Halaman 66-75

PENYEDIA SEKUNDER
Pada dasarnya terdiri dari organisasi dukungan untuk penyedia layanan primer,
Komponen penyedia sekunder yaitu termasuk lembaga pendidikan, organisasi yang
membayar pelayanan kesehatan, dan perusahaan farmasi dan perusahaan yang memasok
peralatan medis, lembaga pendidikan, melalui sekolah medis, sekolah keperawatan, sekolah
kesehatan masyarakat, dan program kesehatan, yang mengedukasi berbagai personil
pelayanan kesehatan. Organisasi yang membayar untuk perawatan (pembayar pihak ketiga)
termasuk Pemerintah (terutama melalui Medicare dan Medicaid), asuransi komersial
perusahaan, dan pengusaha. Farmasi dan peralatan medis dan pasokan organisasi membuat
segmen penting yang mendukung penelitian dan bahan kebutuhan penyedia utama.
Organisasi ini termasuk distributor obat, produksi obat dan perusahaan riset, dan produk
medis perusahaan.

REPRESENTASI PENYEDIA PRIMER DAN SEKUNDER
Berbagai penyedia pelayanan kesehatan biasanya diwakili oleh asosiasi yang dibuat untuk
tujuan membina disiplin dan mewakili kepentingan konstituen mereka. Contohnya termasuk
asosiasi nasional seperti American Medical Association, American Hospital Association,
Asosiasi produsen Farmasi, dan sebagainya. Selain itu, ada berbagai asosiasi pelayanan
kesehatan negara bagian dan lokal.

INDIVIDU DAN PASIEN
Segmen terakhir dari industri pelayanan kesehatan termasuk individu yang bekerja
dalam industri (baik secara mandiri maupun dalam organisasi pelayanan kesehatan),
pasien, dan kelompok konsumen. Individu yang bekerja dalam industri menciptakan
budaya industri dan merupakan sumber dari banyak issu. Pasien adalah
alasan adanya organisasi kesehatan. Di masa lalu kelompok ini diperlakukan
sebagai komponen belaka dari sistem pelayanan kesehatan; dalam lingkungan yang
kompetitif saat ini kebutuhan dan keinginan pengguna pelayanan kesehatan mengarahkan
sistem. Pasien menciptakan isu-isu penting bagi manajer pelayanan kesehatan. Selain itu,
kelompok konsumen seperti American Association of Retired Persons (AARP) dan
American Cancer Society membuat suara mereka didengar tentang masalah kesehatan.
Sebagai ditunjukkan dalam pembahasan lingkungan umum, penduduk AS adalah

empat proses dasar yang umum untuk upaya analisis lingkungan (lihat Exhibit 2-3): (1) pemidaian untuk mengidentifikasi sinyal dari perubahan lingkungan. and strategic plan MEMINDAI LINGKUNGAN EKSTERNAL Seperti yang dibahas sebelumnya dalam bab ini. (3) memperkirakan masa depan arah isu. Beberapa organisasi dan individu dalam lingkungan eksternal memiliki sedikit keterlibatan langsung dengan industr kesehatan sementara yang lain langsung terlibat. Exhibit 2–3: Strategic Thinking Map of the Environmental Analysis Process Scanning  View external environmental information  Organize information into desired categories  Identify issues within each category Monitoring  Specify the sources of data (organizations. and possibility of events)  Determine the rate of change within issues Forecasting  Extend the trends. dilemmas. PROSES ANALISIS LINGKUNGAN Ada berbagai pendekatan untuk melakukan analisis lingkungan. or publications)  Add to the environmental database  Confirm or disprove issues (trends. developments. mission. Terlepas dari pendekatan.konsumen lama dan matang dalam mempengaruhi pemberian pelayanan kesehatan (Lihat Perspektif 2-5). dan (4) menilai implikasi organisasi dari masalah. developments. internal analysis. or occurrence of an event  Identify the interrelationships between issues and between environmental categories  Develop alternative projections Assessing  Evaluate the significance of the extended (forecasted) issues to the organization  Identify the forces that must be considered in the formulation of the vision. dilemmas. (2) pemantauan identifikasi masalah. . individuals. lingkungan eksternal terdiri dari sejumlah organisasi dan individu di lingkungan umum dan pelayanan kesehatan. Perbedaan ini tidak selalu jelas.

