You are on page 1of 18

SOSIOLOGI

LAPORAN PENELITIAN

KELOMPOK 4
“BAHAYA BALAPAN LIAR DIKALANGAN REMAJA”

SMA NEGERI 1 LAPPARIAJA
2017/2018

NAMA KELOMPOK Ketua : IRWAN EFENDI Anggota : IRMAWATI ASRINA DAMAYANTI ANDINI SAPUTRI HASNIAR ABDIL RESKI FERDIANTO ii .

Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun dari Anda demi perbaikan laporan ini di waktu yang akan datang.Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. kami berharap adanya kritik. KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat. mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun. 15 Mei 2017 Penulis. karunia. Semoga laporan sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Oleh sebab itu. Kami sangat berharap laporan ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Bahaya Balapan liar Di kalangan remaja Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam laporan ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Lappariaja. saran dan usulan demi perbaikan laporan yang telah kami buat di masa yang akan datang. serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan laporan tentang “Bahaya Balapan liar Di kalangan remaja” ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. iii .

.. 11 B.............................................. 6 BAB III DATA PENELITIAN A....................... Wawancara...... Dokumentasi......................... Kesimpulan................................... Pengertian Balapan liar............................................................. 8 C................................................................... iv BAB I PENDAHULUAN A.............. DAFTAR ISI HALAMAN SAMPUL........ Tujuan Penelitian..................... 2 C............................................. 2 BAB II TINJAUAN PUSTAKA A............................................................................ Dampak Negatif yang ditimbulkan balapan liar...................................... Saran dan kritik........................................................................................................... Latar Belakang....................................... Tempat penelitian................................................................................................................. Solusi penanganan masalah balapan liar pada remaja............. iii DAFTAR ISI.................................................................................................... ii KATA PEGANTAR........... Dampak perilaku balap liar.................. 12 DAFTAR PUSTAKA...................... 8 B..................................... 5 D........................................ 9 BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN A...... Rumusan Masalah..................................................................... 1 B....... 3 B... i NAMA KELOMPOK................................................................................................. 4 C............................................................... Faktor yang menyebabkan remaja masuk ke dalam dunia balapan liar................................ 6 E................... 13 iv ..............

anak-anak muda yang seharusnya melakukan hal-hal yang positif untuk mengisi waktu luang mereka.balapan liar banyak ditiru anak remaja dari film dalam ataupun luar negeri.Remaja yang berasal dari keluarga golongan bawah/keluarga miskin ini adalah aktor dari acara balap liar jalanan. Pada gilirannya orang tua harus berurusan dengan sekolah. banyak hal yang berubah. juga sah-sah saja buat mereka. Latar Belakang Masalah Pada jaman sekarang. apalagi balapan mereka dilakukan pada tengah malam yang seharusnya mereka menyiapkan diri belajar untuk esok harinya.Malahan bagi masyarakat golongan bawah merupakan hiburan tersendiri.Pergaulan remaja sudah tidak ada batasnya. Menanggapi tentang semakin maraknya Balapan Liar di Ibu Kota akhir-akhir ini yang menjadi miris kita sebagai masyarakat mendengarnya. Fenomena balap liar ini sebenarnya bukan hal yang asing lagi untuk masyarakat. yang penting mendapat tepuk tangan dari teman-teman atau geng mereka.Sebagian besar pelaku balap liar ini justru bukannya golongan menengah tapi golongan bawah. Balapan liar contohnya. Remaja-remaja masa kini banyak terpengaruh oleh media-media informasi. BAB I PENDAHULUAN A.di era globalisasi. karena anak-anak yang sering bolos sekolah. Pergaulan remaja adalah contoh kecil dari sekian banyak akibat dari globalisasi. Banyak remaja yang memelakukan hal-hal yang sangat merugikan dirinya dan orang lain.Hal 1 . Yang terjadi keesokan harinya mereka menjadi sering menjadi malas untuk berangkat kesekolah kerena mengantuk. Mulai dari motor curian sampe membawa lari motor orangtuanya yang masih kredit. Sayangnya polisi terkesan tutup mata dengan kejadian ini atau bisa jadi sudah bosan juga.Mungkin mereka ingin mencari sensasi agar dibilang gaul githu!!! Kenakalan remaja itu bisa didefinisikan sebagai perilaku menyimpang atau tingkah laku yang tidak dapat diterima sosial sampai pelanggaran status hingga tindak kriminal.

