Masih Ada Harapan

Ketika hidup serba kekurangan, semua jalan akan ditempuh demi terlepas
dari beratnya tekanan hidup. Baik jalan yang positif maupun negatif. Beberapa
jalan negatif terlihat dari hal-hal yang dilakukan oleh beberapa masyarakat kita.
Di Bogor, seorang ibu bernama Markiah (30 tahun) beserta anak lelakinya
yang baru berusia tiga tahun memilih untuk bunuh diri. Keduanya melompat dari
Jembatan Pulo Empang, Bogor. Apalagi alasannya kalau bukan himpitan beban
hidup?
Seorang wartawati sebuah surat kabar nasional kedapatan sedang
membawa sabu-sabu di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. AC (nama samaran)
nekat menjadi kurir narkoba lantaran faktor ekonomi. Hal ini diungkapkan Deputi
Penindakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Inspektur Jenderal Benny Mamoto,
Rabu (14/11/2012), saat menghadiri acara diskusi di kantor Dewan Pewakilan
Daerah (DPD).
Selain itu, kasus penyiksaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pun turut
mewarnai kisruhnya perekonomian negara baru-baru ini. Sumiati, seorang
Tenaga Kerja Indonesia. Mulutnya digunting oleh majikannya sendiri di Arab
Saudi. Mereka yang miskin seolah pasrah menerima kenyataan dan merasa
seolah diperkosa oleh ketidakadilan.
Akan tetapi, coba kita tinjau lebih jauh. Indonesia adalah negara yang
kaya akan Sumber Daya Alam. Indonesia juga merupakan negara yang dipandang
sebagai daerah yang sangat menarik untuk investasi. Saat ini pun pemerintah
mencanangkan berbagai program untuk kemajuan bangsa, baik dari segi
perekonomian maupun Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia.
Sumber Daya Alam yang begitu berlimpah ini telah dimanfaatkan oleh
suatu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendorong semangat
pertumbuhan ekonomi bangsa. Dorongan semangat ini membuat
pemberdayaan Perusahaan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertumbuh
dengan cepat. Seperti yang disampaikan Menteri BUMN Dahlan Iskan,

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan PT Batan Teknologi (Persero) tahun ini mengalami kemajuan melampaui batas negara: Kini Value Garuda mencapai Rp 18 triliun. PT Batan Teknologi pun seperti yang tidak mau kalah dengan kepakan sayap Garuda dan enam BUMN kelas dunia lainnya (BRI.Yudiutomo Imardjoko. Inggris. kita semua tidak perlu khawatir kemiskinan akan merampas apa yang kita miliki.Ir. membuat program penghentasan kemiskinan telah menunjukan hasil yang positif.” Percepatan tumbuhnya BUMN ini dapat dilihat dari berbagai geliat yang terjadi. kita harus yakin dan percaya. Misalnya. Bank Mandiri. dengan segala pertumbuhan pembangunan ekonomi yang signifikan ini. Tahun ini di bawah Dirut baru Dr. serta peradaban bangsa yang maju dan unggul sebagaimana kita cita-citakan bersama. . Atas segala kontribusi BUMN untuk membantu mendorong perekonomian bangsa. PGN. kita dapat memiliki ekonomi yang lebih maju dan berkeadilan. Telkom. Kemajuan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga membuat kagum para pecinta klub Sepakbola Liga Inggris. demokrasi yang tersusun rapih dan berkualitas. Dengan adanya tayangan iklan Garuda Indonesia yang berdurasi selama enam menit pada pertandingan-pertandingan Liverpool di Anfield. Dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) telah mengepakan kilau sayapnya di dunia sepak bola Eropa. BatanTek bangkit dari kelumpuhannya dan langsung berlari ke berbagai negara di Asia. pada saatnya nanti.“Memasuki tahun ke-2 sebagai menteri BUMN saya bisa melangkah ke program yang lebih dalam. Jadi sekarang. sekitar Rp1 triliun lebih besar dari MAS dan Thai. BNI. dan Semen Gresik). Sebagai bangsa. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia ini menjalin kerjasama dengan Liverpool dan The Athletic Grounds Limited dalam hal sponsor serta pemasaran. pembenahan anak-anak dan cucu perusahaan.

Jadi untuk apa kita mudah putus asa? . Karena harapan selalu ada ketika kita mau berusaha dan berdoa. TKI yang di siksa oleh majikannya. Jadi tidak ada lagi wartawati yang menjadi kurir narkoba. rakyat miskin yang bunuh diri. serta kasus-kasus lain yang membuat Tanah Air berduka.

id/artikel-6333-kiprah-bumn-merealisasikan-mp3ei.Kur ir.go.wordpress.Narkoba.Ekonomi. Tersedia di: http://dahlaniskan. orang miskin bunuh diri . 14:20 . 20:30 Kiprah BUMN Merealisasikan MP3EI. 22/11/2012.merdeka.html/.kompas.html/. 23/11/2012.Ramadhian Fadillah. 24/11/2012. Tersedia di: http://www. DAFTAR PUSTAKA Pejabat korupsi. Tersedia di: http://www.com/read/2012/11/14/18200460/Wartawati.setkab. Tersedia di: http://megapolitan. 22/11/2012. 16:30 Giliran Menengok Anak-Anak dan Cucu-Cucu.com/peristiwa/pejabat-korupsi-orang-miskin-bunuh- diri.Jadi.karena. 16:15 Wartawati Jadi Kurir Narkoba Karena Ekonomi.com/2012/11/05/giliran-menengok-anak-anak-dan- cucu-cucu/.