You are on page 1of 8

PEMERINTAH KABUPATEN GARUT

DINAS PENDIDIKAN
UPTD. PENDIDIKAN KECAMATAN CIBALONG
SEKOLAH DASAR NEGERI KARYAMUKTI 02
Alamat : Jalan Raya Cibalong No. Telp. 521 KP. 44176

LEMBAR PENGESAHAN

PROPOSAL
BANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)
SEBAGAI SUMBER BELAJAR
TAHUN ANGGARAN 2016

Ketua Komite Kepala SDN. Karyamukti 02
SDN. Karyamukti 02 Kecamatan Cibalong,

Besar harapan kami. Demikian permohonan in i kami sampaikan. Kepala Sekolah. atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Sebagai bahan pertimbangan. ………………… NIP . 44176 Nomor : 422/…. Telp.-SD/2012 Tanggal. Dengan ini kami sampaikan usulan permohonan bantuan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Negeri Karyamukti 02 Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut. PEMERINTAH KABUPATEN GARUT DINAS PENDIDIKAN UPTD. semoga yang berwenang dapat memperhatikan dan mengabulkan permohonan ini. bersama surat ini kami lampirkan proposalnya. 01 Juni 2012 Lampiran : 1 (satu) berkas Perihal : Permohonan Bantuan Teknologi Informasi & Komunikasi sebagai Sumber Belajar Kepada Yth : Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Di Bandung Disampaikan dengan hormat. 521 KP. PENDIDIKAN KECAMATAN CIBALONG SEKOLAH DASAR NEGERI KARYAMUKTI 02 Alamat : Jalan Raya Cibalong No.

Salah satu kendala mencapai hal tersebut adalah sarana yang kurang memadai. 1 Juni 2012 Kepala Sekolah …………………………. serta penciptaan susasana belajar yang kondusif. permohonan ini dapat dikabulkan. SD. melalui proposal ini kami mengajukan permohonan bantuan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) sebagai sumber belajar. demi peningkatan pelayanan yang bermutu terhadap siswa. Negeri Karyamukti 02 Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut berupaya untuk menjadi sekolah berpenampilan unggul. NIP . sarana biaya dan metode yang bervariasi. sumber daya manusia. KATA PENGANTAR Sekolah berpenampilan unggul memerlukan upaya pemberdayaan sekolah dalam meningkatkan kegiatannya dalam menyempurnakan pelayanan yang bermutu kepada siswa. Cibalong. Besar harapan kami. Sehubungan hal tersebut. Akhir kata. kami haturkan ucapan terima kasih atas segala perhatiannya. Dalam proses pendidikan yang bermutu terlibat berbagai infut seperti kurikulum.

I PENDAHULUAN A. Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan 2010 E. Profil (Umum) Sekolah B. Potensi Sekolah dan Prioritas Pemenuhan Sarana dan Prasarana D. Hasil yang Diharapkan D. Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana C. Sumber Dana BAB. Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan Jangka Panjang C. V PENUTUP LAMPIRAN . Rencana Anggaran dan Spesifikasi BAB. Tujuan C. II PROFIL SEKOLAH DAN KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA A. Latar Belakang B. DAFTAR ISI Daftar Isi Kata Pengantar BAB. IV RENCANA PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI SUMBER BELAJAR A.LAMPIRAN . Panitia Pembelian Peralatan TIK sebagai sumber belajar B. Dana dan Sumber Pemanfaatan / Pengembangan TIK sebagai sumber belajar BAB. Jadwal Pembelian Alat BAB. III RENCANA PELAKSANAAN PEMBELIAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI SUMBER BELAJAR A. Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan Jangka Pendek D. Pentringnya Pemanfaatan dan Pengembangan TIK sebagai sumber belajar B.

Latar Belakang Ruang sumber belajar dan jenis peralatannya merupakan salah satu sarana dan prasarana yang penting dan harus ada di lembaga pendidikan atau sekolah. ruang laboratorium.ruang bengkel kerja. Tujuan dari pengadaan peralatan TIK sebagai sumber belajar ini adalah sebagai berikut di bawah ini : 1. ruang tata usaha. Mengajarkan siswa untuk mahir dalam menggunakan ICT 5. tempat beribadah. . tempat berekreasi. ruang pendidik. Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor : 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 42 ayat (2) serta Pasal 43 ayat (1) dan (2). ruang pendidik. ruang kelas. Menghasilkan lulusan yang kompetitif pada taraf regional dan global 4. dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. instalasi daya dan jasa. ruang pimpinan satuan pendidikan. ruang perpustakaan. laboratorium komputer dan peralatan pembelajaran lain pada satuan pendidikan dinyatakan dalam daftar yang berisi jenis minimal peralatan yang harus tersedia. tempat bermain. Pasal 42 : (2) Setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan. ruang unit produksi. Peningkatan mutu pendidikan – pembelajaran ICT 3. BAB. tempat berolahraga. C. Tujuan. 2. I PENDAHULUAN A. Mampu menyerap dan mengembangkan sains dan teknologi tetapi masih berkepribadian bangsa Indonesia. untuk menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa dan guru. Lebih jelas isi dari PP tersebut adalah sebagai berikut : 1. Untuk pemenuhan standar sarana dan prasarana 2. Pasal 43 : (1) Standar keragaman jenis peralatan laboratorium ilmu pengetahuan alam (IPA). (2) Standar jumlah peralatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dinyatakan dalam rasio jumlah peralatan per peserta didik. Setiap guru mata pelajaran lebih aktif membimbing siswa sesuai dengan perannya sebagai fasilitator. ruang kantin. B. Hasil Yang Diharapkan Dengan tersedianya peralatan TIK sebagai sumber belajar yang memenuhi standar / kriteria normal diharapkan : 1.

