You are on page 1of 10

PENCATATAN DAN PELAPORAN

P2 DIARE
No. Dokumen :
No. Revisi :
SOP Tanggal Terbit :

Halaman :

UPT
PUSKESMAS dr. Prima Artha Tarigan
GUNUNG PUTRI NIP: 1963305151991032004

1. Pengertian Gambaran dan informasi tentang program pengendalian P2 diare
Sebagai informasi hasil pelaksanaan program P2 diare, identifikasi
2. Tujuan
masalah dan mengetahui keberhasilan program
Keputusan Kepala UPT Puskesmas Gunungputri tentang Kebijakan
3. Kebijakan
Pengelolaan dan Pelaksanaan Program UKM
4. Referensi Buku pedoman pengendalian penyakit diare. Kemenkes RI 2012
1. Alat dan Bahan
a. bolpoint
b. Komputer
c. Register harian penderita diare
d. ATK
2. Instruksi Kerja
5. Prosedur/ Langkah-
a. Pasien dengan diare dari dalam dan luar gedung di masukan ke
langkah
dalam register pasien diare
b. Pasien diare dalam dan luar gedung di laporkan perminggu
melalui laporan W2
c. Pasien diare dalam dan luar gedung di laporkan perbulan
melalui laporan bulanan P2 diare dan LB1
d. Laporan penderita diare di sajikan dalam bentuk grafik
6. Diagram Alir
1. Poli rawat jalan
2. UGD
7. Unit Terkait
3. Rawat inap
4. Posyandu

No Yang Diubah Isi Perubahan Tanggal Mulai Berlaku 8. Rekaman Historis Perubahan .

Dokumen : No.% Pelaksana/Auditor : ………………………….. Revisi : DAFTAR Tanggal Terbit : TILIK Halaman : UPT PUSKESMAS dr............. Prima Artha Tarigan NIP: 1963305151991032004 GUNUNG PUTRI No Kegiatan Ya Tidak 1 Apakah pasien dengan diare dari dalam dan luar gedung di masukan ke dalam register pasien diare? Apakah pasien diare dalam dan luar gedung di laporkan perminggu melalui 2 laporan W2? 3 Apakah pasien diare dalam dan luar gedung di laporkan perbulan melalui laporan bulanan P2 diare dan LB1? 4 Apakah laporan penderita diare di sajikan dalam bentuk grafik? CR : ............... ... PENCATATAN DAN PELAPORAN P2 DIARE No...........

Instruksi Kerja a. Termometer e. Timbangan d. Pasien datang ke Bp/ Bp anak/ Posyandu b. palpasi. Revisi : SOP Tanggal Terbit : Halaman : UPT PUSKESMAS dr. 2. 3. 1963305151991032004 Diare (bahasa Inggris: diarhea) adalah sebuah penyakit di saat tinja atau 1. Meja periksa 2. Atau tidak sadar. Dilakukan Pemeriksaan medis penderita diare yang meliputi: 1) Anamnese yang meliputi: 5. Dokumen : No. Prima Artha Tarigan GUNUNG PUTRI NIP. Alat tulis kantor b.Tentang 4. a) Inspeksi: Keadaan umum apakah lemas. Stetoskop c. Pengertian feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Mengantuk. darah. Lunglai. Kemenkes RI 2012 1. . f) Tanyakan apakah ada muntah g) Tanyakan apakah anak mau minum h) Tanyakan apakah anak ada kejang 2) Lakukan pemeriksaan inspeksi. DIARE No. Alat dan Bahan a. Tujuan gejala . Prosedur/ Langkah. Kebijakan Keputusan Kepala UPT Puskesmas Gunungputri No…. tingkat dehidrasi dan mampu menghitung kebutuhan cairan. auskultasi. Sebagai acuan tatalaksana penderita GE agar petugas menyatakan tanda . a) Tanyakan kapan mulai diare langkah b) Tanyakan berapa kali Bab dalam 24 jam c) Tanyakan pengobatan apa yang telah di berikan d) Tanyakan apakah ada panas e) Tanyakan apakah ada lendir. dan perkusi dengan teliti. Referensi Buku Pedoman Penanggulangan Diare. lesu.

