You are on page 1of 19

DIETETIKA DASAR

Judul Praktikum : Diet Konstipasi
Hari/Tanggal : Kamis, 20 Maret 2017
Tinjauan pustaka :
Konstipasi
Konstipasi merupakan dimana terjadi penurunan motilitas (pergerakan) usus,
yang ditandai dengan kesulitan buang air besar (BAB). Setiap orang memang
memiliki kapasitas motolitas usus sendiri, namun bila setelah 3 hari, masih sulit BAB,
maka kotoran akan menjadi keras dan makin sulit dikeluarkan.
Faktor Penyebab Konstipasi
Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus kalian ketahui mengenai konstipasi
yang terjadi. dan Faktor Penyebab Konstipasi adalah :

 Pola makan yang buruk

Kita harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik, terutama pada pola makan
yang kita jalani sehari harinya. Makan yang di lakukan tiap harinya sebanyak 3 kali
sehari dan makanan tersebut harus ada kandungan nutrisi yang bagus. seperti 4 sehat
lima sempurna yang di dalamnya ada serat, vitamin, karbohidrat, protein yang
seimbang. jika kalian kurang memperhatikan kondisi kalian, maka akan terjadi
sesuatu hal yang buruk. Faktor Penyebab Konstipasi bisa dikarenakan pola makan
yang buruk. Makannya ubahlah pola makan dengan sebaik mungkin, agar penyakit
tersebut tidak terjadi. konstipasi yang datang pada diri Anda, jangan di anggap biasa,
karena jika bersikap seperti itu, bisa mengakibatkan masalah yang besar.

 Jarang olahraga

Olahraga yang bisa di lakukan oleh siapa saja, baik usia muda hingga tua menyimpan
banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. jenis olahraga ada jogging, jalan cepat, sit up
dan masih banyak lagi. namun yang paling sering di lakukan adalah lari, karena
simple. Racun akan di keluarkan melalui keringat dan jika kita jarang dan bahkan
tidak pernah melakukannya, bisa membuat buruk pada tubuh. salah satu Faktor
Penyebab Konstipasi adalah jarang melakukan kegiatan tersebut. bagi kalian yang
sibuk, bisa di lakukan seminggu sekali dan usahakan rutin. cara ini mudah di

di picu oleh berbagai macam masalah.  Penyakit diabetes Penyakit diabetes atau kencing manis. obesitas pada anak dan orang dewasa di sebabkan oleh berbagai macam hal. genetik pun juga bisa di jadikan pemicu obesitas. Untuk depresi siapa pun bisa mengalaminya dan hal ini termasuk Faktor Penyebab Konstipasi. Penyebab dai diabetes adalah karena sering kali mengkonsumsi makanan dan . obesitas bisa memicu terjadinya penyakit jantung dan darah tinggi. selain ini. Konsipasi adalah penyakit yang cukup serius untuk di rasakan dan jangan lupa diobati dengan segera bila terjadi. dan Faktor Penyebab Konstipasi karena gemuknya badan.  Depresi Depresi sebuah penyakit yang mengganggu pikiran.  Menunda buang air besar Ketika buang air besar melanda. Dalam mengatasi obesitas ini. untuk membuat pencernaan lancar dan tidak mengalami konstipasi atau sembelit. masih ada beberapa lagi yang bisa memicu terjadinya konstipasi datang.terapkan. Depresi yang sama saja dengan jiwa terganggu atau gila. Dan diabetes ini bisa di sembuhkan dengan buah mengkudu yang di jadikan minuman. penderita obesitas harus bisa mengubah gaya hidup menjadi lebih baik lagi. Depresi ini di picu oleh pikiran yang kacau dari masalah yang di alami. obat depresi yang di gunakan harus sesuai dengan resep dokter yang di berikan.  Obesitas Tubuh yang gemuk atau suka di sebut obesitas adalah penyakit yang menyerang pada bagian berat badan. Sering mengkonsumsi daging dan berlemak dan jarang berolahraga serta kurang meminum air putih. hal yang dapat kalian gunakan adalah cepat membuangnya dan jangan di tunda. kita dapat melakukannya dengan berbagai macam cara. karena bisa memicu terjadinya Faktor Penyebab Konstipasi. Dan di sebabkan oleh berbagai macam hal.

