You are on page 1of 6

7 Golongan Yang Mendapat Naungan Allah Di Hari Kiamat

Dari Abi Hurairah ‫ رضنني انن عنننه‬berkata : Rasulullah ‫ صننلى انن عليننه وسننلم‬bersabda :

" 7 golongan yang mendapat naungan Allah di hari kiamat (ketika tidak ada naungan,
kecuali naungan Allah) : imam yang adil, pemuda yang hidupnya hanya untuk beribadah
kepada Allah, seorang yang hatinya terikat dengan masjid, dua orang yang saling mencintai
karena Allah, keduanya berkumpul karena Allah dan berpisah karena Allah, seorang laki-
laki yang diajak wanita yang kaya dan cantik untuk berzina, maka laki-laki itu berkata : aku
takut kepada Allah, seorang yang bersodaqoh dengan sembunyi-sembunyi sampai tangan
kirinya tidak tahu apa yang dilakukan tangan kanannya, seorang yang berdzikir kepada
Allah sendirian sehingga matanya meneteskan air mata.
(HR Bukhori dan Muslim)

Hari Kiamat adalah hari dimana tidak ada bangunan, tidak ada pohondan tidak ada
gununguntuk bernaung, kecuali naungan Allah tuhan seluruh alam. Rumah, gedung, mobil
dan sawah ladang yang dibangga-banggakan ketika dunia tidak ada gunanya. Pada hari itu
Allah memberikan perlindungaNya kepada yang Allah kehendaki dari hamba-hambaNya dan
diantara mereka yang mendapat naungan Allah ada 7 golongan sebagaimana yang disebutkan
nabi kita Muhammad Salallahu 'alihi wa sallam.
Hari kiamat hari yang sangat pedih penderitaannya, hari dimana matahari sangat dekat
dengan manusia sehingga jaraknya hanya beberapa mil, sesungguhnya matahari yang kita
rasakan panasnya sekarang jaraknya bermil-mil kilometer (+ Jarak matahari ke bumi adalah
149.669.000 kilometer (93.000.000 mil)) dan dilindungi oleh lapisan ozon. Matahari pada
hari kiamat sangat dekat sehingga berada tepat diatas kepala manusia dengan jarak beberapa
mil saja, maka kondisi manusia pada saat itu sesuai dengan amalnya di dunia, maka diantara
mereka ada yang tergenang air keringatnya sampai kedua mata kakinya, ada yang sampai
kedua lutunya, ada yang sampai kedua pahanya, dan ada yang sampai tenggelam dengan
keringatnya. Maka pada hari itu tidak ada naungan apapun dari panasnya matahari yang tepat
berada diatas kepala manusia kecuali rahmat dan ampunan Allah.