nadi. tensi 4) Tegakkan diagnosa non spesifik. RENCANA THERAPY A UNTUK MENGOBATI DI RUMAH Gunakan rencana ini untuk mengajari Ibu 1. Teruskan mengobati anak diare. bila terkena diare lagi MENERANGKAN 5 LANGKAH TERAPI DIARE. 2. .haus ) minum minum banyak Turgor Kembali cepat Kembali lambat Kembali sangat lambat 6) Berikan terapi sesuai protap diare Rencana terapi A ( diare tanpa dehidrasi ) A : Pengganti Cairan ( dgn Oralit. nyeri tekan. Sadar Gelisah. amuba 5) Klasifikasikan apakah diare tanpa dehidrasi. b) Apakah terlihat haus. air tajin. dengann cara diberi minum bila haus minum dengan lahap c) Palpasi: apakah ubun –ubun cekung.) ASI tetap dilanjutkan. basiler. Rewel Lesu. dehidrasi ringan – sedang dan dehidrasi berat Dehidrasi Tanpa Dehidrasi Penilaian Ringan / Dehidrasi Berat Sedang Lihat K. mata cekung. Berikan pengobatan awal. air sayuran. makan tetap.U Baik .ingin Tidak bisa ( tdk. Lunglai atau Tidak Sadar Mata Normal Cekung Sangat cekung dan kering Air mata Ada Ada Tidak ada Mulut & Lidah Basah Kering Sangat Kering Rasa Haus Minum biasa Haus. dirumah. d) Cek turgor kulit e) Auskultasi : bagaimana bunyi bising usus f) Perkusi: apakah ada kelainan usus 3) Lakukan pemeriksaan suhu. DIRUMAH 1. RR. Beri anak cairan lebih banyak dari biasanya.

Berikan makanan kaya kalium seperti buah segar. Berak berdarah g. Tidak membaik dalam 3 hari . Timbul demam f. Untuk membawa kembali ke petugas kesehatan bila: a. Tambahkan 1-2 sendok teh minyak sayur setiap porsi makan c. Nasehati ibu atau pengasuh 6. Beri makanan sesuai umur anak dengan menu sama pada waktu anak sehat b. Sangat haus d. Beri oralit sampai diare berenti. Ajari ibu cara mencampur oralit 2. Anak harus diberi 6 bungkus oralit (200ml) di rumah bila: 1) Telah diobati dengan terapi B atau C 2) Tidak dapat kembali kepada petugas jika diare memburuk f. a.pisang. Makan dan minum sangat sedikit e. Teruskan asi lebih sering dan lebih lama b. beri susu yang biasa di minum dan oralit atau cairan rumah tangga sebagai tambahan ( kuah sayur. Berak cair lebih sering b. Beri anak makanan untuk mencegah kurang gizi a. Beri obat Zink Beri Zink 10 hari berturut-turut walaupun diare sudah berhenti Dapat diberikan dengan cara di kunyah atau dilarutkan dalam 1 sendok air matang atau asi 1) Umur < 6 bulan di beri 10 mg (1/2 tablet) perhari 2) Umur > 6 bulan diberi 20mg ( 1 tablet) perhari 3. Anak yang mendapat asi eksklusif. beri oralit atau air matang sebagai tambahan c.kolera dll 5.air matang dsb ) d. Anak yang tidak mendapat asi ekslusif.air kelapa hijau d. Setelah diare berenti beri makanan yang sama dan makanan tambahan selama 2 minggu 4. Antibiotika di berikan sesuai indikasi misal disentri. Beri makan lebih sering dari biasanya dengan porsi lebih kecil ( setiap 3-4 jam) e. Muntah berulang c. bila muntah tunggu 10 menit dan dilanjutkan sedikit demi sedikit 1) Umur < 1 tahun di beri 5-100 ml setiap berak 2) Umur > 1 tahun di beri 100-200 ml setiap berak e.air tajin.

