MAKALAH

ARUS DAN KONDUKTOR
MEDAN ELEKTROMAGNETIK

Disusun Oleh :
Nama : Agus Oktiawan
NIM : (1410501051)
Program Studi : Teknik Elektro – 3 B

TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSIDAR TIDAR
MAGELANG
2015

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat serta hidayahNya kepada penulis sehingga makalah yang berjudul “Arus dan
Konduktor” dapat selesai pada waktunya. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada
Bapak Agung Trihasto,S.T,M.Eng. selaku dosen mata kuliah Medan Elektromagnetik
yang telah membimbing penulis demi terselesainya makalah ini .

Makalah ini memuat tentang pengertian Arus dan Konduktor, setelah
terselesainya makalah ini penulis mengharapkan makalah ini dapat bermanfaat dan dapat
diterima oleh pembaca dengan senang hati. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih
banyak kekurangan sehingga penulis mengharap kritik dan saran pembaca demi
kesempurnaan makalah ini.

Magelang, 27 November 2015

Penulis

...iii BAB 2 PEMBAHASAN 2..............20 BAB 3 PENUTUP 3.......................................................................................19 2........................8 Kriteria Bahan Konduktor..............4 Kelajuan Hanyutan................................................15 2...................16 2..................................13 Jenis-Jenis Semikonduktor...................................1 Pengertian Arus Listrik..........................12 2........15 Penggunaan Bahan Semikonduktor..........3 Arah Arus.i KATA PENGANTAR .............................................................. DAFTAR ISI HALAMAN SAMPUL........12 Susunan Atom Semikonduktor..........................11 Semikonduktor.............................................16 Doping dan Persiapan Bahan Semikonduktor............11 2........9 Karakteristik Konduktor........................5 Arus...11 2.2 Macam-Macam Arus......................................................................................................14 2...........................................14 Karakteristik Bahan Semikonduktor...................................................................................17 2.........................................................................................................1 Kesimpulan......18 2.......10 Klasifikasi Konduktor Menurut Konstruksinya............................15 2..............................7 Macam-Macam Bahan Konduktor................................ii DAFTAR ISI BAB 1 PENDAHULUAN 1...............19 2...1 Latar Belakang Masalah............................................................... Kerapatan Arus...........................................22 3..........8 2.5 2..............2 Saran..........................................23 BAB I ..... Kecepatan Penyimpang dan......6 Pengertian Konduktor........................................................................................22 DAFTAR PUSTAKA........................14 2..................................................................8 2............................................................

maka energy potensial listrik di pindahkan dari sebuah sumbe{seperti aki atau generator}ke sebuah alat tempat energy tersebut di simpan atau dikonversi ke dalam bentuk energy lain. BAB II .Sewaktu partikel bermuatan bergerak di dalam sebuah rangkaian. Pada dasarnya . dan system distribusi daya rumah tangga dan industry. Arus listrik terdiri dari muatan-muatan yang bergerak dari satu daerah ke daerah lainya.Rangkaian listrik adalah jantung dari senter. Sistem saraf hewan dan manusia adalah rangkaian listrik khusus yang menyangkut sinyal vital dari satu bagian tubuh ke tubuh lainya.CD player.Bila gerak ini berlangsung di dalam sebuah lintasan konduksi yang membentuk sebuah simpal tertutu.1. sekarang kita siap untuk mengkaji muatan yang bergerak. PENDAHULUAN 1.menjadi bunyi dalam system stereo atau menjadi kalor atau cahaya dalam pemanggang roti atau bola lampu.rangkaian listrik berguna karena memungkingkan energy untuk pindahkan {di angkut}tampa bagian –bagian yang bergerak itu. rangkain listrik adalah saranan untuk menghantarkan energy dari satu tempat ke tempat lain. computer. LATAR BELAKANG Dalam bab sebelumnya kita mengkaji interaksi muatan listrik yang diam.Dari sudut pandang teknoligi.maka lintasan itu di namakan rangkaian listrik. pemancar dan penerima radio dan televisi.