Oleh karena itu akan semakin banyak feses atau kotoran di dalam tubuh yang tidak terbuang pada saat konstipasi. karena Faktor Penyebab Konstipasi adalah terjadi penyumbatan usus. cara mengatasi konstipasi yang mudah yaitu dengan minum air putih. maka pencernaan tidak lancar. air putih akan mendorong feses yang keras dan yang . jangan di biarkan begitu saja dan cepatlah untuk di atasi. usus kecil dan usus 12 jari. maka dari itu sebaiknya melakukan cara mengatasi konstipasi agar tidak akan mengalami konstipasi atau bahkan penyakit lainnya. Jika usus tersebut mengalami penyumbatan atau penyempitan. Faktor Penyebab Konstipasi bisa di sebabkan oleh penyakit diabetes.minuman yang terlalu manis. Cara Mengatasi Konstipasi Konstipasi di tandai dengan tidak buang air besar selama berhari hari lamanya karena tidak ada rasa keinginan untuk buang air besar. Usus di bagi menjadi berbagai macam jenis. Cara mengatasi konstipasi yang bisa dilakukan seperti di bawah ini :  Minum air putih. Konstipasi idak baik untuk kesehatan rektum. keadaan seperti itu terjadi karena dalam waktu yang lama tubuh tidak mengeluarkannya sehingga lama kelamaan menumpuk. atau ketika ingin buang air besar. karena feses yang besar dan keras akan menekan pembuluh darah rektum yang akan menyebabkan penyakit ambeien apabila sering terjadi. Penyakit kanker jenis apapun.  Kanker usus besar Faktor Penyebab Konstipasi adalah kanker usus besar. bagi Anda yang mengalami hal seperti ini.  Penyumbatan usus Usus adalah organ tubuh dalam yang memiliki peran penting. yaitu usus besar. dengan minum air putih maka akan membantu mengatasi susah bab yang sedang dialami. maka akan sulit untuk mengeluarkan feses dari dalam tubuh. feses yang sulit dikeluarkan pada saat konstipasi karena tekstur feses yang keras dan juga ukuran feses yang besar. sudah di katakan sangat berbahaya.

oleh karena itu cara mengatasi konstipasi yang mudah yaitu dengan makan buah dan sayur yang cukup.  Banyak makan buah dan sayur. olahraga akan membantu mengembalikan fungsi tubuh yang terhambat karena aliran darah yang kurang atau pun karena berat badan yang berlebih. Mengelola stress dengan baik agar tidak akan menghambat proses buang air besar. Suka makan sate daging kambing dan telur di goreng. jarang sekali makan ikan dan tidak suka makan sayuran dan buah-buahan. Hasil anamnesa gizi pasien makan 1 sampai 2 kali sehari. Assesment : a. Dari hasil anamnesa diketahui bahwa dia sering makan tidak teratur. datang kerumah sakit karena sudah 7 hari tidak BAB. Hasil antropometri diketahui BB 80 kg dan TB 165 cm. Selain itu cara mengatasi konstipasi juga bisa dengan olahraga yang teratur. cara mengatasi konstipasi yang kedua yaitu dengan memperbaiki asupan makanan. protein 100 %. oleh sebab itu cara mengatasi konstipasi yang baik yaitu dengan tidak stress. alihkan stress dengan kegaiatan yang positif sehingga tubuh tetap sehat. Rencanakanlah terapi diet NCP untuk pasien ini. Data Antropometri  BB : 80 kg  TB : 165 cm . kadang hanya 1 kali sehari tetapi berlebihan. karena penyebab konstipsai bisa karena stress. Oleh karena itu minum air putih dengan jumlah yang cukup agar tidak mengalami konstipasi atau sembuh dari konstipasi. bekerja sebagai PNS. minum kopi 2 gelas sehari. makan makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur akan menyehatkan pencernaan dan juga akan membantu mengeluarkan feses yang terjebak di dalam tubuh dalam waktu yang lama. Makan makanan yang sehat untuk membantu mengatasi susah buang air besar. KH 115 %. tapi hanya sampai 3 hari. Asupan energi 110 %. Keadaan ini sering dialaminya.  Olahraga. sulit untuk di buang. lemak 105 %. Dokter menganjurkan untuk konsultasi dengan Ahli Gizi.  Tidak stress. suka. Soal Kasus : Seorang laki-laki umur 36 tahun.

