You are on page 1of 12

BAGIAN-BAGIAN KONSTRUKSI BANGUNAN

1.PONDASI
Pondasi adalah suatu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk menempatkan
bangunan dan meneruskan beban yang disalurkan dari struktur atas ke tanah dasar pondasi
yang cukup kuat menahannya tanpa terjadinya differential settlement pada sistem
strukturnya.
Untuk memilih tipe pondasi yang memadai, perlu diperhatikan apakah pondasi itu cocok
untuk berbagai keadaan di lapangan dan apakah pondasi itu memungkinkan untuk
diselesaikan secara ekonomis sesuai dengan jadwal kerjanya.
Hal-hal berikut perlu dipertimbangkan dalam pemilihan tipe pondasi:
1. Keadaan tanah pondasi
2. Batasan-batasan akibat konstruksi di atasnya (upper structure)
3. Keadaan daerah sekitar lokasi
4. Waktu dan biaya pekerjaan
5. Kokoh, kaku dan kuat
Umumnya kondisi tanah dasar pondasi mempunyai karakteristik yang bervariasi, berbagai
parameter yang mempengaruhi karakteristik tanah antara lain pengaruh muka air tanah
mengakibatkan berat volume tanah terendam air berbeda dengan tanah tidak terendam air
meskipun jenis tanah sama.
Jenis tanah dengan karakteristik fisik dan mekanis masing-masing memberikan nilai kuat
dukung tanah yang berbeda-beda. Dengan demikian pemilihan tipe pondasi yang akan
digunakan harus disesuaikan dengan berbagai aspek dari tanah di lokasi tempat akan
dibangunnya bangunan tersebut.
Suatu pondasi harus direncanakan dengan baik, karena jika pondasi tidak direncanakan
dengan benar akan ada bagian yang mengalami penurunan yang lebih besar dari bagian
sekitarnya.
Ada tiga kriteria yang harus dipenuhi dalam perencanaan suatu pondasi, yakni :
1. Pondasi harus ditempatkan dengan tepat, sehingga tidak longsor akibat pengaruh luar.
2. Pondasi harus aman dari kelongsoran daya dukung.
3. Pondasi harus aman dari penurunan yang berlebihan

.

Sloof juga berfungsi untuk meratakan beban bangunan dan mengurangi resiko penurunan yang tidak seragam (differential settlement) akibat perbedaan daya dukung tanah yang menumpu fondasi. Karena gaya yang bekerja pada sloof struktur lebih besar. 3. Fungsi ring balok adalah sebagai tumpuan konstruksi atap dan sebagai pengikat pasangan dinding batu bata bagian atas agar tidak runtuh. dan lapisan penutupnya. sloof umumnya dibuat dengan struktur beton bertulang. Pengaruh lingkungan luar terhadap atap menentukan pilihan penyelesaian yang baik terhadap suhu ( sinar matahari ).KONSTRUKSI ATAP Konstruksi atap adalah bagian paling atas dan suatu bangunan. yaitu sloof struktur dan sloof praktis. Masing masing komponen tersebut diatas terbagi menjadi biaya bahan dan biaya tenaga atau biaya tukang. . serta keamanan terhadap kebakaran (petir dan bunga api) sehingga atap harus memenuhi kebutuhan terhadap keamanan dan kenyamanan. Sloof praktis dapat dibuat dengan ukuran 12x20cm atau 15x20cm. A. bentuk dan konstruksi yang dipilih. Besi baja tulangan (syarat penulangan telah kita uraikan kan……akan lebih baik jika dilihat pada posting Klik disini 3.BALOK SLOOF Sloof adalah konstruksi yang berupa balok mendatar yang menumpu di atas pasangan fontasi staal.Komponen-komponen Penyusun Balok Ring: 1. Beton (dengan campuran 1pc:2ps:3pk atau yang lebih baik) 2. yang berfungsi sebagai pengikat bagian bawah tiap-tiap kolom. 4. permasalahan konstruksi atap tergantung pada luasnya ruang yang harus dilindungi. Sloof struktur dibuat sebagai pengikat bagian bawah dari kolom-kolom struktur.2. Untuk bangunan rumah dua lantai. Sloof praktis tidak difungsikan sebagai pengikat antar kolom struktur tetapi dibuat sebagai dudukan pasangan dinding yang belum terdapat sloof struktur. Ring balok yang umumnya digunakan untuk bangunan rumah tinggal sederhana adalah ring balok dengan lebar 15 cm dan panjang 20 cm.RING BALOK Ring balok atau ring balk adalah struktur yang diletakkan di atas pasangan batu dan bata. Begisting balok ring atau cetakan beton 4. makan sloof struktur perlu dibuat lebih besar daripada sloof praktis sesuai gaya yang bekerja padanya. sloof dibuat dua macam. cuaca ( air hujan dan kelembaban udara). Untuk bangunan rumah tinggal.