Arus listrik dapat diukur dalam satuan Coulomb/detik atau Ampere Contoh arus listrik dalam kehidupan sehari-hari berkisar dari yang sangat lemah dalam satuan mikroAmpere (μA) seperti di dalam jaringan tubuh hingga arus yang sangat kuat 1-200 kiloAmpere (kA) seperti yang terjadi pada petir Dalam kebanyakan sirkuit arus . mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. Di mana muatan 1 elektron = -1. PEMBAHASAN 2. Coulomb adalah unit dasar dari International System of Units (SI) yang digunakan untuk mengukur muatan listrik. dan 1 coulomb = -6. Selama muatan tersebut bergerak maka akan muncul arus tetapi ketika muatan tersebut diam maka arus pun akan hilang.6021 x 10-19 coulomb. Muatan akan bergerak jika ada energi luar yang memepengaruhinya. Arus merupakan perubahan kecepatan muatan terhadap waktu atau muatan yang mengalir dalam satuan waktu dengan simbol I (dari kata Perancis : intensite). Untuk memahami tentang listrik. perlu kiranya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa hal megenai apa itu yang dimaksud dengan listrik. Dimana dalam teori atom modern menyatakan atom terdiri dari partikel inti (proton bermuatan + dan neutron bersifat netral) yang dikelilingi oleh muatan elektron (-). dengan kata lain arus adalah muatan yang bergerak.24 x 1018 elektron Dari uraian diatas sehingga dapat disimpulkan bahwa Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron. pembahasan tentang arus listrik. Muatan adalah satuan terkecil dari atom atau sub bagian dari atom. Suatu partikel dapat menjadi muatan positif apabila kehilangan elektron dan menjadi muatan negatif apabila menerima elektron dari partikel lain. Muatan terdiri dari dua jenis yaitu muatan positif dan muatan negative Arah arus searah dengan arah muatan positif (arah arus listrik) atau berlawanan dengan arah aliran elektron. karena arus listrik itu tidak jauh dari yang namanya rangkaian. kami akan membahas sedikit mengenai rangkaian listrik.1 PENGERTIAN ARUS LISTRIK Sebelum membahas mengenai arus listrik. normalnya atom bermuatan netral. perlu kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari arus.

searah dapat diasumsikan resistansi terhadap arus listrik adalah konstan sehingga besar arus yang mengalir dalam sirkuit bergantung pada voltase dan resistansi sesuai dengan hukum Ohm. dengan luas penampang yang dapat diabaikan. berjarak 1 meter satu sama lain dalam ruang hampa udara... bila dipertahankan. . Secara matematis dapat ditulis: Contoh cara menghitung arus listrik: 1.Secara formal satuan Ampere didefinisikan sebagai arus konstan yang. Listrik akan mengalir dari tempat yang mempunyai potensial tinggi ke tempat yang berpotensial lebih rendah. akan menghasilkan gaya sebesar 2 x 10-7 Newton/meter di antara dua penghantar lurus sejajar. dan akan menggenang di tempat yang tidak mempunyai perbedaan ketinggian. Kalau arus air. Lalu bagaimana dengan arus listrik.5 menit = 30 sekon Ditanyakan: I = .. Demikian halnya dengan listrik. Arus listrik juga dapat kita analogikan dengan arus air. Hitung besar arus listrik yang mengalir pada penghantar tersebut ? Penyelesaian: Diketahui: Q = 60 C t = 0.. jelas medium yang mengalir adalah air. ? Dijawab: I= Q/t I = 60 / 30 I = 2 ampere Jadi besar kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar 2 ampere...5 menit. Pada suatu penghantar mengalir muatan listrik sebanyak 60 coulomb selama 0.. Air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. medium apa yang mengalir? Arus listrik merupakan satu dari tujuh satuan pokok dalam satuan internasional Satuan internasional untuk arus listrik adalah Ampere (A).

hantaran arus listrik tidak hanya dilakukan oleh electron-elektron yang ada pada pita konduksi. Arah arus listrik ini berlawanan arah dengan arus electron. Kekosongan ini disebut hole. karena sebenarnya muatan positif tidak dapat bergerak. yang ditinggalkan electron. Ketika terjadi beda potensial disuatu elemen atau komponen maka akan muncul arus dimaan arah arus positif mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah dan arah arus negatif mengalir sebaliknya. Contoh sederhananya. Arus listrik ternyata didefinisikan sebagai aliran muatan positif (hole) yang ‘seolah-olah’ mengalir dari kutub positif ke kutub negatif karena aliran elektron dari arah sebaliknya seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini: Dianggap sebagai aliran muatan positif. tetapi juga oleh kekosongan energy pada pita valensi. Di dalam bahan semikonduktor. seolah-olah sebagai muatan positif yang lindah dan dapat mengantarkan arus. 2. maka akan terjadi aliran elektron dari kutub negatif ke kutub positif battery. Medium yang mengalir sebenarnya adalah elektron atau (muatan negatif) yang tidak bisa kita lihat dengan kasat mata. bila kita menghubungkan kutub positif dengan kutub negatif battery dengan kabel. dari anode menuju katode. Dalam teori rangkaian arus merupakan pergerakan muatan positif.2 MACAM-MACAM ARUS . Arus ini bergerak dari potensial tinggi ke potensial rengah. dari kutub positif ke kutub negative.

