You are on page 1of 16

TUGAS

ANALISA KEANDALAN LAHAN PARKIR PADA GEDUNG PARKIR KANTIN DI
POLITEKNIK NEGERI MALANG

Untuk Memenuhi Tugas Keandalan Sistem Infrastruktur

Oleh:

YUNITA DWI SETYASTUTI 156060100111011

PROGRAM STUDI MANAJEMEN KONSTRUKSI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2016

sesuai dengan kebutuhan pengendara. peneliti mencoba untuk menganalisis kebutuhan parkir sepeda motor pada area Gedung Parkir di Politeknik Negeri Malang. terutama roda dua. Banyak universitas yang berkualitas di Kota Malang yang banyak diminati oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia. 2. salah satunya yaitu Politeknik Negeri Malang. Menghitung durasi kendaraan yang parkir.1 Latar Belakang Kota Malang sebagai salah satu kota di Jawa Timur merupakan kota yang potensial dan strategis dalam hal perkembangan kotanya. 1.2 Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas data spesifik yang diperlukan. Daerah perkotaan dengan kepadatan penduduk dan tingkat ekonomi yang tinggi mengakibatkan tingkat . terutama jaringan jalan raya. kemudian menerapkan teori uji reabilitas. 43 tahun 1993 adalah suatu keadaan dimana kendaraan tidak bergerak dalam jangka waktu tertentu (tidak bersifat sementara). Definisi parkir menurut PP no. 3. PENDAHULUAN 1. sehingga pengaturan parkir akan mempengaruhi kinerja suatu jaringan. Tujuannya untuk mengetahui apakah lahan gedung parkir yang telah direncanakan dan diresmikan sudah relatif efisien atau belum. hal ini dikarenakan posisi Kota Malang berada pada kawasan dengan kegiatan pendidikan. PEMBAHASAN 2. Kampus ini terus mengembangkan lahan parkir untuk mencukupi kebutuhan mahasiswa untuk memarkirkan kendaraannya. Menghitung nilai keandalan gedung parkir. sehingga jumlah mahasiswa yang belajar di kampus tersebut juga banyak. Mengingat banyaknya mahasiswa yang menggunakan kendaraan bermotor. maka tidak terlepas dengan penggunaan lahan parkir yang tersedia di area kampus. Parkir merupakan salah satu unsur prasarana transportasi yang tidak terpisahkan dari sistem jaringan transportasi. Politeknik Negeri Malang merencanakan dan meresmikan pembangunan Gedung Parkir. pada tahun 2014. Dalam penelitian ini. Sehingga. 2. Politeknik Negeri Malang termasuk salah satu Politeknik Negeri yang mempunyai jumlah peminat yang banyak.1. Menghitung jumlah kendaraan yang masuk dan keluar gedung parkir.1 Definisi Parkir Parkir adalah tempat pemberhentian kendaraan dalam jangka waktu pendek atau lama. antara lain : 1.

 Metode berdasarkan luas lantai bangunan Metode ini mengansumsikan bahwa kebutuhan lahan parkir sangat terkait dengan jumlah kegiatan yang dinyatakan dalam besaran luas lantai bangunan dimana kegitan tersebut dilakukan. penyediaan ruang parkir. Semakin meningkat jumlah penduduk. maka akan mendukung pelaku pergerakan untuk selalu menggunakan kendaraan pribadi. durasi parkir. Akumulasi parkir adalah jumlah kendaraan parkir pada suatu tempat pada selang waktu tertentu. yaitu:  Metode berdasarkan kepemilikan kendaraan Metode ini mengansumsikan adanya hubungan antara luas lahan parkir dengan jumlah kendaraan yang tercatat di pusat kota. lama waktu parkir. a. dimana jumlah kendaraan parkir tidak akan pernah sama pada suatu tempat dengan tempat lainnya dari waktu ke waktu.3 Karakteristik Parkir Karakteristik parkir dimaksudkan sebagai sifat-sifat dasar yang memberikan penilaian terhadap pelayanan parkir dan permasalahan parkir yang terjadi di kota Malang. Central Business District). 2. Apabila kondisi ini didukung dengan kebijakan pemerintah dalam manajemen lalu lintas yang tidak membatasi penggunaan mobil pribadi.  Metode berdasarkan selisih terbesar antara kedatangan dan keberangkatan kendaraan. akan dapat diketahui kondisi perpakiran yang terjadi di Kota Malang seperti mencakup volume parkir. Berdasarkan karakteristik parkir. akumulasi parkir. angka pergantian parkir. Kebutuhan lahan parkir didapatkan dengan menghitung akumulasi terbesar dalam suatu selang waktu pengamatan. 2.kepemilikan kendaraan pribadi yang tinggi pula. maka kebutuhan lahan parkir akan semakin meningkat karena kepemilikan kendaraan meningkat. dan indeks parkir. perlu diperhatikan beberapa metode berikut. kapasitas parkir.2 Metode Menentukan Kebutuhan Parkir Untuk melihat keandalan suatu parkir. Durasi = tout – tin • tin  waktu saat kendaraan masuk lokasi parkir . Hal ini akan menimbulkan kebutuhan lahan parkir yang besar pada zona tarikan sebagai contoh pada daerah pusat bisnis (CBD. Durasi parkir Rentang waktu atau lamanya kendaraan parkir di suatu lahan parkir dalam satuan waktu menit/jam.