Ternyata dari pengalaman mereka bahwa balapan liar tersebut sudah sengaja diadakan yang dikoordinir oleh pemilik bengkel agar mereka mau dibujuk untuk memodifikasi mesin motor mereka sekalipun motor mereka masih baru dibelikan oleh orang tuanya dengan cara kredid (baru 5 bulan sudah 2 kali turun mesin dengan biaya yang tidak sedikit). Pergaulan remaja adalah contoh kecil dari sekian banyak akibat dari globalisasi. mereka juga membahayakan diri sendiri karena memacu motor tanpa menggunakan helm. misalnya narkoba dan yang lainnya yang akan membuat anak semakin jauh menyimpang dari kehidupan yang lebih baik bagi masa depannya. ini akan sangat terasa pada saat krisis ekonomi global sekarang ini. Mungkin mereka ingin mencari sensasi agar dibilang gaul kenakalan remaja itu bisa didefinisikan sebgai perilaku menyimpang atau tingkah laku yang tidak dapat diterima sosial sampai pelanggaran status hingga tindak kriminal. Belum lagi polusi suara dan udara yang mereka ciptakan karena motor-motor mereka sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mengeluarkan suara yang sangat bising serta asap dari knalpot yang dikeluarkan sangat tebal. Remaja yang berasal dari keluarga golongan 2 . banyak yang berubah. Pada zaman sekarang. Fenemena balap liar ini sebenarnya bukan hal yang asing lagi untuk masyarakat. diera globalisasi. Selain ngebut dan membahayakan pengguna jalan lain. balapan liar banyak ditiru anak remaja dari film dalam ataupu luar negeri.ini akan berdampak tidak baik untuk hubungan antara orang tua dan anak. Balapan liar contohnya. jika hal tersebut terus berlanjut maka anak-anak akan mencari pelarian yang lainnya. Pergaulan remaja sudah tidak ada batasnya banyak remaja yang memelakukan hal-hal yang sangat merugikan dirinya dan orang lain. Remaja-remaja masa kini banyak terpengaruh oleh media-media informasi. Malahan bagi masyarakat golongan bawah merupakan hiburan tersendiri. Sebagaian besar pelaku balap liar ini justru bukannya golongan menengah tapi gologan bawah. Padahal aksi pembalap amatiran itu terbilang nekat.

Solusi penanganan masalah balapan liar pada remaja BAB II TINJAUAN PUSTAKA 3 . Bagaimana pengertian balapan liar? 2. B. Faktor yang menyebabkan remaja masuk ke dalam balapan liar 4. bawa/keluarga miskin ini adalah aktor dari acara balap liar jalanan. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui sebagai berikut: 1. Rumusan Masalah 1. juga sah-sah . Dampak negatif ditimbulkan balapan liar 3. Dampak prilaku balapan liar 5. Mulai dari motor curian sampai membawa lari motor orangtuannya yang masih kredit. Bagaimanakah solusi penanganan masalah balapan liar pada remaja? C. Faktor apakah yang menyebabkan remaja masuk ke dalam balapan liar? 4. Pengertian balapan liar 2. Bagaimanakah dampak prilaku balapan liar? 5. Bagaimana dampak negatif ditimbulkan balapan liar? 3.

melainkan di jalan raya.A. mencari uang. begitu biasanya sebutan motor-motor balap modifikasi ini.Tak semuanya bisa kabur mengandalkan kecepatan. Sekitar dua puluhan orang yang kebanyakan remaja sudah menguasai jalan.Pembalap liar tak mau tahu. Bagi sang joki. Pengertian Balapan Iiar Balapan liar adalah kegiatan beradu cepat kendaraan. Deru mesin motor setiap Sabtu malam sudah menjadi langganan dibeberapa ruas jalan ibukota. yang dilakukan diatas lintasan umum. dan ada saja yang dicokok.Mereka meninggalkan perlengkapan pelindung badan seperti helm dan jaket. baik sepeda motor maupun mobil.Jalan raya yang mulai lengang dijadikan ajang nge-track. Artinya kegiatan ini sama sekali tidak digelar dilintasan balap resmi.00 WIB. 3 Faktor keamanan bukan lagi jadi prioritas. Motor korekan. Beberapa komponen mesin dimodifikasi atau bahkan diganti dengan komponen lain. yang terpenting adalah bisa beraksi bebas memacu motor. Selain untuk bersenang-senang. Dan bukan sembarangan suku cadang yang dipasang.Saat patroli tiba pembalap-pembalap jalanan langsung kocar- kacir. 4 . Jalan raya yang juga digunakan oleh pengguna jalan lain seolah menjadi sirkuit kelas dunia bagi mereka.Biasanya motor-motor dengan suara knalpot kencang ini sudah beraksi sejak pukul 20. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada tengah malam sampai menjelang pagi saat suasana jalan raya sudah mulai lenggang.Bagi sebagian joki yang haus tantangan. Bisingnya membuat pening kepala warga yang hendak beristirahat. Tak jarang pula ditemukan bengkel yang biasa memodifikasi motor standard menjadi motor balap liar. Trek-trekan liar bukannya mereda justru semakin menjadi. dan mencari gengsi diantara geng motor yang lain. Gairah memacu motor bahkan tetap tak terbendung saat Ramadan datang. waktu sahur dimanfaatkan untuk beraksi di jalan.Trek-trekan pun tak jarang harus membuat para pembalap liar kucing- kucingan dengan polisi yang berjaga untuk membubarkan aksi nekat mereka.