atau sebaliknya Arus DC juga bias diartikan sebagai arus yang mempunyai nilai tetap atau konstan terhadap satuan waktu.3 ARAH ARUS Arus(current)adalah sebarang gerak muatan dari suatu daerah ke daerah lainya . dan tidak arus. artinya diaman pun kita meninjau arus tersebut pada wakttu berbeda akan mendapatkan nilai yang sama Rangkaian Listrik. Sebagian besar pemakaian tekhnologi muatan yang bergerak yang bergerak melibatakan arus semacam ini. Arus bolak-balik (Alternating Current/AC) Arus AC adalah arus yang mempunyai nilai yang berubah terhadap satuan waktu dengan karakteristik akan selalu berulang untuk perioda waktu tertentu (mempunyai perida waktu : T).Dalam subbah ini kita akan membicarakan arus dalam material konduksi. Arus dapat dibagi menjadi 2 yaitu: 1. 2. Dalam situasi elektrostatis medan listrik itu adalah nol di mana pun di dalam konduktor. Arus searah (Direct Current/DC) Arus searah adalah arus listrik yang nilainya hanya positif atau hanya negatif saja (tidak berubah dari positif kenegatif. 2. .

besar arus I dalam Ampere dapat diperoleh dengan persamaan: di mana I adalah arus listrik. Pada diagram di atas ditunjukkan arus mengalir masuk melalui dua percabangan dan mengalir keluar melalui dua percabangan . Untuk arus yang konstan. arus listrik adalah besaran skalar karena baik muatan Q maupun waktu t merupakan besaran skalar. Sedangkan secara umum.Perhatikan gambar di bawah ini: Arus yang mengalir masuk suatu percabangan sama dengan arus yang mengalir keluar dari percabangan tersebut. Sesuai dengan persamaan di atas. Panah tersebut bukanlah vektor dan tidak membutuhkan operasi vektor. Q adalah muatan listrik. salah satunya seperti pada diagram di atas. Dalam banyak hal sering digambarkan arus listrik dalam suatu sirkuit menggunakan panah. dan t adalah waktu (time). i1 + i4 = i2 + i3 . arus listrik yang mengalir pada suatu waktu tertentu adalah: Dengan demikian dapat ditentukan jumlah total muatan yang dipindahkan pada rentang waktu 0 hingga t melalui integrasi.

Definisi arus listrik yang mengalir dari kutub positif (+) ke kutub negatif (-) baterai (kebalikan arah untuk gerakan elektronnya) Pada diagram digambarkan panah arus searah dengan arah pergerakan partikel bermuatan positif (muatan positif) atau disebut dengan istilah arus konvensional.4 KELAJUAN HANYUTAN . digunakan konvensi berikut ini: Panah arus digambarkan searah dengan arah pergerakan seharusnya dari pembawa muatan positif. Pada kenyataannya. Karena muatan listrik adalah kekal maka total arus listrik yang mengalir keluar haruslah sama dengan arus listrik yang mengalir ke dalam sehingga i1 + i4 = i2 + i3. 2. Panah arus hanya menunjukkan arah aliran sepanjang penghantar. Pembawa muatan positif tersebut akan bergerak dari kutub positif baterai menuju ke kutub negatif. dengan alasan sejarah. walaupun pada kenyataannya pembawa muatan adalah muatan negatif dan bergerak pada arah berlawanan. lain. Sayangnya. pembawa muatan dalam sebuah penghantar listrik adalah partikel-partikel elektron bermuatan negatif yang didorong oleh medan listrik mengalir berlawan arah dengan arus konvensional. bukan arah dalam ruang. Konvensi digunakan pada sebagian besar keadaan karena dapat diasumsikan bahwa pergerakan pembawa muatan positif memiliki efek yang sama dengan pergerakan pembawa muatan negara.

