Seorang tua yang bijak ditanya oleh tamunya.

BOSAN..mengenal mahluk yg brnama BOSAN...(fr OOs)
Inspiratif diskusi...

Tamu : “Sebenarnya apa itu perasaan ‘bosan’, Pak Tua?”
Pak Tua : “Bosan adalah keadaan di mana pikiran menginginkan perubahan, mendambakan
sesuatu yang baru, dan menginginkan berhentinya rutinitas hidup dan keadaan yang monoton
dari waktu ke waktu.”

Tamu : “Kenapa kita merasa bosan?”
Pak Tua : “Karena kita tidak pernah merasa puas dengan apa yang kita miliki.”

Tamu : “Bagaimana menghilangkan kebosanan?”
Pak Tua : “Hanya ada satu cara, nikmatilah kebosanan itu, maka kita pun akan terbebas darinya.”

Tamu : “Bagaimana mungkin bisa menikmati kebosanan?”
Pak Tua: “Bertanyalah pada dirimu sendiri: mengapa kamu tidak pernah bosan makan nasi yang
sama rasanya setiap hari?”

Tamu : “Karena kita makan nasi dengan lauk dan sayur yang berbeda, Pak Tua.”
Pak Tua : “Benar sekali, anakku, tambahkan sesuatu yang baru dalam rutinitasmu maka
kebosanan pun akan hilang.”

Tamu: “Bagaimana menambahkan hal baru dalam rutinitas?”
Pak Tua : “Ubahlah caramu melakukan rutinitas itu. Kalau biasanya menulis sambil duduk,
cobalah menulis sambil jongkok atau berbaring. Kalau biasanya membaca di kursi, cobalah
membaca sambil berjalan-jalan atau meloncat-loncat. Kalau biasanya menelpon dengan tangan
kanan, cobalah dengan tangan kiri atau dengan kaki kalau bisa. Dan seterusnya.”

Lalu Tamu itu pun pergi.

Beberapa hari kemudian Tamu itu mengunjungi Pak Tua lagi.
Tamu : “Pak tua, saya sudah melakukan apa yang Anda sarankan, kenapa saya masih merasa
bosan juga?”

Pak Tua : “Coba lakukan sesuatu yang bersifat kekanak-kanakan.”
Tamu : “Contohnya? ”
Pak Tua : “Mainkan permainan yang paling kamu senangi di waktu kecil dulu.”

Lalu Tamu itu pun pergi.

Beberapa minggu kemudian, Tamu itu datang lagi ke rumah Pak Tua.

Tamu : “Pak tua, saya melakukan apa yang Anda sarankan. Di setiap waktu senggang saya
bermain sepuas-puasnya semua permainan anak-anak yang saya senangi dulu. Dan keajaibanpun

teruslah memberikan semangat dan energi positif pada diri Anda. ang Penting Apa Kata sang Rabb tentang diri kita bukan Apa Kata Orang tentang diri kita...”.. Padahal... itu baru masalah ! Seringkali. anakku. yakinlah dn tetap brsyukur pdaNya bahwa kta masih ada... kemenangan akan trkubur dalam sejarah dan tak trbagi. bahwa yang penting itu bukan apa kata orang terhadap diri Anda. Kenapa bisa demikian.. sebab pada dasarnya uang yang Anda dapatkan adalah sebuah pertukaran nilai.. tak jadi masalah ! Yang paling penting. Namun. belum tentu seperti itu. Saat kta dapatkan yang kta inginkan namun tak kta butuhkan.bsa mendapatkan . Bahkan uangpun akan datang mencari Anda. meskipun di saat saya melakukan hal-hal yang dulu pernah saya anggap membosankan. Semakin nilai Anda meningkat.. percayalah bahwa Anda itu jauh lebih berharga di bandingkan Permata.masih bisa berusaha.terjadi..dan bisa merasa lelah.trwariskan... Segala sesuatu berasal dari pikiran... namun Tuhan melihat kedalaman hatimu ! (fr OOS) ....."ANDA ITU BERNILAI" Kalau ada 1000 orang yang tidak yakin terhadap diri Anda. Saat ada orang lain salah dalam menilai diri Anda.. Smestinya Jantungannya kemenangan trletak pada indahnya prjuangan. Tetap berusaha untuk meningkatkan nilai diri Anda. melainkan apa kata sang Rabb terhadap Anda ! Bukan apa yang di lihat manusia yang di lihat oleh Tuhan ! Sbab manusia melihat apa yang kelihatan. kita sangat terpaku pada Penilaian orang. tidak menjadi masalah. Yakinlah pada diri sendiri. semakin Anda akan banyak di cari dan diperlukan oleh orang lain. Seolah-olah Penilaian orang lain itu adalah kenyataan mutlak. Pak Tua?” Sambil tersenyum Pak Tua berkata: “Karena segala sesuatu sebenarnya berasal dari pikiranmu sendiri....tnpa prjuangan. Saat kta berusaha sebaik-baiknya namun kta tak berhasil. dalam perjalanan kita untuk bertumbuh. Berpikir bosan menyebabkan kau bosan. Sekarang kamu tidak merasa bosan lagi karena pikiranmu tentang keceriaan berhasil mengalahkan pikiranmu tentang kebosanan.. kalau ternyata Anda sendiri yang tidak yakin terhadap diri sendiri. Sampai sekarang saya tidak pernah merasa bosan lagi.. Saat kta merasa begitu lelah namun tak bisa terlelap. Kebosanan itu pun berasal dari pikiranmu yang berpikir tentang kebosanan. dan Anda itu sangat bernilai ! Ingat. Saya menyuruhmu bermain seperti anak kecil agar pikiranmu menjadi ceria.. Berpikir ceria menjadikan kamu ceria.