dan 3. manajer terlibat dalam pemindaian lingkungan melaksanakan tiga fungsi. seperti ketika teknologi laser dikembangkan di luar industri pelayanan kesehatan dan secara cepat diadopsi dalam industri. terkonseptualisasikan dalam exhibit 2. Dengan demikian.4. mengakumulasikan. melalui operasi dan kegiatan mereka. Proses pemidaian mengkategorikan. isu-isu strategis lingkungan umum ini dapat membentuk seluruh industri pelayanan kesehatan atau memiliki dampak langsung pada setiap organisasi pelayanan kesehatan. . Perubahan dalam lingkungan umum selalu “menjai terobosan” pada lingkungan kesehatan. Dengan demikian. mengevaluasi isu-isu. dan tidak terdefinisi. Fungsi pemidaian. Menggunakan lensa. sampai batas tertentu. isu dihasilkan dalam lingkungan eksternal yang diselenggarakan melalui proses pemidaian. Dengan demikian. tidak terorganisir. dan peristiwa mungkin mempengaruhi organisasi dan posisinya secara keseluruhan dalam lingkungannya. Sebelum menginterpretasikan proses ini. Melalui jendela ini. isu-isu strategis yang sesuai dengan jamannya. mengidentifikasi isu-isu dalam setiap kategori. yaitu: :1. berfungsi sebagai organisasi "Jendela" atau "lensa" pada dunia luar. perubahan bersifat beragam.Organisasi dan individu ini. Informasi terorganisir ini kemudian digunakan dalam fungsi pengawasan. tampilan data lingkungan eksternal 2. mengatur informasi eksternal ke dalam beberapa kategori yang diinginkan. perkembangan. sporadis. dan. dan mengkompilasi dan mengaturnya dalam kategori yang bermakna. Proses pemidaian lingkungan berperan sebagai "jendela" untuk organisasi-organisasi ini. Fungsi pemindaian adalah proses pergerakan lensa melewati susunan organisasi eksternal untuk mencari pola terkini dan yang mengemuka atau isu-isu. Fenomena ini kadang-kadang menjadi rujukan sebagai "environmental slips". dilema. pengamat dapat tertuju pada data beragam dan tidak terorganisir yang dihasilkan oleh organisasi eksternal dan individu. bercampur. Isu-isu strategis yang sering tidak-terstruktur dan ambigu dan memerlukan interpretasi lebih (peramalan dan penilaian). mengatur.

Namun. Melalui proses agregasi dan organisasi. Kategori tidak hanya membantu dalam pelacakan tetapi juga memfasilitasi penilaian dampak isu pada organisasi berikutnya. politik. tidak sejalan dengan teknologi. tentu saja. dan kompetitif. peraturan. klasifikasi tersebut membantu agregat informasi dan mengaturnya untuk identifikasi isu penting yang dapat mempengaruhi organisasi. Selain itu. dengan menggunakan pendekatan ini membantu manajer untuk memahami sifat isu dan mengevaluasi dampaknya.KATEGORI INFORMASI Untuk memantau dan menganalisis masalah lebih lanjut. informasi harus disusun dalam kategori logis. pola dapat diidentifikasi dan bukti diakumulasikan untuk mendukung masalah. Isu. . sosial. sosial. ekonomi. dan sebagainya. Kategori yang paling digunakan untuk mengklasifikasikan masalah yaitu teknologi.