1. Imam Yang Adil - ‫– المإام العادل‬

maka ambillah bekal sebelum datang kematian dari ketakutan yang sangat. ia mendidiknya ketika dia mulai tumbuh besar. jika hatinya rusak maka tubuh yang lain juga rusak. ia mendengarkan ucapan Allah dan mendengarkan mereka. ia senang bila anaknya sehat. ia menjadi tempat mengadu ketika dia ada masalah. ia menjadi suritauladan bagi anak-anaknya setelah kematiannya. ia mengasuhnya ketika dia masih kecil. ia mengasuhnya ketika dia kecil. baik dan sahabat bagi anaknya. ia melahirkanya dengan mengorbankan jiwa dan raganya. baik pemimpin secara umum atau pemimpin secara khusus. ia selalu terjaga sepanjang hari untuk menjaganya. ia mengajarinya mencari rizqi ketika dia kesulitan. dan sesungguhnya Allah telah menurunkan qisos untuk kehidupan hambaNya maka diperuntukkan untuk siapa. bendaharanya orang miskin. Imam yang adil ya Amirul Mukminin seperti ibu yang penuh kasih sayang . memberi makan yang tua. ia menyusuinya ketika dia haus. supaya menuliskan kepadanya sifat-sifat imam yang adil. maka Al Hasan menulis kepada Amirul Mukminin Umar bin Abdul Aziz -‫رحمه ا‬-: Imam yang adil ya Amirul Mukminin seperti ayah yang mengasihi anaknya. jika hatinya baik maka tubuh yang lain juga baik. Imam yang adil ya Amirul Mukminin seperti hati dengan tubuh yang lain .Imam yang adil adalah siapa yang adil atas kepemimpinannya dan mengatur mereka sesuai dengan Al Qu'an dan Al hadits. Imam yang adil ya Amirul Mukminin menjadi walinya anak yatim. . Dan ketahuilah ya Amirul Mukminin sesungguhnya Allah telah menurunkan hukuman untuk mencegah dari perbuatan keji dan mungkar maka siapa yang melaksanakannya. ia rendah hati dihadapan Allah dan dihadapan mereka. ia memperhatikan Allah dan memperhatikan mereka. ia memberikan kehangatan ketika dia kedingainan. maka tak selayaknya ya Amirul Mukminin dimana Allah sebagai rajamu seperti seorang hamba yang dapat amanah dari tuanya untuk menjaga harta dan keluarganya kemudian ia mengunakan hartanya dan meninggalkan keluarganya. dan sedikit dari golonganmu yang setia dan sedikit pertrolonganmu atas mereka. ia memberinya makan ketika dia lapar. mengasuh yang kecil. takkala Umar bin Abdul Aziz menjadi khalifah menulis surat kepada Al Hasan. Imam yang adil ya Amirul Mukminin ia berdiri dihadapan Allah dan dihadapan hambaNya. maka keluarganya menjadi miskin dan hartanya ceraiberai. ia mengandungnya yang berat semakin bertamabah berat. Ingatlah ya Amirul Mukminin tentang kematian dan setelahnya.

janganlah kamu memandang pada kedudukan kamu pada hari ini. karena sesungguhnya mereka tidaklah mendekati orang mukmin kecuali hinaan. para nabi dan rasul dengan wajah-wajah penuh kebencian. ya Amirul mukminin jangan kamu menetapkan hukum untuk hamba Allah dengan hukum jahiliyyah. yang menuangkan obat yang pahit dengan harapan orang yang dikasihinya sehat." 2. akan tetapi pemuda ini yang usianya belum mencapai dewasa dimana kondisinya masih labil dan mendekati masa balig sudah berusaha menjalankan . Saya mengirim surat ini laksana orang yang memberikan obat kepada kekasihnya. kemudian berdiri di hadapan Allah di tengah kelompok para malaikat. semoga Tuhan memberi rahmat dan berkatNya kepadamu. Pemuda yang hidupnya hanya untuk beribadah kepada Allah . orang-orang yang engkau cintai meninggalkanmu. maka rahasia telah terbuka dan buku catatan tidak akan mengkhianati yang kecil dan tidaklah yang besar melainkan akan dihitung. mereka memasukkanmu kedalam kubur sendirian. dan telah mendapatkan apa yang didalam dada. namun saya setulus hati sayang dan cinta kepadamu. kemudian ia akan senang dengan dosa-dosamu dan membawa masalah yang membuatmu berat dan janganlah kamu tergoda dengannya yang dapat membawa kesengsaran bagimu. tetapi pandanglah kedudukan kamu pada hari esok di mana kamu terbelenggu dalam cengkaman maut. meskipun nasihat yang saya berikan ini tidak sebaik nasihat para cendikiawan. dan jangan berkumpul dengan orang-orang yang sombong dan rendah diri . wahai Amirul Mukminin Khalifah Umar bin Abdul Aziz. Akhir kata. ayah. dan janganlah kamu berjalan dengan mereka menuju jalan kedzaliman. Wahai Amirul Mukminin. wahai Amirul Mukminin. istri dan anak meninggalkanmu. ibu.‫– شاب نشأ في عبادة ا‬ Seorang pemuda yang biasanya menghabiskan waktunya untuk bermain-main dan memuaskan hawa nafsunya. maka ambillah bekal sebagai temanmu yang akan menemanimu disaat sanak saudara.Dan ketahuilah ya Amirul Mukminin sesungguhnya bagimu tempat tinggal yang bukan tempat tinggalmu yang engkau tinggal didalamnya pada waktu yang lama. Dan ingatlah ya Amirul Mukminin ketika dimasukkan di dalam kubur. Maka sekarang ya Amirul Mukminin dan kamu masih punya waktu sebelum ketetapan diputuskan dan amal telah terputus. ia akan mengambil kebaikan-kebaikan duniamu dan meninggalkan kebaikan-kebaikan akhiratmu. Selamat atasmu. Amin.

