Angket Untuk Mengetahui Tipe Belajar Siswa Orang belajar dengan berbagai cara.

Banyak orang lebih suka belajar dengan cara melihatnya atau visual, banyak pula yang lebih suka mendengar atau lebih memilih dengan cara melakukan melalui pengalaman, menunaikan kegiatan dengan gerak tangan (kinestetik atau taktis). Banyak pula orang merasa lebih suka belajar sendirian, sementara yang lain lebih suka berkelompok. Questioner dapat membantu Anda mengidentifikasi cara belajar yang paling anda pilih. Tentukan apakah Anda sangat setuju (SS), setuju (S), Ragu(R), tidak setuju (TS), atau sangat tidak setuju (STS) pada setiap kolom yang tersedia. Silakan menanggapi setiap pernyataan dengan cepat, jangan terlalu lama berpikir. Coba pula jangan mengubah tanggapan setelah Anda memutuskan pilihan. Uraian 1. Ketika guru mejelaskan perintahnya saya lebih memahaminya 2. Saya lebih suka belajar dengan cara melalukan sesuatu di dalam kelas. 3. Saya bekerja lebih produktif jika bekerja sama dengan orang lain 4. Saya belajar lebih baik ketika belajar berkelompok 5. Di kelas, saya belajar lebih baik ketika bekerja sama dengan orang lain. 6. Saya belajar lebih baik jika membaca yang guru tulis di papan tulis. 7. Ketika seseorang menjelaskan kepada saya bagaimana melakukan sesuatu dalam kelas, saya belajar lebih baik. 8. Ketika saya melakukan berbagai hal dalam kelas, saya belajar lebih baik. 9. Saya ingat dengan lebih baik hal yang telah saya dengar daripada hal yang say abaca. 10. Jika saya membaca sejumlah petunjuk, saya dapat mengingatnya dengan lebih baik. 11. Saya belajar lebih baik ketika saya membuat contoh atau modelnya. SS S R TS STS

Saya lebih suka belajar dengan orang lain. saya dapat mengingat berbagai hal dengan lebih baik. 27. 15. Saya senang melakukan percobaan dalam kelas. 31. Di kelas. Ketika saya mengembangkan sesuatu. Saya lebih memahami segala sesuatu dalam kelas ketika saya berpartisipasi dalam permainan peran 20. Saya belajar lebih banyak ketika untuk mengerjakan tugas dalam kelas. 16. Saya belajar lebih baik jika guru berceramah 18. Saya lebih suka menyelesaikan tugas sendirian. 21. saya bekerja lebih baik jika bekerja sendirian. Saya belajar dengan sangat baik dalam kelas ketika saya dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di dalamnya. Ketika saya belajar sendirian. 14. 22. 28. Ketika saya bekerja sendirian. 17. 24. 23. saya belajar lebih baik. Saya memperlajari lebih lanjut jika saya membaca buku daripada mendengarkan ceramah. 30. Saya lebih suka bekerja sendirian. Saya menikmati pekerjaan dan tugas jika bekerja dengan dua atau tiga teman dalam kelas. 29. Saya senang belajar dalam kelas bila sambil membuat gambar. 25.12. . 19. Saya menikmati penyelesaian tugas dalam kelas. 13. Saya memahami lebih baik jika membaca petunjuknya. Saya menikmati pekerjaan dan tugastugas saya ketika sambil mendengarkan seseorang. Saya belajar dengan lebih baik dengan membaca daripada mendengarkan seseorang. 26. saya teringat pada hal yang saya pelajari dengan baik.

Tiap pernyataan diberi nilai seperti di bawah ini. silakan mengisi format isian di bawah ini. Tipe Belajar Visual/ Melihat Visual Pernyataan Nomor 6 10 12 24 29 Total Skor = Total x 2 Tipe BelajarTactile Menyentuh/Meraba Tactile/Menyentuh Pernyataan Nomor 11 14 16 22 25 Total Skor = Total x 2 .Petunjuk pengolahan Tiap pertanyataan memiliki lima jawaban. SS = 5 S R = 4 =3 TS = 2 STS = 1 Jika Anda telah selesai memberi skor pada tiap jawaban Anda.

Tipe Belajar Auditori/ Mendengar Auditori Pernyataan Nomor 1 7 9 17 20 Total Skor = Total x 2 Tipe Belajar Berkelompok Berkelompok Pernyataan Nomor 3 4 5 21 23 Total Skor = Total x 2 Tipe Belajar Kinestetik (Gerak) Kinestetik Pernyataan Nomor 3 4 5 21 23 Total Skor = Total x 2 .

htm) .com/filing/l-styles.Tipe Belajar Individu/Menyendiri Kinestetik Pernyataan Nomor 13 18 27 28 30 Total Skor = Total x 2 (Referensi: http://lookingahead.heinle.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful