You are on page 1of 6

Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM

Kelas/Semester : XII/ 1
Alokasi Waktu : 40 X 45 menit
Kode Kompetensi : IPA. 03
Standar Kompetensi (No) : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal (03)

Waktu Penilaian
Strategi Pembelajaran
(Menit)
Materi Pokok Pengalaman Belajar
Indikator Sumber
Kompetensi Dasar (Beserta Diluar Tatap Muka Bentuk Contoh
Ketercapaian Pengalaman Belajar Bahan Jenis tagihan
Uraiannya) (Dengan TM PS instrumen instrumen
(Tatap Muka) CTL
Memperhatikan Ctl
Dan Life Skill)
3.1.Mengidentifikasi  K  K  Dis  Men 4 4   Essay Terlampir
komponen omponen- omponen- kusi dan tanya gamati Buku IPA Tes Laporan
ekosistem komponen Komponen jawab tentang lingkungan Erlangg 
ekosistem ekosistem pengertian sekolah secara a Kls Laporan
diidentifikasi lingkungan dan berkelompok. XII pengamat
berdasarkan komponen  Men  an
lingkungan penyusunnya. catat makhluk Buku IPA
sekitar  Me hidup dan tak Yudhisti
 K nunjukkan hidup yang ada ra Kls
omponen komponen di lingkungan XII
biotik dan lingkungan sekolah. 
abiotik biotik dan  Men Internet
diidentifikasi abiotik dari gelompokkan 
berdasarkan hasil makhluk hidup Bahan
fungsinya. pengamatan dan tak hidup Lain
kelompok. dari hasil yang
 Me pengamatan. relevan
ndefinisikan
pengertian
komponen
biotik dan
abiotik serta

tentang peran maka nan Menganalisis komponen biotik  I bagaimana dan abiotik nteraksi antar pemecahan dalam komponen masalah kehidupan.  Mel akukan kajian pustaka untuk membedakan istilah-istilah habitat. komunitas. menyebutkan contohnya. 4 4  In teraksi  Me  J komponen. populasi. rantai makanan makanan dan parasitisme makanan  B dengan dengan kegiatan  M entuk menggunakan penelitian di engatasi interaksi antar gambar. dengan kasus misalnya  Mela menggunakan mewabahnya kukan praktikum konsep rantai hama tikus. berdasarkan Rantai-rantai jaring-jaring komensalisme. atau masalah komponen  Dis berdasarkan lingkungan biotik ajikan suatu studi literatur. lapangan. ekosistem. biosfer. .  Mem ngidentifikasi aring-jaring komponen bandingkan hubungan makanan ekosistem Interaksi antar proses makan dalam  Ja dan dimakan komponen biotik ekosistem ring-Jaring dalam rantai dalam bentuk diidentifikasi Makanan dan makanan dan mutualisme.

 D lokal. terhadap parasitisme pertumbuhan biji diidentifikasi kacang merah. dan tentang fungsi kehidupan biotik dan interaksi antar komponen biotik abiotik komponen dan abiotik dijelaskan biotik. an dalam skala regional. menggunakan pengaruh komensalisme konsep rantai intensitas cahaya . dan makanan. dalam kehidupan berdasarkan dengan cara data hasil membersihkan praktikum. regional. 3. melalui kegiatan penelitian di  P lapangan. biotik dalam tersebut misalkan bentuk dengan praktikum mutualisme.2 Menjelaskan  K  K  Iur 2  Essay konsep ondisi eseimbangan pedapat Tes Laporan keseimbangan lingkungan lingkungan tentang  lingkungan hidup  S permasalahan Laporan dijelaskan aling lingkungan pengamat pada tingkat Ketergantung yang terdapat an lokal. nasional dan ampak Over nasional dan global eksploitasi global . eran komponen  Dis  Men  P kusi dan tanya gaplikasikan biotik dan eran jawab tentang pemahaman abiotik dalam komponen fungsi. lingkungan dan menanam pohon-pohonan di sekolah.

 Pre sentasi hasil diskusi 4  B kelompok. Ekosistem  Mela 4 2  S  Me kukan kegiatan aling nunjukkan penelitian ketergantung komponen tentang Saling an antar biotik yang ada ketergantungan komponen di lingkungan antar komponen biotik dan sekolah.  P  A  Me  Mela 6 6  Essay kan AMDAL engertian MDAL ndiskusikan ksanaan praktik Tes Laporan AMDAL  K kualitas simulasi analisis  .3 Mendeskripsi.  Ta nya jawab hal- hal yang belum dipahami siswa. 3. biotik dan abiotik abiotik  Dis dijelaskan kusi kelompok berdasarkan tentang hasil hasil kegiatan percobaan penelitian. terhadap kualitas lingkungan dan kualitas hidup masyarakat sekitar. ahaya over  Me eksploitasi ndiskusikan ekosistem dampak over dijelaskan eksploitasi berdasarkan ekosistem dampaknya.

ampak Dampak  Me kegiatan ndiskusikan pembangunan tujuan. dan pengelolaanny rekomendasi a dijelaskan yang ingin secara tepat dicapai dengan  M adanya AMDAL etode sebelum me- Identifikasi lakukan Prakiraan dan pembangunan. Evaluasi  Me Dampak ndiskusikan dijelaskan petingnya dengan tepat AMDAL dilaukan  P secara obyektif. rosedur profesional. tertentu. dan prosedur.  D Evaluasi Indonesia. dan pelaksanaan cermat agar pengambilan memperoleh . dideskripsikan ebijakan lingkungan di mengenai Laporan berdasarkan Lingkungan di berbagai dampak pengamat lingkup suatu Indonesia daerah ditinjau lingkungan pada an kegiatan  D dari kenyaman suatu areal  K ampak hidup dengan ebijaksanaan kegiatan masyarakat karakteristik Lingkungan di pembangunan sekitar. Indonesia dan  Me  Men dijelaskan pengelolaanny mbahas gobservasi dalam a informasi langsung daerah hubungannya  M kebijakan dan yang telah dan dengan etode regulasi sedang dibangun kegiatan Identifikasi pengelolaan dan mempelajari pembangunan Prakiraan dan lingkungan di hasil AMDALnya.

data AMDAL rekomendasi dilakukan yang sesuai dengan benar dengan  F pembangunan aktor-faktor berkelanjutan yang harus yang diperhatikan berwawasan dalam lingkungan. . pelaksanaan AMDAL diidentifiksi berdasarkan praktik di lapangan.