dan banyaknya partikel di dalamnya adalah nAvd dt. KECEPATAN PENYIMPANG . Satuan kerapatan aruas adalah ampere per meter kuadrat (A/m2). Volume silinder itu adalah Avd dt. Kita menamakan n sebagai konsentrasi partikel. setiap partikel berjarak vddt. elektron-elektron di dalamnya bergerak secara acak tanpa perpindahan bersih ke arah mana pun juga. yaitu antara 10-5 dan 10-4 m/s dibandingkan dengan sekitar 106 m/s pada sebuah penghantar tembaga. Misalnya terdapat n partikel bermuatan persatuan volume. Dalam selang waktu setiap dt. Dan arus itu adalah dQ=q(nAv d dt)=nqv d A dt. Selama dt adalah partikel-partikel yang berada dalam silinder ini pada permulaan selang waktu dt. Tingkat kelajuan hanyutan (bahasa Inggris: drift speed) dalam penghantar adalah kecil dibandingkan dengan kelajuan gerak-acak. DAN KERAPATAN ARUS Kita dapat menyatakan arus dalam kecepatan penyimpang dalam muatan yang bergerak. Sedangkan saat arus listrik mengalir melalui penghantar.anggaplah semua bahwa partikel itu bergerak dengan kecepatan menyimpang yang sama dengan vd.5 ARUS .satuan SI nya adalah m−3. Saat sebuah penghantar tidak dilalui arus listrik. 2.Jika setiap partikel mempunyai muatan q. I= dQ/dt = nqvdA Arus persatuan luas penampang dinamakan kerapatan arus (current density) J =I/A = nqVd. seerti dalam gambar 26-2b. keceapatan penyimpang itu berlawanan dengan E tetapi arus itu masih . elektron tetap bergerak secara acak namun mereka cenderung hanyut sepanjang penghantar dengan arah berlawanan dengan medan listrik yang menghasilkan aliran arus. Partikel- partikel yang mengalir keluar dari ujung kanan silinder yang dinaungin dengan panjang Vd dt. Jika muatan yang bergerak itu adalah negative dan bukan positif.muatan dq yang mengalir ke luar dari ujung silindir itu selama waktu dt.

6 Pengertian Konduktor Konduktor dalam rekayasa elektronik adalah zat yang dapat melakukan arus listrik. Bahan konduktor merupakan penghantar listrik yang baik . sehingga dalam pernyataan. Bahan ini mempunyai daya hantar listrik (Electrical Conductivity) yang besar dan tahanan listrik (Electrical resistance) yang kecil.pernyataan yang di atas itu untuk I dan J kita menggantikan q dengan nilai mutlaknya. Besar hambatan tersebut tergantung dari bahannya. Saat melakukan penyaluran arus listrik yang perlu di perhatikan adalah fungsi kabel . Maka harus I dan kerapatan arus J tidak bergantung pada muatan itu. kumparan/ lilitan yang ada pada alat listrik yang anda jumpai . Dalam teknik listrik .. Karena itu konduktif.com). Bahan penghantar listrik berfungsi untuk mengalirkan arus listrik. Besar hambatan tiap meternya dengan luas penampang 1mm2 pada temperatur200C dinamakan hambatan jenis. 1) Sifat sifat bahan konduktor Dalam bahan konduktor mempunyai sifat sifat penting seperti: a) Daya hantar listrik Arus yang mengalir dalam suatu penghantar selalu mengalami hambatan dari penghantar itu sendiri. Besarnya hambatan jenis suatu bahan dapat dihitung dengan menggunakan persamaan : R= ρl/A dimana : . cair atau gas. itu disebut konduktor (www. Juga pada saluran transmisi/distribusi. baik dalam bentuk padat.brada dalam arah yang sama seperti E disetiap titik dalam konduktor itu. 2.dosenpendidikan. bahan penghantar yang sering di jumpai adalah tembaga dan alumunium.