• tout  waktu saat kendaraan keluar lokasi parkir.75 x 2. Uji reliability untuk menghitung cronbach alpha dari masing- masing instrument dalam suatu variable. Kapastitas parkir Banyaknya kendaraan yang dapat dilayani oleh suatu lahan parkir selama waktu pelayanan. dn  durasi kendaraan ke 1 s/d ke n • n  jumlah kendaraan yang parkir b. Tingkat pergantian (parking turn over) Diperoleh dari jumlah kendaraan yang telah memanfaatkan lahan parkir pada selang waktu teretentu dibagi dengan ruang parkir yang tersedia.00 m2. Satuan Ruang Parkir (SRP) sepeda motor = 0. Akumulasi = Qin – Qout + Qs Qin  S kendaraan yang masuk lokasi parkir Qout  S kendaraan yang keluar lokasi parkir Qs  S kendaraan yang telah berada di lokasi parkir sebelum pengamatan dilakukan d. i. yaitu jumlah kendaraan per periode waktu tertentu. Z = ( Qp x D ) / T c.. e. Uji Reliabilitas adalah indeks yang menunjukan sejauh mana suatu alat ukur dapat dipercaya.. Malhotra (2005). Tingkat penggunaan (occupancy rate) Diperoleh dari akumulasi kendaraan pada selang waktu tertentu dibagi dengan ruang parkir yang tersedia dikalikan dengan 100%. Rata-rata durasi parkir : nilai rata-rata lama waktu parkir dari semua kendaraan. g. D = (d1 + d2 + … + dn) / n • d1 . f. Volume parkir Volume parkir adalah jumlah kendaraan yang termasuk dalam beban parkir. Rumus yang digunakan adalah : . Cronbach alpha digunakan untuk mengukur realiabilitas tes yang menggunakan skala likter. Indeks parkir Merupakan persentase dari akumulasi jumlah kendaraan pada selang waktu tertentu dibagi dengan ruang parkir yang tersedia dikalikan 100%. IP = (Akumulasi x 100%) / Petak Parkir Tersedia h. Akumulasi parkir Tujuannya untuk mengetahui jumlah kendaraan yang sedang berada pada suatu lahan parkir pada selang waktu tertentu.

2. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa dan karyawan Politeknik Negeri Malang yang rutin menggunakan area gedung parkir.4 Metodologi Penelitian 2. 2004:104). Teknik observasi sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematik hendaknya dilakukan pada subyek yang secara aktif mereaksi terhadap obyek.2 Obyek dan Populasi Penelitian Obyek yang diselidiki adalah kendaraan sepeda motor yang parkir di area gedung parkir.3 Lokasi Penelitian Penelitian ini dilakukan pada area gedung parkir (gedung kantin) Politeknik Negeri Malang. Alasan dipilihnya lokasi area parkir ini adalah untuk melihat keefektifan penggunaan lahan gedung parkir.4. yaitu teknik pengumpulan data.4.1 Jenis Penelitian Penelitian ini dilakukan dengan mnggunakan metode observasi.4. Peak Day Penentuan waktu berdasarkan peak day adalah dimana penentuan waktu survey dipilih satu hari atau lebih. Dimana: 𝑅̅ = layanan rata-rata 𝑆̅ = demand rata-rata 𝜎𝑅 2 = varian layanan 𝜎𝑆 2 = varian demand 2.4. mengingat gedung parkir ini menampung kendaraan sepeda motor seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di Politeknik Negeri Malang. yaitu dari jumlah hari dalam satu minggu yang merupakan hari terpadat . Metode observasi sering kali diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada subyek penelitian. 2. dimana peneliti melakukan pengamatan secara langsung ke objek penelitian untuk melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan (Riduwan. 2.4 Waktu Penelitian Pengumpulan data dilaksanakan pada hari dan periode pengamatan yang ditetapkan dengan mempertimbangkan : a.

yaitu hari Senin. maka peak hour yang diambil adalah 12 jam. Adapun data primer yang dibutuhkan pada penelitian ini adalah : . dari data yang terkumpul akan dibuat analisis dan kesimpulan hasil penelitian. b. dan sore. Data primer Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung melalui kegiatan survey di lapangan. dan week end. Pengumpulan data ini sangat penting. siang.pada minggu itu yang mewakili seluruh hari dalam satu minggu.6 Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data adalah suatu proses pengadaan data bagi kepentingan penelitian. . bahakan tahun. bulan.Jumlah masuk dan keluar kendaraan. Peak Hour Penentuan waktu survey berdasarkan peak hour adalah penentuan waktu survey dimana dipilih waktu yang terpadat dalam satu atau beberapa hari yang mewwakili satu hari dalam satu minggu. 2.5 Jenis Data Data yang diperlukan pada penelitian ini terdiri dari dua jenis data. yaitu teknik pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab langsung dengan petugas parkir. 2.Jumlah durasi parkir. serta studi dokumentasi sebagai pendukung dalam penelitian.Kapasitas dan pelayanan lahan parkir. satu bulan. yaitu mulai jam 06.Jumlah frekuensi kendaraan parkir. Pada penelitian ini diambil 1 (satu) hari. .4. yaitu : a. .Volume jam puncak kendaraan yang keluar masuk. Penentuan peak day biasanya dibagi menjadi 3 (tiga) waktu. Data sekunder diperoleh dari penelitian-penelitian terdahulu dan literatur kepustakaan yang berhubungan langsung dengan penelitian ini. Wawancara. 26 Mei 2016. Hal ini ditujukan untuk mempermudah dalam pengambilan data maupun pengolahan data. yaitu : a. . bahkan dalam satu tahun. Penentuan peak hour dibagi dalam 3 (tiga) waktu. .00. yaitu early week. yaitu teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan langsung di lapangan.4. yaitu jam sibuk pagi. Berikut beberapa teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. dimana hari tersebut mewakili hari-hari yang padat untuk kegiatan perkuliahan. b. b. Karena lokasi penelitian ini adalah kampus Politeknik Negeri Malang. mid week.00 – 17. Observasi.

1 Luas Lantai Gedung Parkir No.5 m2 Total Luas Gedung 1395 m2 (data.5 m2 untuk setiap lantai. peneliti mengambil lokasi di area Gedung Parkir Kantin dikarenakan gedung ini termasuk gedung parkir baru dan diresmikan pada tahun 2014. Politeknik Negeri Malang ini sendiri mempunyai 3 titik parkir untuk kendaraan roda dua. Dalam penelitian ini. Lantai Luas 1 Lantai 1 697.5. Adapun luas gedung atau setiap lantai dapat dilihat pada tabel berikut : Tabel 2.2. khususnya roda dua.000 orang dan sebagian besar datang dengan menggunakan kendaraan pribadi.5 Hasil Survey Lapangan 2.5 m2 2 Lantai 2 697. Gambar 2. Kapasitas lahan gedung parkir sepeda motor dapat menampung sampai dengan 2000 unit. Gedung parkir direncanakan karena untuk memenuhi kebutuhan ruang parkir yang tersedia di kawasan kampus Politeknik Negeri Malang. 2016) .1 Tampak Depan Gedung Parkir Gambar 2.2 Bagian Dalam Gedung Parkir Gedung parkir ini terdiri dari 2 (dua) lantai dan mempunyai luas lahan parkir 697.1 Data Lokasi Survey Politeknik Negeri Malang memiliki jumlah mahasiswa ± 15.

