You are on page 1of 5

Sumber: Webdev2.bakoelbuzz.

net/tag/hemat-listrik/

Salah satu unsur yang mendorong pertumbuhan satu negeri adalah
pertumbuhan energi listrik. Pertumbuhan energi listrik berbanding lurus dengan
peningkatan pertumbuhan ekonomi. Maksudnya, seiring dengan pesatnya
pertumbuhan ekonomi yang tentunya didukung oleh pesatnya perkembangan
teknologi, kebutuhan masyarakat dan listrik pun semakin meningkat dari waktu ke
waktu.
Listrik adalah salah satu unsur penting yang ada diantara kehidupan
manusia saat ini. Kehidupan masyarakat di masa kini dengan listrik merupakan
dua hal yang tidak bisa dilepaskan. Listrik merupakan salah satu kebutuhan
konsumsi yang pokok untuk setiap keluarga, kantor, perusahaan, belajar dan
mengajar. Dimana setiap kegiatan membutuhkan tenaga ini untuk menghidupkan
semua peralatan elektronik, demi keberlangsungan komunikasi, meningkatkan
kinerja pekerjaan. Hal ini bisa dibilang manusia di era sekarang ini sangat
ketergantungan dengan yang namanya listrik.
Dilansir dari situs Lemsaneg, Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini
sekitar 5,1%, dengan pertumbuhan konsumsi listrik yang terus meningkat rata-rata
7% per tahun. Total konsumsi listrik tahun 2016 mencapai 216 Terra Watt Hour
(TWh), dimana konsumsi sektor rumah tangga sekitar 94 TWh.
Akibatnya banyak terjadinya permasalahan yang ditimbulkan oleh kondisi
diatas. Pemadaman listrik bergilir adalah salah satu merupakan program yang
cukup alot untuk diselesaikan, bagaimana tidak, seperti yang kita ketahui di atas

mereka yang punya akses listrik. melakukan gaya hidup boros tanpa menyadari bahwa listrik adalah komoditas yang seharusnya dibagi rata dengan banyak orang di seluruh Indonesia. salah satunya adalah menghemat listrik. Penggunaan kita melibatkan ekstraksi gas alam sekaligus pembakaran untuk menghasilkan listrik. Selain itu. Hal ini tentu menjadi permasalahan serius dimasa yang akan datang. Pemenuhan konsumsi listrik tersebut tidak dapat dilakukan dengan hanya membangun pembangkit listrik.kalau setiap manusia perlu atau membutuhkan listrik untuk menunjang kehidupannya. Namun merupakan tindakan bijak untuk mengatasi kemungkinan masalah yang ditimbulkan lebih besar yang terjadi pada masa kini dan masa yang akan datang. namun kenyataannya. Yang benar adalah tanggung jawabnya adalah milik kita. seperti katanya. dan konsekuensi dari kelalaian sangat besar. Permintaan listrik di Indonesia meningkat terus. kurangnya penegakan hukum disebabkan oleh ekspektasi budaya kita. salah satu ilmuwan pertama yang memperingatkan tentang cara pemanasan global di tahun 80an. tetapi dapat dilakukan dengan menggunakan listrik lebih bijak. Itu karena. Dampak lingkungan utama adalah volume karbon dioksida yang dihasilkan. pasokan listrik Indonesia yang dihasilkan oleh pembangkit belum dapat memenuhi kebutuhan listrik seluruh rakyat Indonesia. baru-baru ini mengatakan bahwa kunci sebenarnya untuk mencegah perubahan iklim adalah mengurangi penggunaan energi di rumah. James Hansen yang legendaris. baik untuk kegiatan rumah tangga. Misalnya masih ada sekitar 45 persen penduduk Indonesia yang belum menikmati listrik. yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. tidak banyak yang menyadari bahwa saat ini pasokan listrik di Indonesia belum tersebar merata. Pada 2017. kita tidak . Ironisnya. ataupun industri. Kita sering membenarkan perilaku buruk kita dengan menyoroti kurangnya kebijakan atau penegakan hukum. perkantoran. Di dalam negeri konsumsi energi utama kita berasal dari bahan bakar untuk kendaraan dan listrik di rumah. Namun. Menghemat penggunaan listrik bukan hanya sekedar penghematan biaya. konsumsi perumahan menyumbang lebih dari 29% pemakaian listrik.

