You are on page 1of 7

Keaneka Ragaman Hayati di Indonesia

Posted by Philip Hermawan on 10 November 2013
Posted in: Biologi, Materi. Tagged: aneka fauna di indonesia, biodiversitas, biologi, biologi sma, flora
malesiana, keaneka ragaman hayati di Indonesia, pengertian biodiversitas, pengertian keaneka ragaman
hayati, persebaran fauna di indonesia, tugas biologi kelas 10. Tinggalkan komentar
KEANEKARAGAMAN HAYATI DI INDONESIA
A. Pembagian Wilayah
Keaneka ragaman hayati di Indonesia dibagi berdasarkan karakteristik wilayahnya dan
berdasarkan persebaran organismenya.
1. Berdasarkan Karakteristik Wilayah
Letak astronomis Indonesia adalah 6˚LU – 11˚LS dan 95˚ – 114˚BT. Berdasarkan letak
astronomis, Indonesia beriklim tropis dan terletak di pertemuan pegunungan muda, sirkum
Pasifik dan sirkum Mediterania. Indonesia memiliki 10% spesies tumbuhan, 12% spesies
mamalia, 16% spesies reptil dan amfibi, 17% spesies burung yang ada di dunia. Beberapa
spesies diantaranya bersifat endemik.
2. Berdasarkan Persebaran Organisme
Persebaran organisme di dunia dipelajari dalam cabang biologi, biogeografi. Studi tentang
penyebaran spesies menunjukan bahwa spesies berasal dari satu tempat, setelah itu menyebar
ke berbagai daerah di belahan dunia. Spesies itu mengalami diferensiasi menjadi subspesies
dan spesies baru. Tetapi, adanya penghalang membatasi penyebaran dan kompetisi dari suatu
spesies.
Alfred Russell Wallace membagi wilayah biogeorafi menjadi enam bagian, yaitu :
1. Nearktik : Amerika Utara
2. Palearktik : Asia sebelah utara Himalaya, Eropa dan Afrika, Gurun Sahara sebelah utara.
3. Neotropikal : Amerika Selatan bagian tengah
4. Oriental : Asia, Himalaya bagian selatan
5. Ethiopia : Afrika
6. Australia : Australia dan pulau pulau sekitarnya
Fauna di Indonesia adalah fauna jenis Oriental dan Australia. Wilayah Oriental dan Australia
dipisahkan oleh garis Wallace dan garis Weber. Garis Wallace adalah garis batas yang
memisahkan mulai dari sebelah tenggara kepulauan Filipina, melewati antara pulau Mindanau
dan Sangihe, lalu ke selatan antara Kalimantan dan Sulawesi, termasuk Bali dan Lombok. Garis
Weber adalah garis batas yang memisahkan fauna Oriental dan fauna Australia. Wilayah
diantara wilayah Australia dan Oriental disebut Zona Peralihan.
B. Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Persebaran flora dan fauna di indonesia ada berbagai macam. Ada empat wilayah pembagian
flora dan fauna, yaitu :
1. Persebaran Fauna di Wilayah Oriental
Bagian barat wilayah Indonesia yang termasuk paparan Sunda memiliki fauna tipe Oriental.
Contohnya :

Garis pembatas dua bioma disebut ekoton yang ditempati binatang dan tumbuhan khas. Persebaran Fauna di Wilayah Australia Wilayah timur Indonesia dihuni fauna tipe Australia yang terdiri dari burung dengan warna mencolok seperti kasuari. Umumnya. Beberapa jenis mamalia berkantung memasuki daerah wallace dan burung pelatuk oriental menuju ke sebelah timur garis wallace. Flora Malesiana Flora malesiana meliputi tumbuh tumbuhan yang beradadi wilayah Indonesia. Perubahan mungkin terjadi secara mendadak atau bertahap. 3. Bioma dapat diartikan sebagai daerah yang dikenal berdasarkan fisiognomi (penampakan). Flora malesiana dapat dikatakan sebagai sumber plasma nutfah karena keanekaragaman yang tinggi. orang utan. dan banteng. siamang. Kalimantan memiliki badak bercula dua. Indonesia hanya memiliki bioma hutan hujan tropis dan bioma sabana. Faktor utama yang menentukan pembagian bioma adalah ketinggian. seperti Sulawesi terdapat hewan hewan yang khas seperti Anoa dan Komodo di Pulau Komodo. hutan gugur. 2. Papua Nugini. jumlah hewan kawasan Oriental akan menyusut secara mencolok. parkit.1. hutan hujan tropis. cendrawasih. Daerah yang merupakan daerah peralihan adalah Sulawesi. Persebaran Fauna di Zona Peralihan Sebelah timur dari garis wallace . dan orang utan. padang rumput. juga beberapa jenis binatang berkantung. dan Kepulauan Solomon. Dibagian tengah . 4. Sumatra memiliki hewan hewan khas seperti gajah. sehingga pada akhirnya membentuk bioma. Filipina. Menurut Weber. seperti kanguru wallabi dan kanguru pohon. Jawa memiliki badak bercula satu. Berbagai macam bioma adalah gurun. . Bioma ditentukan oleh vegetasi atau tumbuhan dominan dan mencerminkan iklim umum bioma tersebut. sebelah barat jumlah hewan kawasan Australia menurun secara jelas. dan beruang madu. 2. dan merpati berjambul. Malaysia. dan sabana. hutan hutan di Indonesia didominasi oleh tumbuhan Dipterocarpaciaea (tumbuhan berbiji bersayap). daerah Indonesia tersebut adalah daerah peralihan bertahap antara kawasan Oriental dan Australia. nuri. kera hidung panjang. seperti meranti. harimau. harimau. Lingkungan terestrial cenderung berubah dalam suatu pola dari utara ke selatan. Tumbuhan khas malesiana yang terkenal adalah Rafflesia arnoldii. 3. tapir. macan tutul. Sebaliknya.

