LPJ

“Laporan Pertanggung Jawaban”

TAFAKUR ALAM & TARBIYATUL ISLAM
Badan Eksekutif Mahasiswa
STIT Ibnu Khaldun Nunukan 2017/2018

Melalui Pendidikan Islam Kita
Bangun Masyarakat Perbatasan Yang
Beradab

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
IBNU KHALDUN NUNUKAN
2017

KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh. dan semoga pula dilimpahkan kepada kita sekalian sebagai pengikutnya yang istiqamah dijalan-Nya. materi dan dukungannya. dan Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw. MM selaku Ketua STIT Ibnu Khaldun Nunukan. Pd selaku Ketua Program Studi Stit Ibnu Khaldun Nunukan. Kemudian kami selaku Panitia. 15 Juni 2017 . kami selaku Panitia Kegiatan. Selain bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan. 4) Dosen Stit Ibnu Khaldun Nunukan dan semua pihak yang telah membantu dan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan kami. Dengan terlaksananya kegiatan kami ini dengan lancar tanpa halangan suatu apapun. kami segenap panitia tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: 1) Allah SWT. bermaksud memberikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) mengenai pelaksanaan kegiatan tersebut. Pahmuddin. “Tafakur alam & Tarbiyatul Islam” merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Stit Ibnu Khaldun Nunukan. Amin. tenaga. 2) Drs. sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Dagar. yang selalu memberi kami kesehatan rohani maupun jasmani. Segala puji bagi Allah atas segala limpahan rahmat-Nya kepada kita sekalian. kepada keluarga dan para sahabatnya. Semoga Yang Maha Kuasa membalas semua amal kebaikan kita semua. tidak bisa memberikan apapun kecuali ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya. atas semua bantuannya baik berupa waktu. 3) Drs. aamiin……… Nunukan. pikiran. penyusunan LPJ ini juga diharapkan bisa menjadi acuan/cerminan untuk kegiatan-kegiatan serupa selanjutnya. dan akan diadakan setiap tahun pada menjelang penerimaan mahasiswa baru. M. Dengan telah terlaksananya kegiatan tersebut.

sebagaimana alternatif metode yang ditawarkan dalam Al – Qur’an : Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Badan Eksekutif Mahasiswa STIT Ibnu Khaldun Nunukan sebagai salah satu Organisasi Internal kampus yang berperan aktif dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan kemahasiswaan seperti acara Tafakur Alam dan Tarbiyatul Islam. Apabila ini terjadi terus- menerus maka akan menurunnya prestasi bangsa Indonesia dan akan semakin menurunnya citra Islam. baik bagi agama. Sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahui orang – orang yang mendapat petunjuk. Nilai – nilai Islam sudah tidak lagi digunakan dalam kehidupan sehari – hari. termasuk daerah Nunukan yang sangat minim efektifitas kegiatan keagamaan Islam. pelatihan dan motivasi kepada para pemudanya. Hal itu mendorong kami. LATAR BELAKANG Nilai – nilai keagamaan perlu ditumbuhkan di berbagai daerah. Begitu pula Perkembangan kesenian dikalangan remaja pada saat ini sudah berkembang pesat. perkembangannya dapat kita lihat dengan banyaknya kreatifitas – kreatifitas yang terlahir dari sentuhan manis generasi muda sekarang seperti Band. Seni grafis. Permasalahan pemuda sekarang ini sudah mencerminkan menurunnya moral anak bangsa. Seni peran dan kreatifitas lainnya.S. al-Nahl: 125). dan negara. Sebagai salah satu solusi permasalahan pemuda adalah dengan memberikan pengertian. Tafakur Alam dan Tarbiyatul Islam adalah cara pelatihan karakter. kompetisi kepemimpinan dan kerja tim untuk peserta. bangsa. Dalam menumbuhkan minat keagamaan generasi muda di Nunukan.I. . karena tidak sedikit yang melakukannya adalah yang beragama Islam. haruslah dengan strategi dakwah dan metode (manhaj) yang sesuai dengan berbagai situasi dan kondisi yang ada di lingkungan tersebut. (Q. Nilai – nilai moralis yang terdapat dalam ajaran agama Islam akan sangat membantu dalam membentuk generasi penerus yang berakhlak dan dapat dijadikan harapan untuk menjadi orang – orang yang sukses memegang tangga estafet penerusnya.

senantiasa meridhoi berbagai usaha kita dalam rangka menghidupkan nilai – nilai dakwah Islamiyah di tengah – tengah arus globalisasi yang semakin menjauhkan seseorang dari Agamanya. Amin. . Semoga Allah SWT.