Pekerjaan kayu harus rata. sedangkan reng dipasang setiap jarak sesuai dengan ukuran genteng. reng dan seluruh rangka atap dibuat dari kayu kualitas baik tua. yang melindungi penghuni rumah dan panas matahari. besi strip dari bahan besi / baja.JENIS BAJA (TYPES OF STEEL) Baja secara umum dapat dikelompokkan atas 2 jenis yaitu :  Baja karbon (Carbon steel)  Baja paduan (Alloy steel) . usuk. Pekerjaan Konstruksi Atap Kuda-kuda. harus waterpass menurut kemiringan atap. Papan lisplang bisa digunakan kayu atau woodplank Baut. Konstruksi atap rangka kayu memiliki elemen-elemen sebagai berikut 1. ikatan angin. Permukaan kayu yang tampak (papan lisplank. Kaso-kaso dipasang setiap jarak 50 cm. sedangkan balok dasar pada kuda – kuda yang berfunfsi sebagai penahan dasar gaya tarik. serta tiang tengah (ander) yang mendukung balok bubungan (molo) dan menerima gaya tekan. angin dan air hujan.Konstruksi atap rangka kayu adalah suatu konstruksi yang berfungsi bagai penahan beban penutup atap. Ukuran kayu : Kaki kuda-kuda – ukuran 8/12 cm Pengerat – ukuran 8/12 cm Ander – ukuran 8/12 cm Skoor – ukuran 8/12 cm Nok – ukuran 8/12 cm Pengapit – ukuran 2 x 6/12 cm Gording – ukuran 8/12 cm Konsol – ukuran 8/12 cm Usuk – ukuran 5/7 cm Reng – ukuran 3/4 cm / 2/3 cm tergantung jenis genteng yang dipakai listplank kayu – ukuran 3/30 cm / 2/20 cm Pelaksanaan Pekerjaan. gording. setiap sambungan konstruksi atas agar diperhatikan adanya pen/joint yang berfungsi pengunci. Semua pekerjaan kayu yang harus diserut rata dan licin hingga memberikan penyelesaian yang baik dan sedikit penghalusan. skoor) harus diserut rata dan licin. melentur. klos. mur. konsul. bengkok JENIS. Kuda-kuda Kuda-kuda merupakan penopang (iga-iga) yang menyalurkan gaya tekan. yang strukturnya terbuat dan rangka kayu. kering atau tidak pecah-pecah.

 0. machinery dan mild steel (0.1.05 % – 0. rails. dilas dan dipotong. dilas. forgings.05 % – 0. crankshafts. Baja Karbon (carbon steel) Baja karbon dapat terdiri atas :  Baja karbon rendah (low carbon steel) Machine. bridges. tables knives. tools for turning hard metals. crank pins. wire drawing dies. bolts. kekuatan tarik dan sebagainya) .20 % C : automobile bodies. saws for cutting steel. screwdrivers.30 % C : gears. buildings  Baja karbon menengah (medium carbon steel ) o Kekuatan lebih tinggi daripada baja karbon rendah. Kandungan 0.50 % C : car axles.60 % C : hammers dan sledges  Baja karbon tinggi (high carbon steel) tool steel Sifatnya sulit dibengkokkan. vise jaws. rivets.30% C ) Sifatnya mudah ditempa dan mudah di mesin Penggunaannya: • 0. buildings. Baja Paduan (Alloy steel) Tujuan dilakukan penambahan unsur yaitu:  Untuk menaikkan sifat mekanik baja (kekerasan. hammers. dipotong. axles. boilers. nails. tools for turning brass and wood. o Sifatnya sulit untuk dibengkokkan. auger bits. screws.  0.50 % C Penggunaan :  screw drivers. chains. fine cutters 2.60 % – 1.20 % – 0. reamers. Penggunaan:  0. knives.30 % – 0. shafts. • 0.50 % – 0.40 % – 0. keliatan. screws.40 % C : connecting rods. blacksmiths hummers. pipes. drills.

