You are on page 1of 7

Lembar Study HAZORP

UNIT FURNACE Q 220
Oleh: Nahalil
Dwi Octafiani

Node Parameter Kata Pembantu Penyebab Akibat Aksi yang dibutuhkan
Burner Bekerja Tidak 1.Malfungsi 1.Tidak terjadi pembakaran bahan 1.Maintanance berkala
2.Kehabisan Bahan 2. tidak terjadi pembentukan gas CS2 2. Pengecekan jumlah
Bakar Sehingga semua bahan yang masuk ke furnace terbuang bahan bakar berkala
sebagai waste pada waktu operasi
tertentu
Berlebihan 1.Kenaikkan Suhu 1. Terjadi Pemanasan berlebih pada furnace yang 1. Kontrol suhu
Operasi Furnace memungkinkan terjadi kerusakan furnace
2.Kelebihan Bahan 2.Furnace memberikan pemanasan berlebih yang tidak 2. Menyuplai bahan
bakar susai dengan suhu operasi sehingga reaksi pembentukan bakar sesuai dengan
CS2 menjadi lebih cepat dan aliran CS2 keluar menjadi kebutuhan
cepat
Saluran Aliran Tidak ada 1.Valve tertutup 1. Tidak ada aliran gas CS2 ke cyclone 1.Maintanace berkala
Gas CS2 mengalir ke Saluran B menuju waste pada valve
Tekanan dalam furnace bertambah karna akumulasi gas
CS2 yang berpotensi meledak
2.Tidak Terjadi 2.Gas CS2 tidak terbentuk 2.Pengecekan Burner
pembakaran pada
furnace
Lambat 1.Efisiensi 1.Gas CS2 yang dihasilkan sedikit, mengakibatkan 1. Service Funace,
pembakaran furnace konversi product kecil untuk menghilangkan
kecil berbagai penghambat
pemanasan
Cepat 1.Sebagian besar 1.Membebani furnace karena terjadi pemanasan 1. Suplai bahan bakar
bahan terbakar berlebihan, selain itu juga terjadi presuure drop yang tinggi disesuaikan dengan
sempurna pada saluran A tersebut kebutuhan
Saluran Aliran Tidak ada 1.ada hambatan 1. Akumulasi abu dan bahan yang tidak terbakar pada 1.Pembersihan saluran
Waste berupa bahan yang furnace B
tidak terbakar Beban kerja furnace bertambah besar

Memeriksa secara gas pada furnace 2. Tidak ada 2. Membuat ventilasi sirkulasi pada storage udara UNIT BALL MILL Node Parameter Kata Pembantu Penyebab Akibat Aksi yang dibutuhkan Aliran Aliran Tidak ada 1. Tidak terjadi 2.Mengecek stock feed Habis bahan baku masuk 2. Maintanance berkala tidak bekerja pada elevator Ball mill Bekerja Tidak 1. Panas dari 1. Proses pembakaran pada furnace tidak sempurna berkala untuk karena umpan belerang yang berukuran besar ball mill UNIT BLOWER G-221 Node Parameter Kata Pembantu Penyebab Akibat Aksi yang dibutuhkan Aliran Aliran Tidak ada 1. Saluran gas 1. kontrol prose reaksi proses yang terjadi pada pembentukan furnace gas CS2 . Proses produksi terhenti 1.UNIT STORAGE BELERANG Node Parameter Kata Pembantu Penyebab Akibat Aksi yang dibutuhkan Storage Suhu Tinggi 1. Elevator 2. Pemborosan listrik karena blower bekerja secara manual saluran gas masuk tertutup kontinyu pada furnace 2.Tidak ada proses produksi 1.Kerusakan bahan baku belerang 1. Tidak ada feed yang di perkecil ukurannya 1. Bahan Baku 1. Maintanace 2.Menggunakan atap sinar storage yang bukan matahari terbuat dari seng 2. Malfungsi 1.

