You are on page 1of 5

Inspirasi Annisaa

Rumah Cantik Annisaa 2017

“Merancang Kehidupan 10 Tahun Kedepan”

Nama Peserta : Eti Sumiyati

Tanggal Lahir : Sumedang, 26 Juni 1996

Instansi/Lembaga : Universitas Padjadjaran

No. Hp : 08888579858

Alamat Rumah : PerumBMI II BlokA3No.99

Dawuan Barat Cikampek

Karawang 41373

Alamat email : etisumiyati46@gmail.com

1991). Tatap masa depan dengan usaha keras(attaubah 105) Muslimah merancang kehidupan :sebagai seorang ibu Faktoryang mempengaruhi kebahagiaan Jadikan setiap detik menjadi ladang kreasi. dalamMcCabe & Barnett. otak dan pikiran kita akan berkembang dan hidup.tapi tetap teguhkan niatmuuntukmelanjutkan perjalanan hingga akhirnya sampai ditujuan akhir hidupkita dengan elegan dan berwibawa.standarnya allah Dalil ttg masa depan Al hasyr : 18 Attaubah 105 1. Merancang kehidupan seorang muslimah ? Siapa takut Oleh : Eti Sumiyati Myers. Kenali diri sendii. Ikhlas (albaqarah :112) 3. Merancang kehidupan 10 thun mendatang. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Clausen juga menunjukkan bahwa remaja yang memiliki tujuan masa depan yang jelas. kemandirian. Cowen. karir. Dan kemudikan ia dengan perlahan namun pasti. pernikahan.2000). .2000) serta memiliki penyesuaian sosioemosional yang positif dan locus of control yang internal (Wyman.memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami mobilitas sosial ke arah yang lebih baik (Clausen dalam McCabe & Barnett. & Kerley. Sehingga seiring berjalannya waktu. misalnya menyangkut pendidikan.Little dan Robbinson (1958) mengatakan bahwa memikirkan masa depan bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan ketika kita mulai membayangkan diri dan teman-teman. lingkungan dimasa yang akan datang mulai muncul dalam pemikiran individu ketika mencapai usia 10-11 tahun (Nurmi. Ikuti rambu dan janganlajkamu kemudikan iatanpa arah sehingga kamu tersesat. Perencanaan akan masa depan. Boleh saja berhenti sejenak di tengah perjalanan hanya untuk mengisi bensin ataupun sekedar melepaslelah. Jadikan hidup terarah. Tatap masa depan dengan keimanan ketaqwaan dan amal shaleh 9ali imran 139) 2. Work. Itulah surga. Tetap ingat tujuan akhir perjalanan itu.

terdapat kesenangan dan ketenteraman hidup baik lahir dan bathin. kesehatan. Faktor2 yh mempengaruhi kebahagiaan. pikiran kita akan mengembang.Muslimah. keterlibatan dalam kegiatan agama. Sehingga semakin berjalannya waktu. agama. Ikuti rambu dan janganlah kamu kemudikan ia tanpa arah sehingga kamu tersesat. psikologis. Ada berbagai pendekatan dalam usaha untuk memahami arti kebahagiaan. status perkawinan. optimisme. Tetap ingat tujuan akhir perjalanan itu. Indeks kebahagiaan. Tapi tetap teguhkan niatmu untuk melanjutkan perjalanan hingga akhirnya sampai di tujuan akhir hidup kita dengan elegan dan berwibawa. Dan kemudikan ia dengan perlahan namun pasti. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990) disebutkan bahwa kebahagiaan adalah perasaan bahagia. Dalil. kebebasan demokrasi. Sejauh ini memang definisi kebahagiaan bisa menjadi sangat begitu subjektif dan berbeda-beda pada bagi setiap orang. para peneliti juga telah mengidentifikasi beberapa atribut yang berkorelasi dengan kebahagiaan diantaranya adalah hubungan dan interaksi sosial. Selain itu. pendapatan ekonomi dan kedekatan dengan orang bahagia lain. Banyak faktor yang mempengaruhi pada tinggi rendahnya tingkat kebahagiaan. Jadikan setiap detik menjadi kreasi. dan filsafat yang telah berusaha untuk mendefinisikan kebahagiaan dan mengidentifikasi darimana sumber kebahagiaan tersebut. Siapa yang tidak ingin bahagia? Tentu saja semua manusia yang normal ingin memperoleh kebahagiaan tersebut. Itulah surga. Misalnya pendekatan biologis. Boleh saja kamu berhenti sejenak di tengah perjalanan hanya untuk mengisi bensin atau melepas lelah. Jadikan hidup terarah. . pekerjaan. Merancang kehidupan yang bahagia muslimah.