kuat dan ulet bila dibandingkan terhadap baja karbon (carbon steel).50 %. jika elemen paduannya 2. Dengan menambahkan logam tersebut ke dalam baja maka baja paduan tersebut akan merubah sifat-sifat mekanik dan kimianya seperti menjadi lebih keras.  Untuk menaikkan sifat mekanik pada temperatur rendah  Untuk meningkatkan daya tahan terhadap reaksi kimia (oksidasi dan reduksi)  Untuk membuat sifat-sifat spesial Baja paduan yang diklasifikasikan menurut kadar karbonnya dibagi menjadi:  Low alloy steel. reamers.70 % – 1. manganese.5 – 10 %  High alloy steel. jika elemen paduannya ≤ 2. lathe tool bits dan milling cutters. Disebut High Speed Steel karena alat potong yang dibuat dengan material tersebut dapat dioperasikan dua kali lebih cepat dibanding dengan carbon steel. countersinks.  High Speed Steel (HSS) Self Hardening Steel Kandungan karbon : 0. tungsten dan vanadium. Sedangkan harga dari HSS besarnya dua sampai empat kali daripada carbon steel Jenis Lainnya : Baja dengan sifat fisik dan kimia khusus:  Baja tahan garam (acid-resisting steel)  Baja tahan panas (heat resistant steel)  Baja tanpa sisik (non scaling steel)  Electric steel  Magnetic steel  Non magnetic steel  Baja tahan pakai (wear resisting steel)  Baja tahan karat/korosi Dengan mengkombinasikan dua klasifikasi baja menurut kegunaan dan komposisi kimia maka diperoleh lima kelompok baja yaitu:  Baja karbon konstruksi (carbon structural steel)  Baja karbon perkakas (carbon tool steel)  Baja paduan konstruksi (Alloyed structural steel)  Baja paduan perkakas (Alloyed tool steel)  Baja konstruksi paduan tinggi (Highly alloy structural steel) .  Baja Paduan Khusus (special alloy steel) Baja jenis ini mengandung satu atau lebih logam-logam seperti nikel.5 %  Medium alloy steel. jika elemen paduannya > 10 % Baja paduan juga dibagi menjadi dua golongan yaitu baja campuran khusus (special alloy steel) &high speed steel. Penggunaan membuat alat-alat potong seperti drills. chromium. molybdenum.

Jenis Kayu jati berasal dari pohon jati yang memiliki ukuran yang besar. Penggunaan untuk konstruksi bangunan diantaranya untuk bantalan kereta api dan kontruksi kuda-kuda atap serta struktur jembatan pada jaman dahulu. jenis kayu jati Kayu Kelapa atau Glugu jenis-jenis kayu untuk konstruksi memang banyak sekali karena Indonesia sendiri kaya akan hutan tropis yang terdapat berbagai macam variasi. dan serangga. Selain melindungi kayu dari kondisi luar. 5. Selain itu.Jenis – jenis kayu konstruksi bangunan Kayu Jati Jenis kayu jati ini sering terkenal karena kekuatannya yang tinggi dibanding dengan kayu lain pada ummnya. yang bisa tumbuh hingga ketinggian 30-40 meter. ada mata mati. Jati merupakan jenis pohon yang memiliki daun yang lebar- lebar dan memiliki ciri khas. ada putih. . suri-suri). ukuran dan kriteria batasan kualitas kayu yang ditoleransi. Berwarna coklat muda hingga coklat tua 3. tidak mudah berubah bentuk akibat perubahan cuaca. Tipe kayu ini lebih sering digunakan untuk pekerjaan furniture seperti pintu. Kini masyarakat sudah yang banyak mengetahui dan menggunakan untuk keperluan interior mebel. jamur. dengan daunnya yang gugur ketika mengering. 1. Adapun ciri-ciri kayu jati adalah sebagai berikut. jendela. dan meja kursi. seperti: ada mata sehat. Jenis kayu glugu ini sering digunakan pada proyek gedung untuk membuat bekisting balok (gelagar. Penentuan kualitas jenis kayu jati yang diinginkan seharusnya mempertimbangkan type aplikasi finishing yang dipilih. finishing pada kayu tersebut diharapkan dapat memberikan nilai estetika pada kayu tersebut dengan menonjolkan kelebihan dan kekurangan kualitas kayu tersebut. tahan terhadap rayap. bahkan untuk rangka atap. Mudah dipotong – potong dan mudah diolah menjadi banyak produk 4. Pohon jati sendiri merupakan jenis pohon yang tumbuh pada daerah hutan hujan tropis yang bersuhu antara 27-37 derajat. kayu ini mempunyai serat dan tekstur yang indah. ada doreng. Memiliki kekuatan dan keawetan yang sangat baik 2. sekor. Memiliki bobot yang berat dan kokoh Jenis-jenis kayu untuk konstruksi biasanya mempunyai harga yang dipengaruhi dari asal. Di jawa sendiri terdapat kayu glugu atau kelapa yang sudah biasa digunakan untuk kontruksi bangunan seperti membat kanopi teras.

