You are on page 1of 7

EPIDEMIOLOGI

Karsinoma sel skuamosa pada kepala dan leher merupakan salah satu
penyebab utama mortalitas dan morbiditas di dunia. Karsinoma pada daerah orofaring
merupakan 15% dari karsinoma pada saluran aerodigestif. Angka terjadinya
karsinoma sel skuamosa pada tonsil secara stabil terus meningkat di Amerika Serikat
dan Eropa Barat. Di Swedia, insiden terjadinya karsinoma ini telah mencapai proporsi
jumlah epidemik (Ragona et al. 2008 ; Luginbuhl, Sanders & Spiro 2009 ; Nguyen
2010).

Insiden karsinoma faring di Inggris adalah 4/100.000 dengan 1.339 diagnosa
pada tahun 2000. Lokasi tersering dari karsinoma faring ini adalah tonsil palatina,
dengan lebih dari 400 kasus setiap tahunnya di Inggris (Skilbeck 2011).

Data yang didapatkan dari pusat rekam medik Rumah sakit Haji Adam Malik
Medan Sumatera Utara didapatkan sebanyak 38 orang penderita karsinoma tonsil
periode waktu November 2013 hingga November 2014 (Pusat data rekam medik RS H.
Adam Malik).

Lebih umum terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan. Insiden karsinoma
tonsil ini lebih tinggi pada laki-laki ras Amerika-Afrika dibandingkan dengan ras
kaukasia. Biasanya dijumpai pada usia diatas 45 tahun dan paling sering dijumpai pada
usia diantara 60 hingga 80 tahun(Nguyen 2010 ; Hayes 2014).

ANATOMI

Kemudian yang terakhir adalah tonsil palatina atau biasa kita sebut dengan tonsil. permukaannya berlipat2 dengan kripta semu. tonsil lingual dan tonsil palatina. Tonsil palatina inilah yang akan dibahas lebih banyak dalam refarat ini (Syrjanen 2004). yaitu tonsil faringeal. Tonsil lingual merupakan agregasi dari jaringan limfatik yang terletak pada lamina propria dari pangkal lidah. Tonsil faringeal atau biasa juga disebut dengan adenoid. Lokasi Tonsil Syrjanen 2004 Tonsil ada tiga. terletak pada bagian postero superior nasofaring. Gambar 1. hanya terdapat satu kripta pada tiap nodul tonsil lingual. terdiri dari massa jaringan limfatik yang berbentuk piramid tunggal. .

kebawah hingga ke dasar lidah dan di bagian anterior hingga ke arkus palatoglossal. Rongga Mulut www. folikel germinativum (merupakan sel limfoid) dan jaringan interfolikel (terdiri dari jaringan limfoid) (Amalia 2011). Gambar 2. otot palatopharyngeus juga constrictor superior pada bagian posterior dan lateral. Tonsil terdiri dari dua permukaan yaitu lateral dan medial. yaitu jaringan ikat.com Tonsila palatina merupakan jaringan limfoid yang padat yang termasuk dalam Ring of Waldeyer. Tiap tonsil merupakan massa berbentuk oval dari jaringan limfoid yang berada pada dinding lateral orofaring diantara pilar anterior dan pilar posterior atau dengan kata lain berada didalam fossa yang dibentuk oleh otot palatoglossus pada bagian anterior.studyblue. Dhingra 2013). sebagai bagian dari perluasan keatas hingga ke palatum mole. dan juga terdiri dari dua kutub yaitu kutub bagian atas dan bawah (McKerrow 2008 . Secara mikroskopik tonsil terdiri dari tiga komponen. . Ukuran tonsil yang sebenarnya lebih besar apabila dibandingkan dengan tonsil yang tampak pada permukaannya. Bathala & Eccles 2013 . Terdapat dua tonsil palatina.