. Siswa lebih banyak memahami konsep – konsep TIK serta terampil menggunakan ICT bukan sekedar dari teori yang berasal dari guru ybs. Tetapi melihat kondisi yang nyata adanya praktek TIK. D. Sumber Dana Sumber Dana untuk pengadaan peralatan TIK sebagai sumber belajar berasal dari bantuan peralatan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 2.

Lingkungan sekolah memiliki kegiatan baik langsung maupun tidak langsung dengan penyelenggaraan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan. 2. Pada kenyataannya. memiliki system yang kompleks dan dinamis. pedagang. buruh dan nelayan. bahkan berkaitan dengan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Faktor Kondisi Ekonomi masyarakat Kondisi sosial masyarakat kecamatan caringin heterogen. wiraswasta. melainkan senantiasa memerlukan upaya perbaikan dan peningkatan sejalan dengan semakin tingginya kebutuhan dan tuntutan kehidupan masyarakat. Pada umumnya terdiri dari petani. II PROFIL SEKOLAH DAN KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA A. sehinga keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan cukup baik. 3.BAB. Profil (Umum) Sekolah Pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. pendidik bukanlah suatu upaya yang sederhana. Oleh karena itru sekolah harus melihat kondisi dan keterkaitan lingkungan dengan strategi yang paling tepat dalam penyelenggaraan pendidikan. Sekolah bukan hanya tempat berkumpul guru dan siswa. Faktor Geografis Lingkungan Sekolah SDN CIMAHI 05 Kecamatan Caringin Kabupaten Garut didirikan pada tahun 1989 berada di kawasan lingkungan daerah pariwisata Di Wilayah Garut Selatan Kabupaten Garut dengan alamat lengkapnya jalan Bhayangkara Kp. sehingga sangat diharapkan menjadi salah satu sekolah yang menjadi agen perubahan bagi sekolah lain disekitarnya. Selain dari itu ada beberapa faktor eksternal yang berpengaruh besar dalam penyelenggaraan pendidikan di SDN. SDN CIMAHI 05 Kecamatan Caringin Kabupaten Garut masih membutuhkan partisipasi masyarakat untuk menunjang program – program sekolah. baik dukungan moral maupun materil .Citatah Desa samudra Jaya Kecamatan Caringin Kabupaten Garut maka sarana jalan dan transportasi yang menuju ke sekolah tersebut ada yang belum bisa di tempuh dengan kendaraan. Karyamukti 02 Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut merupakan salah satu sekolah dasar yang berada di lingkungan daerah pariwisata wilayah Garut selatan. 1. melainkan harus diciptakan sebuah system yang kooperatif dan produktif. meskipun PKPS BBM untuk pendidikan dalam bentuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS) telah di gulirkan oleh Pemerintah .Dukungan orang tua / wali siswa dan masyarakat di linkungan sekitar sekolah cukup tinggi. SDN. Faktor Demografi Masayrakat Sekitar Tingkat kesadaran penduduk terhadap pentingnya pendidikan sangat tingi dan di dukung jumlah usia sekolah relatip besar. . Oleh karena itu sekolah dipandang sebagai suatu organisasi yang membutuhkan pengelolaan. dan kurikulum yang akan dilaksanakan di sekolah. Karyamukti 02 Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut.

Luas Bangunan : 567 m² 5. 9. Rekening Rutin Sekolah : 0007764332100 Bank Bjb Pameungpeuk 4.Pd No. pemerintah) bersama – sama berperan aktip untuk mewujudkannya. Warga sekolah memiliki kepedulian dan menjung jung tinggi nilai – nilai agama dan budaya Untuk mencapai visi tersebut. Berwawasan lingkungan dan Budaya. Adapun Profil Sekolah adalah sebagai berikut : 1. Bhayangkara Desa : Samudra Jaya Kecamatan : Caringin Kabupaten : Garut NO. sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru. 8.” Dengan indikator Sebagai berikut: 1. S. Luas Tanah / Status : 10. 2. 4. Beroprasi : 1989 4.Paraa orang tua / wali siswa melalui Komite Sekolah sangat antusias untuk berpartisipasi untuk membantu sekolah dengan tidak membebani para orang tua / wali siswa yang tidak mampu. Telp :- 2. 5. Berikut ini merupakan visi yang di rumuskan oleh sekolah kami. orang tua. Terwujudnya system penilaian yang beragam untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas. karyawan. Terwujudnya administrasi kurikulum yang lengkap. Visi. masyarakat. Terwujudnya proses pembelajaran yang inovatif dan variatif. sehingga visi sekolah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait .pihak yang terkait ( stakeholders) Bermusyawarah .000 m² (Hak Guna Pakai) b. memenuhi kegiatan sekolah. .Telp / HP : 081321991764 3. Terwujudnya sumber dana yang terukur. Nama Kepala Sekolah : Asep Setiawan. 3. No. Terwujudnya kerja sama antar pendidik dengan kependidikan. 7. Terwujudnya pengelolaan pendidikan yang partisipatif. Kepemilikan Tanah /Bangungunan : Milik Sendiri a. Tahun Didirikan/TH. pihak . SDN CIMAHI 05 yaitu :”terbentuknya sekolah yang berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknolagi. Nama Sekolah : SDN CIMAHI 05 Alamat (Jalan/KEC. perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Misi dan Tujuan Sekolah a) Visi Dalam merumuskan visi. Terwujudnya sarana dan prasnarana pendidikan yang memadai dan relavan dalam mendukung PBM./KAB/Kota) : Jl. siswa. transparan dan akun tabel 6. Memperoleh nilai akademik siswa yang meningkat dari tahun ke tahun.