Malfungsi 2. cepat 1. Tidak terjadi proses pemisahan gas CS2 dari 2. Blower malfungsi 1. Akumulasi gas pada cyclone valve gas 5. Tidak ada 3. Akumulasi gas CS2 pada furnace blower kotoran yang 2. proses pemisahan gas sangat cepat 1. Aliran feed 1. Maintance pada keluar pembentukan 4. Maintanace pengotornya berkala untuk cyclone Tekanan Tinggi 1. Blower malfungsi yang terjadi gas pada furnace berlangsung sehingga tidak sangat cepat berlangsung terlalu cepat 2. Kelebihan beban kerja pada blower 1. Tidak ada aliran gas menuju siklon berkala pada 2. Kontrol reaksi pembentukan 3. Maintanance beban kerja 2. tekanan dalam cyclone tinggi sesuai dengan masuk cepat beban kerja Cyclone Bekerja Tidak 1. Kenaikkan tekanan dan suhu 2. Proses produksi terhenti 1. Mengatur aliran feed gas terjadi sangat 2. Reaksi 1. Maintanance 3. Mengatur aliran gas sesuai dengan kemampuan blower Blower Bekerja Tidak 1. Valve tertutup pada furnace . Potensi Meledak aliran feed Aliran Aliran Tidak ada 2. Mengontrol tinggi 2. Kenaikkan beban kerja 1. Kelebihan 1. Terdapat 3. Mengatur aliran mengganggu gas sesuai kinerja dengan beban blower kerja blower UNIT CYCLONE H230 Node Parameter Kata Pembantu Penyebab Akibat Aksi yang dibutuhkan Aliran Aliran Cepat 1. Pembentukan 1.

Efisiensi pendinginan berkurang karena beban feed masuk yang suhu sangat kerja bertambah sesuai dengan tinggi kebutuhan operasi Rendah 2. Mngontrol suhu masuk memiliki 2. Daya pompa cw 1. Aliran feed 1. Proses pendingan berlangsung dengan lama 1. Maintanace berkala Tekanan Tinggi 2. Pemeriksaaan gas lambat 2. Aliran feed 1. Akumulasi gas valve 3. Kenaikkan tekanan dan suhu . Pemborosan daya listrik furnace Aliran Aliran Tidak ada 2. Overheated pada cooler 1. Valve tertutup 1. Tekanan dalam tinggi yang bisa dengan jumlah mengakibatkan retakan pada cooler berlebih (excess) Lambat 1.UNIT COOLER Node Parameter Kata Pembantu Penyebab Akibat Aksi yang dibutuhkan Aliran Aliran Tidak Ada 1. Penyedian air 3. Keterbatasan air mengkibatkan kenaikkan suhu sehingga CW proses overheated 2. Maintanance berkurang pompa 2. Menyuplai listrik yang cukup Tinggi 1. Valve tertutup 1. Tidak terjadi proses perpindahan panas 1.Maintance valve CW 2. pompa secara sehingga bekerja berkala terlalu keras Cooler Bekerja Tidak 1. Retak pada pipa cooler aliran feed Suhu Tinggi 1. Akumulasi panas pada cooler yang 1. Maintanance pompa CW kontak fluida yang singkat. Maintance pada keluar 2. Mengontrol tinggi 2. Proses pendingina tidak efisien karena waktu 1. Pembentukan 1. Malfungsi 2. Kenaikkan beban kerja 1. Proses produksi terhenti 1. Tidak terjadi proses pendingan gas CS2 1. Malfungsi 1.