00 . dapat dilihat dari jumlah masuk dan keluar kendaraan terbesar pada grafik fluktuasi masuk dan keluar.30 .2 Frekuensi Kendaraan Masuk dan Keluar Frecuency No.30 .2.10.16. baik jam puncak masuk maupun jam puncak pada saat keluar.30 .08.5.30 186 105 14 12.30 .00 23 139 19 15.30 .00 .3 Grafik Fluktuasi Keluar Masuk Kendaraan (analisis.00 139 68 15 13. 2016) Gambar 2.00 .14.00 .13.30 5 120 22 16.13. 2016) .00 .10.00 10 267 21 16.12.09.30 96 75 16 13.30 56 51 8 09.2 Jam Puncak Pelayanan Parkir Jam puncak pelayanan parkir adalah waktu yang menunjukkan kendaraan parkir paling padat dalam satu hari.30 15 158 20 15.30 79 75 10 10.00 68 132 11 11.30 248 0 4 07.30 .00 0 109 TOTAL 1978 1978 (survey.00 .11.09. Berikut data kendaraan masuk dan keluar disajikan dalam bentuk tabel dan grafik di bawah ini : Tabel 2.06.15.30 .00 84 98 9 10.00 150 114 13 12.00 77 43 7 09.17.16.07.30 .00 81 90 17 14.30 .30 80 213 12 11.11.30 .00 .12.15.00 .14.30 25 0 2 06.30 .00 141 0 3 07.08.00 .30 40 99 18 14.07.00 261 0 5 08.00 .30 114 22 6 08.00 . Time In Out 1 06.

2016) Gambar 2.00.00 5 229 0 1978 (survey.08.00 – 17.3 Akumulasi dan Volume Kendaraan Parkir Akumulasi parkir adalah jumlah kendaraan parkir pada suatu tempat pada selang waktu tertentu.00 .00 25 425 224 1973 11 16. dimana jumlah kendaraan parkir tidak akan pernah sama pada suatu tempat dengan tempat lainnya dari waktu ke waktu.00 166 0 166 166 2 07.07.30 – 16. Jam tersebut merupakan jam masuk kuliah seluruh jurusan.13.12. sedangkan puncak jumlah motor yang keluar pada pukul 15.15.00 63 238 624 1948 10 15.30 – 08.00 .00 sebesar 261 kendaraan. Volume kendaraan parkir pada penelitian ini menunjukkan jumlah kendaraan yang keluar masuk dari gedung parkir dalam satu hari selama jam pengamatan. Berdasarkan grafik di atas dapat dilihat bahwa puncak jumlah sepeda motor yang masuk pada pukul 07.10.00 230 327 635 1383 7 12.17.00 .16. yaitu pukul 06.00 .11. Volume dan akumulasi disajikan dalam tabel dan grafik per 1 jam sebagai berikut : Tabel 2.14. 2.00 509 0 675 675 3 08.00 . Time Accumulate Volume In Out 1 06.4 Grafik Akumulasi dan Volume Parkir Kendaraan (analisis.09.5.00 .00 .00 147 207 732 1153 6 11.00 .00 140 149 792 1006 5 10.00 sebesar 267 kendaraan.00 . 2016) .00 191 65 801 866 4 09.00 325 173 787 1708 8 13.00 .00 177 165 799 1885 9 14.00 .3 Data Akumulasi dan Volume Kendaraan Parkir Frecuency No.

