RPP

(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)

MATA PELAJARAN
KIMIA

kerjasama.3 Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan KD pada KI 3 3.2 Menunjukkan perilaku kerja sama.menerapkan. Thomson. mampu membedakan faktadan opini. Kompetensi Inti KI 1 :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur. menalar. damai).2 Memahami model atom Dalton. bertanggung jawab. jujur. seni.cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam. Melalui kajian literaratur. Indikator: 1. 2. kritis. siswa dapat menjelaskanperkembangan model atom Rutherford dengan tepat 4.1 Menyadari adanya keteraturan strukturpartikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang strukturpartikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif. KI 3 : Memahami.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. kebangsaan. siswa dapat menjelaskanperkembangan model atom Dalton dengan tepat 2. budaya. kenegaraan. KI 4 : Mengolah. disiplin. 2.2 Page | 2 . teliti. dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian. Melalui kajian literaratur.inovatif. tanggungjawab. siswa dapat menjelaskanperkembangan model atom Niels Bohr dengan tepat RPP Kimia SMA Untuk KI. dan mekanika gelombang. dan humaniora dengan wawasankemanusiaan. Bohr. dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri. terbuka. dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan B. responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. kreatif. prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan. demokratis. santun. santun.3 KD 3. ulet. Melalui kajian literaratur. komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari. Rutherfod. siswa dapat menjelaskanperkembangan model atom Thomson dengan tepat 3. objektif. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KD pada KI 1dan 2 1. toleran. teknologi. serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah. konseptual. disiplin. Melalui kajian literaratur. peduli (gotong royong.menganalisis pengetahuan faktual. 2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMA Negeri 1 Dompu Mata Pelajaran : Kimia Kelas/Semester : X/Ganjil Materi Pokok : Perkembangan Model Atom Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (3 jam pelajaran) A. toleran.

Melalui kajian literaratur.Lavosier mennyatakan bahwa "Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi". Teori atom Dalton didasarkan pada dua hukum. Mengkaitkan kemampuan electron dalam mengaktualisasi informasi dari hantaran gelombang dengan dualismen sifat electron berdasarkan teori atom mekanika gemombang C. suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda C. yaitu hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts). Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom- atom. Hipotesa Dalton digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal seperti pada tolak peluru. Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Melalui diskusi di kelas.2 Page | 3 . sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Model Atom Dalton Pada tahun 1803.2 Menggunakan model atom untuk menjelaskan fenomena alam atau hasil percobaan. John Dalton mengemukakan mengemukakan pendapatnaya tentang atom. Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil. siswa dapat menjelaskanperkembangan model atom mekanika kuantum dengan tepat 6. Dari kedua hukum tersebut Dalton mengemukakan pendapatnya tentang atom sebagai berikut: A. 5. Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi B. Indikator: 1. Sedangkan Prouts menyatakan bahwa "Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap". Misalnya air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen D.3 KD 3. Seperti gambar berikut ini: Model Atom Dalton seperti bola pejal RPP Kimia SMA Untuk KI. siswa dapat menganalisa kelemahan masing masing model atomjika di berikan model nya KD pada KI-4: 4. Mengkaitkan fenomena benda memiliki warna yang berbeda-beda dengan model atom Bohr 2. MATERI PEMBELAJARAN 1.

79 = 0.62 1.02 0.60 Kelemahan Model Atom Dalton Kelebihan Mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom Kelemahan Teori atom Dalton tidak dapat menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik.61 2 0. pemanasan (g Mg) MgO) 1 0. Bubuk merah ini akan terurai menjadi cairan merkuri dan sejumlah volume gas (oksigen) yang jumlahnya sama dengan udara yang dibutuhkan dalam percobaan pertama Percobaan Joseph Pruost Pada tahun 1799 Proust menemukan bahwa senyawa tembaga karbonat baik yang dihasilkan melalui sintesis di laboratorium maupun yang diperoleh di alam memiliki susunan yang tetap.36 0.2 Page | 4 .36/0. Bagaimana mungkin bola pejal dapat menghantarkan arus listrik? padahal listrik adalah elektron yang bergerak. Beda tinggi A dan B menyatakan volume udara yang digunakan oleh merkuri dalam pembentukan bubuk merah (merkuri oksida). RPP Kimia SMA Untuk KI. Berarti ada partikel lain yang dapat menghantarkan arus listrik.3 KD 3. Untuk menguji fakta ini.60 = 0.60 3 0.79 0. Lavoisier mengumpulkan merkuri oksida. Percobaan Sebelum Setelah pemanasan (g Perbandingan Mg/MgO ke.Percobaan Lavosier Mula-mula tinggi cairan merkuri dalam wadah yang berisi udara adalah A.48 0.62/1.60 0. tetapi setelah beberapa hari merkuri naik ke B dan ketinggian ini tetap.02 = 0. kemudian dipanaskan lagi.48/0.