Tidak ada aliran gas pembakaran ke cyclone 1.Valve tertutup 1.Membebani furnace karena terjadi pemanasan 1.Maintanance berkala 2.Tidak terjadi proses kalsinasi 1.Malfungsi 1.Kelebihan Bahan 2. Menyuplai bahan bakar sesuai dengan suhu operasi sehingga arang kayu bisa bakar sesuai dengan berubah menjadi abu kebutuhan Saluran Aliran Tidak ada 1. Service Funace. Pengecekan jumlah Bakar Sehingga semua bahan yang masuk ke furnace terbuang bahan bakar berkala sebagai waste pada waktu operasi tertentu Berlebihan 1.Tidak Terjadi 2.Sebagian besar 1.Gas sisa pembakaran tidak terbentuk 2.Efisiensi 1. konversi produk kecil 1. Tidak terjadi proses pengeringan arang kayu 2.Kehabisan Bahan 2. Tekanan dalam furnace bertambah karna akumulasi gas pada valve yang berpotensi meledak 2. Suplai bahan bakar bahan terbakar berlebihan. pembakaran furnace untuk menghilangkan kecil berbagai penghambat pemanasan Cepat 1. Terjadi pemanasan berlebih pada furnace yang 1. selain itu juga terjadi presuure drop yang tinggi disesuaikan dengan sempurna pada saluran A tersebut kebutuhan .Maintanace berkala Gas 2.UNIT FURNACE Q 210 Node Parameter Kata Pembantu Penyebab Akibat Aksi yang dibutuhkan Burner Bekerja Tidak 1.Furnace memberikan pemanasan berlebih yang tidak 2.Pengecekan Burner pembakaran pada furnace Lambat 1. Kontrol suhu Operasi Furnace memungkinkan terjadi kerusakan furnace 2.Kenaikkan Suhu 1.

Valve tertutup pada furnace . Tidak ada 1. Akumulasi gas pada cyclone yang disertai 3. Panas dari 1. Mengontrol aliran feed Aliran Aliran Tidak ada 1. Maintanance 2.Kerusakan bahan baku arang kayu 1. Tidak ada sirkulasi udara UNIT CYCLONE H-231 Node Parameter Kata Pembantu Penyebab Akibat Aksi yang dibutuhkan Aliran Aliran Cepat Pembentukan gas terjadi Tekanan dalam cyclone tinggi 2. Maintance pada keluar pembentukan kenaikkan tekanan dan suhu valve gas 4. Mengatur aliran feed sangat cepat sesuai dengan masuk beban kerja Cyclone Bekerja Tidak Malfungsi Tidak terjadi proses pemisahan gas 3.UNIT STORAGE ARANG KAYU Node Parameter Kata Pembantu Penyebab Akibat Aksi yang dibutuhkan Storage Suhu Rendah 1. Membuat ventilasi masuk pada storage 2.Menggunakan atap sinar storage yang bukan matahari terbuat dari seng tidak bisa 2. Maintanace berkala untuk cyclone Tekanan Tinggi Aliran feed tinggi Kenaikkan beban kerja dan berpotensi meledak 4.

Reaksi 1. Kontrol reaksi yang pembentukan gas 2. kontrol prose reaksi gas CS2 yang terjadi pada furnace cepat 2. Saluran gas pada 1. Kelebihan beban kerja pada blower 1. Proses produksi terhenti 1. Terdapat kotoran 3. Blower malfungsi terjadi pada furnace berlangsung sehingga tidak sangat cepat berlangsung terlalu cepat 2. Mengatur aliran gas sesuai dengan kemampuan blower Blower Bekerja Tidak 1. Tidak ada aliran gas menuju cooler berkala pada blower 3. Kelebihan beban 1. Pemborosan listrik karena blower bekerja secara manual saluran gas masuk 2.UNIT BLOWER G-231 Node Parameter Kata Pembantu Penyebab Akibat Aksi yang dibutuhkan Aliran Aliran Tidak ada 1. Blower malfungsi 1.Memeriksa secara gas cyclone tertutup 2. Tidak terjadi kontinyu pada furnace proses pemisahan 2. Mengatur aliran gas yang sesuai dengan mengganggu beban kerja blower kinerja blower . Akumulasi gas CS2 pada cyclone 2. Maintanance kerja 2.