Periksa dari waktu kewaktu bila ada masalah d. Bujuk ibu untuk meneruskan asi c. hentikan pemberian oralit dan berikan air masak atau asi e. Berikan oralit 6 bungkus untuk persediaan di rumah c. Oralit yg diberikan 3 jam pertama.ganti ke rencana A bila dehidrasi telah hilang. Bila tidak ada dehidrasi. Beri obat zink selam 10 hari berturut-turut AMATI DENGAN SEKSAMA DAN BANTU IBU MEMBERIKAN ORALIT a. Bila anak menginginkan lebih banyak oralit berikan b. Bila tanda menunjukan dehidrasi ringan / sedang. Bila berat badan anak tidak diketahui dan atau untuk memudahkan di lapangan.B ATAU C UNTUK MELANJUTKAN TERAPI a. KEMUDIAN PILIH RENCANA TERAPI A. Berika sedikit demi sedikit tapi sering dari gelas c. Untuk anak > 6 bulan. Oralit yg diberikan dgn mengalikan Berat badan penderita ( kg ) dgn 75 ml. Tunjukan jumlah oralit yang harus di habiskan dalam terapi 3 jam dirumah b. Untuk bayi < 6 bulan yang tidak mendapat asi berikan juga 100- 200 air masak selama masa ini d. ganti dengan rencana terapi C BILA IBU HARUS PULANG SEBELUM SELESAI RENCANA TERAPI B a.susu dan sari buah d.ulangi rencana terapi B c. Jelaskan 5 langkah Rencana terapi A untuk mengobati anak dirumah .Rencana terapi B ( diare dehidrasi ringan – sedang ) 1. 2. tunda pemberian makanan tambahan selama 3 jam kecuali asi e. Bila tanda menunjukan dehidrasi berat. Tunjukkan jumlah cairan yang harus diberikan b. Bila kelopak mata anak bengkak. Beri oralit sesuai rencana terapi A bila pembengkakan telah hilang SETELAH 3-4 JAM NILAI KEMBALI ANAK MENGGUNAKAN BAGAN PENILAIAN. berikan oralit paling sedikit sesuai tabel dibawah ini : Umur <1 thn 1-4 thn > 5 thn Dewasa Jumlah 300 ml 600 ml 1200 ml 2400 ml Oralit a. anak biasanya kencing kemudian mengantuk dan tidur b. 3. Anak mulai diberikan makanan.

Poli rawat jalan 2. d. Rekaman Historis Perubahan . Diagram Alir 1. UGD 7. Teruskan kekanan. Rencana terapi C ( diare dehidrasi berat ) Ikuti arah anak panah. Posyandu No Yang Diubah Isi Perubahan Tanggal Mulai Berlaku 8. bila jawaban dari pertanyaan : Ya. Rawat inap 4. Unit Terkait 3. Bila tidak teruskan ke bawah 6.

RR... Prima Artha Tarigan PUSKESMAS NIP: 1963305151991032004 GUNUNG PUTRI No Kegiatan Ya Tidak 1 Apakah pasien datang ke Bp/ Bp anak/ Posyandu? Apakah petugas melakukan anamnese?meliputi a. Tanyakan berapa kali Bab dalam 24 jam c. Tanyakan apakah ada muntah g. . tensi? 4 Apakah petugas menegakkan diagnosa non spesifik... Tanyakan apakah anak ada kejang Apakah petugas melakukan pemeriksaan inspeksi..% Pelaksana/Auditor : ………………………….. DIARE No..... Dokumen : No.. nadi... palpasi. Tanyakan apakah ada panas e... 6 dehidrasi ringan – sedang dan dehidrasi berat? 7 Apakah petugas memberikan terapi sesuai protap diare? Apakah petugas menerangkan 5 langkah terapi diare.. Tanyakan apakah ada lendir... darah..... dirumah? 8 Apakah petugas mengamati dengan seksama dan bantu ibu memberikan 9 oralit? CR : ... Tanyakan pengobatan apa yang telah di berikan 2 d. basiler.... dan 3 perkusi dengan teliti? Apakah petugas melakukan pemeriksaan suhu...... auskultasi.. Revisi : DAFTA Tanggal Terbit : R TILIK Halaman : UPT dr... Tanyakan kapan mulai diare b... Tanyakan apakah anak mau minum h.. amuba? 5 Apakah petugas mengklasifikasikan apakah diare tanpa dehidrasi.. f.