Data Riwayat Pasien  Konstipasi atonik  Obesitas Matriks .Asupan serat tidak mencukupi e.Asupan energi tinggi .lemak 105%.protein 100%.Asupan protein normal .Asupan lemak tinggi .38 Kesimpulan : .Asupan KH tinggi .BB tidak diharapkan b. Data Biokimia : - c. IMT : 19.konstipasi d. Data Pemeriksaan fisik  7 hari tidak BAB Kesimpulan : .IMT meningkat .Pengetahuan yang tidak akuran dan tidak lengkap .KH 115% Kesimpulan : .Variasi makanan terbatas . Data Riwayat Pasien  Sering makan tidak teratur  Makan kadang hanya 1-2 kali sehari tetapi berlebihan  Suka makan sate daging kambing dan telur digoreng  Jarang sekali makan ikan  Tidak suka makan sayur dan buah  Suka minum kopi 2x sehari  Asupan energi 110%.

3 NC 2.2 AD  BB tidak diharapkan NI 1.8.6 NI 1.2 NI 5.7 NB 2.2 NB 1.5  Asupan energi NI 1.2 NI 5.3 NI 5.7 NI 2.1 NI tidak lengkap 5.11.3 NI 5.3 NC 3.2 NB 3.5  Obesitas NI 2.2 tinggi  Asupan lemak NI 5.1 NC 3.8.10.2 Kelebihan asupan oral berkaitan dengan kurangnya pengetahuan pasien tentang makanan dan zat gizi ditandai dengantingginyasuapan energy.8 NI 5.3  Asupan serat tidak mencukupi NI 4.5 NB 1.8.2 NI 5.5 Kelebihan asupan energy berkaitan dengan kurangnya pengetahuan terkait makanan dan zat gizi terutama mengenai asupan energy ditandai dengan asupan energy 110% NI 2.11.2 NB 1.2 NI 1.1 NB 3.1 NI 5. - PD Konstipasi NB 1.2 BD .5 NI 2.6.2 NI 5.6.6 NI 2.5 NI 2.1 NB 3.7 NB 1.3 tinggi  Variasi makanan terbatas NI 2.Assesment Parameter Kemungkinan diagnosa gizi  IMT meningkat NI 1.8.3 NB 3.1 NI 5.3 NC CH 3.4 NI 5.1 NI 5.2 FH  Pengetahuan yang tidak akuran dan NI 1.4 Diagnosa gizi Domain intake NI 1. .6.5 NI 1.3 NI 5.

65) x 23. Makanan yang diberikan makanan lunak c. Energy cukup . Meningkatkan pengetahuan pasien tentang pola makan yang sehat sesuai gizi seimbang melalui konseling gizi . Penambahan vitamin .65 x1. Cukup olahraga dan relax . Mengubah prilaku pasien untuk hidup sehat banyak aktifitas dan berolahraga serta menjaga BB dengan memberikan edukasi kepada pasien b.1 Aktifitas fisik kurang berkaitan dengan kurangnya pengetahuan tentang makanan dan zat gizi terutama mengenai efek aktifitas fisik terhadap kesehatan ditandai dengan obesitas IMT 29. asupan energy berlebih dan kurangnya pengetahuan terkait pangan dan gizi yang ditandai dengan IMT tinggi yaitu 29.4 kg/m2 Intervensi a. Menjadikan asupan energy pasien mencapai batas normal 90% .3 Obesitas berkaitan dengangangguan pola makan. Prinsip dan syarat diet . Tujuan diet . Menurunkan BB secara bertahap hingga mencapai 80% BB sekarang . Sayuran dan buah 800gr/hari .5 = 64 kg REE = 5 + 10W + 6.lemakkarbohidrat Domain cinis NC 3. Perhitungan BB ideal = (1. Intake cairan 8-10 gelas/hari .5 Gangguan pola makan berkaitann dengan pengetahuan yang rendah tentang gizidan makanan ditandai dengan asupan energy lemak dan KH tinggi NB 2. Menoptimalkan asupan oral mencapai batas normal . Makan teratur dan berserat . Biasakan BAB teratur .25( 165) – 5(36) .25 H – 5A = 5 + 10(64) + 6.4 kg/m2 Domain Behavior NB 1.

