You are on page 1of 4

DOKUMEN USULAN TEKNIS

FASILITAS PENDUKUNG BAB
13

Untuk mendukung kelancaran kegiatan pekerjaan Perencanaan Pekerjaan Lintasan Sintesis
Lintasan Lari di Stadion Utama Sangatta. maka diperlukan beberapa sarana dan prasarana
baik di kantor maupun di lapangan. Adapun sarana dan prasarana yang dimaksud adalah
sebagai berikut :

13.1. UMUM

Berbagai peralatan dan fasilitas pendukung yang diperlukan untuk melaksanakan
pekerjaan ini tidak disediakan oleh Pemberi Tugas. Berbagai peralatan dan fasilitas
pendukung yang diperlukan itu harus disediakan sendiri oleh Konsultan sesuai
dengan kebutuhannya. Biaya penggantian akan diberikan oleh Pemberi Tugas sesuai
dengan item-item yang disebutkan di dalam Kontrak Pekerjaan. Meskipun Konsultan
tidak memasukkan dalam penawaran harga pekerjaan dan nantinya tidak terdapat di
dalam item kontrak pekerjaan, tetapi bila dalam implementasi pekerjaan memang
benar-benar diperlukan maka Konsultan akan menggunakan peralatan atau fasilitas
lain yang dimilikinya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan dan penyelesaian
pekerjaan tanpa meminta biaya tambahan dari Pemberi Tugas.

13.2. PERALATAN DAN FASILITAS PENDUKUNG

Dalam melaksanakan pekerjaan layanan jasa konsultansi ini akan dibutuhkan
beberapa peralatan dan fasilitas pendukung sebagai berikut :
a. Kantor kerja / studio di Samarinda ;
b. Staf Pendukung (Supporting Staff ) ;
c. Peralatan dan perlengkapan kantor ;
d. Telekomunikasi ;
e. Penggandaan laporan dan dokumen ;
f. Alat transportasi ;
g. Perjalanan dinas ; serta
h. Tunjangan perumahan dan akomodasi.

XIII - 1

PENGGANDAAN LAPORAN DAN DOKUMEN Sebagaimana dijelaskan di dalam KAK. Beberapa peralatan dan bahan yang tidak diwajibkan dalam KAK maupun BOQ adalah merupakan inovasi konsultan. adalah sebagaimana dijelaskan pada tabel di bawah ini : Lokasi dan Waktu Perkiraan Jumlah Personil Perkiraan Waktu Tenaga Sub Ahli Total Jumlah Luas No. Selanjutnya Jadual Peralatan disajikan pada Tabel 13. elaborasi dan pengolahan data. adalah sebagaimana dijelaskan di Bab X dalam Dokumen Penawaran Teknis ini.5 10 20 30 150 di Samarinda 13.7. 13. facsimile dan internet yang akan dipergunakan untuk manajemen proyek dan koordinasi dengan pihak Pemberi Tugas serta pihak- pihak terkait lainnya. maka dalam pelaksanaan pekerjaan ini juga akan diperlukan jasa kurir / pos. Konsultan memerlukan ruangan dengan luas tertentu sebagai kantor kerja / studio Tim Konsultan di Samarinda. Dalam hal yang demikian. KANTOR KERJA / STUDIO DI SAMARINDA Dalam melaksanaan kegiatan-kegiatan koordinasi.6. STAF PENDUKUNG (SUPPORTING STAFF) Staf Pendukung yang diperlukan untuk mendukung kelancaran kerja Tim Konsultan. Lokasi Tenaga Ahli (bulan) dan Pendukung Personil Kantor (m2) Ruang Kerja / Studio 1 1.1. Konsultan akan menggandakan laporan- laporan dan dokumen seperti dijelaskan di Bagian L dalam Dokumen Penawaran Teknis ini. DOKUMEN USULAN TEKNIS 13. Beberapa peralatan yang diperlukan dan tidak tercantum dalam KAK maupun RAB adalah merupakan inovasi konsultan untuk mendukung terlaksananya seluruh pekerjaan 13. 13. XIII . TELEKOMUNIKASI Alat komunikasi yang akan dipergunakan oleh Konsultan di kantor kerja / studio antara lain adalah pesawat telepon.4. kompilasi.3. Selain itu dalam rangka menunjang keperluan komunikasi. serta kajian dan analisa untuk keperluan pekerjaan ini. PERALATAN DAN PERLENGKAPAN KANTOR / STUDIO Berbagai peralatan dan perlengkapan yang diperlukan untuk kegiatan di kantor/ studio dan kegiatan di lapangan.5. Inovasi (pengadaan) tersebut dipandang perlu untuk dapat menunjang pelaksanaan pekerjaan. Sebagai pendekatan untuk mengetahui keperluan luas ruangan kerja bagi seluruh anggota Tim Konsultan.2 . konsultan tidak akan membebankan dalam RAB.

3 . XIII . DOKUMEN USULAN TEKNIS Jika dipandang perlu oleh karena kebutuhan dalam rangka mendukung pelaksanaan pekerjaan Perencanaan Pekerjaan Lintasan Sintesis Lintasan Lari di Stadion Utama Sangatta konsultan akan memobilisir peralatan dan perlengkapan lain dengan tanpa membebani RAB.

5 C.5 5 Camera Digital Bh/Hr 1 x 0.5 4 Bak Ukur Bh/Hr 1 x 0. JADUAL PERALATAN PENDUKUNG Perencanaan Pekerjaan Lintasan Sintesis Lintasan Lari di Stadion Utama Sangatta Bulan Ke …… 2015 No.4 .5 2 Kendaraan Ronda 2 (dua) Bh/Hr 4 x 1.5 3 Printer Unit/Bln 2 x 1.5 4 Telepon / Faxcimille Unit/Bln 1 x 1.5 2 Komputer Unit/Bln 2 x 1. DOKUMEN USULAN TEKNIS Tabel 13. Nama Peralatan Satuan Kuantitas I II Ket.5 Keterangan : Pemakaian Kontinu Inovasi Konsultan & Pemakaian Temporer Sesuai Kebutuhan XIII . Kendaraan 1 Kendaraan Ronda 4 (empat) Bh/Hr 1 x 1.5 2 GPS Bh/Hr 1 x 0. Peralatan Survey 1 Total Station / Theodoloite Bh/Hr 1 x 0.5 3 Roll Meter Bh/Hr 1 x 0. 1 B.1.0 6 Camera Digital Ls. Peralatan Kantor / Studio 1 Kantor Unit/Bln 1 x 1. 1 2 3 4 1 2 A.5 5 Ploter Unit/Bln 1 x 1.