You are on page 1of 6

Asuhan Keperawatan Aplikasi

NANDA
Silahkan berkunjung keblog saya, semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat memajukan dunia
keperawatan.
PRE PLANNING PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI CUCI
TANGAN YANG BENAR DI TK NEGERI PEMBINA P.REBA
Diposkan oleh Rizki Kurniadi

A. Latar Belakang
Sehubungan dengan hasil pengkajian komunitas kepada anak usia kanak-kanak yang telah
dilaksanakan Mahasiswa Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Propinsi Riau di TK Pembina
pada tanggal 11 juli 2011 didapatkan hasil bahwa dari 46 anak sekolah 26 diantaranya
mengalami masalah kebersihan . dan hasil wawancara kapada beberapa anak sekolah bahwa
mereka tidak mencuci tangannya menggunakan sabun setelah bermain, BAB, makan. Untuk itu
perlu diberikan penyuluhan tentang cara mencuci tangan yang benar.
Dari hasil kesepakatan bersama guru pengajar di TK PEMBINA P.reba bahwa pada
tanggal 12 juli 2011 diadakan penyuluhan dan demonstrasi tentang mencuci tangan yang benar
dengan menggunakan sabun.

B. Proses Keperawatan Komunitas
1. Tujuan Umum
Setelah mengikuti penyuluhan dan demonstrasi kesehatan, anak-anak mampu mengetahui
tentang cara mencuci tangan yang benar.

2. Tujuan Khusus
Setelah mengikuti penyuluhan dan demonstrasi kesehatan, kanak-kanak TK PEMBINA
P.Reba mampu :
a. Menyebutkan pengertian cuci tangan yang benar
b. Menyebutkan alasan harus mencuci tangan yang benar
c. Menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar
d. Menyebutkan cara cuci tangan yang benar
e. Menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar
f. Mempraktikkan cara cuci tangan yang benar

Pembukaan Ceramah 5 menit 2.30 s. Uraian Tugas .Reba 6. 3. Tanya jawab Diskusi 10 menit 5. Media dan Alat a) Infocus b) Leaflet 5. 12 juli 2011. Demonstrasi Praktek 15 menit 4. Persentasi Ceramah 10 menit 3. Acara Metode Waktu 1. Penutup Ceramah 5 menit D. Pelaksanaan Kegiatan 1. Susunan Kegiatan No. Waktu : 08. Metode a) Ceramah b) Praktek b) Tanya Jawab 4.Reba. 2. Setting Tempat Keterangan : : Moderator : : Presenter : Fasilitator : Anak-anak : Observer 7. Topik atau Judul Kegiatan Penyuluhan dan demonstrasi tentang cuci tangan yang benar. Waktu dan Tempat Hari/Tanggal : Selasa. Sasaran atau Target Kanak-kanak TK NEGERI PEMBINA P.30 WIB Tempat : Di lapangan TK PEMBINA P.C.d 09.

Persiapan a. Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan waktu yang direncanakan b.Anak-anak TK mampu menyebutkan pengertian cuci tangan yang benar b. Presenter : Anggun Sasmi Tugas : 1) Memberikan penyuluhan 2) Mempraktekkan bahan penyulahan d. Evaluasi Kegiatan 1. Evaluasi Hasil a. Observer : Meta Afriani Tugas : 1) Mengamati jalannya kegiatan 2) Menyimpulkan hasil kegiatan e. Fasilitator : Ardianto Aprilyoni dwi wulandari Bambang irawan Dwi santoso Elisa afrida holidin Herlina M. Penanggung Jawab : febri arda suryadi Tugas : Mengkoordinir acara b. 100 % Anak-anak TK hadir b. Peserta berperan aktif dalam pertemuan 3.Anak –anak TK mampu menyebutkan alasan harus mencuci tangan yang benar . Evaluasi Struktur a. Tempat dan alat tersedia sesuai dengan acara c. Moderator : Ika fitria sari Tugas : 1) Membuka acara 2) Menyampaikan tujuan 3) Kontrak waktu pelaksanaan 4) Memimpin jalannya kegiatan c. Evaluasi Proses a.Asmariansyah E. Peran dan tugas mahasiswa sesuai rencana 2.

