You are on page 1of 6

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Praktikum ini berjudul Analisa Lumpur Pemboran. Praktikum ini

berisi tentang beberapa percobaan. Dimulai dari pengenalan alat-alat dan

bahan laboratorium beserta fungsinya, pengukuran densitas dan Sand

Content, pengukuran viskositas dan Gel Strength, pengukuran kadar minyak

dan pH pada lumpur pemboran, pengukuran MBT (Methyl Blue Test) dan

pengukuran Filtration Loss dan Mud Cake.

Tujuan utama dari sistem sirkulasi pada suatu operasi pemboran

adalah untuk mensirkulasikan fluida pemboran (lumpur bor) ke seluruh

sistem pemboran, sehingga lumpur bor mampu mengoptimalkan fungsinya.

Sistem sirkulasi pada dasarnya terdiri dari empat komponen, yaitu fluida

pemboran (lumpur bor), tempat persiapkan, peralatan sirkulasi dan

Conditioning Area.

Praktikum Analisa Lumpur Pemboran terdiri dari beberapa

percobaan. Dimulai dari pengenalan alat-alat dan bahan laboratorium

beserta fungsinya, pengukuran densitas dan Sand Content, pengukuran

viskositas dan Gel Strength, pengukuran MBT (Methyl Blue Test) dan

pengukuran Filtration Loss dan Mud Cake.

1

Di lapangan fluida dikenal sebagai "lumpur" (Mud). Lumpur berfungsi sebagai lubrikasi dan medium pendingin untuk pipa pemboran dan mata bor. Menjadikan mahasiswa lebih disiplin dalam waktu 5. minyak. tanah liat (Clay). biasanya Bentonite dan air yang digunakan untuk membawa Cutting ke atas permukaan. busa maupun Detergent.2. Lumpur umumnya campuran dari tanah liat (Clay). Sebagai syarat kelulusan yang diajukan oleh kampus 2.2 Tujuan Khusus Laporan Resmi Praktikum Analisa Lumpur Pemboran . Mendapatkan nilai praktikum untuk mata kuliah ui lab lumpur pemboran 1.2 Tujuan 1. gas. bahan-bahan kimia.1 Tujuan Umum 1. efisiensi. 1. Melatih kerja sama dalam melakukan praktikum 4.2. Lumpur pemboran merupakan faktor yang penting serta sangat menentukan dalam mendukung kesuksesan suatu operasi pemboran. udara. 2 Fluida pemboran merupakan suatu campuran cairan dari beberapa komponen yang dapat terdiri dari air (tawar atau asin). keselamatan dan biaya pemboran sangat tergantung pada kinerja lumpur pemboran. Kecepatan pemboran. Melatih mahasiswa untuk membuat laporan adar terbiasa dalam membuat laporan atau tugas akhir 3.

Mengetauhi jenis-jenis mineral clay 19. Mengetahui apa iyu pengukuran MBT 21. Mempelajari pengaruh komposisi lumpur pemboran terhadap filtration loss dan mud cake 22. Mengtahui kelebihan dan kekurangan dari alat-alat tersebut 6. Mentukan nilai gel strength pada lumpur pemboran 14. Mentukan viskositas nyata (apparent viscossity). Mengetahui fungsi dari alat-alat yang digunakan dalam praktikum anlisa lumpur pemboran 3. Mentukan fungsi dari pengukuran MBT 18. Mengetahui cara kerja fann vg meter 16. yeild point. Mengenal dan memehami alat-alat dan perinsip kerja filter press Laporan Resmi Praktikum Analisa Lumpur Pemboran . Mengenal material lumpur pemboran besrta fungsi- fungsinya 9. (yeild point). Mengetahui faktor-faktor mineral clay mempuyai kapasitas tukar kation berbeda 20. 3 1. Menentukan kandungan pasir dalam lumpur pemboran 8. plastic viscosity. Menentukan kemampuan clay dalam meningkatkan kation dalam suatu larutan 17. Mengetahui perbedaan viscositas nyata. dan gel stength 15. Mengetahui funsi dari densitas dan sand content 11. (plastic viscosity). Mengetahui alat-alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum analisa lumpur pemboran 2. Mengataui bentuk dan rupa dari alat-alat tersebut 5. Menentukan densitas lumpur pemboran dengan menggunakan mud balance 7. Mentukan viskositas lumpur pemboran dengan menggunakan marsh funnel 12. (gel strength) lumpur pemboran 13. Mengetahui cara menggunakan alat-alat tersebut 4. Mentukan besarnya kandungan kadar pasir (%) yang trkandung dalam lumpur pemboran 10.

