You are on page 1of 9

RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) TEMATIK

Nama Sekolah : SDN SUKATANI 2
Kelas / Semester : 2/2
Tema : Lingkungan
Waktu : 4 minggu

Standar Kompetensi
B. Indonesia
Berbicara
 Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda
dan bercerita.
 Menulis
 Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi
anak.
Matematika
 Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
 Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana.
IPA
 Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-
hari dan kegunaannya.
 Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
IPS
 Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan
tetangga.
SBK
 Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui
kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa.
 Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya
melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
 Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang
terapung.

Kompetensi Dasar
B. Indonesia
 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan
menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.
 Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-
kata sendiri

 Siswa dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia.  Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.  Siswa dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman. Tujuan Pembelajaran** B.  Mengenal sudut bangun datar.  Siswa dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.  Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi.  Mengelompokkan bangun datar.  Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru.  Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.  Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya. siang dan sore hari.  Melakukan operasi bilangan campuran. IPA  Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas. IPS  Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga. cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar. SBK  Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.  Berkreasi dengan cat warna.  Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.  Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga. Indonesia  Siswa dapat menirukan gerak dan suara binatang. Matematika  Siswa dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang.  Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari- hari.  Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga. Matematika  Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.  Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis. listrik.  Mengekpresikan diri dengan penampilan musik. .  Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.

siang dan sore hari.  Perkalian dan pembagian. SBK  Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi.  Menceritakan pengalaman.  Mendeklamasikan puisi.  Lingkungan alam dan buatan.  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) Materi ajar (materi pokok)  Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan.  Siswa dapat memperagakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.  Siswa dapat menjelaskan cara pembuatan cat warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya.  Bangun datar dan unsure bangun datar.  Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.  Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi. sisi.  Sumber panas dan energi serta kegunaannya. . sumber energi yang menghasilkan panas.  Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian  Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.  Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar. menggambar bangun datar dengan titik sudut. garis. IPA  Siswa dapat mencari sumber bunyi alat yang menghasilkan bunyi. IPS  Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga. sumber energi yang menghasilkan cahaya.  Siswa dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.  Siswa dapat menentukan.  Siswa dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi  Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi.  Siswa dapat memainkan alat musik ritmis. siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang.

tes awal pelajaran. tanya jawab. diskusi. Kegiatan awal Apresepsi/ Motivasi : merapikan siswa. Indonesia. memberikan penguatan dan penyimpulan C. ceramah. Matematika.  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis. guru:  Mengungkapkan cirri tumbuhan dan hewan serta tempat hidupnya melalui bacaan atau cerita yang tersedia.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis. pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. 3 x 35’  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. mengabsen. sumber energi di lingkungan sekitar. Kegiatan inti Minggu ke I (B. secara individual maupun kelompok.  Membuat gambar cetak tinggi.  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas.  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar. Langkah-langkah A. IPA). menganalisis.  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. B.  Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang. berbaris dan berdo. latihan.  Mendengarkan video tentang sumber energi dan kegunaannya  Melalui penjelasan guru diharapkan siswa mengerti dan paham serta dapat menyebutkan sumber bunyi.a. Metoda pembelajaran  Demontrasi. energi yang sering digunakan. seni musik.  memberi kesempatan untuk berpikir. menyelesaikan masalah. guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas- tugas tertentu yang bermakna. Kegiatan akhir . pemberian tugas. dan bertindak tanpa rasa takut. mengatur tempat duduk.

 Memberikan tugas atau PR Alat dan sumber :  Buku paket  Alat peraga  Media cetak  Media elektronik  Lingkungan sekitar  Kreatifitas guru Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Contoh Instrumen Instrumen B. Dalam kegiatan akhir. benda. dengan pilihan kata runtut. Indonesia  Menirukan gerak dan suara tertulis. secara rinci baik itu nama- suaranya. tumbuhan dan binatang  Jelaskan cirri-ciri secara rinci baik itu nama. yang didengar menggunakan  Ceritakan kembali cerita kata-kata sendiri. lisan. tempat hidupnya. guru:  Mengadakan tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan. tumbuhan dan binatang nama cirri khasnya.  Bagaimana cara Menirukan binatang tertentu. skala sikap. yang didengar  Menuliskan kalimat yang menggunakan kata-kata didiktekan guru dengan kata sendiri. didiktekan guru dengan  Melengkapi cerita tentang kata yang berhubungan data keluarga dengan kata dengan tumbuhan dan . nama cirri khasnya. tumbuhan oleh  Jelaskanlah cirri-ciri benda.essay.  Jelaskanlah pertanyaan  Menceritakan kembali cerita tentang isi cerita.  Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis. teman dan teman lainnya  Menjawab pertanyaan menebaknya. lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.  Mendeskripsikan cirri-ciri dengan pilihan kata runtut. isian. seorang teman dan teman tumbuhan oleh seorang lainnya menebaknya. tentang isi cerita. tempat hidupnya. yang berhubungan dengan  Tuliskan kalimat yang tumbuhan dan binatang. gerak dan suara binatang  Menjelaskan cirri-ciri perbuatan portofolio tertentu. suaranya. Indonesia B.