67 14 390 . Perhitungan durasi ini dikelompokkan dalam beberapa rentang waktu pengamatan yang ditetapkan dengan mempertimbangkan aktifitas di lokasi penelitian yang memungkinkan proses keluar masuk kendaraan sering terjadi.390 360 390 375 117 1655 5.75 34.330 300 330 315 95 1445 4. Dari data diatas. Data hasil survey frekuensi dan durasi disajikan dalam tabel dan grafik berikut ini : Tabel 2.17 25.60 30 60 45 183 208 9.5.180 150 180 165 150 956 7.34 9 240 . Pada penelitian ini dipakai durasi dalam satuan waktu menit.25 10 270 .89 8 210 .360 330 360 345 93 1538 4.88 90.4 Durasi dan Frekuensi Parkir Durasi parkir adalah rentang waktu atau lamanya kendaraan parkir di suatu lahan parkir dalam satuan waktu menit/jam.80 73.25 10.55 15 < 420 420 450 435 187 1978 9.00 TOTAL 1978 100. Frekuensi parkir adalah banyaknya kendaraan parkir di gedung parkir Politeknik Negeri Malang yang dilihat dari jumlah masuk selama waktu pengamatan.90 60 90 75 300 508 15.150 120 150 135 125 806 6.120 90 120 105 173 681 8.56 53.420 390 420 405 136 1791 6.4 Data Durasi dan Frekuensi Parkir Frekuensi Prosentase No.33 7 180 .70 77.25 11 300 .43 5 120 . Durasi (menit) BB BA X Frekuensi Prosentase Kumulatif Kumulatif 1 0 . 2.26 1.45 58.05 12 330 .240 210 240 225 88 1154 4.300 270 300 285 99 1350 5.58 48.210 180 210 195 110 1066 5. maka dipilih rentang waktu pengamatan per 30 menit.68 4 90 .45 100.52 3 60 .30 0 30 15 25 25 1. 2016) (a) .270 240 270 255 97 1251 4.01 68.32 40.00 (analisis.92 83.26 2 30 .75 6 150 . dapat dilihat bahwa volume kendaraan parkir untuk kendaraan roda dua adalah 1978 unit kendaraan.90 63.76 13 360 .

6 Hasil Analisa 2.210 110 1066 2000 8 210 .30 25 25 2000 2 30 .240 88 1154 2000 9 240 .5 Grafik Frekuensi dan Prosentase Durasi (analisis.150 125 806 2000 6 150 . (b) Gambar 2.60 183 208 2000 3 60 .420 136 1791 2000 15 < 420 187 1978 2000 TOTAL 1978 (analisis. Durasi (menit) Frekuensi Kumulatif Parkir 1 0 .5 Hubungan Demand dengan Supply Frekuensi Kapasitas No.90 300 508 2000 4 90 .360 93 1538 2000 13 360 .330 95 1445 2000 12 330 .1 Hubungan Antara Demand dengan Supply Berikut data hubungan antara frekuensi sepeda motor (demand) dan kapasitas parkir yang disajikan dalam tabel dan grafik: Tabel 2. 2016) .180 150 956 2000 7 180 .120 173 681 2000 5 120 .300 99 1350 2000 11 300 .270 97 1251 2000 10 270 .390 117 1655 2000 14 390 .6. 2016) 2.

Demand Tabel 2.6.420 136 18496 15 < 420 187 34969 TOTAL 1978 316050 (analisis.150 125 15625 6 150 .390 117 13689 14 390 . Untuk melihat keandalan dari gedung parkir. 2005). 2016) ∑𝑛𝑖=1 𝑥𝑖 = 1978 ∑𝑛𝑖=1 𝑥𝑖 2 = 316050 .270 97 9409 10 270 .120 173 29929 5 120 .90 300 90000 4 90 . Durasi (menit) xi 𝑥𝑖 2 1 0 .2 Pengujian Indeks Keamanan (Uji Reabilitas) Uji reabilitas adalah indeks yang menunjukkan sejauh mana suatu alat ukur yang dapat dipercaya (Malhotra.360 93 8649 13 360 . maka perlu adanya perhitungan indeks keandalan.60 183 33489 3 60 . a.180 150 22500 7 180 .240 88 7744 9 240 .210 110 12100 8 210 .300 99 9801 11 300 . 2016) Jika dilihat dari grafik diatas.30 25 625 2 30 . maka kapasitas parkir yang telah direncanakan sudah memenuhi kebutuhan.6 Perhitungan Demand No. Uji reliability untuk menghitung cronbach alpha dari masing- masing instrument dalam suatu variabel.330 95 9025 12 330 .6 Grafik Hubungan Antara Demand dan Supply (analisis. 2. Gambar 2.