Mahasiswa dapat mengaplikasikan apa yang diterapkan dalam setiap percobaan atau praktikum analisa lumpur pemboran.1 Manfaat Untuk Mahasiswa 1. 4.3 Manfaat 1. Mengetahui hasil pengamatan dari pada percobaan kali ini 30. Mahasiswa dapat mengenal alat-alat dan bahan yang biasa digunakan dalam analisa lumpur pemboran. Dosen dapat menilai kemampuan mahasiswa dalam menganalisa lumpur pemboran. 4 23. 1. Mengetahui apa itu filtratin loss 24. Dosen dapat mengaplikasikan teori dasar ke dalam sebuah praktikum percobaan. Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara menganalisa lumpur pemboran.3. 1. Mahasiswa dapat mengerti dan mendapat gambaran tentang pengujian lumpur di laboratorium. Dosen dapat mengetahui sejauh mana wawasan mahasiswa dalam aplikasi ilmu pengenalan uji lumpur dalam laboratorium. Mengetahui alat yang digunakan 28. 3.3. Mengtahui bahan-bahan yang digunakan 29. Mengetahui pengertian pH pada lumpur pemboran 1. Mengetahui apa itu mud cake 25. Mengetahui pengertian emulsi pada lumpur pemboran 27.2 Manfaat Untuk Dosen 1. 3. 2. Mengetahui penyebab terjadinya filtration loss dan mud cake 26.3. 2.3 Manfaat Untuk Akamigas Balongan Laporan Resmi Praktikum Analisa Lumpur Pemboran .

3. Lumpur. 5 1. 1. Technical meeting yang pertama dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2016. Selanjutnya pada praktikum keempat dilaksanakan pada tanggal 9 April 2016 dengan materi Pengukuran MBT (Metyl Blue Test). Lalu praktikum kelima dilaksanakan pada tanggal 14 April 2016 di Laboratorium Analisa Lumpur Pemboran Laporan Resmi Praktikum Analisa Lumpur Pemboran . Praktikum pertama dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2016 di Laboratorium Analisa Lumpur Pemboran dengan materi pertama yaitu Pengenalan Alat-alat dan bahan serta Fungsinya. Pada praktikum ketiga dilaksanakan pada tanggal 2 April 2016 dengan materi Pengukuran Viskositas dan Gel Strength. Dapat menjadi acuan keberhasilan kampus dalam membina mahasiswa. Menciptakan mahasiswa yang siap bekerja. Praktikum Analisa Lumpur Pemboran ini dilakukan oleh Mahasiswa Teknik Perminyakan Akamigas Balongan Angkatan XIII Semester IV yang dilaksanakan mulai tanggal 27 Maret 2016 sampai dengan tanggal 25 April 2016 yang dilaksanakan di Laboratorium Analisa Lumpur Pemboran. Dengan melakukan enam kali praktikum dan dua kali Technical Meeting. Menciptakan mahasiswa yang memiliki keterampilan dalam penulisan laporan.4 Ruang Lingkup Laporan ini memiliki judulLaporan Resmi Praktikum Analisa Lumpur Pemboran dibuat guna untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pengenalan Uji Lab. 2. Praktikum kedua dilaksanakan pada tanggal 28 April 2016 di Laboratorium Analisa Lumpur Pemboran dengan materi yaitu Pengukuran Densitas dan Sand Content.

Sebelum melakukan praktikum diadakan Pre test yang dilaksanakan 30 menit sebelum praktikum berlangsung guna mengetahui kemampuan mahasiswa Akamigas Balongan dalam menghadapi materi praktikum. Laporan Resmi Praktikum Analisa Lumpur Pemboran . Technical Meeting yang kedua juga diadakan pada tanggal 15 Mei 2016 dan Responsi Lisan dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2016 .Secara keseluruhan Praktikum Analisa Lumpur Pemboran berjalan dengan baik. Dan praktikum terakhir dilaksanakan pada tanggal 25 April 2016 dengan materi Pengukuran Kadar Minyak dan pH pada Lumpur Pemboran. 6 dengan materi Pengukuran Filtration Loss dan Mud Cake. literatur buku yang ada dan internet untuk lebih memahami materi praktikum yang dilakukan. Dengan bantuan Asisten Praktikum.