You are on page 1of 12

PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 2 MALANG
Jl. Laksamana Martadinata No. 84 Kel. Sukoharjo Kec. Klojen Kota Malang – 65119
Telepon (0341) 366311 Fax (0341)364357
Website : http://www.smandaku.com Email : sman2.mlg@gmail.com
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMA NEGERI 2 MALANG
Mata Pelajaran : PJOK-05
Kelas/ Semester : XII/ Ganjil
Materi Pokok : ATLETIK (Tolak Peluru)
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perlaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang
tidak ternilai
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.1.1 Berbaris dengan rapi
1.1.2 Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain
Indikator Pencapaian Kompetensi :
2.1.1 Menghargai contoh yang diberikan oleh guru atau teman
2.1.2 Mentaati peraturan yang ditentukan

2.2 Berperilaku disiplin dalam melakukan aktifitas
Indikator Pencapaian Kompetensi :
2.2.1 Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.2.2 Mengikuti semua proses pembelajaran
2.3 Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
Indikator Pencapaian Kompetensi :
2.3.1 Menjaga an menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
2.3.2 Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas

Indikator Pencapaian Kompetensi : 4. dan jari telunjuk) dipergunakan untuk menahan dan memegang peluru bagian belakang. tetapi harus dalam keadaan lemas (rileks). (c) jari kelingking dan ibu jari digunakan untuk memegang/menahan peluru bagian samping yaitu agar peluru tidak tergelincir kedalam atau keluar. Menganalisa teknik menolak peluru 4. (d) setelah peluru tersebut dapat dipegang dengan baik kemudian letakkan pada bahu dan menempel (melekat) dileher.3.3 Mempraktekkan tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi 4. Mengikuti semua proses pembelajaran 14. Menjelaskan cara memegang peluru 3. Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas D.2 Menjelaskan cara memegang peluru 3. Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran 10.3 Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu cabang atletik (Tolak Peluru) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik. Mempraktekkan tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi 7. Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan 13.tangan dan lengan yang lain membantu menjaga keseimbangan. Indikator Pencapaian Kompetensi : 3.3.3. Mempraktikkan cara memegang peluru 5.3 Mempraktikkan keterampilan gerak salah satu cabang atletik (tolak peluru) dengan koordinasi gerak yang baik.3. Gerak dasar fundamental (memegang peluru ). diharapkan siswa dapat: 1. Berbaris dengan rapi 9.1 Memahami peraturan berkaitan dengan tolak peluru 3.3. (b) jari-jari tangan direnggangkan atau dibuka(jari manis. Tujuan Pembelajaran Melalui model Problem Base Learning dengan kegiatan saling menilai. Memahami peraturan berkaitan dengan tolak peluru 2.1 Mempraktikkan cara memegang peluru 4.3 Menganalisa teknik menolak peluru 4.3. Mempraktikkan teknik menolak peluru 6. Menghargai contoh yang diberikan oleh guru atau teman 11. Mempresentasikan hasil menganalisa teknik menolak peluru 8. Materi Pembelajaran Tolak Peluru 1.3.2 Mempraktikkan teknik menolak peluru 4. sebagai berikut : (a) peluru diletakkan pada telapak tangan bagian atas atau pada ujung telapak tangan yang dekat jari-jari tangan. Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan Penggunaannya 15.siku diangkat kesamping sedikit agak serong kedepan (e) pada waktu memegang dan meletakkan peluru pada bahu.4 Mempresentasikan hasil menganalisa teknik menolak peluru C. . jari tengah. Mentaati peraturan yang ditentukan 12. usahakan agar seluruh badan dan tangan jangan sampai kaku.3.

siku ditarik serong keatas kebelakang (kearh samping kiri). Gerak dasar fundamental ( sikap badan saat akan menolak ). 3. sebagai berikut : (a) bersamaan dengan memutar badan kearah tolakan. pandangan tertuju kearah tolakan (b) saat seluruh badan (dada) menghadap kearah tolakan. Gerak dasar fundamental ( cara menolakkan peluru). sebagai berikut : (a) berdiri tegak menyamping kearah tolakan. secepatnya peluru tersebut ditolakkan sekuat-kuatnya keats kedepan kearah tolakan (parabola) bersamaan dengan bantuan menolakkan kaqki kanan dan melonjakkan seluruh badan keatas serong kedepan. Dagu diangkat atau agak ditengadahkan. pandangan tertuju kearah tolakan. Sumber Gambar : Buku Penjas : Roji (Erlangga) 2. (d) tangan kiri berfungsi untuk membantu dan menjaga keseimbangan. badan agak condong kesamping kanan tangan kanan memegang peluru pada bahu (pundak) tangan kiri dengan sikut dibengkokkan berada didepan sedikit agak serong keatas lemas. (b) kaki kiri lurus kedepan kaki kanan dengan lutut dibengkokkan kedepan dengan sedikit agak serong kesamping kanan. (c) berat badan berada pada kaki kanan. . pinggul dan pinggang serta perut didorong kedepan agak keatas hingga dada terbuka menghadap kedepan serong ke atas kearah tolakan.

