasien tanda kambuh. Latih dan sediakan waktu untuk  Keluarga mengerti: bercakap-cakap dengan pasien . Beri pujian percaya 2. Mahasiwa ULM Profesi Ners Kelompok C SP IV IMPLEMENTASI EVALUASI Tanggal : 31 Juli 2017 S: (Pasien dan Keluarga) . Lanjutkan Sp 4 Halusinasi pada 1. Tentang obat yang diberikan pada terutama saat halusinasi pasien 4. rujukan. Keluarga: memberikan obat dan bercakap. Anjurkan membantu pasien sesuai P: jadwal dan berikan pujian. Mempertahankan Hubungan saling Rencana Tindak Lanjut : percaya SP 4 k 2.

Keluarga mengatakan ingin pergi ke meminum obat dan bercap-cakap RSJ secepatnya untuk menjeguk saat ada halusinasi anaknya . menghardik Tindakan Keperawatan: dan bercakap-cakap SP 4 k  Keluarga kooperatif 1. antusias pada saat diskusi. 1. Beri pujian menanyakan beberapa pertanyaan . A tentang cara merawat pasien dengan S: cara menghardik halusinasi. Keluarga terlihat antusias ketika kesehatan pasien dan meminta resep dijelaskan tentang cara bercakap. Keluarga terlihat bingung saat lagi.Data . Evaluasi kegiatan keluarga merawat /  Sikap keluarga bersahabat melatih pasien menghardik. Keluarga mengatakan memahami Keluarga Pasien : Tn.  Pasien dan keluarga tampak memberikan obat dan bercakap. Keluarga mengatakan akan selalu 2. Keluarga mengatakan paham tanda-tanda kambuh pada anaknya tentang tanda kambuh pasien dan dan bagaimana kalau anaknya berharap pasien tidak lagi kembali kambuh lagi kerumah sakit jiwa dan selalu sehat O: tidak mengalami gangguan jiwa 1. Keluarga mengatakan belum mengingatkan pasien untuk selalu mengetahui cara merawat pasien di menggunakan cara mengontrol rumah halusinasi 3. Keluarga mengatakan tidak tahu . ditanyakan tentang tanda-tanda . dengan cakap. obat jika obat habis cakap ketika halusinasi muncul 3.  Keluarga mampu menjawab pertanyaan dari mahasiswa cara – Diagnosa Keperawatan : cara mengontrol halusinasi pasien Gangguan Persepsi Sensori : Halusinasi seperti minum obat. Keluarga mengatakan akan selalu kambuh pasien kontrol ke puskesmas untuk mencek 2. Keluarga bertanya tentang keadaan O: (Pasien dan Keluarga) pasien saat ini.

menghardik. . Jelaskan follow up ke RSJ / PKM. Nilai kemampuan keluarga merawat Perawat: pasien 1. Anjurkan membantu pasien sesuai jadwal dan beri pujian. bercakap. Mempertahankan Hubungan saling percaya 2. mengenai cara perawatan pasien tanda kambuh.  BHSP terjalin dengan baik  Keluarga mampu mendiskusikan Rencana Tindak Lanjut : masalah yang dirasakan dalam merawat SP 5 k pasien 1. Beri pujian. Nilai kemampuan keluarga percaya melakukan kontrol ke RSJ / PKM 2. Lanjutkan Sp 5 halusinasi pada Keluarga Keluarga: 1. Ajurkan pasien selalu bercakap-cakap ketika halusinasi muncul 6. Anjurkan pasien minum obat secara rutin 5. Latih cara memenuhi kebutuhan pasien 3. Evaluasi kegiatan keluarga dala  Keluarga mengerti:Tentang pentingnya merawat / melatih pasien mengingatkan pasien dengan kegiatan menghardik. dengan halusinasi 3. kegiatan harian dan follow up. Mempertahankan Hubungan saling 3. Anjurkan membantu pasien sesuai A: jadwal. bercakap-cakap saat halusinasi muncul Beri pujian P: 2. Latih cara melatih kemampuan yang dimiliki pasien 4. Mengetahui. minum obat dan cakap. minum obat. rujukan. 2.

ketika ditanyakan cara perawatan menggunakan cara mengontrol pasien keluarga tampak bingung halusinasi dan selalu melatihnya untuk menjelaskannya  Keluarga mengatakan paham 2. Keluarga terlihat antusias ketika tentang tanda kambuh pasien dan dijelaskan tentang perawatan pasien berharap pasien tidak lagi kembali kerumah sakit jiwa dan selalu sehat Diagnosa Keperawatan : tidak mengalami gangguan jiwa Gangguan Persepsi Sensori : Halusinasi lagi.  Keluarga mengaakan akan selalu Tindakan Keperawatan: memberikan pujian pada pasien saat SP 5 k pasien nanti pulang berhasil 1. kontrol ke puskesmas untuk mencek . A tentang cara merawat pasien dengan S: cara menghardik halusinasi. Keluarga mengatakan kurang meminum obat dan bercap-cakap mengetahui cara merawat pasien saat ada halusinasi dirumah saat pasien nanti pulang  Keluarga mengatakan akan selalu O: mengingatkan pasien untuk selalu 1. minum obat. 1. Evaluasi kegiatan keluarga dala mengontrol halusinasinya merawat / melatih pasien  Keluarga mengatakan akan selalu menghardik. bercakap. Mahasiwa ULM Profesi Ners Kelompok C SP V IMPLEMENTASI EVALUASI Tanggal : 31 Juli 2017 S: (Pasien dan Keluarga) Data  Keluarga mengatakan memahami Keluarga Pasien : Tn.

cakap. Nilai kemampuan keluarga  Keluarga mampu menjelaskan melakukan kontrol ke RSJ / PKM bagaimana cara merawat pasien halusinasi dengan kegiatan sepeti Rencana Tindak Lanjut : menghardik. Monitoring seluruh kegiatan yang menjaga minum obat paasien diajarkan pada keluarga pasien  Keluarga kooperatif 2. kesehatan pasien dan meminta resep Beri pujian obat jika obat habis. Nilai kemampuan keluarga merawat pasien O: (Pasien dan Keluarga) 3. 2. dengan menanyakan beberapa pertanyaan mengenai cara perawatan pasien dengan halusinasi A:  BHSP terjalin dengan baik  Keluarga mampu mendiskusikan masalah yang dirasakan dalam merawat pasien  Keluarga mengerti tentang follow up ke PKM/RSJ Perawat:  Mempertahankan Hubungan saling percaya Keluarga:  Mempertahankan Hubungan saling percaya  Latih cara memenuhi kebutuhan pasien . Kolaborasi dengan puskesmas serta  Sikap keluarga bersahabat bidan desa untuk pengawasan pada  Pasien dan keluarga tampak keluarga antusias pada saat diskusi. kegiatan harian dan follow up. bercakap-cakap dan 1.

Mengetahui. Mahasiwa ULM Profesi Ners Kelompok C .  Latih cara melatih kemampuan yang dimiliki pasien  Anjurkan pasien minum obat secara rutin  Ajurkan pasien selalu bercakap- cakap ketika halusinasi muncul  Anjurkan membantu pasien sesuai jadwal dan beri pujian.