Pengertian Cuci tangan yang benar adalah salah satu tindakan kebersihan diri dengan membersihkan tangan dan jari menggunakan air sabun untuk membersihkan dari kuman-kuman penyakit B. Anak-anak TK mampu menyebutkan cara.cara cuci tangan yang benar e. Cara Mencuci Tangan Yang Benar 1. Anak-anak TK mampu menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar d. Sabunkan sampai berbuih 3. Bersihkan kuku jari dengan cara menggaruk-garuk jari ketelapak tangan 6. Usapkan kedua telapak tangan hingga sabun benar-benar rata keseluruh telapak tangan 4. Air kotor banyak mengandung kuman dan bakteri penyakit C. Setelah bermain dan berolahraga 4. Sabun dapat membersihkan kotoran dan kuman karena tanpa sabun kotoran masih tertinggal ditangan 3. Sebelum memegang makanan 3. Setelah BAK dan BAB 6. Setelah buang ingus 5. Waktu Mencuci Tangan Yang Benar 1. Sebelum mengobati luka D. Air bersih yang mengalir dapat membersihkan kotoran dan kuman 2. Bilas tangan dengan air mengalir hingga hilang semua sabun . Setelah menyentuh hewan peliharaan 7. Basahkan rata kedua telapak tangan dengan air mengalir 2. Alasan Mencuci Tangan Dengan Sabun 1. Sebelum dan setelah makan 2. Ratakan sabun ke celah-celah jari. Anak-anak TK mampu menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar f. c. 5. Anak-anak TK mampu mempraktikkan cara cuci tangan yang benar MENCUCI TANGAN YANG BENAR A.

2. 3. Anak-anak TK mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar. Struktur . dilaksanakan selama ± 1 Jam.REBA 1. Tahap Pelaksanaan Acara dilaksanakan hari Selasa. Diare atau mencret 2.11 juli 2011setelah pre planning disetujui oleh CI. .12 juli 2011 pada pukul 08300 WIB. .Anak-anak yang hadir sebanyak 80 murid yang terdiri dari murid TK . tempat dan alat-alat lainnya disiapkan oleh anggota kelompok sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. moderator. Infeksi kulit LAPORAN HASIL KEGIATAN PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI KESEHATAN TENTANG CUCI TANGAN YANG BENAR DI TK NEGERI PEMBINA P. . observer dan fasilitator sesuai dengan perencanaan. Keringkan tangan menggunakan lap tangan E. penanggung jawab. Infeksi cacing 3. Pembuatan slide power point dimulai pada hari senin. Evaluasi a. Infeksi mata 4.Setting tempat sudah sesuai dengan rencana yang telah dibuat dan perlengkapan yang digunakan selama penyuluhan (slide power point dan alat peraga). Kemudian dilakukan pengecekan tugas masing-masing anggota. Akibat Tidak Mencuci Tangan 1.Peran mahasiswa sesuai dengan perencanaan. Pemberitahuan penyuluhan dilakukan pada tanggal 11 juli 2011 kepada para guru dan anak-anak TK Pembina. tersedia dan sudah digunakan sebagaimana mestinya. kendala yang ada dihadapi langsung oleh penanggung jawab kegiatan. Tahap Persiapan Tahap pesiapan dari kegiatan ini adalah pembuatan pre planning. persiapan penyajian slide power point dan alat peraga. 7. Acara dimulai dengan penyuluhan tentang mencuci tangan yang benar kemudian di praktekkan langsung oleh presenter. presenter.

Penggunaan bahasa sudah komunikatif dalam penyampaian.30 s. b.d 09.30 WIB sesuai dengan jadwal yang direncanakan. siswa-siswi cukup paham dengan apa yang disampaikan dan mahasiswa memfasilitasi murid selama jalannya penyuluhan. c. Hasil 1) 75 % siswa-siswi dapat menyebutkan tentang pengertian cuci tangan yang benar 2) 75 % siswa-siswi dapat menyebutkan alasan mencuci tangan yang benar 3) 50 % siswa-siswi dapat menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar 4) 50 % siswa-siswi dapat menyebutkan cara mencuci tangan yang benar 5) 50 % siswa-siswi dapat menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar 6) 100 % mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar . Proses Pelaksanaan kegiatan pukul 08. Anak-anak yang diberi penyuluhan mengikuti penyuluhan dari awal hinggga akhir. .