25 kkal + 2094. makanan yang dianjurkan dan dihindari Media : leaflet Wakt : 30 menit Tempat : ruang rawat Monitoring Dan Evaluasi Monitor Evaluasi Target Waktu .6 : 4 gr = 374.4 gr d.2 gr Karbohidrat 65% x 2304 kkal = 1497. Rencana edukasi Metode : konsultasi Sasaran : pasien dan keluarga Materi : pentingnya konsumsi sayur dan buah.475 kkal + 2304 kkal Protein 15% x 2304 kkal = 345. Cukup olahraga f.75 = 209.25 kkal AV= 20% x 1496.6 : 4 gr = 86. Konsumsi cairan 8-10 gelas/hari .25 -180 = 1496. = 5 + 640 + 1031.75 kkal TEF = 10% x 2094.25 kkal = 299. Konsumsi makanan yang tinggi serat .4 gr Lemak 20% x 2304 kkal = 460.25 kkal = 299.8 : 9 gr = 51. Implementasi . Preskripsi diet Jenis diet : diet tinggi serat Frekuensi makan: 5x pemberian Rute : oral Cara memesan : ML DTS e.25 kkal SF = 20% x 1496.

lalu masak hingga matang Nilai gizi : Bahan Berat Energi (gr) Protein Lemak karbohidrat Beras 50 180 3. gadon daging.4 0. sup bola ikan. pepes tahu. jus jambu biji Siang : nasi lunak.tepung kanji 10 gr . brokoli buncis saus tiram. Asupan Membandingkan asupan Asupan pasien Setiap hari sebelum masuk RS mencapai 90% dengan setelah diberi asuhan gizi BB Membandingkan BB BB mencapai Setiap hari pasien sebeleum dan normal setelah masuk RS Konstipasi Memantau frekuensi BAB lancar Setiap hari BAB 8.telur ayam 10 gr . tahu saus tiram.Beras : 50 gr .ikan kakap 50 gr . pola menu Pagi: nasi lunak. jus nenas Malam:nasi lunak.35 39. jus sirsak A Makan Pagi : nasi lunak Bahan : . pepaya Snack: bubur kacang hijau. pisang ambon Snack:pancake saus mangga. setup wortel kc panjang. gulai encer daun singkong. Masukan bera dan air.Air : 200 ml Cara Membuat : 1.45 Sup bola ikan : Bahan : . tempe bacem. semur telur.

Campurkan ikan dan bumbu yang telah dihaluskan dengan menambahkan telur dan tepung kanji 3.0 Tepung kanji 10 38.tomat 25 gr Bumbu : .telur 10 gr . Masak hingga mendidih Nilai gizi : Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Ikan kakap 50 42 9. kunyit 2. Saus tomat dibuat dengan menghaluskan yomat yang telas dikukud .putih. campurkan bw. Lalu masukkan dalam daun dan kukus 4. Lalu campurkan dan tambah irisan daun bawang 3. dan rebus 4.bawang putih 5 gr .bw.daun bawang 5 gr Cara membuat : 1.34 1.5 1. Lalu rebus air dengan sebagian bumbu yang telah dihaluskan 5.merah.1 Pepes tahu saus tomat Bahan : .tahu 50 gr .1 0. Haluskan tahu. lalu haluskan bumbu 2.bw. lalu bentuk bulat. Merah 10 gr .1 Telur ayam 10 15.garam 5 gr .3 0. bw.1 0. Putih 10 gr . Haluskan ikan kakap.seledri 5 gr .bawang merah 10 gr . Kukus hingga matang 5.garam 3 gr Cara Membuat : 1. Uleni.kunyit 5 gr .1 0 0 9.Bumbu : .