Pentingnya menghemat listrik harus tertanam dalam setiap jiwa individu. Berikut tips untuk menghemat penggunakan listrik dirumah. bahkan dengan langkah-langkah yang relatif mudah diterapkan. Namun Hal ini tidak berarti bahwa Anda meminimalkan biaya. Sangat mungkin untuk mengurangi biaya listrik secara signifikan. Bagaimana tidak? Manusia dapat memperpanjang jangka waktu pemakaian listrik dalam jumlah tertentu yang biasanya dipakai untuk beberapa hari namun setelah berhemat. Menghemat pemakaian listrik berdampak besar bagi kehidupan manusia kedepannya. Rumah adalah sebagai tempat langkah awal untuk memulai sikap menghemat pemakaian listrik. karena jika kita tidak menggunakannya. prilaku untuk membiasakan memanfaatkan listrik dengan bijak adalah dengan menghemat dari. Karena akal dari permasalahan adalah terletak pada setiap individu. pemakaian listrik yang digunakan lebih sedikit akibatnya listrik yang tadinya dipakai hanya dalam beberapa hari bisa dipakai dalam seminggu atau lebih. tapi juga membantu lingkungan (yaitu meminimalkan penggunaan bahan bakar fosil). menggunakan AC pada kamar yang jendelanya terbuka. Maka dari itu. negara lain akan melakukannya. adalah untuk mengurangi konsumsi listrik kita sebesar 50%. maka lampu LED bisa bertahan hingga 50. Dan jugalampu LED lebih bertahan lama. tidak mencabut charger peralatan elektronik semisal telepon dan hp apabila sudah tidak digunakan. Salah satunya adalah meninggalkan rumah dengan keadaan lampu tdiak dimatikan. Dan cara tercepat untuk mengurangi emisi batu bara sebesar 50%. Tapi kita pasti bisa berhenti membakar batu bara negara kita sendiri. Pada rumah-rumah kita sering menemui kelalaian yang kelihatannya kecil namun sangat mempengaruhi besar kecilnya pemakaian listrik kita dirumah. Pertama dalam hal penerangan ganti lampu pijar dengan CFL/LED. tentu akan menimbulkan pemborosan energi yang luar biasa. Bila pola hidup seperti ini masih diteruskan. Karena dibandingkan dengan lampu pijar lampu LED lebih hemat energi.000 jam atau bisa . diketahui sampai sekarang lampu LED berukuran hanya 3 watt. Jika lampu pijar hanya bisa bertahan sekitas 1000 jam pemakaian.bisa menghentikan minyak dari dibakar untuk transportasi.

namun juga berdampak pada biaya pengeluaran kita. Kedua adalah mencabut peralatan kabel peralatan elektronik dari saklarnya. Setelah itu langkah yang baik dilakukan adalah matikan lampu setiap kali meninggalkan ruangan. energi yang terbuang berjumlah 96. Suhu 20°C untuk luas ruangan sama yang diisi oleh satu orang dengan 5 orang dapat dirasakan berbeda.dikatakan 15 sampai 20 tahun lamanya. Ketiga yang tidak kalah penting adalah dalam hal menggunakan mesin pendingin. saat kita men-charge handphone. Biasanya.000kwh. Mesin pendingin ini bekerja dengan menggunakan listrik lebih banyak dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya. Bila di rumah Anda menggunakan AC. salah satu contohnya yaitu.hal ini kelihatannya memang sangat sepele. hal ini dilakukan agar enrgi listrik tidak terbuang percuma. bagaimana dengan peralatan ellektronik lainnya yang memakan daya lebih banyak? Tentu saja itu membuang listrik dengan percuma saja. bahwa charger handphone yang tidak dicabut dari stop kontak mengkonsumsi 1 watt setiap jamnya. Pendingin makanan (kulkas) juga harus diperhatikan dalam penggunaannya. Menurut survei PLN. Jangan mengisi kulkas terlalu penuh karena kulkas akan menyesuaikan suhu dengan banyaknya barang yang ada di dalam kulkas. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Hindari kebiasaan membuka pintu kulkas untuk jangka waktu yang lama karena mesinnya akan bekerja lebih tinggi untuk menyesuaikan . yaitu lampu LED tidak mengandung sinar UV(Ultra Violet) yang dapat merusak kulit dan mata. setelah men-charge hanphone kita tidak mencabut kabel charge dari saklar. Dan itu hanya dengan tidak mencabut charger handphone kita dari stop kontak.Suhu ini bisa dirasakan sudah cukup dingin pada ruangan yang diisi hanya oleh satu orang namun dirasa masih cukup gerah untuk ruangan yang ditempati oleh 5 orang. pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau off secara otomatis ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau justru tidak ada orang sehingga tidak perlu Anda mendinginkan ruangan yang efeknya tidak akan dirasakan siapa-siapa. Selain itu lampu LED mempunyai kelebihan lain juga. bahwa seandainya jika seluruh Jabodetabek lupa mencabut charger handphone mereka. Dan dalam survei tersebut yang dilakukakn di daerah Jabodetabek. dan itu cukup untuk menerangi 755 rumah.

Dengan menghemat energi listrik kita bisa mencegah cepatnya arus pemanasan global yang berdampak besar pada anak cucu kita kelak.suhu di dalam dan di luar kulkas yang akhirnya akan menggunakan lebih banyak listrik. Posisikan kulkas di tempat yang sejuk. Rumah tangga menyumbangkan emisi CO2 yang dalam jumlah besar. . dan amatlah penting bagi kita untuk menyadari bahwa tindakan sederhana mampu berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan. tidak di dekat kompor / oven atau dimana matahari akan bersinar langsung di atasnya. Mungkin ini bisa dibilang hal kecil untuk mencapai hal yang besar.