oleh karena elektron bermuatan negatif.3 KD 3. maka harus ada partikel lain yang bermuatan positifuntuk menetrallkan muatan negatif elektron tersebut. yaitu partikel yang bermuatan positif dan bergerak lurus. Thomson memperbaiki kelemahan dari teori atom dalton dan mengemukakan teori atomnya yang dikenal sebagai Teori Atom Thomson. berdaya tembus besar sehingga dapat menembus RPP Kimia SMA Untuk KI. Kelemahan Model Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut. Atom merupakan partikel yang bersifat netral. Yang menyatakan bahwa: "Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya tersebar muatan negatif elektron" Percobaan Sinar Katode Kelebihan dan Kelemahan Model Atom Thomson Kelebihan Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur.2 Page | 5 . Sebelumya telah ditemukan adanya partikel alfa. 3.2. Model Atom Thomson Thomson menyatakan bahwa sinar katode merupakan partikel penyusun atom (partikel subatom) yang bermuatan negatif dan selanjutnya disebut elektron. Dari penemuannya tersebut. Model Atom Rutherford Rutherford bersama dua orang muridnya (Hans Geigerdan Erners Masreden)melakukan percobaan yang dikenal dengan hamburan sinar alfa (λ) terhadap lempeng tipis emas.

maka sebagian besar partikel alfa diteruskan (ada penyimpangan sudut kurang dari 1°). 3. Rutherford menduga bahwa didalam inti atom terdapat partikel netral yang berfungsi mengikat partikel-partikel positif agar tidak saling tolak menolak.3 KD 3. Bila perbandingan 1:20. Berdasarkan teori fisika.kelamaan energi elektron akan berkurang dan lintasannya makin lama akan mendekati inti dan jatuh ke dalam inti RPP Kimia SMA Untuk KI.000 partikel alfa akan membelok sudut 90° bahkan lebih. Model atom Rutherford dapat digambarkan sebagai beriukut: Kelemahan Model Atom Rutherford Kelebihan Membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi inti Kelemahan Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom. Atom bukan merupakan bola pejal.lembaran tipis kertas. Dari pengamatan mereka. didapatkan fakta bahwa apabila partikel alfa ditembakkan pada lempeng emas yang sangat tipis. Jika lempeng emas tersebut dianggap sebagai satu lapisanatom-atom emas. Rutherford mengusulkan model atom yang dikenal dengan Model Atom Rutherford yang menyatakan bahwa Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif. berdasarkan fakta bahwa 1 dari 20. Partikel tersebut merupakan partikelyang menyusun suatu inti atom.000 partikel alfa akan dibelokkan. karena hampir semua partikel alfa diteruskan 2. tetapi dari pengamatan Marsden diperoleh fakta bahwa satu diantara 20. maka didapatkan ukuran inti atom kira-kira 10.000 merupakan perbandingan diameter.000 lebih kecil daripada ukuran atom keseluruhan Berdasarkan fakta-fakta yang didapatkan dari percobaan tersebut.2 Page | 6 . gerakan elektron mengitari inti ini disertai pemancaran energi sehingga lama . diperoleh beberapa kesipulan beberapa berikut: 1. maka didalam atom emas terdapat partikel yang sangat kecil yang bermuatan positif. Percobaan tersebut sebenarnya bertujuan untuk menguji pendapat Thomson. Berdasarkan gejala-gejala yang terjadi. dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif. yakni apakah atom itu betul-betul merupakan bola pejal yang positif yang bila dikenai partikel alfa akan dipantulkan atau dibelokkan.