berbagai sumber sekunder (informasi yang dipublikasikan) sudah tersedia untuk kebanyakan peneliti. dalam organisasi. dan basis data publik dan swasta. televisi. internet. meskipun organisasi menciptakan perubahan. Biasanya. Pemidaian lingkungan mungkin merupakan bagian paling penting dari analisis lingkungan karena membentuk dasar untuk proses lainnya. Pada dasarnya. Oleh karena itu menguntungkan apabila banyak manajer sebisa mungkin mengambil bagian dalam pemindaian. Sebuah aspek penting dari pemindaian lingkungan adalah bahwa ia .perubahan dispesifikasikan dan sumbernya diidentifikasi.SUMBER INFORMASI Ada berbagai sumber untuk informasi lingkungan. mereka sendiri seringkali sulit untuk memantau secara langsung.. ada berbagai ahli yang akrab dengan isu-isu yang dibuat di luar organisasi dan yang mungkin menjadi sumber terbaik informasi tersebut. yang memungkinkan mereka untuk memantau organisasi lainnya. sumber tidak langsung sebagian besar yaitu koran dan jurnal. isu-isu dan perubahan. Dari sejak awal basis data digunakan untuk pengambilan keputusan akan dibangun. Namun. Dalam kegiatan pemidaian. Sangat penting bahwa manajer memahami pemikiran yang menuntun kepada perkembangan dan pemilihan isu-isu strategis dan taktis dari proses pemidaian yang sudah diidentifikasi. Sumber-sumber ini diuraikan dalam exhibit 2-5. perpustakaan. Diluar organisasi pelayanan kesehatan. orang dan publikasi baik di luar maupun di dalam organisasi berfungsi sebagai lensa ke dunia luar. bukan anggota dan pasien dapat dianggap sumber penting secara langsung.

perhatian khusus harus diberikan kepada sumber- sumber ini. Fungsi dari peramalan . Proses monitoring menyelidiki sumber-sumber informasi yang diperoleh di proses scanning dan upaya untuk mengidentifikasi organisasi atau organisasi menciptakan perubahan dan laporan sumber perubahan. 3. Pemantauan menyelesaikan empat fungsi penting: 1.memfokuskan perhatian pemimpin pada apa yang ada di luar organisasi dan memungkinkan mereka untuk menciptakan sebuah organisasi yang dapat beradaptasi dan belajar dari lingkungan itu. 4. masalah. Objektif adalah untuk mengumpulkan database sekitar masalah yang diidentifikasi. Namun. samar-samar. dan peristiwa yang mungkin diidentifikasi dalam proses scanning. atau kompleks. PERAMALAN PERUBAHAN LINGKUNGAN Peramalan perubahan lingkungan adalah proses untuk memperpanjang tren. Setelah organisasi menciptakan perubahan dan publikasi atau sumber informasi lain yang melaporkan perubahan yang telah diidentifikasi untuk organisasi pelayanan kesehatan yang diberikan. sedikit monitoring akan selesai. pengembangan. ketika isu lingkungan tampak tidak terstruktur. dilema. atau kemungkinan kejadian dan untuk menentukan tingkat perubahan yang terjadi dalam lingkungan. PEMANTAUAN LINGKUNGAN EKSTERNAL Fungsi pengawasan adalah pelacakan dari keadaan saat ini. perkembangan. menambah basis data lingkungan. perkembangan. isu akan membutuhkan lebih banyak data untuk memmunculkan interpretasi. 2. penelitian dan mengidentifikasi sumber informasi tambahan dari isu-isu spesifik digambarkan dalam proses scanning yang dinilai untuk menjadi penting atau berpotensi penting untuk organisasi. database akan digunakan untuk mengkonfirmasi atau tidak mrengkonfirmasi tren. Fungsi monitoring memiliki fokus yang lebih sempit dari pemindaian. Mencoba untuk menentukan tingkat perubahan dalam masalah. dan kemungkinan peristiwa). dan peristiwa yang dimonitor dan diramalkan oleh organisasi. dilema. Intensitas monitoring tercermin dalam pemahaman manajemen terhadap masalah. dilema. Ketika manajer percaya bahwa mereka memahami masalah ini dengan baik. Mencoba untuk mengkonfirmasi atau menyangkal masalah (tren.