II. Memberikan Pemahaman tentang nilai-nilai pendidikan Islam kepada generasi muda. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN Kegiatan “Tafakur Alam dan Tarbiyatul Islam” akan dilaksanakan pada: Waktu : 20 – 30 Mei 2017 Tempat : Kampus STIT Ibnu Khaldun Nunukan. HASIL KEGIATAN Kegitan “Tafakur Alam dan Tarbiyatul Islam” BEM STIT Ibnu Khaldun. 4. VI. Memperkuat Ukhuwah Islamiyah 2. Adapun juara dari masing-masing perlombaan adalah sebagai berikut : . V. TUJUAN KEGIATAN Kegiatan ini bertujuan : 1. Mengenalkan kegiatan Kreatif mahasiswa STIT Ibnu Khaldun Nunukan. NAMA KEGIATAN Adapun kegiatan yang akan kami laksanakan ini diberi nama: “Tafakur Alam dan Tarbiyatul Islam 2017” III. Memberikan wadah positif bagi kreatifitas generasi muda. 3. 5. TEMA KEGIATAN Tema kegiatan yang kami laksanakan adalah “Melalui Pendidikan Islam Kita bangun Masyarakat Yang Beradab” IV. Meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian Alam sebagai wujud ciptaan Allah. telah berjalan dengan lancar dan tertip sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Sesuai dengan keputusan dewan juri dan dengan penilaian terhadap masing- masing peserta. . pemenang kegiatan lomba Tafakur Alam & Tarbiyatul Islam sebagaimana yang telah disebutkan diatas dan keputusan dewan juri mutlak tidak bisa di ganggu gugat. LAMPIRAN-LAMPIRAN a) Susunan Panitia b) Estimasi Dana c) Daftar Nota-Nota VIII. Jadi dapat dikatakan bahwa keberhasilan kegiatan ini adalah keberhasilan bersama. dan kerjasama dari semua pihak kami ucapkan banyak terima kasih. Demikian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) ini kami buat. Dukungan yang berupa bantuan pemikiran maupun materil pun juga turut memberikan andil besar terhadap keberhasilan kegiatan tersebut. atas dukungan. partisipasi. PENUTUP Keinginan untuk maju dan mau belajar serta komunikasi yang baik diantara panitia menjadi kunci sukses keberhasilan kegiatan ini. bukan individu atau golongan tertentu sehingga kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. VII.

NIM. DAGAR. Mengetahui. 05 Juni 2017 PANITIA PELAKSANA TAFAKUR ALAM & TARBIYATUL ISLAM BEM STIT IBNU KHALDUN NUNUKAN 2017/2018 Ketua Sekretaris JAMRI NURUL ISTIQOMARIAH NIM. M.Pd DRS. PAHMUDDIN. Kaprodi Ketua STIT DRS. MM . Nunukan.

Andi Sartika 3. Rosdiana Seksi PubDekDok : 1. Muh. Norma . Kholfatul Hasanah Seksi Perlengkapan : 1. N. Kamilah 5. Rahmawati 4. Nur’aini 4. Dwi Masrudi Seksi Konsumsi : 1. Nensi (Koordinator) 2. Lampiran I SUSUNAN PANITIA TAFAKUR ALAM & TARBIYATUL ISLAM BEM STIT IBNU KHALDUN NUNUKAN Pelindung : Ketua STIT Penasihat : Kaprodi Pembimbing : Seluruh Dosen STIT Ibnu Khaldun Nunukan Penanggung Jawab : Ketua BEM STIT Ibnu Khaldun Nunukan Ketua : Jamri Sekretaris : Nurul Istiqomariah Bendahara : Fitria Seksi Acara : 1. Abdul Wahid Muallim (Koordinator) 2. Suriana 3. Tantra Nugraha 3. Muhammad Anggara 3. Risal 5. Muhammad Rahman (Koordinator) 2. Eri Sandi (Koordinator) 2.

Sponsor Kegiatan : Rp .Donatur : Rp .Jumlah PENGELUARAN SATUAN TOTAL SUB NO KETERANGAN JUMLAH HARGA HARGA TOTAL (Rp) (Rp) (Rp) 1 KESEKRETARIATAN Tinta Hitam Kertas Kertas Putih Kertas Buram Staples Stabilo Amplop Print Rental Jilid Foto Copy Foto Copy Kertas Piagam Kwitansi Isi Staples Tinta Stempel Kraf Klip Pena . Lampiran II ESTIMASI DANA Tafakur Alam & Tarbiyatul Islam 2017/2018 BEM STIT IBNU KHALDUN PEMASUKAN .

PERLENGKAPAN Tali Rafia Doble Tip Alat Tulis Kardus + Tali Sound System Piala Kain Dekorasi Cutter Gunting .2. Background ATK 3. & DOK. Batery Pemb. KONSUMSI Makan Snack Air Minum Gelas Konsumsi Teh Kotak Aqua Botol 4. DEK.

5. LAIN-LAIN Komunikasi Kebersihan Transportasi Dana Stimulan Capres. LPJ Keamanan Dokumentasi Spanduk Total pengeluaran Julah keseluruhan dana Saldo .

Lampiran III DAFTAR NOTA-NOTA TAFAKUR ALAM & TARBIATUL ISLAM BEM STIT IBNU KHALDUN NUNUKAN 2017/2018 .