posisinya cuma di peringkat 13. kita sebagai warga Negara perlu berupaya untuk mencapai peningkatan kebahagiaan pribadi masing- masing melalui berbagai faktor yang berada dalam kendali kita. Dan negara paling tidak berbahagia adalah Burundi. kebebasan berpendapat. Untuk mencapai kebahagiaan tidak hanya sekedar berangan-angan dan tenggelam dalam buaian mimpi indah semata. . Yunani. dan Afghanistan. Denmark selama tiga tahun terakhir selalu memuncaki daftar ini. karena dilanda perang serta gangguan keamanan. disusul Swiss. ekonomi. Beberapa hal yang menjadi poin utama dalam kuisionernya yaitu pendapatan per kapita. yang berada di posisi 83. Posisi kebahagiaan penduduk Indonesia tersebut lebih rendah dibanding Singapura (22). Amerika Serikat pun. posisi Indonesia melorot lima peringkat dibanding survei 2015. Togo. yang dilakukan melalui metode wawancara telepon maupun tatap muka. Dengan peringkat ke-79 tersebut tentu saja menunjukkan bahwa warga Negara Indonesia masih belum dapat merasakan kebahagiaan dengan baik. Negara yang tidak mengalami pembedaaan berdasarkan SARA. Thailand (33) atau Malaysia (49). yaitu berada di urutan 79 dunia. Pada laporan tahun 2016. jaminan sosial. serta Kanada. Namun. Hasilnya.Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melansir survei indeks kebahagiaan dunia untuk 2016. sebagai negeri adidaya yang mengedepankan kebebasan individu. Harus diusahakan dengan berbagai cara yang ada. hingga orientasi seksual seperti Bhutan. Comoros. Suriah. Oleh karena itu. Denmark berada di puncak. Tidak seluruh faktor digunakan untuk mengukur indeks kebahagiaan ini. Bahkan lebih rendah dari negara yang terkoyak perang saudara seperti Somalia (76). pertumbuhan ekonomi yang pesat tidak menjamin kebahagiaan warganya bila ketimpangan terjadi serta kebebasan dibatasi. Islandia. Norwegia. kualitas kesehatan. Lembaga internasional ini mengukur tingkat kebahagiaan warga di 157 negara. serta Spanyol berada di papan bawah karena krisis ekonomi nyaris 7 tahun terakhir. serta tingkat korupsi. yang mengisi posisi lima besar daftar negara yang warganya paling berbahagia. Portugal. Hal ini terlihat dari China. ataupun Belanda. juga berada di posisi atas.

.Setidaknya ada empat cara mengembangkan kebahagiaan manusia. karena cinta adalah suatu bentuk penghargaan yang memperkuat intensitas hubungan sosial dengan sahabat. pasangan dan bahkan teman kerja sehingga akan mempermudah untuk memperoleh kebahagiaan. yaitu: (1) Penuhi keinginan dasar manusia (kesehatan. sukses secara profesional. Pastinya. intimasi. keluarga. untuk mendapatkan kebahagiaan seseorang harus memulai langkah awal dengan sesuatu yang dinamakan cinta. (2) Tingkatkan kedekatan dengan kerabat atau keluarga jauh. Berikan cinta. keamanan dan lain-lain). dan (4) Kurangi perasaan kompetitif dan tingkatkan perasaan kooperatif. (3) Kembangkan persahabatan yang mendalam.