Pada peralihan ini.Model Atom Rutherford.3 KD 3. besarnya sesuai dengan persamaan planck. Tingkat energi paling rendah adalah kulit elektron yang terletak paling dalam. elektron- elektron mengelilingi inti pada lintasan- lintasan tertentu yang disebut kulit elektronatau tingkat energi. Selama elektron berada dalam lintasan stasioner. seperti tata surya 4. Besarnya momentum sudut merupakan kelipatan dari h/2∏ atau nh/2∏. sebagai berikut: 1. diungkapkan dengan empat postulat. semakin keluar semakin besar nomor kulitnya dan semakin tinggi tingkat energinya. 3. Elektron hanya dapat berpindah dari satu lintasan stasioner ke lintasan stasioner lain. RPP Kimia SMA Untuk KI. terutama sifat yang disebut momentum sudut. sejumlah energi tertentu terlibat. Percobaannya ini berhasil memberikan gambaran keadaan elektron dalam menempati daerah disekitar inti atom.2 Page | 7 . Penjelasan Bohr tentang atom hidrogen melibatkan gabungan antara teori klasik dari Rutherford dan teori kuantum dari Planck. Menurut model atom bohr. energi elektron tetap sehingga tidak ada energi dalam bentuk radiasi yang dipancarkan maupun diserap. 4. Orbit ini dikenal sebagai keadaan gerak stasioner (menetap) elektron dan merupakan lintasan melingkar disekeliling inti. Hanya ada seperangkat orbit tertentu yang diperbolehkan bagi satu elektron dalam atom hidrogen. ΔE = hv. dengan n adalah bilangan bulat dan h tetapan planck. Model Atom Bohr Pada tahun 1913. Lintasan stasioner yang dibolehkan memilki besaran dengan sifat-sifat tertentu. 2. pakar fisika Denmark bernama Neils Bohr memperbaiki kegagalan atom Rutherford melalui percobaannya tentang spektrum atom hidrogen.

y dan z = Posisi dalam tiga dimensi Y = Fungsi gelombang m = massa RPP Kimia SMA Untuk KI. Bentuk dan tingkat energi orbital dirumuskan oleh Erwin Schrodinger.Percobaan Bohr Kelebihan dan Kelemahan Kelebihan atom Bohr adalah bahwa atom terdiri dari beberapa kulit untuk tempat berpindahnya elektron. seorang ahli dari Jerman Werner Heisenberg mengembangkan teori mekanika kuantum yang dikenal Erwin Werner dengan prinsip ketidakpastian yaitu “Tidak mungkin dapat Schrodinger Heisenberg ditentukan kedudukan dan momentum suatu benda secara seksama pada saat bersamaan.2 Page | 8 .Erwin Schrodinger memecahkan suatu persamaan untuk mendapatkan fungsi gelombang untuk menggambarkan batas kemungkinan ditemukannya elektron dalam tiga dimensi.Sebelum Erwin Schrodinger. Daerah ruang di sekitar inti dengan kebolehjadian untuk mendapatkan elektron disebut orbital. Persamaan Schrodinger x. yang dapat ditentukan adalah kebolehjadian menemukan elektron pada jarak tertentu dari inti atom”. Model Atom Modern Model atom mekanika kuantum dikembangkan oleh Erwin Schrodinger (1926).3 KD 3. Kelemahan model atom ini adalah tidak dapat menjelaskan efek Zeeman dan efek Strack 5.

tetapi mengikuti penyelesaian kuadrat fungsi gelombang yang disebut orbital (bentuk tiga dimensi darikebolehjadian paling besar ditemukannya elektron dengan keadaan tertentu dalam suatu atom) 2. seperti terlihat pada gambar berikut ini.2 Page | 9 . Posisi elektron sejauh 0. tetapi bolehjadi merupakan peluang terbesar ditemukannya elektron Percobaan chadwick Kelemahan Model Atom Modern Persamaan gelombang Schrodinger hanya dapat diterapkan secara eksak untuk partikel dalam kotak dan atom dengan elektron tunggal RPP Kimia SMA Untuk KI.3 KD 3. (Elektron yang menempati orbital dinyatakan dalam bilangan kuantum tersebut) 3.14 E = Energi total V = Energi potensial Model atom dengan orbital lintasan elektron ini disebut model atom modern atau model atom mekanika kuantum yang berlaku sampai saat ini. Walaupun posisi kulitnya sama tetapi posisi orbitalnya belum tentu sama. Beberapa sub kulit bergabung membentuk kulit. Orbital menggambarkan tingkat energi elektron. Model atom mutakhir atau model atom mekanika gelombang Awan elektron disekitar inti menunjukan tempat kebolehjadian elektron. sehingga lintasannya (orbitnya) tidak stasioner seperti model Bohr. CIRI KHAS MODEL ATOM MEKANIKA GELOMBANG 1. Gerakan elektron memiliki sifat gelombang. Bentuk dan ukuran orbital bergantung pada harga dari ketiga bilangan kuantumnya. Orbital-orbital dengan tingkat energi yang sama atau hampir sama akan membentuk sub kulit.Dengan demikian kulit terdiri dari beberapa sub kulit dan subkulit terdiri dari beberapa orbital.529 Amstrong dari inti H menurut Bohr bukannya sesuatu yang pasti.ђ = h/2p dimana h = konstanta plank dan p = 3.

2 Page | 10 .3 KD 3.model atom Thomson.  Guru membagikan LKS “Perkembangan Model Atom” kepada semua kelompok  Siswa diminta mencari data tentang model atom.  Siswa mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan model atom . kelebihan dan kekurangan yang di peroleh dari berbagai sumber belajar ke LKS yang di sediakan guru  Guru memfasilitasi setiap kelompok bekerja sama untuk mencoba menjawab pertanyaan yang dikemukakan oleh peserta didiktentang model-model atom  Guru mengundi 2 kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya yang berupa data pada LKS dan jawaban dari pertanyaan yang dikemukakan teman- temannya.  Guru melakukan penilaian sikap peserta didik yang sedang mengumpulkan data dan berdiskusi  Siswamencari dari berbagai sumber belajar mengolah dan menganalisiskelebihan dan kekurangan model atom Dalton. KEGIATAN PEMBELAJARAN Waktu Kegiatan Deskripsi Kegiatan (menit) Pendahuluan  Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini 10  Guru memotivasi siswa dengan meminta siswa memotong motong kertas sampai sekecil mungkin lalu mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam mempelajari topik yang akan dibahas pada pertemuan hari ini.  Siswa diminta mendiskusikan data yang di peroleh kemudian mencoba menjawab pertanyaan. Bisakah kertas itu dipotong terus menerus ? 2.  Guru meminta siswa mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar model atom yang di tayangkan . dan model atom Rutherford. model atom Niels Bohr serta model atom mekanika kwantum.  Siswa menarik kesimpulan tentang model atom teori atom.  Siswa dari kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan kepada kelompok yang mempresentasikan hasil kerjanya  Guru melakukan penilaian psikomotor peserta didik yang sedang mengumpulkan data dan berdiskusi Penutup  Guru melakukan reviu terhadap hasil kerja siswa dan 10 RPP Kimia SMA Untuk KI.  Siswa mengamati gambar model atom dengan seksama .D. sesuai jumlah siswa di kelas  Guru menayangkan gambar model atom. Partikel apa yang menyusun kertas ? Inti  Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok dengan 75 masing-masing kelompok terdiri dari 4 atau 6 anggota. Pertanyaan yang dikemukakan guru : 1.

 Memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik  Guru memberikan tugas pekerjaan rumah dari buku paket siswa untuk dibahas pada pertemuan minggu berikutnya E.3 KD 3. Mudah dan Aktif Belajar Kimia 1 : Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional  Chang. New York: McGraw-Hill. photobuchet. 6th ed. A. Website : www. Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran Terlampir F.com d. ALAT DAN SUMBER BELAJAR 2. dan Setiabudi. c. Y. Memahami Kimia 1: SMA/MA Untuk Kelas X.2 Page | 11 .Soal Penugasan . 2011.Lembar Observasi kegiatanpencarian data dan diskusi kelompok 2. Observasi . PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN 1. Sikap . b. Alat dan Bahan: a. Sumber Belajar: a.Rubrik Penilaian 2. 2009. Pegangan Guru  Sunarya. Media Pembelajaran : LCD. Penugasan .com e.wordpress f. Pengetahuan . Irvan. Jenis/Teknik penilaian No Aspek Teknik Bentuk Instrumen 1. komputer . Laporan kegiatan siswa . basicchemical. Pegangan Siswa  Buku Kimia SMA : Permana. Waktu Kegiatan Deskripsi Kegiatan (menit) melakukan refleksi dengan meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya. Jakarta : Pusat Perbukuan. Raymond.file. Lembar kegiatan Siswa 3.youtube. MEDIA. Keterampilan . Tes Tertulis .General Chemistry : The Essential Concepts. Semester 1dan 2. 2009. olalenenymoo.com RPP Kimia SMA Untuk KI.Soal Uraian 3. kertas dan gunting b.blogspot. Departemen Pendidikan nasional.