Kompleksitas apa yang ditemukan dan kebanyakan data secara kasar yang dikumpulkan tidak konsisten dengan metode pengambilan keputusan tradisional. dan terkontrol / tak terkendali. seperti positif / negatif. MENILAI PERUBAHAN LINGKUNGAN Informasi mengenai lingkungan. Dimensi lain dapat digunakan. meskipun melimpah. akan seperti apa isu-isu dan tren terlihat seperti di masa depan?". dilema. dan 3. Oleh karena itu. nilai-nilai. Proses penilaian termasuk evaluasi yang signifikan dari isu yang berkembang (diperkirakan) pada organisasi. Setelah semuanya. manajer yang berbeda mungkin menginterpretasikan maknanya cukup berbeda. dan pengalaman masa lalu. Sayangnya tidak ada skema konseptual yang komprehensif atau model komputer dapat dikembangkan untuk memberikan penilaian yang lengkap dari isu-isu lingkungan. Penilaian atau interpretasi isu strategis sering diwakili oleh label umum seperti peluang atau ancaman.Mengidentifikasi keterkaitan antara isu-isu dan kategori lingkungan. atau jika masalah melampaui tingkat mereka saat ini. dan penilaian juga kreativitas manusia mungkin teknik untuk proses dasar tanpa banyak struktur. Beberapa organisasi kesehatan tidak menunggu semua peraturan untuk ditulis sebelum mereka mulai memproses secara elektronik dan menuai imbalan. Label ini menangkap strategis Keyakinan kepemimpinan tentang dampak potensial dari kejadian lingkungan dan tren. tidak hanya langsung percaya pada fakta tersebut. laba / rugi. perkembangan. Mengembangkan proyeksi alternatif. manajer strategis harus menginterpretaikan dan mengintuisikan data mereka terima. Sebuah contoh yang baik dari organisasi mencoba untuk menilai signifikansi dari masalah pada organisasi terjadi pada akhir 1996 ketika HIPAA ditandatangani ke dalam hukum. menilai perubahan lingkungan adalah proses yang sebagian besar tidak terhitung dan karena itu menghakimi. bahkan ketika terkena masalah yang sama. Proses penilaian ini bukan ilmu pasti. terkadang implikasinya kurang jelas. dan perumusan strategis rencana. Selain itu. 2. atau kejadian dari suatu peristiwa. interpretasi yang berbeda adalah hasil dari berbagai faktor termasuk persepsi. atau jika peristiwa ini terjadi. Tantangan mendasar adalah untuk memahami dari yang . harus ada yang memahami fakta tersebut. Tiga proses yang terlibat dalam fungsi peramalan: 1.mencoba untuk menjawab pertanyaan. Terdapat beberapa prosedur untuk menggabungkan isu-isu yang kabur dalam proses perencanaan.Memperluas tren. pengembangan visi dan misi. identifikasi masalah yang harus diperhatikan dalam internal analisis. "Jika tren ini terus berlanjut.

lingkungan analisis sebagian besar adalah usaha individu dan diarahkan untuk kepentingan orang tertentu.samar-samar. ambigu." Memang. dan penilaian yang mungkin menghambat koneksi yang dibuat antara ambigu dan data yang terputus. . ALAT TEKNIK ANALISIS LINGKUNGAN Beberapa kerangka pemikiran strategis yang berbeda dan teknik yang bisa digunakan untuk memeriksa lingkungan umum dan pelayanan kesehatan. prasangka. kerangka kerja ini. dan penilaian. Analis harus menanamkan makna ke data. Ini melibatkan tindakan persepsi dan intuisi pada bagian analis. data tidak terhubung. Analisis lingkungan biasanya tidak terbatas pada satu proses analisis lingkungan." "spekulatif. monitoring. Hal ini membutuhkan kemampuan untuk menangguhkan keyakinan. telah digambarkan sebagai "menghakimi. melainkan meliputi scanning. mereka harus membuat koneksi antara data yang sumbang sehingga sinyal dari peristiwa masa depan diciptakan. peramalan. yang informal dan umumnya tidak terlalu canggih." atau "dugaan.