You are on page 1of 4

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Air Bersih adalah kebutuhan utama manusia yang tidak dapat digantikan oleh
barang substitusi lainnya. Oleh karena itu berbagai macam cara dilakukan oleh
manusia untuk mendapatkan air bersih, baik melalui swadaya perorangan,
masyarakat atau diperoleh melalui perusahaan air minum.
Seiring berjalannya waktu, begitu banyak perkembangan yang terjadi
termasuk di bidang jasa. Perkembangan tersebut mengakibatkan meningkatnya
persaingan dalam segala bidang terutama menuju era globalisasi. Agar tidak
mengalami ketertinggalan, diperlukan suatu strategi pengembangan. Sebagai
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang bergerak di bidang jasa, perusahaan
membagi pelayanan menjadi 2 Zona. Zona-1 untuk Kota Medan dan sekitarnya,
sementara Zona-2 untuk pelayanan daerah tingkat dua.
Pendistribusian air minum Kota Medan saat ini, cakupan pelayanan berkisar
72% , sedangkan untuk wilayah pelayanan Zona-2 atau Pemerintah Kabupaten
dan cakupan rata-rata baru mencapai 8%. Kadang untuk mendapatkan air bersih
dengan biaya murah, masyarakat melakukan pencurian air melalui penyambungan
illegal. Pencurian air melalui sambungan illegal saat ini sedang marak di wilayah
Kota Medan.
Dari data yang ada ditahun 2013 dari bulan Januari sampai dengan Desember
2013 sambungan illegal yang dapat dideteksi dan ditemukan sebanyak 84
sambungan sedangkan untuk periode Januari sampai dengan bulan Maret 2014
sebanyak 2 sambungan.
Kerja Praktek merupakan salah satu mata kuliah wajib dari jurusan Sistem
Informasi di Sekolah Tinggi Teknik Harapan (STT-Harapan Medan) yang harus
diikuti oleh setiap Mahasiswa sebagai syarat kelulusan, dapat dijadikan sebagai
sarana bagi Mahasiswa untuk memahami bagaimana ilmu yang selama ini
didapatkan dibangku kuliah yang kemudian diaplikasikan disini.

Oleh karena itu kita harus mengikuti perkembangan iptek pada saat sekarang ini. 2 Diharapkan penulis setelah lulus dapat memperoleh pengalaman kerja. keterampilan. Adapun tujuan-tujuan diadakannya praktik kerja lapangan di PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan adalah sebagai berikut : a. 1. c. Sedangkan tujuan Praktik Kerja Lapangan di PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan adalah : 1. Dapat membandingkan mata kuliah diperoleh dari perkuliahan terhadap situasi kerja di dalam perusahaan. d. memiliki tingkat pengetahuan. Berdasarkan latar belakang penelitian diatas. dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja. Penulis dapat memiliki keahlian professional. dunia kerja dan pendidikan sebagai mahasiswa/i kita tidak boleh diam saja dan harus ada rasa ingin tahu kalau tidak ingin tertinggal oleh kemajuan iptek tersebut. Untuk mengetahui kelemahan dari pelaksanaan Registrasi Pelanggan Dalam Pemasangan Baru Pada PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan. . 2.2 Tujuan Praktik Kerja Lapangan Pada saat sekarang ini perkembangan dan kemajuan iptek sudah semakin pesat. Memahami situasi dunia kerja yang sesungguhnya. maka penulis mengambil judul “Sistem Registrasi Pelanggan Pada Pemasangan Baru PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan”. selain memperoleh materi untuk pembuatan laporan. sehingga akan menjadi lulusan yang berkualitas. Untuk mempelajari dan mengamati penerapan Sistem Registrasi Pelanggan Dalam Pemasangan Baru Pada PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan. b. Dengan adanya kemajuan itu membawakan dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat. dan membuat sistem usulan untuk mengatasi kelemahan sistem yang berjalan. Untuk memenuhi persyaratan bagi mahasiswa/i dalam menyelesaikan salah satu mata kuliah yaitu kerja praktek.

Membantu dunia pendidikan supaya dapat menciptakan mahasiswa/i yang professional. 7. Melatih mahasiswa/i dalam bekerja dan berkomunikasi dengan para karyawan disekelilingnya. 4. Perusahaan dapat membina kerja sama atau lembaga pendidikan khususnya di Sekolah Tinggi Teknik Harapan Medan. 2. Berguna untuk mendidik mahasiswa/i guna memasyarakatkan diri kepada lingkungan kerja yang sesungguhnya. Bagi Mahasiswa/i 1. 4. Untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama di masa perkuliahan.3 Manfaat Praktik Kerja Lapangan Pelaksanaan praktik kerja lapangan membawa manfaat bagi Mahasiswa/i. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk dapat mengaplikasikan ilmunya yang diperoleh dari bangku perkuliahan. Menambah pengalaman sebagai persiapan diri guna terjun kedalam dunia kerja nantinya. Siap menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Dapat membandingkan antara teori dan praktik. 1. 6. Menambah wawasan yang di dapat dari pembimbing praktik kerja lapangan. berkualitas dan berdisiplin tinggi. . Dapat mengenal sejauh mana tentang teknologi yang telah diterapkan kepada mahasiswa/i khususnya tentang komputer. 3. b. Perusahaan terbantu karena sebagian tugas-tugas pegawai diberikan kepada mahasiswa/i yang melaksanakan praktik kerja lapangan. 5. perusahaan dan bagi pihak Sekolah Tinggi Teknik Harapan Medan. 3 3. 2. Manfaat dari praktik kerja lapangan tersebut meliputi : a. 3. Bagi Perusahaan 1.

00 WIB s/d 15. 10. SE selaku Asisten II Hublang/CS. Membina dan meningkatkan hubungan kerja sama yang baik antara pihak perguuruan tinggi dan perusahaan. 4 5. Ikut serta dalam meningkatkan dan memperluas penerapan teknologi komputer diperusahaan. 2.4 Lokasi dan Tempat Praktik Kerja Lapangan Dalam pelaksanaan kerja praktik ini. 1. Penulis mendapatkan bimbingan dari PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan oleh Lolita Imada Pasaribu. Menciptakan mahasiswa/i yang siap kerja. . Adapun pelaksanaan kerja praktek yang penulis laksanakan dimulai pada tanggal 30 Juni sampai dengan 11 Juli 2014 dan waktu pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari pukul 08. penulis ditempatkan dibagian customer service. c. 3. Bagi Dunia Pendidikan 1. Mempromosikan Sekolah Tinggi Teknik Harapan terhadap dunia kerja.00 WIB. penulis melaksanakan dua minggu kerja praktek di PDAM Tirtanadi cabang Padang Bulan di Jalan Jamin Ginting No. Pada pelaksanaan kerja praktik ini.