Durasi (menit) xi 𝑥𝑖 2 1 0 .80 b. (∑𝑛𝑖=1 𝑥𝑖 )2 = 3912484  Rumus varian 15𝑥316050 − 3912484 𝑠2 = 15𝑥14 s2 = 3944.330 2000 4000000 12 330 .7 Perhitungan Supply No.270 2000 4000000 10 270 . 2016) ∑𝑛𝑖=1 𝑥𝑖 = 30000 ∑𝑛𝑖=1 𝑥𝑖 2 = 60000000 (∑𝑛𝑖=1 𝑥𝑖 )2 = 900000000  Rumus varian .300 2000 4000000 11 300 .90 2000 4000000 4 90 .12  Rumus standar deviasi 15𝑥316050 − 3912484 𝑠=√ 15𝑥14 s = 62.120 2000 4000000 5 120 . Supply Tabel 2.360 2000 4000000 13 360 .420 2000 4000000 15 < 420 2000 4000000 TOTAL 30000 60000000 (analisis.180 2000 4000000 7 180 .390 2000 4000000 14 390 .210 2000 4000000 8 210 .60 2000 4000000 3 60 .30 2000 4000000 2 30 .240 2000 4000000 9 240 .150 2000 4000000 6 150 .

maka dapat dikatakan bahwa lahan sepeda motor pada gedung parkir di Politeknik Negeri Malang adalah Baik.33 62. 5.08 √0 + 0.33 15 1978 – Nilai rata-rata demand (𝑆̅) = = 131. indeks keamanan > 1.48 131. dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: . Mengidentifikasi volume jam puncak kendaraan yang keluar masuk gedung parkir.33 − 131.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil perhitungan di atas. Menghitung kapasitas dari tingkat pelayanan lahan parkir. Indeks Keamanan 2000 – Nilai rata-rata supply (𝑅̅ ) = = 133. 15𝑥60000000 − 900000000 𝑠2 = 15𝑥14 s2 = 0  Rumus standar deviasi 15𝑥60000000 − 900000000 𝑠=√ 15𝑥14 s=0 c. PENUTUP 3.80 – Nilai varian demand = = 0. 7. 6. 4. indeks keandalannya sebagai berikut : 133.87 15 0 – Nilai varian supply = =0 133.87 𝛽= = 3.23 Berdasarkan perhitungan diatas.87 Jadi. 3. Menghitung frekuensi kendaraan.

com Pratama. yang artinya bahwa keandalan lahan parker pada gedung parkir tersebut adalah Baik. Dari perhitungan indeks keamanan.html http://www. Berdasarkan hasil observasi.petra. Universitas Pendidikan Indonesia: Jurnal Tugas Akhir. 3. 2013.00 sebesar 267 kendaraan.30 – 16.00 sebesar 261 kendaraan. . didapatkan nilai indeks keamanannya yaitu 3. DAFTAR PUSTAKA http://fportfolio. 2.html http://www. dengan variable supply berupa kapasitas parkir dan variabel demand berupa volume sepeda motor yang parkir.com/2013/05/karakteristik-parkir. kapasitas parkir tersebut dapat menampung jumlah sepeda motor (demand) yang ada.ac. Dendy Rizki. sedangkan puncak sibuk untuk sepeda motor yang keluar maksimal pada pukul 15.id/user_files/01- 065/Analisa%2520Kebutuhan%2520Parkir.com/2013/05/pengertian-cara-dan-jenis-parkir.30 – 08. Puncak sibuk untuk sepeda motor yang masuk pada pukul 07.galeripustaka. “Studi Evaluasi Kebutuhan Lahan Parkir Toserba Yogya Jatibarang Indramayu”.1.08 .rumusstatistik.galeripustaka. Lahan gedung parkir di Politeknik Negeri Malang untuk mahasiswa ini dapat menampung ± 2000 kendaraan roda dua (motor).ppt&sa=U&ei=pHUgVcv- CNWeugSA84CgBQ&ved=0CCMQFjAD&usg=AFQjCNFaoRrcIRHv3sGl79ZXq6IrvOtLA A http://www.