1 1.garam 3 gr Cara membuat : 1. lalu tumis irisan bw.3 0.45 Buncis 50 17.5 1.3 0.85 Margarin 5 36.2 0.3 0. Potong.08 0.0 Tomat 25 5.07 Pepaya Bahan : pepaya 100 gr Nilai gizi : Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Pepaya 100 46 0.5 1.2 B.buncis 50 gr .bw.5 0 12.1 3. lalu masukkan sayuran yang telah dipotong 3.2 0.margarin 5 gr Bumbu : . Putih 10 gr .025 4.Nilai Gizi : Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Tahu 50 34 3. Lalu tambahkan saus tiram 4.brokoli 50 gr .bw.25 0. Rebus brokoli dan buncis 2.2 0.9 2. Bombai 10 gr .8 Telur ayam 10 15.34 0. Kacang hijau .saus tiram 10 gr . Masak hingga matang Nilai gizi : Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Brokoli 50 12. Snack pagi 1.1 Brokoli buncis saus tiram Bahan : .1 3.5 1.

lalu tambahkan air 240 ml 2.44 0.24 12. Masak. Makan siang Nasi lunak Bahan : . Masak hingga mendidih Nilai gizi : Bahan Berat Energi (gr) Protein Lemak karbohidrat Kc. pisahkan antara biji dan daging 2.24 susu Gula pasir 20 72.gula pasir 20 gr Cara membuat : 1.8 Jus jambu biji Bahan : jambu biji 100 gr .4 9.air 240 ml Cara membuat : 1. Potong jambu biji. gula pasir. Masak hingga matang Nilai Gizi : . Hijau 20 69 4.tepung susu 20 gr .8 4.3 12.58 Tepung 20 101.beras 60 gr .92 6 7. lalu masukkan gula 3. Blender jambu biji.gula pasir 10 gr Cara membuat : 1.Bahan : kacang hijau 20 gr .9 0. dan air 3.2 Gula pasir 10 36. Cuci beras. Rebus kacang hijau hingga matang 2.hijau yang telah direbus 4.8 0 0 18. Larutkan tepung susu dengan air. Hidangkan pada gelas jus Nilai Gizi : Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Jambu biji 100 49 0. dan masukkan kc.4 C.

6 0.45 1. Masak hingga mendidih Nilai gizi : Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Telur ayam 50 81 6.2 .85 3.bawanh merah 1 siung .35 kecap 10 4.bawang putih 1 siung .garam 1/2 sdt .Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Beras 60 216 4. Masukkan potongan tahu 3.75 0.08 0.daun bawang 10 gr Cara membuat : 1.57 0.telur ayam 50 gr .daun bawang 1/2 btg .13 0.42 47.garam secukupnya . tambahkan garam 4. Putih 2. Merah dan bw. lalu maukkan kecap manis 3.9 Tahu saus tiram Bahan : tahu 50 gr . Angkat dan hidangkan Nilai gizi : Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat tahu 75 51 5. Rebus telur hingga matang 2.4 5.sauas tiram 10 gr Cara membuat : 1. Lalu tambahakan saus tiram dan irisan daun bwang.34 Semur telur Bahan : .bawang putih 1 siung .margarin 5 gr Bumbu : -bawang merah 1 siung .kecap manis 10 gr Bumbu : . Masak bumbu yang haluskan dengan sedikit air. lalu tumis bw. Potong dadu tahu. Masukkan telur yam 4.

15 Kc.Mangga harumanis 40 gr . Tepung terigu.potong 2.6 0. tunggu agak kental . Snack sore Pancake saus mangga Bahan : tepung terigu 30 gr . lalu masukka potongan sayuran 3.25 0. Masak hingga matang. tumis irisan bw. lalu hidangkan Nilai gizi : Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Wortel 50 21 0.08 0.025 4.Margarin 5 36.wortel 50 gr . telur ayam.bawang bombai 15 gr . lalu rebus. kocok hingga mengembang.25 0.gula pasir 20 gr .07 Setup sayuran Bahan : .8 ambon D. Bombai. dan diamkan 2.telur ayam 30 gr .07 Pisang ambon Bahan : .pisang ambon 100 gr Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Pisang 100 99 1.kc.margarin 5 gr Bumbu : .08 0.15 6. lalu panaskan tambahkan gula.baking powder 2 gr Cara membuat : 1.garam 3 gr Cara membuat : 1.025 4. Panjang 50 22 1.seledri 10 gr . Bersihkan sayur. gula pasir lalu kocok.35 0. Panjang 50 gr . Blender mangga.39 Margarin 5 36.2 0. dan tambahkan baking powder.2 25. kemudian potong .15 1.