tetapi seberapa bagus kualitas kopi yang bisa kita nikmati.tp itulah realita. . Kebanyakan kita terlalu sibuk melihat dan memandang cangkir orang lain.. kata Iblis lagi kepada Muhammad. Dan kopi yang kita nikmati adalah hidup dan kehidupan yang kita jalani..(cak Nun... tak ada kemampuanmu untuk memberi hidayah kepada manusia..Memaknai " Secangkir Kopi"... Sebab kalau kau dianugerahi kesanggupan untuk memberi hidayah.. banyak orang mempunyai kecerdasan. alam rasa manusia trkadang jauh lebihmempengaruhi hidup. (Rhenald Kasali) Orang tanpa kemampuan metakognisi.. sehingga kita bisa merasakan kenikmatan dalam hidup kita. Engkau hanya berhak dan mampu menyampaikan. Metakognisi merupakan kecerdasan untuk menggunakan kecerdasan.. maka tak akan tersisa satu orangpun yang menjadi pengikutmu.. hanya saja ia malu bila harus memuji. tapi tidak memiliki kecerdasan untuk menggunakan kecerdasannya.. tak akan ada satu orangpun yang menjadi pengikutku”.dll hilang dari pandangan.. kebanyakan dari kita akan cenderung memilih cangkir yang bagus dan menarik. dan harta benda yang kita miliki. Sebagaimana engkau Muhammad. tetapi tak bisa mengubah hati manusia.. Saat ini... arogan. Bahkan kadang kita juga cenderung membandingkan cangkir yang kita pakai dengan cangkir orang lain.... PA ITU METAKOGNISI. melainkan seberapa besar kita bisa mensyukuri nikmat yang telah kita dapatkan dalam kehidupan ini. Cahayalah yang membuat warna dapat dilihat. serta cenderung meremehkan orang terlebih non gelar.mmang kdengaranya klise. 2012) Orang yg dengki. Sehingga pikiran kita justru akan terfokus pada cangkirnya. Kualitas hidup seharusnya bukan sekedar berdasarkan seberapa tinggi jabatan dan harta benda yang kita miliki.. jabatan.sesungguhnya adalah pengagum. Lewat kegelapan kitapun dapat mengenal dan memahami arti penting cahaya. Kalau aku dikasih kuasa untuk menyesatkan manusia... Orang-orang yang hanya unggul kognisinya tidak punya kemampuan berelasi dengan orang lain (Rhenald Kasali). Pelajaran yang dapat kita petik adalah dalam menikmati kopi bukanlah seberapa bagus cangkir yang kita pakai.(BA_STani) Aku tidak diberi kemampuan oleh Allah untuk menyesatkan manusia”. akan gampang mengomel. Dengan demikian kita akan dapat merasakan hidup kita dalam kehidupan ini menjadi lebih hidup. Dibalik nikmatnya secangkir kopi ini kita dapat memetik pelajaran berharga.. Apa yang kta tahu cndrung akan kalah pada apa yang kta rasa. Cangkir yang kita pakai ibarat pekerjaan.biru.. padahal yang akan kita nikmati adalah kopinya. Dalam menikmati secangkir kopi. .dimalam hari warna merah hijau. “Aku hanya membisiki dan menggoda. padahal kita sedang menikmati kopi yang sama.

.#@SABAR EDITION) ORANG HANYA AKAN MENJADI TUA. Yg bijak mencari pembenaran atas ucapan yg didengarnya sdngkan yg jahil/picik dan iri mencari kesalahan pd ucapan sosok yg dibencinya.....(TAM) Sahabat yang baik adalah orang yang dapat berkata benar kepada anda.WEST POINT 1961) NDAH DUNIA HANYA SEMENTARA.... Orang yang mampu berbicara baik..... INDAHNYA MIMPI TAK PERNAH PASTI. abar adalah kendaraan yang tidak akan menjatuhkan pengendara¬nya..IA MEMILIH YG TERBAIK UNTUKMU..APABILA IA TIDAK LAGI MEMPUNYAI IDAMAN dan VISI KDEPAN. Kberhasilan mmbuat tman2xmu tahu siapa kamu.... Kegagalan mmbuat kmu mnyadari siapa sesunguhnya teman2x kamu Berdebat mengenai kedalaman sungai...... DAN SAAT SANG RABB MENJAWAB. sebaliknya si cebol bersikeras mengatakan dalam.. maka Ulurkan cintamu karena sang Rabb dan tariklah cintamu karena sang Rabb-mu jua.TAHUN MUNGKIN AKAN MENGKERUTKAN KULITNYA.Bukhari) SAAT SANG RABB MENJAWAB DOAMU. mampu diam dengan baik..TETAPI BERHENTI MEMPUNYAI MINAT DAN MOTIVASI AKAN MENGKERUTKAN JIWA (PRAJURIT SEJATI. Bila masing-masing tetap menggunakan ukuran dirinya. SAAT SANG RABB BELUM MENJAWAB DOAMU.Orang yg memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yg melakukannya." (HR.. sampai kapan pun perdebatan mereka tak akan selesai... bukan orang yang hanya membenarkan kata-kata anda.. .. INDAHNYA CINTA HANYA SEKETIKA.. tidak menggunakan meteran... TETAPI INDAHNYA PERSAUDARAAN AKAN SELALU ABADI.. si jangkung bersikeras mengatakan dangkal.IA MEMINTA KEIMANANMU.... Dan sia-sia. aku telah kalahkan semua musuhku ketika kujadikan mereka semua temanku”~ Lincoln Kemenangan yang terbesar adalah saat musuh tidak mengetahui atau tdk merasa kalah ditengah2 kemenangan yg kita raih.IA MEMINTA KESABARANMU......TETAPI BUKAN DOAMU.