lalu pada bagian timur bercorak Australia. Jenis Faunanya Adalah: Babi Rusa Kuda Komodo Anoa Kuskus Bavian Jambul Hap-Hap Tarsius Kera Serindit Sangihe Gagak Banggai Seriawang Sangihe Gosong sula Kepudang . Daftar Flora dan Fauna yang Berada di Wilayah peralihan : FLORA TIPE PERALIHAN Wilayah Flora peralihan meliputi pulau-pulau di wilayah indonesia bagian tengah yang terdiri dari pulau sulawesi. Ciri dan kondisi flora dan fauna ini tentunya membawa pengaruh terhadap karakter flora dan fauna pada wilayah nusantara .Ciri-Ciri Flora dan Fauna Peralihan .dan Kepulauan maluku.Sungu sula Raja Perling Sula Anis Sulawesi Sikatan Matinan .pulao timor .wilayah indonesia bagian timur termasuk ke dalam landas Australia (paparan Sahul). Pada bagian tengah corak dan ciri flora dan fauna merupakan peralihan antara kedua wilayah tersebut.nusa tenggara . Jenis Floranya antara lain : Longusei (ficus Minahasae) Gofasa. Dilihat dari segi geologis dan geomorfologis wilayah barat termasuk ke dalam landas kontinen asia (paparan Sunda).Umumnya Ciri fauna dan flora pada wilayah barat indonesia memiliki corak yang hampir sama dengan yang terpada di benua asia.gapusa (vitex cofassus) Eboni (Diospyros Celebica) Anggrek Serat (Dendrobium Utile) Lonta (Borasuss Flabellifer) Cempaka Hutan Kasar (Elmerrillia Ovalis) Cengkeh (Syzygium Aromaticum) Ajan Kelicung (Diospyros Macrophylla) Cendana (Santalum Album) Ampupu (Eucalyptus Urophylla) FAUNA TIPE PERALIHAN Wilayah nya antara lain sulawesi dan kepulauan nusa tenggara bagian tengah.Karakter dan pola persebaran flora dan fauna di indonesia tidak lepas dari sejarah perkembangan terdahulu di indonesia.

Pembagian wilayah persebaran fauna di Indonesia Alfred Russel Wallace (1823-1913) . yaitu fauna bagian barat. Fauna bagian barat memiliki ciri atau tipe seperti halnya fauna Asia sehingga disebut tipe Asiatis (Asiatic). sedangkan garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Tengah dan Timur dinamakan Garis Weber. Fauna tipe ini disebut fauna endemik. Garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Barat dan Tengah dinamakan garis Wallace. Fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yang berbeda. Indonesia merupakan salah satu dari 3 negara terbesar yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Fauna tipe Asiatis. Fauna bagian timur memiliki ciri atau tipe yang mirip dengan fauna yang hidup di Benua Australia sehingga disebut tipe Australis (Australic). dan timur. seorang penjelajah . Fauna tipe Peralihan dan Fauna tipe Australis KHANZA AULIA IPS 6 COMMENTS Fauna atau alam hewan adalah khazanah segala macam jenis hewan yang hidup di bagian tertentu atau periode tertentu. ahli antropologi dan biologi dari . tengah.Julang Sulawesi Kangkareng Sulawesi. geografer. Fauna bagian tengah merupakan fauna peralihan yang ciri atau tipenya berbeda dengan fauna Asiatis maupun Australis. Faunanya memiliki ciri tersendiri yang tidak ditemukan di tempat lainnya di Indonesia.