teliti. 2.33 C 𝟐𝟒 0. demokratis. ulet. toleran. mampu membedakan faktadan opini. jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan 2.33 K RPP Kimia SMA Untuk KI. disiplin. bertanggung jawab. komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.3 Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan ================================================================ Berikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan . terbuka.2 Menunjukkan perilaku kerja sama.33 < X ≤ 2. 2.2 Page | 12 .1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu.33 B 𝐉𝐮𝐦𝐥𝐚𝐡 𝐬𝐤𝐨𝐫 𝑵𝒊𝒍𝒂𝒊 = 𝐱𝟒 1.00 < X ≤ 1.33 < X ≤ 4. jika selaluberperilaku dalam kegiatan No Nama Disiplin Tanggung Jujur Teliti Kreatif Peduli Jumlah Nilai Siswa jawab lingkungan Skor 1 2 3 Pedoman penskoran penilaian sikap 1 Interval Sikap 3. jujur.inovatif. Lembar penilaian sikap 1 Mata Pelajaran : Kimia Kelas/Semester : X/1 Topik/Subtopik : Perkembangan Teori Atom Indikator : 2.3 KD 3. jika sering berperilaku dalam kegiatan 4. santun. objektif.00 SB 2. kritis.cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam. kreatif. 1. jika kadang-kadang berperilaku dalamkegiatan 3.33 < X ≤ 3.

cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam. 2. terbuka.33 < X ≤ 3.33 B 𝐉𝐮𝐦𝐥𝐚𝐡 𝐬𝐤𝐨𝐫 𝑵𝒊𝒍𝒂𝒊 = 𝐱𝟒 1. jika selaluberperilaku dalam kegiatan No Nama Siswa Kerja Santun Toleran Responsif Proaktif Jumlah Nilai sama Skor 1 2 3 Pedoman penskoran penilaian sikap Interval Sikap 3.3 KD 3. objektif. santun. komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari. toleran. demokratis. 1. teliti. kritis.33 C 𝟐𝟒 0.00 < X ≤ 1.inovatif.2 Page | 13 . kreatif.2 Menunjukkan perilaku kerja sama.33 < X ≤ 4. mampu membedakan faktadan opini. jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan 2. 2.33 < X ≤ 2. jika kadang-kadang berperilaku dalamkegiatan 3. ulet. jika sering berperilaku dalam kegiatan 4.3 Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan ================================================================== Berikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan. jujur.33 K Penilaian diri terhadap pemahaman materi RPP Kimia SMA Untuk KI.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. bertanggung jawab. disiplin.Lembar penilaian sikap pada kegiatan diskusi Mata Pelajaran : Kimia Kelas/Semester : X/2 Topik/Subtopik : Perkembangan Teori Atom Indikator : 2.00 SB 2.

... skor = 1 REKAPITULASI PENILAIAN DIRI 1 Mata Pelajaran: Kimia Topik/Materi: Perkembangan Teori Atom Kelas: X semester 1 Skor Pernyataan Penilaian Diri Jumlah Skor No Nama Nilai 1 2 3 ....... Anda dapat melakukan penilaian diri dengan cara memberikan tanda Vpada kolom yang tersedia sesuai dengan kemampuan.2 Page | 14 ..4 5 1 2 3 Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus: Jumlah skor 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖 = x100 2x5 RPP Kimia SMA Untuk KI. Memahami perbedaan teori atom Rutherford dan Bohr 4 Memahami kelebihan dari masing- masing teori atom 5 Memahami kekurangan masing- masing teori atom Pedoman penskoran Jika V pada kolom sudah memahami... Penilaian Diri 1 (Setelah mempelajari Materi) Topik: Perkembangan Teori Atom Nama: ... No Pernyataan Sudah memahami Belum memahami 1.. Setelah mempelajari materi Perkembangan Teori Atom. Memahami perbedaan teori atom Dalton dan Thomson 2.. skor =2...3 KD 3............ Memahami perbedaan teori atom Thomson dan Rutherford 3.... Kelas: .. Jika V pada kolom Belum memahami.

