ANGKET SISWA

A. PENGANTAR

Penelitian dimaksudkan untuk memperoleh data atau informasi dalam rangka

penyusunan skripsi sebagai tugas akhir dalam menyelesaikan studi pendidikan Strata

Satu (S1) di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA). Penelitian

bermaksud mengungkap hubungan pola asuh demokratis terhadap tawuran siswa di

sekolah.

Upaya untuk memudahkan menjawab pernyataan-pernyataan pada angket

dilengkapi dengan petunjuk pengisian. Peneliti sangat mengharapkan siswa atau siswi

menjawab sesuai dengan pemahaman siswa atau siswi agar diperoleh informasi yang

objektif. Hasil dari penelitian akan bermanfaat bagi kepentingan bersama.

Jawaban dari siswa atau siswi tidak ada hubungan dengan nilai, potensi atau

hal-hal lain yang akan merugikan siswa atau siswi di sekolah, tidak ada jawaban yang

benar atau jawaban salah. Siswa atau siswi diminta untuk menjawab secara jujur,

sesuai dengan yang siswa atau siswi rasakan atau alami. Data jawaban dan keterangan

siswa atau siswi pada angket dijamin kerahasiaan, atas perhatian, partisipasi dan

kesediaan siswa atau siswi mengisi angket, peneliti mengucapkan terima kasih.

Jakarta, Februari 2015

Peneliti

1

 Sesuai (S) . Dst……… SELAMAT MENGERJAKAN 2 . PETUNJUK PENGISIAN Beberapa pernyataan pola asuh demokratis.  Kurang sesuai (KS) . berikan jawaban siswa atau siswi dengan memberikan tanda (√) pada salah satu alternatif jawaban yang siswa atau siswi pilih. jika penafsiran atau pemahaman dan sikap siswa atau siswi tidak sesuai dengan apa yang menjadi isi pernyataan. jika penafsiran atau pemahaman dan sikap siswa atau siswi sesuai dengan apa yang menjadi isi pernyataan. di bawah ini siswa atau siswi menjawab dengan cara memilih dan memberikan tanda (√) pada salah satu alternatif jawaban. Kerjakan sebaik mungkin tanpa melewatkan satu pernyataan apapun. Contoh menjawab : No Pernyataan-pernyataan SS S KS TS STS 1. sebagai berikut :  Sangat Sesuai (SS) .  Sangat Tidak Sesuai ( STS ) .  Tidak Sesuai ( TS ) . Saya yakin dapat berprestasi di kelas meskipun saya √ mengikuti kegiatan ekstrakurikuler 2. jika penafsiran atau pemahaman dan sikap siswa atau siswi sangat sesuai dengan apa yang menjadi isi pernyataan. jika penafsiran atau pemahaman dan sikap siswa atau siswi kurang sesuai dengan apa yang menjadi isi pernyataan. jika penafsiran atau pemahaman dan sikap siswa atau siswi sangat tidak sesuai dengan apa yang menjadi isi pernyataan. Setiap pernyataan. B.

website dan rajin menghadiri seminar narkoba 4 Jika ada masalah atau sedang stress saya lebih memilih bercerita dengan orangtua 5 Saya merokok 6 Saya mengkonsumsi alkohol 7 Saya berprinsip tidak mau berteman dengan orang yang suka tawuran 8 Saya selalu berusaha untuk menjauhi kelompok tawuran 9 Saya bermain dan berkumpul-kumpul hingga malam hari 10 Saya suka mengunjungi kafe/klub malam untuk melepas penat 11 Saya lebih banyak menghabiskan waktu berkumpul-kumpul bersama teman-teman dibandingkan dengan keluarga 12 Saya selalu berhati-hati dalam menerima ajakan teman bermain 13 Saya mudah percaya pada ajakan teman yang baru dikenal 14 Saya bersikap tegas ajakan teman menjauhi tawuran 15 Saya suka melakukan kegiatan tawuran 3 . buku. ANGKET TAWURAN Nama : Kelas : NO PERNYATAAN SS S KS TS STS 1 Saya selal menyibukkan diri dengan hobi yang positif sata tertimpa masalah 2 Saya berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah 3 Saya selalu mencari tahu informasi narkoba dari majalah.

16 Saya ikut tawuran karena ajakan teman di sekolah 17 Saya tidak suka tawuran karena pesan orang tua saya 18 Saya selalu mengutamakan prestasi disekolah dibandingkan tawuran 19 Saya takut tawuran karena takut tertangkap polisi 20 Orang tua saya mengajarkan lebih baik mengikuti kegiatan positif daripada tawuran 21 Saya mengetahui dampak negative tawuran 22 Saya tidak mengetahui dampak negative tawuran 23 Saya pernah ditangkap polisi karena tawuran 24 Saya pernah mengalami luka karena tawuran 25 Lebih baik saya mengaji di mushalla daripada ikut tawuran 26 Saya dipercaya menjadi duta anti tawuran oleh sekolah 27 Pihak sekolah melarang siswanya untuk tawuran 28 Sekolah lain penyebab tawuran dengan sekolah saya 29 Pihak kepolisian pernah memberika seminar di sekolah saya tentang dampak tawuran 30 Tawuran merupakan hal yang sangat merugikan bagi semua pihak 4 .

31 Sekolah saya pernah diserang oleh sekolah lain 32 Sekolah saya bermasalah dengan sekolah lain 33 Saya dan teman – teman sekolah menyerang sekolah lain yang menjadi musuh 34 Saya melakukan tawuran di jalan raya 35 Saya berlari dan menyelamatkan diri jika melihat tawuran terjadi di sekitar saya 36 Jika ada tawuran saya akan ikut agar melampiaskan amarah saya 37 Saya takut ketika ada tawuran 38 Saya akan memaksa teman untuk ikut tawuran 39 Teman – teman saya terluka karena tawuran 40 Orang tua saya memberika motivasi agar tidak ikut tawuran TERIMA KASIH 5 .

LAMPIRAN KUESIONER KONDISI EMOSIONAL DAN INTERAKSI SOSIAL PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA JAKARTA 2015 6 .