You are on page 1of 6

BAB VI

SASARAN KINERJA UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

KRITERIA
6.1.4

ELEMEN
DOKUMEN TERKAIT KETERANGAN
PENILAIAN
Panduan dan instrumen survey, bukti
pelaksanaan survey untuk memperoleh
EP. 1
masukan dari tokoh masyarakat, LSM, dan atau
sasaran program
Bukti pelaksanaan pertemuan dengan tokoh
EP. 2 masyarakat, LSM, sasaran program untuk
memperoleh masukan
Bukti keterlibatan dalam penyusunan rencana
EP. 3 perbaikan kinerja, rencana (plan of action)
perbaikan program kegiatan UKM

Bukti keterlibatan dalam pelaksanaan
EP. 4
perbaikan kinerja

INSTRUMEN SURVEY UNTUK MEMPEROLEH MASUKAN DARI TOKOH MASYARAKAT. Berikan saran. Berikan saran ide – ide atau gagasan saudara yang dapat dilaksanakan oleh KIA/KB untuk meningkatkan cakupan Detaksi tinggi dini tumbuh kembang anak balita dan prasekolah: ………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………… 5. Berikan saran ide – ide atau gagasan saudara yang dapat dilaksanakan oleh KIA/KB untuk meningkatkan cakupan – cakupan pelayanan KB? ………………………………………………………………………………………… 4. ide – ide atau gagasan saudara yang dapat dilaksanakan oleh KIA/KB untuk meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan remaja? ………………………………………………………………………………………… 6. Berikan saran. 2. LSM DAN SASARAN UPAYA KIA/KB KUISIONER 1. Harapan apakah yang anda inginkan untuk perbaikan dan meningkatkan cakupan resti Bumil ? …………………………………………………………………………………………. ide – ide atau gagasan saudara yang dapat dilaksanakan oleh KIA/KB untuk meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan pra Menoupause dan Menoupause ? ………………………………………………………………………………………… . ide – ide atau gagasan saudara yang dapat dilaksanakan oleh KIA/KB untuk meningkatkan cakupan resti Bumil? ………………………………………………………………………………………… 3. Berikan saran.

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) a. Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah pertemuan seluruh warga desa untuk membahas hasil survey mawas diri dan merencanakan penangulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari survey mawas diri (Depkes RI. Definisi Pemberdayaan masyarakat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Tujuan MMD 1) Agar masyarakat mengenal masalah kesehatan yang dihadapi dan dirasakan wilayahnya . menggali sumber daya yang ada/dimiliki desa 3) Dasar untuk menyusun pemecahan masalah c. Petugas Puskesmas dan Bidan Poskeskel. Survey Mawas Diri (SMD) adalah kegiatan pengenalan. Panduan Pelayanan Survey Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) A. Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah musyawarah yang dihadiri oleh perwakilan masyarakat untuk membahas masalah-masalah terutama yang erat kaitan dengan kemungkinan kejadian luar biasa (KLB). lingkungan dan perilaku 2) Mengkaji dan menganalisa masalah kesehatan lingkungan dan perilaku 3) Mengiventarisasi sumber daya masyarakat yang dapat mendukung upaya mengatasi masalah kesehatan 4) Diperolehnya dukungan kelurahan dan pemuka masyarakat dalam pelaksanaan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat b. Tujuan SMD 1) Mengumpulkan data. kegawatdaruratan dan rencana yang ada di desa serta merencanakan penanggulangannya. 2007). Sasaran SMD Semua rumah yang ada di desa atau menetapkan sample rumah di lokasi tertentu kurang lebih 450 sample 2. B. Manfaat SMD 1) Masyarakat sadar akan adanya masalah 2) Mengetahui besarnya masalah. Ruang Lingkup 1. pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan yang dilakukan oleh kader dan tokoh masyarakat setempat di bawah bimbingan Kepala Desa/Kelurahan. Survey Mawas Diri (SMD) a. masalah kesehatan. Pelaksana SMD 1) Kader 2) Tokoh masyarakat di desa d.

C. poster. 3) Musyawarah masyarakat desa dilaksanakan segera setelah SMD dilaksanakan. Perumusan dan penentuan prioritas masalah kesehatan atas dasar pengenalan masalah dan hasil SMD. Tatalaksana 1. 1. Notulen 5. Pengenalan masalah kesehatan oleh masyarakat sendiri melalui curah pendapat dengan mempergunakan alat peraga. dan sektor terkait di kecamatan. Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Cara melakukan MMD adalah sebagai berikut: a. BKKBN. penentuan cara memperoleh informasi. grafikal 2. agama dan lain-lain). Undangan 2. Foto . Pembukaan dengan menguraikan maksud dan tujuan MMD dipimpin oleh Kepala Desa b. b. Survey Mawas Diri (SMD) Pelaksanaan SMD a. Pengolah data Penyajian data textular. 2) Musyawarah masyarakat desa dilaksanakan di balai desa atau tempat pertemuan lainnya yang ada di desa. dilanjutkan dengan rekomendasi teknis dari petugas kesehatan di desa atau perawat komunitas. Penyusun rencana penanggulangan masalah kesehatan dengan dipimpin oleh Kepala Desa f. 2) Masyarakat sepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan 3) Masyarakat menyusun rencana-rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan b. e. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan MMD 1) Musyawarah masyarakat desa harus dihadiri oleh pemuka masyarakat desa. Penutup D. (seksi pemerintah dan pembangunan. penentuan sasaran. tabular. petugas puskesmas. Penyajian hasil SMD oleh kelompok SMD d. Dokumentasi Kegiatan survey mawas diri dan musyawarah masyarakat desa semua di dokumentasi dalam bentuk laporan kegiatan. dan lain-lain dengan dipimpin oleh Ibu Desa c. Petugas puskesmas. Daftar hadir 4. Melaksanakan SMD c. Materai SMD dan MMD 3. bidan di desa dan kader/tokoh masyarakat: pengenalan instrumen (daftar pertanyaan. pertanian.

Tulang Bawang Barat BUKTI KETERLIBATAN DALAM PELAKSANAAN PERBAIKAN KINERJA .DINAS KESEHATAN KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT PUSKESMAS KIBANG BUDI JAYA Jalan Lintas Unit 6 Kibang Budi Jaya Kec. Lambu Kibang Kab.