Garis yang memisahkan dua bagian fauna di Indonesia tersebut dikenal dengan nama Garis Wallace yang membatasi wilayah persebaran fauna Indonesia barat dan tengah. Gajah (Elephas maximus) terdapat di seluruh Sumatera dan menghuni hutan hujan dataran rendah. Bagian timur memiliki ciri fauna yang mirip dengan Australia. Kerbau liar terdapat di Minangkabau dan Jawa. Harimau sumatera (Panthera tigris). Macan tutul (Panthera pardus). 4. 6. yaitu badak jawa (Rhinocerus sondaicus) yang beratnya bisa mencapai sekitar 2 ton dan badak bercula satu. merupakan badak terkecil yang masih hidup. memiliki ciri fauna yang mirip dengan fauna Asia. harimau jawa. sedangkan Garis Webermembatasi wilayah persebaran fauna Indonesia tengah dengan timur. Namun kini tinggal harimau sumatra saja yang masih hidup. Badak. Banteng hanya terdapat di Jawa dan di Kalimantan dalam jumlah sedikit. Bagian pertama. Beruang madu (Helarctos malayanus) terdapat di Sumatra dan Kalimantan. Persebaran Fauna di Indonesia Berikut ini persebaran fauna di Indonesia yang dikelompokkan menjadi 3 tipe yaitu: 1. Saat ini hanya terdapat di Jawa menghuni kawasan perlindungan dan sedikit sekali yang secara liar hidup di hutan. yaitu harimau bali. 7. 2. dan harimau sumatera. Badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) yang beratnya mencapai sekitar 1 ton. serta mempunyai tonjolan kecil selain cula sehingga terkesan bercula dua. Di Indonesia terdapat 2 jenis badak. 3. . Pada mulanya ada 3 jenis harimau di Indonesia. Beberapa jenis fauna Asiatis antara lain: 1.Britania Raya adalah orang yang membagi flora dan fauna di Indonesia menjadi dua bagian besar. 5. yang terletak di bagian barat. Fauna tipe Asiatis (Wilayah Indonesia bagian barat) Fauna Asiatis banyak terdapat di Indonesia bagian barat sampai Selat Makassar dan Selat Lombok.

Dari segi jenis dan jumlah. Fauna tipe Peralihan (Wilayah Indonesia bagian tengah) Fauna tipe peralihan memiliki ciri-ciri fauna asiatis dan ciri-ciri fauna australis. Beberapa jenis fauna peralihan antara lain: 1. Merak (Pavo muticus) hanya terdapat di Jawa. Elang jawa (Spizaetus bartelsi) yang merupakan inspirasi dari lambang negara Indonesia. dimana hewan ini memiliki taring mencuat hingga menyerupai tanduk dan memiliki cula yang melengkung ke atas. Ikan arwana (Scleropages formosus) merupakan salah satu jenis ikan purba. 12. Anoa yaitu sejenis kerbau tetapi kerdil dan merupakan hewan endemik di Sulawesi. yaitu Garuda. Curik bali (Leucopasar rothschildi) merupakan burung endemik di Bali yang menghuni hutan musim ujung barat Laut Bali. Populasi terbesar di Jawa terdapat di 3 taman nasional. Nusa Tenggara. 2. Namun. 2. Pesut mahakam merupakan sejenis ikan air tawar yang habitatnya hanya terdapat di Sungai Mahakam. 13. Kalimantan. dan Jawa.8. yaitu di Ujung Kulon. 16. Orang utan (Pongo pyomaeus) terdapat di Sumatera dan Kalimantan. Kalimantan. Maluku Tenggara dan beberapa pulau kecil di perairan laut dalam. Anoa dibedakan menjadi 2. . Babi rusa (Babyrousa babyrussa) merupakan hewan endemik di Sulawesi. 14. 15. dan Baluran. boleh jadi fauna tipe ini tidak sebanyak fauna tipe Asia maupun Australia. yaitu anoa dataran rendah (Bubalus depresicornis) dan anoa gunung (Bubalus quarlesi). serta terdapat pula fauna yang tidak terdapat di kawasan lain di dunia. 9. Habitat ikan Arwana adalah di sungai dan danau. 11. 10. di kawasan ini terdapat beberapa fauna tipe Asia dan Australia. Bekantan (Nasalis larvatus) hanya terdapat di Kalimantan. Siamang (Hylobates klossi) terdapat di Sumatera. Alas Purwo. Maluku Tengah. Burung rangkong yang biasanya menempati pohon-pohon besar seperti beringin di hutan Sumatera dan Kalimantan. Fauna ini banyak terdapat di wilayah Indonesia bagian tengah seperti Sulawesi.

Burung kakatua 6. fauna tipe Australia berukuran tidak terlalu besar. Rangkong sulawesi 5. 6. Komodo (Varanus komodensis) merupakan binatang purba yang masih hidup dan hanya terdapat di pulau Komodo. 4. Kepalanya mirip burung hantu hingga disebut juga kera hantu. Beberapa jenis fauna Australis antara lain: 1. Nusa Tenggara Barat. Burung maleo (Macrocephalon maleo) hanya terdapat di Sulawesi. Krabuku (Tarsius spectrum) lebih mirip kuskus daripada kera.3. Pada umumnya. 3. Kuskus merupakan keluarga possum yaitu hewan berkantong khas Australia dan terdapat di Papua. Burung Cendrawasih yang dominan terdapat di Papua dan beberapa di Maluku. Landak Papua . Ciri yang paling khas di kawasan ini adalah mamalia berkantong. Fauna tipe Australis (Wilayah Indonesia bagian timur) Fauna Australis menempati wilayah Indonesia bagian Timur seperti Kepulauan di Papua dan Maluku Utara. Kanguru 2. 3. 4. Burung kasuari 5.