arus akan menimbulkan daya elektro-motoris termo tersendiri bila terjadi perubahan temperatur suhu. karena tembaga merupakan bahan penghantar yang paling baik setelah perak dan harganya pun murah karena banyak terdapat dimana-mana . .dsb) sebagai penghantar bentuk gas . cair .mm2/m l : panjang penghantar. Bahan penghantar yang paling banyak dipakai adalah tembaga . terutama untuk hantaran diatas tanah. e). elektrolit dan logam cair (air raksa) merupakan penghantar cair . Kekuatan tegangan tarik dan Sifat mekanis bahan sangat penting. d). dalam satuan ohm. Diperhitungkan dalam satuan Kkal/jam 0C. Terutama diperhitungkan dalam pemakaian mesin listrik beserta perlengkapanya. hal ini dengan pertimbangan sangat berlimpah dan harganya menjadi lebih murah c). dan udara yang diionisasikan dan gas-gas mulia (neon) . atau gas . karena dalam suatu rangkaian. Timbulnya daya electro motoris termo Sifat ini sangat penting sekali terhadap dua titik kontak yang terbuat dari dua bahan logam yang berlainan jenis.R : Hambatan dalam penghantar. Koefesien suhu tahanan Telah kita ketahui bahwa dalam suatu bahan akan mengalami perubahan volume bila terjadi perubahan temperatur. Akhir-akhir ini banyak digunakan alumunium dan baja sebagai penghantar walaupun tahanan jenisnya cukup besar . bahan yang dipakai untuk keperluan tersebut harus diketahui kekuatanya.kripton . satuanya mm2 b). Penghantar listrik dapat berbentuk padat . yang berbentuk padat umumnya logam . Bahan akan memuai jika temperatur suhu naik dan akan menyusut jika temperatur suhu turun. Terutama menyangkut penggunaan dalam pendistribusian tegangan tinggi. satuanya ohm (Ω) ρ : hambatan jenis bahan. Daya hantar panas Daya hantar panas menunjukkan jumlah panas yang melalui lapisan bahan tiap satuan waktu. Pada umumnya logam mempunyai daya hantar panas yang tinggi sedangkan bahan- bahan bukan logam rendah. Oleh sebab itu. satuannya meter (m) A : luas penampang kawat penghantar.

Selain masalah teknis.antara lain : a). sehingga dalam pengaturan arus dan tegangan dapat menyimpang meskipun sangat kecil. Baja d). Timah hitam 2. Alumunium b). Molibdenum f). Nilai kompromi termurahlah yang akan menentukan logam mana yang akan digunakan. penggunaan logam sebagai penghantar ternyata juga sangat ditentukan oleh nilai ekonomis logam tersebut dimasyarakat. Daya elektro-motoris yang dibangkitkan oleh perbedaan temperatur disebut dengan daya elektro- motoris termo.8 Kriteria bahan konduktor Penghantar tenaga listrik. selain mensyaratkan konduktivitas yang tinggi juga membutuhkan sifat mekanis dan fisika tertentu yang disesuaikan dengan penggunaan penghantar itu sendiri. 2. ahan-bahan resistivitas tinggi i). Beberapa bahan penghantar yang masih ada dan relevasinya . logam Tembaga dan . Air raksa h). Pada saat ini. Besarnya perbedaan tegangan yang dibangkitkan tergantung pada sifat-sifat kedua bahan yang digunakan dan sebanding dengan perbedaan temperaturnya. Tembaga c). Sehingga suatu kompromi antara nilai teknis dan ekonomi logam yang akan digunakan mutlak diperhatikan.7 Macam macam bahan konduktor Fungsi penghantar pada teknik lisrik adalah untuk menyalurkan energi listrik dari satu titik ke titik lain Penghantar yang lazim digunakan antara lain: Tembaga dan Alumunium. Wolfram e). Platina g).Daya elektro-motoris termo dapat terjadi lebih tinggi.

maka kemampuan maksimum dari konduktor untuk menghantar arus adalah 275 A). maka kemampuan maksimal dari konduktor untuk menghantar arus adalah 275 A).edu) . (www. dan lain-lain. Komposisi kimia. yaitu : a). e). c). Karakteristik listrik. b).Aluminium adalah logam yang terpilih diantara jenis logam penghantar lainnya yang memenuhi nilai kompromi teknis ekonomis termurah. b). untuk konduktor 70 mm berselubung AAAC-S pada suhu sekitar 30 oC. yaitu: a). Sifat tarik seperti kekuatan tarik (tensile strength) dan regangan tarik (elongation). kriteria mutu lainnya yang juga harus dipenuhi meliputi seluruh atau sebagian dari sifat – sifat atau kondisi berikut ini. Karakteristik mekanik.academia. b).10 Klasifikasi Konduktor Menurut Konstruksinya a).academia. yang menunjukkan keadaan fisik dari konduktor yang menyatakan kekuatan tarik dari pada konduktor (dari SPLN 41-8:1981.edu) 2. kawat berongga (hollow conductor) adalah kawat berongga yang dibuat untuk mendapatkan garis tengah luar yang besar. Sifat bending d). Diameter dan variasi yang diijinkan. Kawat berlilit (standart wire) terdiri 7 sampai dengan 61 kawat padat yang dililit menjadi satu.9 Karakteristik Konduktor Ada 2 (dua) jenis karakteristik konduktor . biasanya berlapis dan konsentris.( www. untuk konduktor 70 mm2 berselubung AAAC-S pada suhu sekitar 30 oC. Kawat padat (solid wire) berpenampang bulat. 2. yang menunjukkan kemampuan dari konduktor terhadap arus listrik yang melewatinya (dari SPLN 41-10 : 1991. c). Kondisi permukaan kawat harus bebas dari cacat.