Ring of Waldeyer www. Ada beberapa bukti yang memberi kesan bahwa lapisan epitel kripta semipermiabel. yang berada di dekat bagian atas tonsil disebut dengan kripta magna atau celah intratonsilar. Beberapa serat otot palatoglossus dan . Gambar 3. Permukaan lateral tampak sebagai kapsul fibrosa. 12 hingga 15 kripta dapat dilihat pada bagian permukaan medial tonsil.studyblue. Pada daerah ini juga merupakan sebagai tempat terkumpulnya pus pada abses peritonsil. Kripta dapat terisi oleh bahan lunak kekuningan yang terdiri dari sel epitel mati.com Permukaan Medial tonsil ditutupi oleh epitel skuamosa berlapis tidak berkeratin yang masuk hingga ke dalam tonsil dan membentuk kripta. Diantara kapsul dan bed tonsil terdapat suatu jaringan longgar yang membuat tonsil mudah untuk dipotong pada bidang ini pada saat tindakan tonsilektomi. bakteri mati dan sisa makanan yang dapat diekspresikan oleh tekanan dari pilar anterior (Kenna & Amin 2009 . Salah satu dari kripta merupakan yang paling besar dan paling dalam. sehingga materi yang dicerna dapat masuk. Dhingra 2013). Kripta utama bercabang menjadi kripta sekunder yang salurannya lebih kecil.

Dhingra 2013). Diluar otot konstriktor superior. otot pterigoid bagian medial dan sudut mandibula (Dhingra 2013). Permukaan medialnya ditutupi oleh lipatan semilunar. dan cabang dari arteri lingualis yaitu arteri lingualis dorsal serta arteri fasialis. yaitu : arteri faringeal asending. otot digastrik bagian tengah. Jeyakumar 2014). akan tetapi pada umumnya. arteri palatina asending. Suplai darah masuk dari kutub bawah tonsil. .palatopharingeus tertempel pada kapsul tonsil ini (Kenna & Amin 2009 . Kutub atas dari tonsil meluas hingga ke palatum mole. Tonsil dipisahkan dari lidah oleh suatu sulkus yang dinamakan dengan dengan sulkus tonsilolingual dimana ini merupakan tempat yang lazim untuk terjadinya suatu keganasan (Kenna & Amin 2009 . meluas ke antara pilar anterior dan posterior dan melingkupi ruang potensial yang dinamakan dengan fossa supratonsil (Dhingra 2013). disuplai oleh beberapa cabang dari arteri karotis eksterna. Dhingra 2013 . Lipatan triangular dari membran mukosa meluas dari pilar anterior hingga ke bagian anteroinferior tonsil dan melingkupi ruang yang dinamakan dengan ruang anterior tonsil. kelenjar ludah submandibula. Bed tonsil dibentuk oleh otot styloglossus dan constrictor superior. Pendarahan Suplai darah pada tonsil palatina bermacam-macam. tonsil berhubungan dengan arteri fasialis. Kutub bawah dari tonsil ini melekat pada lidah. Sedangkan suplai darah yang masuk dari kutub atas tonsil merupakan cabang dari arteri maksilaris yaitu arteri palatina desending (Jeyakumar 2014).

Kelenjar limfe jugularis diantara bifurkasio karotis dan persilangan m. Kelenjar yang terletak di 1/3 atas dan termasuk kelenjjar limfe jugular superior. Gambar 4. Suplai darah pada Tonsil www. yaiyu daerah : I. sternokleidomastoid . Aliran Limfe Aliran limfe dari tonsil menembus otot konstriktor superior dan mengalir ke dalam kelenjar limfe servikalis dalam khususnya jugulodigastrik yang terletak di bawah sudut mandibula (Dhingra 2013) Letak kelenjar limfe leher menurut Sloan Kattering Memorial Cancer Center Classification dibagi dalam lima daerah penyebaran kelompok kelenjar.com Pembuluh darah vena pada tonsil mengalir ke vena palatina eksternal yang kemudian ke vena fasialis (Dhingra 2013). kelenjar digastrik dan kelenjar servikal posterior superior III. omohioid dengan m. Kelenjar yang terletak di segitiga sub-mental dan submandibula II.emedicine. sternokleidomastoid dan batas posterior m.

Grup kelenjar di daerah jugularis inferior dan supraklavikula V. Kelenjar yang berada di segitiga posterior servikal. Gambar 5. Karsinoma yang terdapat pada orofaring termasuk didalamnya adalah tonsil. Daerah Kelenjar Limfe Leher .IV. biasanya dijumpai metastase ke kelenjar jugular superior atau terdapat pada daerah peyebaran II (Roezin 2011).