dagu diangkat. 1.badan agak miring kesamping kiri. Gerak dasar fundamental ( sikap badan setelah menolakkan peluru ). baik langsung atau tidak langsung. sebagai berikut : (a) setelah peluru di tolakkan atau didorong tersebut lepas dari tangan. Tangan kanan dengan sikut agag di bawah badan. nasional maupun internasional. . 4. secepatnya peluru tersebut ditolakkan sekuat-kuatnya keats kedepan kearah tolakan (parabola) bersamaan dengan bantuan menolakkan kaqki kanan dan melonjakkan seluruh badan keatas serong kedepan. Fakta : Pemahaman cabang olahraga atletik khususnya nomor tolak peluru melalui pengamatan berbagai perlombaan baik tingkat regional. pandangan ke arah jatuhnyasaat seluruh badan (dada) menghadap kearah tolakan. dengan lutut agak dibengkokkan (b) kaki kiri (kaki depan) di angkat kebelakang lurus dan lemas untuk membantu menjaga keseimbangan. secepatnya kaki yang di pergunakan untuk menolak itu di turunkan atau mendarat (kaki kanan) kira-kira menempati tempat bekas kaki kiri (kaki depan).tangan/lengan kiri lemas lurus ke belakang untuk membantu menjaga keseimbangan. (c) badan condong kedepa peluru.

Metode.Mempraktikkan tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi 4. Prosedur : . Siswa yang lain pembelajaran) mengamatinya 2.Teknik menolak peluru 3. Buku Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/MA kelas XI . menanyakan kabar siswa 10 menit dilanjutkan presensi. Kemdikbud. 2. Konsep : . Model. Jakarta. Lapangan 2. memberi salam. 2014. Kapur 3. Alat.Cara memegang peluru . Metakognitif: . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama: LANGKAH DISKRIPSI WAKTU PEMBELAJARAN 1. Apersepsi materi tolak peluru 4. dan Sumber Pembelajaran Media : gambar Alat dan Bahan : 1. Pendahuluan 3. Orentasi Masalah: 60 menit  Guru menunjuk dua siswa yang berani memperagakan cara memegang dan teknik menolak peluru Kegiatan Inti  Dua siswa bergantian memperagakan cara memegang (Mengikuti sintak dilanjutkan teknik menolak peluru. Kun Sumber Pembelajaran : 1. 2014. mental yang mengarah pada materi tolak Kegiatan peluru. Media. G. Model Pembelajaran : Problem Base Learning (PBL) 2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Pengertian Tolak peluru . Pendekatan : Scientific F. Balitbang.Melihat video memahami teknik tolak peluru .Penayangan video perlombaan tolak peluru untuk melihat berbagai teknik menolak dan mengetahui hasil tolakan yang jauh karena hasil latihan dan teknik yang sempurna E. 1.Melihat dan menganalis perlombaan tolak peluru melalui video . Pengkondisian fisik. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu menganalisa dan mempraktikkan tolak peluru. Peluit 4. Mengorganisasi Peserta Didik:  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok (3-4 siswa) . berdoa.Memahami peraturan perlombaan tolak peluru .2. Berbaris. Prinsip : .Memahami teknik menolak peluru 3. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Metode Pembelajaran : Demontrasi/Part and whole/Penugasan/Pemodelan (tolak peluru) 3.Memahami peraturan perlombaan tolak peluru . dan Pendekatan Pembelajaran 1.