kemudian mereka menanggalkan jabatan dan kedudukan yang mereka bangga-banggakan dan berdiri dengan kedua kaki mereka seraya mengucapkan ‫ل إله إل ا‬. hatinya telah terikat dengan masjid dan dalam ikatan dan perjanjian yang kuat.‫– رجل قلبه مإعلق في المساجد‬ Ini adalah bentuk kecintaan seorang pemuda kepada masjid dan kerinduannya dengan masjid dan dia merasa senang berada di masjid. pekumpulan. Ayub As Sakhtiyani dari rumah menuju masjid senantiasa membaca Al Hadits dihadapan manusia sehingga manusia pada menagis dan hidungnya tersumbat air mata.‫هلل اجتمعا عليه وتفرقا عليه‬،‫رجلنا تحابا في ا‬- Telah saling mencintai keduanya karena Allah. pekerjaan dan seluruh urusan dunia untukmenunaikan ibadah sholat sungguh dia menjadi seorang yang sangat santun yang membuat manusia sangat mencintainya dan ketia dia sampai ke masjid ia merasa senang dan bahagia sebagai wujud rasa kecintaan dan kerinduannya yang sangat terhadap masjid. pekerjaan dan seluruh urusan dunia untuk menyambut panggilan sholat dan melaksanakan sholat dimasjid. ia tidak kenal melainkan Al Qur'an dan dzikir kepada Allah ‫ تعالى‬. keduanya berkumpul karena Allah dan berpisah karena Allah. 4. cinta karena Allah. maka ketika dia sholat dhuhur ia menanti-nanti datangnya sholat 'asar dan jika dia sholat 'asar ia menanti-nanti datangnya sholat magrib dan demikianlah dalam sholat lima waktunya. diskusi. ia tidak tahu melainkan Allah Azza wa Jalla. dan sungguh saya menyangka bahwaAyub As Sakhtiyani ahli surga. maka ketika adzan sholat dikumandangakan ia tinggalkan majelis. sungguh kamu akan mendapatkannya mendengarkan ucapanmu akan tetapi telinganya dan pendengarannya selalu menanti-nanti panggilan sholat. pekumpulan. masjid rumah Allah. dimana dia jadikan waktu dan umurnya untuk beribadah kepada Allah ‫ تعالى‬. ketika dia tinggalkan majelis. keduanya seperti hati yang satu. Dahulu Ayub As Sakhtiyani pada umurnya yang ke 20 ketika ia keluar rumah menuju pasar ia perhatikan manusia dan menasihati mereka. rapat. Seorang yang hatinya terikat dengan masjid .kebaikan-kebaikan dan amal-amal shalih sehingga dia tumbuh dan menjadi pemuda yang dewasa. dan Ayub As Sakhtiyani berkata : Apa yang lebih pedih dan sakit! hendak ditampakkan sesunggunya ia dalam kepediahan dan kesakitan". rapat. Dua orang yang saling mencintai karena Allah. sehingga Al Hasan Al Basri berkata (apabila melihat Ayub As Sakhtiyani) : "Ini pimpinan para pemuda Al Basroh. dan sorga janji Allah untuknya. diskusi. keduanya saling mengetahuai dan merasakan maka apabila salah satu diantara keduanya merasakan sakit yang lainnya juga merasakan sakit dan apabila salah satu diantara . 3.