11 Semi Konduktor Semikonduktor adalah sebuah bahan dengan konduktivitas listrik yang berada di antara insulator (isolator) dan konduktor. 2. Semikonduktor disebut juga sebagai bahan setengah penghantar listrik. misal sebagai penguat arus. dimana alat yang di buatnya ini terdiri atas suatu kawat yang disambungkan dengan Kristal silicon (elektroloss.dalam bidang industri penemuan komponen semikonduktor mengakibatkan banyak perubahan dalam kehidupan manusia.com) Semikonduktor merupakan elemen dasar dari komponen elektronika seperti dioda. b. tatacara tertentu dan persyaratan kerja semikonduktor berfungsi sebagai konduktor. Kekuatan mekanisnya (kekuatan tarik) cukup tinggi. Koefisien muai panjangnya kecil.wikipedia. penguat tegangan dan penguat daya. Untuk menggunakan suatu semikonduktor supaya bisa berfungsi harus tahu spesifikasi dan karakter semikonduktor itu. dan gallium arsenide. namun pada temperatur. karena bahan ini memang bukan konduktor murni. Persyaratan Persyaratan Bahan Konduktor a. Disebut semi atau setengah konduktor. jika tidak memenuhi syarat operasinya maka akan tidak berfungsi dan rusak. besi.pickard merancang suatu diode detector dari Kristal slikon yang disebut dengan nama Cat’s wishker. Suatu semikonduktor bersifat sebagai insulator jika tidak diberi arus listrik dengan cara dan besaran arus tertentu. Modulus kenyalnya (modulus elastisitas) cukup besar.blogspot). sehingga elektronnya dapat bergerak bebas. c. Konduktifitasnya cukup baik. diantaranya: . terutama dilihat mamfaatnya dalam membantu kelancaran proses industri. germanium. transistor dan sebuah IC (integrated circuit). Tahun 1906 . timah disebut sebagai konduktor yang baik sebab logam memiliki susunan atom yang sedemikian rupa. Bahan semikonduktor yang sering digunakan adalah silikon. arus tertentu. Bahan-bahan logam seperti tembaga. (id. Alat inilah yang dikenal sebagai dioada semikonduktor yang pertama. d.

2. Pada suhu yang sangat rendah (0oK). dan transformator sebagai kelengkapan dalam menyusun suatu rangkaian elektronik. Germanium (Ge) dan Gallium Arsenida (GaAs). Inductor. penguat suara hi-fi. kapasitor.Struktur atom kristal silikon. silikon menjadi popular setelah ditemukan cara mengekstrak bahan ini dari alam.12 Susunan Atom Semikonduktor Bahan semikonduktor yang banyak dikenal contohnya adalah Silicon (Si). TV warna. Kita bisa menemukan semikonduktor pada jantung chip mikroprosesor hingga pada transistor. Ikatan inti atom yang stabil adalah jika dikelilingi oleh 8 elektron. . satu inti atom (nucleus) masing-masing memiliki 4 elektron valensi. b). Namun belakangan. Nyaris semua peralatan elektronik bergantung sepenuhnya pada keberadaan semikonduktor. Dipergunakannya komponen pasif seperti hambatan. pemancar FM c). radio FM. Penggunaan alat elektronik untuk mengatur dan menjalankan mesin-mesin industry. Dapatkah anda menghitung jumlah pasir di pantai. Germanium dahulu adalah bahan satu-satunya yang dikenal untuk membuat komponen semikonduktor.a). Semikonduktor telah memberikan pengaruh besar dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam peradaban manusia saat ini.dengan ditemukannya. diode daya tinggi. Silikon merupakan bahan terbanyak ke dua yang ada di bumi setelah oksigen (O2). sehingga 4 buah elektron atom kristal tersebut membentuk ikatan kovalen dengan ion-ion atom tetangganya. diode tegangan tinggi. kaca dan batu-batuan lain adalah bahan alam yang banyak mengandung unsur silikon. Pasir. struktur atom silikon divisualisasikan seperti pada gambar berikut. Dibuatnya alat elektronik radio AM.