sang calo mengajak motor dari bengkel lain untuk tarung di lintasan balap liar. Selain persoalan judi yang melanggar hukum kebut-kebutan tak resmi ini juga ikut menyumbang angka kecelakaan. sebutan untuk taruhan antar penonton balapan liar. penonton pun bergemuruh. B.Dibutuhkan pihak ketiga yang disebut calo atau perantara. Dampak Negatif yang ditimbulkan balapan liar 1. Penyalah gunaan narkoba : berawal dari berkumpul-kumpul antar geng motor kemudia mencoba-coba merokok dan pada akhirnya terjerumus oleh narkoba.Di arena balap liar. mereka tidak asal bertemu di jalanan. Jutaan rupiah pun didapat dari taruhan pinggiran. Bengkel motor ternyata tidak sekadar menjadi tempat memodifikasi. Sambil menunggu musuhnya datang biasanya sex bisa pula terjadi dimana saja. dua motor yang bertarung kerap berasal dari bengkelyang berbeda. Begitu motor-motor yang beradu cepat menyentuh garis finish.Melainkan gengsi antar bengkel. 3. Spare part dengan harga yang melangit juga menjadi pilihan untuk menyulap kondisi motor menjadi yang paling disegani. Balap liar seperti makanan tak bergaram jika tak melibatkan taruhan. Free sex : pada arena balap banyak wanita-wanita yang sedang bergerumbul di sekitar arena balapan. 2. 5 . harga taruhannya pun bisa mencapai puluhan juta rupiah. Jika spesifikasi mesin dan perangkat motor sudah dimodifikasi dan layak untuk diadu. Jumlah uang tak sedikit yang dipertaruhkan menyebabkan sering terjadi perselisihan pendapat tentang siapa yang menang dan terkadang berujung ricuh. alias tak resmi. Meskipun namanya balapan liar.Besarnya taruhan tidak main-main. Apalagi daerah arena balapan didominasi dengan lingkungan yang remang-remang. Perilaku menyimpang : biasanya anak muda atau remaja yang mengikuti balap motor memiliki perilaku yang menyimpang tidak seperti remaja yang lainnya. Senyum kemenangan bukan hanya didapat dari pembalap tapi juga penonton. Untuk motor yang dianggap sudah memiliki reputasi. Persaingan bukan lagi antar joki.

Faktor yang Menyebabkan Remaja Masuk ke Dalam Dunia Balap Liar Masuk remaja ke dalam aksi balap liar dipengaruhi faktor-faktor diantaranya : . Tidak hanya bagi pembalap tetapi juga bagi penonton. Tindakan kriminal : untuk membeli peralatan yang mahal untuk memodifikasi para remaja membutuhkan dana yang sangat besar. dan sebagaunya. Ancaman kematian : didunia balapan liar berbeda dengan balapan resmi atau dragrace yang menggunakan alat keamanan yang sangat lengkap. Memiliki hobby bahkan pontensi untuk menjadi pembalap namun bakatnya tidak tersalurkan karena minimnya dana yang dimiliki dan arena balap yang kurang memadai. . . dan kurangnya perhatian dari orang tua. 6. mempunyai teman- teman yang biasa dengan balap liar. C. pantas atau tidak pantas. DAMPAK PERILAKU BALAP LIAR Dampak perilaku balap liar sangat beragam dan bersifat negatif antara lain: 6 . Kondisi tersebut disebut hasil sosialisasi yang tidak sempurna. Akibatnya dia tidak mengerti kondisi baik atau buruk. Bahkan ada yang menggunakan jalan untuk mencuri untuk mengumpulkan dana cepat tanpa bekerja. Taruhannya tidak tanggung-tanggung dari 1 juta hingga puluhan juta rupiah. Tetapi pada balapan liar standart keamanannya sangat minim yang hanya memakai pakaian yang dimilikinya. D. benar atau salah. Tidak jarang banyak joki yang meninggal akibat terjadi kecelakaan antar pembalap. Bahkan sepeda motor yang dipergunakan untuk balapan bisa dipertaruhkan. Pengaruh lingkungan kehidupan sosial yang tidak baik misalnya lingkungan yang dekat dengan arena balapan liar. Tidak mempunyai seseorang sebagai panutan dalam memahami dan meresapi nilai-nilai atau norma-norma yang berlaku di masyarakat. 4. 5. Sarana perjudian : dalam ajang kegiatan ini banyak menggunakan untuk perjudian.