kayu kamper sering disebut dengan kayu borneo. Secara umum kayu kamper dibagi dalam 3 kategori yang dijual dipasaran. Pilihlah kayu glugu dengan kelas no. Sehingga saat ini perkebunan Tanaman kamper hampir merata di seluruh Indonesia.Glugu memiliki serat dan tekstur yang berbeda dengan jenis-jenis kayu lainnya karena memiliki serat yang jelas dan lurus. Hal ini disebabkan karena kayu kamper menjadi komoditas penting penyangga perekonomian masyarakat di Indonesia. Pertama kayu kamper samarinda kedua kayu kamper surabaya dan ketiga kayu kamper kruing dari sumatera. Mengingat manfaat perekonomian yang dihasilkan dari kayu kamper ini. Biasa digunakan untuk pembuatan kusen pintu maupun jendela walaupun kekuatannya tidak sebaik dengan kayu jati. dan tahan cuaca adalah bengkirai.1 sehingga lebih awet. Kayu bengkirai sering digunakan untuk material konstruksi bangunan seperti atap kayu. kayu glugu Kayu Kamper jenis-jenis kayu yang lain untuk konstruksi bangunan adalah kayu kamper. kayu kamper Kayu Bengkirai Jenis-jenis kayu untuk kontruksi bangunan memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari tingkat kelas kayu. Jika anda berniat untuk menggunakan kayu glugu sebagai rangka kanopi ekspos sebaiknya dilapisi dengan cat akrilik agar seratnya tetap terlihat. awet. . Salah satu jenis kayu yang lumayan kuat. decking dan sebagainya. Alasan sering digunakan untuk kusen adalah jenis kayu ini tidak disukai rayap dan serangga lainnya sehingga sangat cocok digunakan sebagai material furniture. karena kelebihannya yang kuat dan tahan lama sering dijadikan material eksterior seperti listplank. jenis material alam ini mempunyai serat dan tekstur yang indah.

bantalan kereta api dan kegunaan lain yang memerlukan sifat-sifat khusus awet dan kuat. bagian kayu teras kadang terlihat coklat kemerahan. terutama di pulau Irian / Papua. Kayu merbau biasanya difinishing dengan melamin warna gelap / tua. II dan Kelas Kuat I. Kayu ulin banyak digunakan sebagai konstruksi bangunan berupa tiang pancang. . Kayu Merbau Kayu Ulin kayu Ulin merupakan jenis kayu untuk konstruksi bangunan yang terkenal sangat kuat. Kayu merbau berwarna coklat kemerahan yang terkadang disertai dengan highlit kuning dan tekstur serat garisnya terputus-putus. gedung. Pohon merbau termasuk pohon hutan hujan tropis. Jenis kayu ini termasuk kayu dengan Kelas Awet I. Jenis kayu ini berwarna kuning dan kadang agak kecoklatan.kosen. tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 400 m. bahan untuk banguan jembatan. Kayu Ulin berwarna gelap dan tahan terhadap air laut. papan lantai. Pada saat baru saja dibelah/potong. II. Pohon ulin ini tumbuh subur di kalimantan.Pohon Bangkirai banyak ditemukan di hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. Pohon ulin termasuk jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai 50 m dengan diameter samapi 120 cm. Merbau memiliki tekstur serat garis terputus putus. material alam ini banyak digunakan untuk bahan bangunan rumah. Kayu ulin termasuk kayu kelas kuat I dan Kelas Awet I. serta bangunan lain. Jenis kayu ini tumbuh subur di Indonesia. oleh karena itulah disebut yellow balau. dengan warna gubal lebih terang. kantor. sirap (atap kayu). kayu bengkirai Kayu Merbau Jenis-jenis kayu untuk konstruksi yang kuat dan tahan terhadap serangga adalah kayu merbau. Perbedaan antara kayu gubal dan kayu teras cukup jelas.

Jenis kayu ini bertektur tidak terlalu halus. Selain itu juga sering digunakan sebagai stager atau perancah saat pelaksanaan proyek. bahan alam ini sering digunakan untuk membuat multiplek yang sering digunakan untuk bekisting. Kayu Meranti . kayu gelam Kayu Meranti kayu meranti merah merupakan jenis kayu keras yang mempunyai warna merah muda tua hingga merah muda pucat. kayu bakar. Pohon meranti sangat mudah ditemui di hutan di pulau Kalimantan. Pada beberapa daerah jenis kayu ini digunakan untuk cerucuk pada pekerjaan sungai dan jembaran. kayu ulin Kayu Gelam Jenis-jenis kayu untuk konstruksi bangunan lainnya adalah kayu gelam. pagar. Material alam ini sering digunakan pada proyek-proyek rumah. dan tiang-tiang sementara.

.

KONSTRUKSI BANGUNAN OLEH : FAHMI ZUKFIKAR KELAS : X TGB 3 SMKN 1 PURWAKARTA .

KONSTRUKSI BANGUNAN OLEH : ALIS LISNAWATI KELAS : X TGB 1 SMKN 1 PURWAKARTA .