dengan menciptakan hole pada pita valensi. sehingga tidak memungkinkan untuk menjadi konduktor yang baik.id/) . 2. Pada suhu tinggi elektron valensi dapat berpindah menuju pita konduksi. Semikonduktor Intrinsik Semi konduktor intrinsik adalah semikonduktor yang belum mengalami penyisipan oleh atom akseptor atau atom donor. a). ( elektroloss. Namun hanya beberapa jumlah kecil yang dapat terlepas. yaitu semikonduktor intrinsik dan semikonduktor ekstrinsik. Pada kondisi demikian. ada beberapa ikatan kovalen yang lepas karena energi panas. Pengahantar listrik pada semikonduktor adalah elektron dan hole. Pada suhu kamar.13 Jenis Jenis Semikonduktor Ada dua jenis semikonduktor.blogspot.co. sehingga memungkinkan elektron terlepas dari ikatannya. Ikatan kovalen menyebabkan elektron tidak dapat berpindah dari satu inti atom ke inti atom yang lain. bahan semikonduktor bersifat isolator karena tidak ada elektron yang dapat berpindah untuk menghantarkan listrik.

Semikonduktor gabungan III dan V misalnya GaAs dan InP. Germanium (Ge) dan Karbon (C). 2. b).b). Beberapa komponen elektronik yang menggunakan bahan semikonduktor yaitu: . 2. Semikonduktor elemental Semikonduktor elemental terdiri atas unsur – unsur pada sistem periodik golongan IV A seperti silikon (Si). sehingga peralatan elektronik dapat dibuat dalam ukuran yang lebih kecil. Karbon semikonduktor ditemukan dalam bentuk kristal intan. Semikonduktor intan memiliki konduktivitas panas yang tinggi sehingga dapat digunakan dengan efektif untuk mengurangi efek panas pada pembuatan semikonduktor laser.15 Penggunaan Bahan Semikonduktor Semikonduktor merupakan terobosan dalam teknologi bahan listrik yang memungkinkan pembuatan komponen elektronik dalam wujud mikro.14 Karaktersitik Bahan Semikonduktor a). Semikonduktor Gabungan Semikonduktor gabungan (kompon) terdiri atas senyawa yang dibentuk dari logam unsur periodik golongan IIB dan IIIA (valensi 2 dan 3) dengan non logam pada golongan VA dan VIA (valensi 5 dan 6) sehingga membentuk ikatan yang stabil (valensi 8). sedangakan gabungan II dan VI misalnya CdTe dan ZnS. Semikonduktor Ekstrinsik Semikondutor ekstrinsik merupakan semikonduktor yang memperoleh pengotoran atau penyuntikan (doping) oleh atom asing.

2. Dioda Dioda merupakan peranti semikonduktor yang dasar. Gabungan dari beberapa buah IC dan komponen lain dapat diproduksi dengan menggunakan bahan semikonduktor dalam bentuk chip. jadi Diode adalah komponen yang memiliki dua terminal atau dua electrode yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik dalam satu arah. Kata Diode berasal dari Di (Dua) Ode (Elektrode). Doping semikonduktor Salah satu alasan utama kegunaan semikonduktor dalam elektronik adalah sifat elektroniknya dapat diubah banyak dalam sebuah cara terkontrol dengan menambah sejumlah kecil ketidakmurnian. Chip multifungsi ini kemudian dikenal sebagai mikroprosesor yang berkembang hingga sekarang. Masing – masing gerbang dapat dioperasikan sehingga membentuk logika tertentu yang dapat mengendalikan pengoperasian suatu perangkat elektronik. b). Dengan kata lain diode bekerja sebagai Konduktor bila beda potensial listrik yang diberikan dalam arah tertentu (Bias Forward) tetapi diode akan bertindak sebagai Isolator bila beda potensial listrik diberikan dalam arah yang berlawanan (Bias Reverse) Tipe dasar dari diode adalah diode sambungan PN. Transistor Transistor adalah komponen elektronik yang dibuat dari materi semikonduktor yang dapat mengatur tegangan dan arus yang mengalir melewatinya dan dapat berfungsi sebagai saklar elektronik dan gerbang elektronik. c). . Dalam sirkuit terpadu modern. IC (Integrated Circuit) Integrated Circuit merupakan komponen elektronik yang terdiri atas beberapa terminal transistor yang tergabung membentuk gerbang.16 Doping dan Persiapan bahan semikonduktor a).a). Diode memiliki banyak tipe dan tiap tipe memiliki fungsi dan karakteristik masing-masing. Doping sejumlah besar ke semikonduktor dapat meningkatkan konduktivitasnya dengan faktor lebih besar dari satu milyar. Ketidakmurnian ini disebut dopan.