Untuk orangtua: a. Mengembangkan hubungan yang erat dengan setiap anak didiknya agar dapat tercipta komunikasi timbal balik yang seimbang. dan rohani E. Terpengaruh pergaulan bebas d. Memberikan teguran atau bahkan hukuman jika anak berbuat baik atau memperoleh prestasi. b. a. Membuang-buang waktu untuk hal yang sia-sia e. perhatian. dan rasa kekeluargaan. Mendapat kerugian baik mental. Masa depan menjadi berantakan f. 5. 1. Frustasi c. Untuk pelaku: a. Untuk masyarakat: a. Jarang pulang kerumah c. Dilingkungan Sekolah 1. Mengganggu ketertiban umum b. Membuat polusi udara d. dan ketaatan beribadah. Merusak fasilitas bersama (misalkan jalan raya dan trotoar) c. 7 . Menciptakan suasana harmonis. Harus mengeluarkan uang untuk hal yang sia-sia d. 4. Upaya tersebut dapat dilakukan diberbagai lingkungan baik itu lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Dikucilkan masyarakat 2. Selalu meluangkan waktu untuk mndengarkan dan menghargai pendapat anak. Mendapat malu dan sindiran tetangga b. Sekolah mereka terganggu b. sekaligus mampu memberikan bimbingan atau solusi jika anak mendapat kesulitan. kedisiplinan. Merusak kestabilan pengendalian social dan ketertiban bersama 3. Dilingkungan Keluarga 1. Mengembangkan komunikasi dan hubungan yang akrab dengan anak. 2. fisik. Menanamkan nilai-nilai budi pekerti. SOLUSI PENANGANAN MASALAH BALAPAN LIAR PADA REMAJA Penangananagar remaja tidak masuk kedalam dunia balap liar. 3.

Menanamkan nilai-nilai disiplin. silahkan Wawancara : Mengapa Anda mengikuti balapan liar? Narasumber : Karena itu salah satu hobi Saya Wawancara : Bisakah Anda menjelaskan apa sisi negatifnya dari balapan liar tersebut? Narasumber : Balapan liar identic dengan kompetisi atau persaingan. sejauh potensi tersebut bersifat positif 5. 13 Mei 2017 Waktu : 14. Tempat Penelitian Provinsi : Sulawesi Selatan Kabupaten : Bone Kecamatan : Lappariaja Desa : Pattuku Limpoe Hari dan Tanggal : Sabtu. baik yang dihadapinya disekolah atau yang dihadapinya di rumah. hal ini tentu akan mengarahkan ke konflik atau 8 . Mengembangkan kegiatan yang bersifat positif. 3. Memberi kebebasan dan mendukung siswa untuk mengembangkan potensi diri. budi ekerti. Membudayakan perilaku disiplin bagi warganya.s BAB III DATA PENELITIAN A. Bersedia mendengar keluhan siswa serta mampu bertindak sebagai konseling untuk membantu siswa mengatasi berbagai permasalahan . Bisakah Saya mewawancarai Anda tentang bahaya balapan liar? Narasumber : Ya. 2. Wawancara Wawancara : Permisi. Meningkatkan kerukunan antar warga. Dilingkungan Masyarakat 1. dan spiritual sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. dan saling percaya. jujur. moral.00 WITA B. 2. c. 3. 4. Selalu mengembangkan sikap keterbukaan.

kalau sudah seperti ini tentu arahnya akan menuju kesenangan atau kepuasan diri sendiri. menambah teman disini solidaritas akan timbul erat dengan seiring kehidupan kelompok ini. Wawancara : Terima kasih atas kesempatannya yang telah diberikan kepada Kami Narasumber : Ya. saya bicaa tentang hobi. permusuhan antar kelompok balap. Kedua. Sama-sama C. saya mendapat pengalaman dan yang ketiga. Wawancara : Sejak kapan Anda aktif dalam balapan liar? Narasumber : Sejak beberapa bulan yang lalu Wawancara : Apa yang Anda dapatkan dari balapan liar? Narasumber : Pertama. Dokumentasi 9 . balap juga membuat kita menghambur-hamburkan atau boros akan uang. dan tidak akan peduli berapa rupiah yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan balapan liar.