Kupas kulit nenas.76 Telur ayam 30 48.7 Gula pasir 10 36. Masukkan dalam blender.3.5 2.4 E. Masukan beras dan air.16 0.daging sapi 50 gr . dan tambahkan gula dan sedikit air 3. Gula pasir 10 gr Cara membuat : 1. hidangkan pada gelas jus Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Nenas 100 52 0.6 3. 18.45 Gadon daging Bahan : .84 3.39 23.Terigu 50 109. diatas Teflon panas 4.4 0. lalu masak hingga matang Nilai gizi : Bahan Berat Energi (gr) Protein Lemak karbohidrat Beras 50 180 3.Makan Malam Nasi lunak Bahan : .21 Gula pasir 20 72. Merah 10 gr .45 0. Hidngkan dipiring dengan memberikan saus mangga diatas tumpukan pancake Bahan Berat Energi (kkal) Protein Lemak Karbohidrat T.Air : 200 ml Cara Membuat : 1.2 13.4 0 0 9. lalu potong 2.bw.35 39.67 0. .4 0.08 4.4 0.Nenas 100 gr .Beras : 50 gr .8 Jus Nenas Bahan : . Telur ayam 10 gr Bumbu : .19 Mangga 40 18.8 . Cetak pancake. Lalu blender hingga halus.

25 4.575 1 3. Bw.5 9 7 0 Telur ayam 10 16.75 Gula aren 10 36. Putih 5 gr . Lalu masukkan potongan tempe hingga bumbu menyerap dan warna kecoklatan. Santan encer 30 gr Bumbu : . lalu bentuk dan kukus hingga matang Nilai gizi Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Daging sapi 50 103. Garam 3 gr Cara membuat : 1.daun singkong 70 gr . Masukkan pada daun.8 0 0 9.2 1. Merah 10 gr . . Putih 5 gr .air kelapa 20 ml . Putih 5 gr . Lalu hidangkan Nilai gizi Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Tempe 25 37.15 0. Garam 5 gr Cara membuat : 1. Bw. Merah 10 gr . Bw. Jahe 2 gr .tempe 25 gr .5 Gulai encer daun singkong Bahan : .28 1. Daging dihaluskan campurkan dengan bumbu yang telah dihaluskan lalu tambahkan telur 2.07 Tempe bacem Bahan : .bw. Gula aren 10 gr Bumbu : . Rebus gula aren dan semua bumbu yang dihaluskan 2. Bw.

1 Santan encer 30 36 0.5 5. Jahe 2 gr .1 Jus sirsak Bahan : .69 4. Hidangkan pada gelas jus Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Sirsak 100 65 1 0.84 9. Lalu masukkan daun singkong. Campurkan santan dan semua bumbu yang dihaluskan.3 16. Rebus daun singkong 2.tepung susu 15 gr .43 Gula pasir 15 54.6 3 2. Gula pasir 15 gr Cara membuat : 1.sirsak 100 gr . Beri air panas dan aduk Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Tepung susu 15 76. Campurkan tepung susu.35 3. Snack Malam Susu bahan : .4 F. Pisahkan sirsak dengan biji dan kulit. masak 3. gula pasir 2.4 0 0 9. tunggu hingga mendidih dan hidangkan Nilai gizi Bahan Berat Energi Protein Lemak karbohidrat Daun singkong 70 51. Kunyit 2 gr . Gula pasir 10 gr Cara membuat : 1.3 Gula pasir 10 36. .76 0. lalu blender dengan gula 2. Garam 3 gr Cara membuat : 1.1 .1 4.6 0 0 14.

12 Mei 2016 Yang Membuat Laporan Putri Monica NIM 152210770 . Padang.