segitiga. segi empat.mengelompokkan pembagian sampai 50 bilangan datar.  Hitungkanlah secara cepat  Menggunakan bangun datar perkalian dan pembagian menurut ukurannya. menurut dengan berbagai cara. sebanyak 5 kalimat. menurut ukurannya.  Menulis karangan sederhana  Tuliskanlah karangan tentang kesukaan / ketidak dengan melanjutkan sebuah sukaan dengan tulisan yang cerita yang sudah rapi dan kecepatan tertentu. bilangan datar. bangun persegi. menurut sisi. pekerjaan dan nama  Menyalin kalimat cetak anggota keluarga dengan menjadi tegak bersambung menggunakan huruf kapital sebanyak 5 kalimat.  Bagaimana cara bunyi dan cahaya melalui Menggambar dan membuat alat rumah tangga. yang tepat.  Menulis karangan dengan  Salinkanlah kalimat cetak melanjutkan sebuah cerita menjadi tegak bersambung yang sudah disediakan. sampai 50 dengan berbagai Matematika cara.mengelompokkan datar yaitu titik sudut. segitiga. datar yaitu titik sudut.  Tentukan unsure-unsur IPA bangun datar yaitu sudut.  Menulis nama orang tua. bentuknya.  Menentukan unsure-unsur  Hitungkanlah bangun datar bangun datar yaitu sudut.  Jelaskanlah cerita tentang pekerjaan dan nama anggota data keluarga dengan kata keluarga dengan yang tepat. . menggunakan huruf kapital  Tuliskanlah nama orang dan tanda baca. bilangan sampai  Jelaskanlah pakta 50. Matematika  Tuliskanlah karangan  Mengingat pakta perkalian sederhana tentang sampai 50 dengan berbagai kesukaan / ketidak sukaan cara.  Mencari sumber panas. bentuknya. sisi. disediakan. dengan menunjukkan sudut. persegi panjang garis. dengan tulisan yang rapi  Mengingat pakta pembagian dan kecepatan tertentu. binatang.  Jelaskanlah pakta perkalian  Menghitung secara cepat sampai 50 dengan berbagai perkalian dan pembagian cara.  Menggambar dan membuat  Tentukanlah unsure bangun bangun persegi. dan tanda baca. bilangan sampai  Menentukan unsure bangun 50. tua. garis.

bunyi dan cahaya melalui  Memberi alasan penggunaan alat rumah tangga.  Memberi contoh jenis energi IPA yang sering digunakan  Sebutkanlah sumber panas. siang digunakan sehari-hari.  Memnuat karya gambar  Ceritakan pengalaman cetak ekpresi dengan membersihkan lingkungan . sore hari. dan sore hari. hari. matahari dengan baying. kita. tentang diri sendiri. diri sendiri. siang dan menggunakan energi.  Jelaskanlah alasan  Menceritakan adanya penggunaan jenis energi hubungan antara kedudukan listrik. dengan baying-bayang  Memperagakan peran yang terbentuk. lingkungan alam di sekitar  Peragakan peran tentang kita. matahari pagi. Mencari contoh alat rumah segi empat. jenis energi listrik. sudut. SBK  Sebutkanlah contoh cara  Membuat karya gambar memelihara dan menjaga cetak ekpresi dengan lingkungan alam di sekitar berbagai motif imajinatif. panas dan cahaya matahari  Bedakan panas matahari dalam kehidupan sehari. IPS  Ceritakan adanya  Mengungkapkan hubungan antara pengalaman diri sendiri dan kedudukan matahari keluarga.  Jelaskan kegunaan panas  Menceritakan keadaan dan cahaya matahari dalam lingkungan alam dan buatan kehidupan sehari-hari. sehari-hari. persegi panjang tangga yang menggunakan dengan menunjukkan energi. buatan di sekitar rumah. siang dan  Menjelaskan kegunaan sore hari. IPS  Memberikan contoh cara  Ceritakan pengalaman diri memelihara dan menjaga sendiri dan keluarga.  Ceritakan kedudukan bayang yang terbentuk. di sekitar rumah. siang dan sore hari.  Sebutkanlah contoh jenis  Membedakan panas energi yang sering matahari pada pagi.  Menceritakan pengalaman  Ceritakan keadaan membersihkan lingkungan lingkungan alam dan di sekitar rumah.  Sebutkanlah contoh alat  Menceritakan kedudukan rumah tangga yang matahari pagi. pada pagi.

berbagai cetakan dari bahan di sekitar rumah. Aspek Kriteria Skor 1. Partisipasi * aktif berpartisipasi 4 * kadang-kadang aktif 2 * tidak aktif 1 3. berbagai motif imajinatif.  Jelaskanlah cara mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.  Mengatur komposisi ukuran  Jelaskanlah karya gambar bahan dan alat pembuatan cetak ekpresi dengan cat warna dan bahan alam. Performansi No. . Kriteria Penilaian 1. Kerjasama * bekerjasama 4 * kadang-kadang kerjasama 2 * tidak bekerjasama 1 2.  Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan. memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar. alam. Produk ( hasil diskusi ) No. SBK  Memainkan alat musik  Jelaskanlah karya gambar ritmis dengan cara yang cetak ekpresi dengan benar. Aspek Kriteria Skor 1. pembuatan cat warna dari  Jelaskanlah cara bahan alam dan buatan. Konsep * semua benar 4 * sebagian besar benar 3 * sebagian kecil benar 2 * semua salah 1 2. berbagai cetakan dari  Mendemontrasikan cara bahan alam. Lembar Penilaian Performan Jumlah No Nama Siswa Produk Nilai Kerjasama Partisipasi Skor 1.

Sebutkan 3 sumber energy! 2. 3.S. 5. Apa kegunaan Aki? . Apa kegunaan dari lampu listrik? 5. 9. Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10. 7. 2.Pd ) ( WANGU MARIA RAFAELA) NIP : 196003111979121002 NIP: 196009221982032006 Kerjakan soal di bawah ini dengan benar! 1. 8. Mengetahui Depok. 2 Mei 2017 Kepala Sekolah SD Guru Tematik Kelas II ( WAHYU HS. 4. 6. Sebutkan 3 contoh energy panas! 4. Apa kepanjangan dari PLN? 3.