10 .

11 .

Free sex. yang dilakukan diatas lintasan umum. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN A. Artinya kegiatan ini sama sekali tidak digelar dilintasan balap resmi. tindakan criminal. ancaman kematian dan masih banyak hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Dampak Negatif Balapan liar antara lain : penyalahgunaan narkoba. Selain untuk bersenang-senang. Balapan liar di jalan raya akan membahayakan diri kita dan diri orang lain. Sebaiknya anak muda yang berkeinginan menjadi pembalap ikutilah balapan yang resmi menggunakan pakaian balap yang 75% lebih aman dari pada di jalan raya yang bisa mengakibatkan kematian atau kecelakaan. Masuk remaja ke dalam aksi balap liar dipengaruhi faktor-faktor diantaranya :  Tidak mempunyai seseorang sebagai panutan dalam memahami dan meresapi nilai-nilai atau norma-norma yang berlaku di masyarakat  Pengaruh lingkungan kehidupan sosial yang tidak baik  Memiliki hobby bahkan pontensi untuk menjadi pembalap namun bakatnya tidak tersalurkan karena minimnya dana yang dimiliki dan arena balap yang kurang memadai 12 . melainkan di jalan raya.Orang-orang banyak yang tidak menyukai balap liar bahkan para polisi juga tidak menyukainya kita bisa berurusan dengan polisi. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada tengah malam sampai menjelang pagi saat suasana jalan raya sudah mulai lenggang. akibatnya pengendara lain akan merasa terganggu apabila para anak muda balap liar di jalan raya. sarana perjudian. perilaku menyimpang. mencari uang. baik sepeda motor maupun mobil. Kesimpulan Balapan liar adalah kegiatan beradu cepat kendaraan. dan mencari gengsi diantara geng motor yang lain.

dan rasa kekeluargaan. 1. 5. Dampak perilaku balap liar sangat beragam dan bersifat negatif antara lain: o Sekolah mereka terganggu o Jarang pulang kerumah o Terpengaruh pergaulan bebas o Membuang-buang waktu untuk hal yang sia-sia o Masa depan menjadi berantakan o Dikucilkan masyarakat Penanganan agar remaja tidak masuk kedalam dunia balap liar. 3. Saran dan Kritik Dengan adanya laporan penelitian ini. karya ilmiah ini dapat mengubah perilaku buruk para remaja dalam bergaul. Mengembangkan komunikasi dan hubungan yang akrab dengan anak. kedisiplinan.Sehingga dapat mencegah terjadinya kenakalan pada remaja. Selalu meluangkan waktu untuk mndengarkan dan menghargai pendapat anak. Menciptakan suasana harmonis. karna bisa membahayakan diri kalian sendiri jadilah pembalap yang resmi. dan ketaatan beribadah. perhatian. Upaya tersebut dapat dilakukan diberbagai lingkungan baik itu lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Janganlah balapan liar di jalan. 4. Menanamkan nilai-nilai budi pekerti. menangkanlah pertandingan tersebut dan menjadi seorang pembalap yang berbakat. kami berharap dapat memberikan informasi mengenai “Bahaya Balapan Liar di Kalangan Remaja” kepada para pembaca khususnya bagi para remaja di luar sana. sekaligus mampu memberikan bimbingan atau solusi jika anak mendapat kesulitan. Kami juga berharap. yang berprestasi. gapailah cita-citamu menjadi pembalap. 13 . 2. Memberikan teguran atau bahkan hukuman jika anak berbuat baik atau memperoleh prestasi B. ikutilah road race di berbagai kota.

com/aol/search? &query=balap+liar&invocationType=tb50ffwinampab http://erwincasidi.blogspot.html s 14 .blogspot.com/aol/search? &query=makalah+balap+liar&invocationType=tb50ffwinampab http://search.aol. balap liar di kalangan remaja http://search.html Google.com/2011/06/bali-balapan-liar.aol. DAFTAR PUSTAKA http://331shabririzalr.com/2012/11/makalah-bali.