PETUNJUK TEKNIS

PENDISTRIBUSIAN BIBIT IKAN DAN PAKAN
TAHUN ANGGARAN 2016

I. PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Untuk menentukan keberhasilan suatu Usaha Budidaya Ikan sangat
tergantung dari ketersediaan maupun kualitas dan kuantitas benih ikan yang
dibudidayakan disamping faktor-faktor lainnya. Benih ikan yang berkualitas
baik dari segi kecepatan pertumbuhan, daya tahan tubuh terhadap perubahan
lingkungan dan penyakit sangat ditentukan oleh sifat-sifat genetik yang
diturunkan oleh induknya.
Saat ini unit pembenih ikan di Kabupaten Karo belum memenuhi
kebutuhan benih ikan untuk mencapai target dan sasaran produksi ikan
konsumsi di Kabupaten Karo karena ketersediaan induk ikan pada unit
pembenih ikan di Kabupaten Karo masih sangat terbatas.
Untuk mewujudkan program peningkatan produksi benih ikan di
Kabupaten Karo, maka pemerintah melalui Dinas Peternakan dan Perikanan
Kabupaten Karo mengalokasikan dana untuk Kegiatan Pendistribusian Bibit
Ikan dan Pakan, yang diharapkan dapat memproduksi ikan yang berkualitas
untuk memenuhi sasaran produksi ikan di Kabupaten Karo.

B. Maksud, Tujuan dan Sasaran
1. Maksud
Maksud dari kegiatan ini adalah terlaksananya Pendistribusian Bibit Ikan
dan Pakan pada kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Karo
2. Tujuan
Tujuan dari Kegiatan Pendistribusian Bibit Ikan dan Pakan adalah untuk
meningkatkan produksi ikan yang berkualitas di Kabupaten Karo.
3. Sasaran
Sasaran dari kegiatan Pendistribusian Bibit Ikan dan Pakan ini adalah
dengan meningkatnya produksi ikan maka juga akan meningkatkan
kesejahteraan masyarakat pembudidaya ikan.

1

C. Secara rinci waktu kegiatan dapat dilihat pada tabel dibawah ini : Bulan No Uraian Kegiatan Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sept Okt Nop Des 1 Pembuatan Juknis 2 Penetapan Lokasi 3 Perencanaan Teknis 4 Pelaksanaan Kegiatan 5 Pelaporan II. Waktu Pelaksanaan Kegiatan ini dilaksanakan sepanjang tahun 2016. Rencana Lokasi Pendistribusian Bibit Ikan dan pakan akan dialokasikan pada kelompok pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Karo. TAHAPAN KEGIATAN 2 . sesuai anggaran APBD Kabupaten Karo. D. Lingkup Kegiatan  Penetapan Lokasi  Perencanaan Teknis  Pelaksanaan  Pembinaan  Pelaporan E.

Benih Ikan Mas Jumlah : 27. Adapun Spesifikasi benih ikan dan pakan yang akan diadakan adalah sebagai berikut : Spesifikasi : . Memiliki sumber air yang cukup untuk budidaya ikan . Kriteria Calon Lokasi adalah sebagai berikut : . Penerima adalah kelompok pembudidaya ikan dan memiliki AD/ART yang jelas .A. Benih Ikan Nila Jumlah : 127. Seleksi Calon Kelompok Pembudidaya Ikan Penerima dan Lokasi Kegiatan a. Kriteria Calon Penerima Ikan dan Pakan adalah : . Penetapan Lokasi Penetapan Lokasi kegiatan Pendistribusian Bibit Ikan dan Pakan berdasarkan hasil CP/CL tim survey. Kelompok penerima tidak menerima bantuan sejenis dalam tahun yang sama . Sudah terdaftar di SIMLUH KP . Pelaksanaan Pelaksanaan Kegiatan Pendistribusian Bibit Ikan dan Pakan ini dilakukan dan perubahannya. Bukan daerah rawan banjir b. Kelompok aktif dalam berbudidaya ikan . Bersedia menerima dan mengikuti bimbingan teknis dari Dinas Peternakan dan Perikanan C. Lokasi mudah dijangkau . B.Pakan Starter 3 . Tersedia kolam budidaya dengan luasan minimal 300 m² dengan perbandingan 1m untuk 10 ekor .000 ekor Ukuran : 3-5 cm Spesifikasi untuk Pakan : .000 ekor Ukuran : 3-5 cm .