................ Penilaian Diri 2 (Setelah Melaksanakan Tugas) Tugas:Pembuatan Poster Perkembangan Nama:..4 5 1 2 3 Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus: Jumlah skor 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖 = x100 2x5 RPP Kimia SMA Untuk KI.... Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya...3 KD 3............. No Pernyataan YA TIDAK 1 Selama melakukan tugas kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok 2 Saya mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta 3 Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang 4 Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literatur yang mendukung tugas 5 Saya mengerjakan tugas ini dengan tidak mengabaikan tugas yang lain (skala prioritas) Pedoman penskoran Jika V pada kolom sudah memahami... skor = 1 REKAPITULASI PENILAIAN DIRI 2 Mata Pelajaran: Kimia Topik/Materi: Perkembangan Teori Atom Kelas: X semester 1 Skor Pernyataan Penilaian Diri No Nama Jumlah Nilai 1 2 3 .. atom Kelas:.. skor =2.....2 Page | 15 .......... Jika V pada kolom Belum memahami....

Misalnya air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen (1) D. Jelaskan teori atom Thomson dan gambarkan model atomnya ! 3. Jelaskan teori atom Rutherford dan gambarkan model atomnya ! 4. (1) Atom seperti bola yang pejal (2) 2.2 Page | 16 . Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Jelaskan teori atom Bohr dan gambarkan model atomnya ! 5. Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi (1) B. Berdasarkan model atom diatas analisis lalu tuliskan kelemahan dari masing masing model atom ! Kunci jawaban dan skor 1. Dalton mengemukakan pendapatnya tentang atom sebagai berikut: A.3 KD 3. Jelaskan teori atom mekanika kwantum dan gambarkan model atomnya ! 6. Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom- atom. LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : KIMIA Kelas / Semester : X / satu Kompetensi Dasar : Perkembangan Model Atom Pertanyaan : 1. suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda (1) C. Teori Atom Thomson. Yang menyatakan bahwa: "Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya tersebar muatan negatif elektron" ( 2 ) Gambar model atom Thomson ( 2 ) RPP Kimia SMA Untuk KI. sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Jelaskan teori atom Dalton dan gambarkan model atomnya ! 2. Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil.

Hanya ada seperangkat orbit tertentu yang diperbolehkan bagi satu elektron dalam atom hidrogen. (1) c. Walaupun posisi kulitnya sama tetapi posisi orbitalnya belum tentu sama. sebagai berikut: a. empat postulat Bohr . (1) b. (1) d.Dengan demikian kulit terdiri dari beberapa sub kulit dan subkulit terdiri dari beberapa orbital. Orbit ini dikenal sebagai keadaan gerak stasioner (menetap) elektron dan merupakan lintasan melingkar disekeliling inti. Orbital menggambarkan tingkat energi elektron. sejumlah energi tertentu terlibat. Awan elektron disekitar inti menunjukan tempat kebolehjadian elektron.(1) model atom mekanika kwantum ( 3 ) RPP Kimia SMA Untuk KI.3 KD 3.2 Page | 17 . Selama elektron berada dalam lintasan stasioner. ΔE = hv. Beberapa sub kulit bergabung membentuk kulit. besarnya sesuai dengan persamaan planck. energi elektron tetap sehingga tidak ada energi dalam bentuk radiasi yang dipancarkan maupun diserap. Orbital-orbital dengan tingkat energi yang sama atau hampir sama akan membentuk sub kulit. dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif. ( 2 ) Gambar model atom Rutherford ( 2 ) 4. Pada peralihan ini. terutama sifat yang disebut momentum sudut ( 1 ) Gambar model atom Bohr (2) 5. 3. Model Atom Rutherford yang menyatakan bahwa Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif. Lintasan stasioner yang dibolehkan memilki besaran dengan sifat-sifat tertentu. Elektron hanya dapat berpindah dari satu lintasan stasioner ke lintasan stasioner lain.

Model Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut. Kelemahan model atom Bohr model atom ini adalah tidak dapat menjelaskan efek Zeeman dan efek Strack ( 2 ) RPP Kimia SMA Untuk KI. a. Teori atom Dalton tidak dapat menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik. Model atom Rutherford Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom.3 KD 3. ( 2 ) c.kelamaan energi elektron akan berkurang dan lintasannya makin lama akan mendekati inti dan jatuh ke dalam inti( 2 ) d.2 Page | 18 . 6. (2) b. Berdasarkan teori fisika. gerakan elektron mengitari inti ini disertai pemancaran energi sehingga lama .