‫هلل بصدقة فأخفاها حتى ل تعلم شماله مإا تنفق‬،‫رجل تصدق‬ ‫ يمينه‬- Seorang yang bersodaqoh sehingga tidak ada seorang pun yang tahu kecuali Allah Azza wa Jalla. maka laki-laki itu berkata : aku takut kepada Allah .‫ إني أخاف‬:‫رجل طلبته امإرأة ذات مإنصب وجمال فقال‬ ‫–ا‬ Seorang Wanita yang mengiginkan laki-laki untuk melakukan perbuatan zina dan wanita itu dari keluarga yang baik.keduanya kekurangan harta. seorang laki-laki yang diajak wanita yang kaya dan cantik untuk berzina. Maka ketika beliau wafat manusia pada datang untuk memandikannya dan mereka mendapatkannya tanda tali tambang diatas pundaknya.dengan wanita yang sangat mulia. Ada kisah sesungguhnya 'Ali bin Al Husain .diakhir malam keluar dengan membawa tepung. 6. minyak dan kismis dan ia panggul diatas punggungnya dan melewati rumah-rumah orang miskin di Madinah kemudian membagi-bagikannya dimalam yang gelap dimana tidak ada seorangpun yang melihatnya kecuali Allah. dan ia tidak takut terjatuh dalam perbuatan zina. Maka mereka bertanya kepada keluarganya atas apa yang mereka lihat dan . Sodaqoh adalah amalan yang keutamaannya sangat besar.‫ رحمظظه اظظ‬. maka ia berhak dengan sebab ini mendapat naungan di hari kiamat yang tidak ada naungan melainkan naungan Allah dan kisah ini sama yang di alami nabi Yusuf . maka sesungguhnya kedudukannya tersebut memungkinkan ia aman berbuat zina dan keluar dari masalah tersebut dan ia tidak takut dari ditegakkannya hukum rajam. datang yang lainnya dengan penuh kesungguhan dan persaudaran memberikan sebagian hartanya seperti memeberikan dirinya sendiri dan sebaliknya. keduanya bukan saudara. tidak ada hubungan keturunan dan darah.berkata: "‫معاذ ا إنه ربي أحسن‬ ‫" ''مثظظواي إنظظه ل يفلظظح الظظظالمون‬aku berlindung kepada Allah sesungguhnya tuhanku sebaik-baik tempat kembali dan sesungguhnya orang-orang yang dzholim tidak akan berhasil". 5.‫عليه السلم‬. maka oleh sebab itu ia merayu laki-laki itu dengan kecantikan dan kedudukannya akan tetapi laki-laki itu berkata: "Sesungguhnya aku takut kepada Allah Tuhan Seluruh Alamin". Dan ia juga wanita yang sangat cantik jelita.‫ عليه السلم‬. kemudian nabi Yusuf . persaudaraan karena Allah dan cinta karena Allah. keluarga yang mulia dan keluarga yang terpandang. sungguh indah dan utama rasa kasih sayang mereka. balasannya sangat agung dan berlipat-lipat dan dapat menghapuskan dosa-dosa. Seorang yang bersodaqoh dengan sembunyi-sembunyi sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan tangan kanannya .

keluarga beliau menjawab ini disebabkan karena banyaknya memanggul tepung. telah mengalir air mata di kedua matanya dan ia sendirian tidak ada seorangpun di sampingnya. Seorang yang berdzikir kepada Allah sendirian sehingga matanya meneteskan air mata . Ini adalah suritauladan dari orang-orang yang takut sodaqohnya diketahui. kurma dan kismis untuk dibagi-baginya kepada semua oarang miskin di madinah. ria dan sombong dan bersamaan dengan itu ia menagis karena takut kepada Allah sehingga hatinya menjadi tenang. dimana tidak ada seorangpun yang mengetahuinya kecuali Allah Azza wa Jalla.‫ رجل ذكر ا خاليا ففاضت عيناه‬- Seorang yang menangis karena takut kepada Allah. ini adalah bukti keiklasan seorang hamba. sebagaiman firman Allah Ta'ala: ‫والسلما عليكم ورحمة ا وبركاته‬ . 7. ia berdzikir kepada Allah sendirian dan tidak ada seorangpun disampingnya maka menjadikannya terhindar dari prasangka.