3) Menyampaikan informasi tujuan pembelajaran hari ini yaitu setelah pembelajaran selesai siswa mampu menjelaskan peraturan dan teknik tolak peluru 4) Menyampaikan materi singkat mengenai tolak peluru 5) Membagi siswa supaya membentuk kelompok secara heterogen terdiri 4-5 orang Kegiatan Inti 1) Orientasi peserta didik pada masalah : (75 mnt) (Mengikuti Sintak  Peserta didik menyimak video dan gambar tentang Model perlombaan tolak peluru Pembelajaran)  Siswa mendengarkan informasi guru terkait dengan materi tentang tolak peluru 2) Mengorganisasi peserta didik:  Peserta didik membentuk kelompok terdiri dari ketua Sekretaris dan anggota yang dibantu oleh guru.  Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dengan teman-temannya. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya:  Peserta didik secara bergantian mencoba untuk memegang peluru dilanjutkan dengan menolak peluru sebagaimana yang sesuai dengan teknik memegang dan menolak peluru yang sudah diamati. dan berdoa Pertemuan Kedua: Langkah Deskripsi Alokasi Pembelajaran Waktu Kegiatan 1) Menyiapkan psikis dan fisik siswa untuk pembelajaran melalui (10 mnt) Pendahuluan absensi dan menanyakan kabar 2) Memberikan apersepsi dengan menanyakan pada siswa. 3. Membimbing Peserta Didik:  Peserta didik melakukan klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang cara memegang dan menolak peluru 4. 20 Menit  Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan tentang materi tolak peluru Kegiatan Penutup  Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi tolak peluru  Memberikan umpan balik pada peserta didik  Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran. Masing- masing kelompok maksimal 4 siswa  Guru menginstruksikan kepada peserta didik untuk memecahkan masalah yang dipilihnya secara kelompok  Peserta didik menanyakan hal-hal yang terkait dengan cara pemecahan masalah . 5. Menganalisi dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah:  Mengamati gerakan yang dilakukan oleh pelaku yang mampu dan kurang mampu dalam melakukan tolak peluru  Melakukan koreksi tentang gerakan yang dilakukan oleh pelaku  Siswa memperbaiki gerakan sesuai hasil koreksi  Setelah semua siswa mencoba memperbaiki teknik memegang dan menolak peluru siswa menyimpulkan kunci gerakan pada teknik tolak peluru  Pendinginan.

Penilaian kompetensi pengetahuan : 1) Tes tulis dalam bentuk soal uraian c.  Guru membimbing dan memotivasi kepada setiap kelompok sambil melakukan penilaian sikap terhadap proses pembelajaran dengan menggunaan instrumen penilaian sikap 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya  Peserta didik secara kelompok dan bergiliran menyampaikan hasil diskusi atau mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. sedangkan kelompok lain memperhatikan dan menanggapinya  Guru melakukan penguatan jika isi dari presentasi ada sesuatu yang belum jelas atau ada yang kurang tepat  Guru melakukan penilaian ketrampilan mengunakan instrumen penilaian presentasi 5) Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah:  Guru bersama siswa melakukan evaluasi terhadap proses pemecahan masalah yang baru saja diselesaikan oleh peserta didik Kegiatan Penutup 1) Guru bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri (5 menit) membuat rangkuman/simpulan pelajaran 2) Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan 3) Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran 4) Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya 5) Menutup pelajaran dengan memberikan motivasi untuk terus rajin belajar H. Penilaian kompetensi keterampilan Penilaian Praktik / Unjuk kinerja kelompok dalam bentuk daftar cek atau skala penilaian yang dilengkapi rubrik . Jenis : Tes dan Non-tes 2. Teknik dan Bentuk Penilaian : a. internet.  Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi. dll) untuk memperjelas masalah yg dipilihnya. Penilaian kompetensi sikap meliputi sikap pada proses pembelajaran dengan teknik observasi b. Penilaian 1. 3) Membimbing penyelidikan individu dan kelompok:  Siswa mencari informasi dari berbagai sumber (Buku.

Mengetahui. yaitu sportif. 19600503 198303 2 011 NIM. Penilaian sikap Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran. Mengikuti semua proses pembelajaran JUMLAH JUMLAH MAKSIMAL : 6 Jumlah skor yang diperoleh Nilai = X 100% 6 NILAI KRITERIA 90 – 100 Amat Baik ( AB) 78 – 89 Baik (B) 66 – 77 Cukup (C) . Keterangan: Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan. M. setiap siswa apabila menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan maka tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1. Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas C. Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan 2. Malang. 110611433655 Kepala SMAN 2 Malang Dr. Pd M. DWI RETNO UN. Tanggungjawab 1. dan disiplin. Sportif 1. Mengharga contoh yang diberikan oleh guru atau teman 2. S. Mentaati peraturan yang ditentukan B. bertanggung jawab. Disiplin 1. RUBRIK PENILAIAN SIKAP ATLETIK (TOLAK PELURU) CEK PERILAKU YANG DIHARAPKAN (√ ) A. 19600503 198303 2 011 Lampiran 1: A. Menjaga dan dengan mengunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya 2. Rr.Pd NIP.RIFQI ALFARIZ NIP. Agustus 2015 Guru Pamong PJOK Guru PPL SUNARKO.