Jumlah 300 kg .250 kg . Jumlah 25 liter c. Petunjuk teknis ini perlu disosialisasikan kepada kelompok dan petugas teknis di lapangan agar memilki satu persepsi dalam pelaksanaan untuk memberhasilkan kegiatan tersebut. dilaporkan secara tertulis dalam bentuk laporan akhir kegiatan sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan dan disampaikan kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan dan diteruskan kepada Pejabat Pembuat Komitmen. Kabanjahe. Pembinaan Kegiatan pembinaan dilakukan secara berkesinambungan guna menunjang keberhasilan pelaksanaan kegiatan. Jenis Pellet apung b. Probiotik ikan D.Vitamin/ Probiotik a. Laporan akhir dilengkapi dengan foto-foto dokumentasi kegiatan. pelaksanaan dan pelaporan sehingga pengelolaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Ukuran 2 mm c. Pelaporan Setelah seluruh kegiatan selesai dikerjakan.Pakan Grower a. Ukuran 1 mm c. Bentuk cairan b. a. III. Jenis Pellet apung b. Jumlah : 5. PENUTUP Petunjuk teknis ini disusun untuk memberikan pedoman bagi persiapan. E. Mei 2016 4 . Sekretaris dan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Karo. Selanjutnya Dinas Peternakan dan Perikanan memberikan bimbingan teknis kepada pokdakan sebagai penerima kegiatan melalui petugas dari dinas.

pakan dan manajemen kesehatan dan lingkungan. daya tahan tubuh terhadap perubahan 5 . Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Bidang Agribisnis Peternakan dan Perikanan Drh. Benih ikan yang berkualitas baik dari segi kecepatan pertumbuhan. Herniwaty Lidia P. 19761512 200502 2 002 KATA PENGANTAR Keberhasilan suatu Usaha Budidaya Ikan sangat tergantung dari faktor benih (genetik).MIL NIP. Keberhasilan dalam mengelola faktor tersebut maka produksi dan produktivitas ikan dapat ditingkatkan.

...lingkungan dan penyakit sangat ditentukan oleh sifat-sifat genetik yang diturunkan oleh induknya. 2016 Pemerintah Kabupaten Karo melalui Dinas Peternakan dan Perikanan mengalokasikan dana untuk kegiatan Pendistribusian Bibit Ikan dan Pakan tersebut....................... 19640825 199403 1 004 DAFTAR ISI KATA PENGANTAR........i 6 . maka disusun Petunjuk Teknis Kegiatan Pendistribusian Bibit Ikan dan Pakan sebagai pedoman bagi pelaksana dalam melaksanakan kegiatan... METEHSA KARO-KARO NIP.. Agar pelaksanaan kegiatan tersebut mencapai sasaran dan berhasil guna........... Mei 2016 Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten karo Ir........... Kabanjahe............ Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) masih sering kesulitan dalam mengembangkan usaha budidaya ikannya karena terkendala pada masalah permodalan terutama untuk penyediaan pakan ikan dan benih ikan yang baik......................... Untuk membantu usaha masyarakat dan memotivasi masyarakat kelompok pembudidaya ikan dalam mengembangkan budidaya ikan maka pada TA......

........... PENDAHULUAN...............................................................................1 C........................................................................DAFTAR ISI....5 PETUNJUK TEKNIS PENDISTRIBUSIAN BIBIT IKAN DAN PAKAN TA...................................................... Pelaporan................3 D.................4 III....... Pelaksanaan..............................................................................1 ................. Penetapan Lokasi .......3 Sasaran ....2 Tujuan ..............................2 II..........................1 Maksud ................................................................................................................ Tujuan dan Sasaran ......................................1 A.......4 E............................................ Latar Belakang ................................ TAHAPAN KEGIATAN ...................................................................................... ...........................................................ii I...............................................1 .................................................................................................................................................................1 ......................................................................................... Pembinaan................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................. 2016 7 ....3 A.............. PENUTUP................................ Seleksi Calon Kelompok ............. Waktu Pelaksanaan ......3 B............................................... Rencana Lokasi .............................1 B..................... Maksud.............................................................2 E............................. Ruang Lingkup Kegiatan ...........3 C......2 D................................................

DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN KABUPATEN KARO Jln. VETERAN NO. 20 TELP. (0628) 20955 KABANJAHE 8 .