TUGAS MATAKULIAH

“FARMAKOTERAPI TERAPAN”

OLEH :

OLEH :

NAMA : SUCI HANDAYANI

NIM : N21116003

KELAS :A

PROGRAM STUDI APOTEKER

FAKULTAS FARMASI

UNIVERSITAS HASANUDDIN

MAKASSAR

2016

Pilihan lini pertama antihipertensi bergantung pada ras dan umur pasien. dimana kondisi ini menyebabkan aliran darah renal yang menurun (6). Orang tua cenderung memiliki perubahan neurohormonal yang biasa menimbulkan kekakuan arteri yang menyebabkan SBP dan DBP. dan . First line terapi untuk ras kulit putih untuk usia < 60 tahun adalah ARB atau ACEI. Sehingga. monoterapi first line terapinya berbeda pada ras kulit putih. Mengapa ? Jawaban : Pilihan lini pertama antihipertensi bergantung pada ras dan umur pasien. 2. Untuk hipertensi (tanpa komplikasi dengan penyakit lain) 1. Managemen hipertensi dari ras dan umur harus diperhatikan karena adanya perbedaan respon dari pemberian pengobatan. Hipertensi resisten yaitu tekanan darah yang tidak terkontrol pada ras berbeda (8). perbedaan ras yang berhubungan dengan hipertensi terkait dengan resiko morbiditas dan mortalitas. Perbedaan ras dalam indeks massa tubuh mempengaruhi tingkat tekanan darah. dan memiliki sensifitas terhadap garam yang lebih tinggi (1). GFR. Sehingga terapinya adalah CCB atau Diuretik tiazid (2). eksresi natrium. Ras kulit hitam memiliki profil renin yang rendah. pilihan pertama adalah CCB atau diuretik thiazide ? Jawaban : Hipertensi mempengaruhi pasien Afrika-Amerika pada tingkat yang lebih tinggi dan kerusakan organ yang terkait hipertensi lebih lazim daripada populasi lainnya. Kesenjangan tingkat tekanan darah juga dipengaruhi sensitivitas garam yaitu asupan garam pada sebagian besar individu dan populasi yang berbeda. Misalnya penggunaan first line antihipertensi pada ras kulit putih dan hitam. Begitupun terapi pada terapi pada orang tua. Mengapa pada pasien kulit hitam (semua umur). Alasan perbedaan ini mungkin berhubungan denganperbedaan homeostasis elektrolit. Selain itu.

Sistem renin angiotensin pada pasien kulit hitam cenderung kurang aktif karena level renin angiotensinnya lebih rendah dibanding pada pasien kulit putih (1). retinopati lebih tinggi dibanding pada pasien kulit putih. Selain itu. pasien kulit hitam akan mengalami resiko tinggi terhadap efek samping ACEI yaitu angioedema dan batuk dibanding pada pasien kulit putih (4) 3. Pada pasien dengan PRA yang rendah (< 0. Pasien kulit hitam akan mengalami resiko stroke lebih tinggi jika menggunakan terapi ACEI dibanding dengan CCB (3).65 ng/mL/jam) diberikan terapi diuretik dan CCB (2). Mengapa pada pasien kulit putih dan lainnya (dengan umur dibawah 60 tahun). stroke. . Peran renin angiotensin aldosteron sistem pada hipertensi primer didukung karena tingginya level renin karena kadar PRA yang tinggi. yang tidak berhubungan dengan aktifitas renin. Respon pencegahan untuk terapi mengurangi renin seperti ACEI dan ARB (2). mekanisme transport aktivitas renin plasma dan respon tekanan darah terhadap peningkatan volume plasma (7). pilihan pertama adalah ARB atau ACE inhibitor ? Jawaban : Pasien kulit putih memiliki sistem renin angiotensin yang lebih aktif dibandingkan dengan pasien kulit hitam (4). Pasien kulit hitam mengalami hipertensi dengan mekanisme yang berbeda. Kulit hitam memiliki sensitifitas terhadap garam yang lebih tinggi pula dimana sensitifitas ini akan berhubungan dengan hipertropi ventrikel dan hipertensi nepropati. Aktivitas plasma renin (PRA) digunakan sebagai pedoman pemilihan terapi antihipertensi. Pasien kulit hitam memiliki resiko hipertensi dan kerusakan organ target seperti jantung. CKD.

volume intravaskular. Kekakuan arteri terjadi karena jaringan elastis pada arteri diganti oleh kolagen. PRA diterapi dengan CCB dan diuretik (3). dan hipertrofi dan sklerosis arteri otot dan arteriol. Terdapat pula penurunan progresif dalam kemampuan ginjal untuk mengeluarkan garam.4. . hipertensi sistolik dan “white coat effect” (5). Perubahan vaskular menyebabkan hilangnya fungsi bantalan pembuluh saluran dan kekakuan dari pembuluh darah arteri secara keseluruhan. Pada pasien dengan PRA yang rendah. Pada saat penuaan. Mengapa pilihan obat lini pertama berubah pada pasien kulit putih dan ras lainnya ketika umur mereka di atas 60 tahun ? Jawaban : Hipertensi pada orang tua berhubungan dengan meningkatnya sensitifitas natrium. dan kadar plasma renin menurun (2). Pada usia diatas 60 tahun kekakuan arteri meningkat dan menyebabkan peningkatan SBP dan DBP. stroke volume. denyut jantung. Pada kondisi ini dapat meningkatkan kardiak output. Perubahan neurohormonal adalah faktor penting pada orang tua karena terjadinya kekakuan arteri dan disfungsi endotel. Penuaan juga dikaitkan dengan peningkatan total (dan ginjal pembuluh darah) resistensi dan indeks massa ventrikel kiri. peningkatan penyakit arteri aterosklerosis. terjadi kehilangan progresif sifat viskoelastis pembuluh saluran. menghasilkan tingkat tekanan darah yang lebih tinggi (8). aliran darah ginjal dan aktivitas renin plasma. aliran darah renal menurun. dan penurunan curah jantung.

Lopes. Daniel T. Stokes. Dipiro. ”Evidence-Based Guideline for the Management of High Blood Pressure in Aduls Report From the Panel Members Appointed to the Eighth Joint National Committee (JNC 8). Pharmacotherapy: A Pathophysiologic Approach 7th Edition. 2001.. Fculdade de Medicina da Universidade Federal da Bahia. Jodo. McGraw-Hill Company. 4. 8. James. ”Hypertension in the Elderly : Review Article”. “Hypertension in black people : pathophysiology and therapeutic aspects”. Chisholm-Burns. Applied Therapeutics : The Clinical Use of Drug 9th Edition. M.. Gordon Stewart.JT. MD. Mc Graw Hill Education. Faculty of Medicine University of Sydney. Koda-Kimble. US National Library of Medicine National Institutes of Health. DAFTAR PUSTAKA 1. 2008. Manuel. “Pharmacotherapy Principles & Practice 4th Edition. 6. et al. 2009. Lackland. 2009. A. American Medical Association. Philadelphia. 348 (2) : 135-138 . Portugal. 3. Salvador. 2015. 7. 2. Pestana. New York. Paul A. “Management of Hypertension in the Elderly Patient Review”. 5. Faculdadede Medicina da UP e Hospital de S.Brazil.A.al. Sydney.A.. 2002. Departement of Medicine. et al. et. Racial Differences in Hypertension: Implications for High Blood Pressure Management. 2014. 2016. United Stated. et al. Lippincott Williams & Wilkins. Marie A.