Mengikutisemua proses pembelajaran Lampiran 2: Penilaian Ketrampilan: 1) Lakukan teknik menolak peluru No Indikator Esensial Uraian Gerak Ya Tidak (1) (0) 1. Mengikutikegiatansesuaiwaktu yang ditentukan f. Meletakkan peluru antara telapak tangan dan . Menjaga dan dengan mengunakanperalatanpembelajaransesuaidenganpenggunaannya d. a b c d e f 1 2 3 4 5 Keterangan: Berikan tanda (V) pada kolom yang sudah disediakan. <65 Kurang (K) LEMBAR PENILAIAN SIKAP Hari/ Tanggal : Kelas : XII No Sportif Disiplin Tg Jwb Nama Siswa . Mengambil peluru dengan kedua tangan peluru b. Cara Memegang a. Menempatkan peluru pada salah satu tangan terkuat c. setiap siswa apabila menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan maka tiap perilaku yang di cek (V) mendapat nilai 1. Menghargaicontoh yang diberikanoleh guru atauteman b. Mentaatiperaturan yang ditentukan c. Menjagakeselamatandirisendiri dan orang laindalamberaktivitas e. a.

Mendorong/menolak peluru kedepan atas sekuat-kuatnya g. Menganmbil peluru dengan kedua tangan b. Meletakkan peluru antara telapak tangan dan ruas-ruas kelima jari tangan d. 1. Membungkukkan badan dengan bertumpu satu kaki d. TEKNIK MENOLAK PELURU: a. Jari-jari tangan terbuka dan menempel pada peluru 2. setiap siswa apabila menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan maka tiap perilaku yang di cek (V) mendapat nilai 1. Melompat kebelakang dan memutar badan kedepan f. ruas-ruas kelima jari tangan d. Melakukan gerakan lanjutan dan menahan berat badan . Melompat kebelakang dan memutar badan kedepan f. Menempatkan peluru pada salah satu tangan terkuat c. Menjaga keseimbangan badan e. Membungkukkan badan dengan bertumpu satu kaki d. Menjaga keseimbangan badan e. Kelas : Cara memegang peluru Teknik menolak peluru Nama Siswa Jumlah a b c d a b c d e f g Keterangan: Berikan tanda (V) pada kolom yang sudah disediakan. Mendorong/menolak peluru kedepan atas sekuat- kuatnya g. Membelakangi arah lemparan Peluru b. CARA MEMEGANG PELURU: a. Membelakangi arah lemparan b. Jari-jari tangan terbuka dan menempel pada peluru 2. Teknik Menolak a. Meletakkan pegangan peluru disamping dagu c. Meletakkan pegangan peluru disamping dagu c. Melakukan gerakan lanjutan dan menahan berat badan Jumlah skor yang diperoleh Nilai = X 100 Jumlah skor maksimal (11) Lampiran 2 LEMBAR PENILAIAN KETRAMPILAN TOLAK PELURU Hari/ Tanggal .

Jelaskan pengertian tolak peluru? .Lampiran 3 PENILAIAN PRESENTASI KELOMPOK Tanggal /Bulan/Tahun : Nama/kelompok : Kelas/Smt : Judul Presentasi : Kinerja Presentase Nama Peserta Menjawab Jumlah No Kebenaran Penyajian Nilai Didik Kreatifitas pertanyaan skor Substansi Materi 1 2 3 Dst Keterangan : Masing – masing kolom diisi dengan kriteria : 4 : Baik Sekali 3 : Baik 2 : Cukup 1 : Kurang LAMPIRAN 4: LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TES TULIS Soal Jawablah pertanyaan dibawah ini secara jelas dan akurat. 1.

2. Jelaskan teknik menolak peluru KET: Setiap soal dengan jawaban benar mendapat nilai 25 . Sebutkan hal-hal yang menyebabkan diskualifikasi pada perlombaan tolak peluru! 3. Jelaskan cara memegang peluru! 4.