misalnya. Proses produksi massa saat ini menggunakan ingot (bahan dasar) kristal dengan diameter antara empat hingga dua belas inci (300 mm) yang ditumbuhkan sebagai silinder kemudian diiris menjadi wafer. b). bahkan dalam proporsi sangat kecil dapat memiliki efek besar pada properti dari material. konstanta kisi. penting untuk menentukan kompatibilitas antar bahan. Dalam pembuatan perangkat semikonduktor yang melibatkan heterojunction antara bahan-bahan semikonduktor yang berbeda. Impuritas cenderung berkonsentrasi di daerah yang dicairkan. Tingkat kemurnian kimia yang diperlukan sangat tinggi karena adanya ketidaksempurnaan. dan retak tumpukan) mengganggu properti semikonduktivitas dari material. Semakin besar kristal. kembaran. Sebuah teknik untuk mencapai kemurnian tinggi termasuk pertumbuhan kristal menggunakan proses Czochralski. metode khusus telah dikembangkan untuk memproduksi bahan semikonduktor awal. . semakin sulit mencapai kesempurnaan yang diperlukan. Retakan kristal merupakan penyebab utama rusaknya perangkat semikonduktor. Langkah tambahan yang dapat digunakan untuk lebih meningkatkan kemurnian dikenal sebagai perbaikan zona. sebagian dari kristal padat dicairkan. Kristal dengan tingkat kesempurnaan yang tinggi juga diperlukan. Karena diperlukannya tingkat kemurnian kimia dan kesempurnaan struktur kristal untuk membuat perangkat semikonduktor. yaitu panjang dari struktur kristal yang berulang. sedangkan material yang diinginkan mengkristal kembali sehingga menghasilkan bahan lebih murni dan kristal dengan lebih sedikit kesalahan. polycrystalline silicon didop-berat seringkali digunakan sebagai pengganti logam. karena kesalahan dalam struktur kristal (seperti dislokasi. Dalam perbaikan zona. Persiapan bahan semikonduktor Semikonduktor dengan properti elektronik yang dapat diprediksi dan handal diperlukan untuk produksi massa.

Jadi.28 x 10 pangkat 28 elektron / detik pada sebuah penghantar. BAB III PENUTUP 3. cair atau gas.1 KESIMPULAN Arus adalah elektron yang mengalir dari satu atom ke atom lainnya melalui penghantar dan diukur dalam Ampere. . akan membuat arusnya berpengaruh dan berubah. Maka. dengan media konduktor arus yang mengalir pada suatu rangkaian bergantung pada konduktor tersebut dengan memerhatikan nilai konduktivitasnya. Sekian dan terima kasih. dengan bahan konduktor yang berbeda. kritik dan saran dari rekan-rekan atau teman- teman sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Konduktor atau penghantar adalah zat atau bahan atau media yang bersifat dapat menghantarkan energi. Karena. Satu Ampere adalah aliran arus listrik dari 6. baik energi listrik maupun energi kalor.2 SARAN Kami menyadari bahwa makalah yang kami buat ini masih jauh dari kesempurnaan. 3. baik berupa zat padat. oleh karena itu. arus adalah jangkauan aliran listrik yang diukur dalam Ampere atau elektron / detik.

Arus. Pengertian Konduktor. 2013.html . Canova Agus. Isolator. Kerapatan Arus dan Hukum Ohm. 2011. Nurzaeni Latipah. BAB VI Konduktor. latipahnurzaeni11.blogspot. 2015.id 3.co.tips/documents/konduktor-55bd18b061372.id 4. academia.co. domarku. Lubis Asmar.edu 2. DAFTAR PUSTAKA 1.blogspot. Urutan Membuat Makalah sederhana yang baik. documents. Semikonduktor.