You are on page 1of 9

BAB I

PENDAHULUAN

 Latar Belakang
Limbah adalah buangan dari suatu proses yang suatu waktu tidak di
kehendaki oleh lingkungan. Macam-macam limbah di bagi menjadi 3 :

1. Limbah Padat.
2. Limbah cair.
3. Limbah Padat.

 Tujuan
Tujuan di adakan pengamatan ini adalah :

1. Memenuhi tugas mata pelajaran biologi
2. Mengetahui dan memahami lebih jauh materi yang sedang dibahas
3. Untuk mengetahui keadaan lingkungan sekitar.
4. Supaya kita mengetahui cara penanganan limbah
5. Lebih banyak mengetahui materi yang akan disampaikan

 Waktu Dan Tanggal
Pengamatan ini di laksanakan pada hari Senin 23 April 2012.

Penyediaan air minum. f. Pengendalian pencemaran udara. maupun sosial yang memungkinkan setiap orang mencapai derajat kesehatan yang setinggi- tingginya. e. d. Menurut Notoatmojo. Pengendalian vektor ( Perantara penyakit ). termasuk hiegiene susu. Pembuangan sampah padat.  Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan. Upaya kesehatan lingkungan di tujukan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat. Higiene makanan. Jika lingkungan baik. baik fisik. Pengelolaan air buangan dan pengendalian pencemaran. BAB II PEMBAHASAN  Teori Lingkungan adalah daerah sekitar atau segala sesuatu yang ada di sekitar kita. b. h. kesehatan pada hakikatnya adalah suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang optimum sehingga berpengaruh positif terhadap terwujudnya status kesehatan yang optimum juga. Lingkungan sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. bersih dan sehat. Pengendalian radiasi. biologi. maka hidup seseorang juga akan sehat. Menurut WHO ( World Health Organization ). Menurut WHO ada 17 ruang lingkup kesehatan lingkungan. Kesehatan Lingkungan adalah suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat diri manusia. kimia. Kesehatan kerja. g. . yaitu : a. c. Pencegahan/pengendalian pencemaran tanah oleh ekskreta manusia. i.

kondisinya sangat tidak layak. k. m. j. Limbah padat tersebut berasal dari pusat jajanan kantin sekolah. q. dengan aroma atau baunya yang tidak sedap. Kami mengamati Limbah padat di tempat pembuangan sampah dari kantin. Aspek kesling dan transportasi udara. Perumahan dan pemukiman. bencana alam dan perpindahan penduduk. o. Limbah Padat. Sampah organik dan anorganik tercampur di tempat yang seharusnya bukan sebagai tempat sampah. Kondisi Tempat pembuangan sampah padat di Lingkungan Sekolah : . dapat membuat setiap yang lewat merasa tidak nyaman. l. Tindakan-tindakan sanitasi yang berhubungan dengan keadaan epidemi/wabah. p. Rekreasi umum dan pariwisata. Pencegahan kecelakaan. Pengendalian kebisingan. Perencanaan daerah dan perkotaan. n.  Pengamatan 1. Tindakan pencegahan yang di perlukan untuk menjamin lingkungan.

terdapat materi partikulat dalam air tersebut. Sebagian besar limbah cair ini berasal dari pembuangan air sawah. dan hasil dari kegiatan rumah tangga. seperti pasir dan banyak lagi. Kondisi Air yang ada di sekitar lingkungan sekolah : 3. . 2. asap rokok. Limbah Gas. debu. Limbah Cair. dan timbal yang berasal dari kendaraan. Limbah gas ini banyak mengandung materi partikulat seperti.

1. bisa di buat daur ulang. dan mengurangi jumlah limbah padat di sekitar lingkungan kita. bisa dengan berbagai macam cara.seperti : kerajinan. Gambar di samping ini adalah hasil daur ulang dari limbah botol yang dibuat m . teknik. cara bagaimana mengolah limbah menjadi ramah lingkungan dan mempunyai nilai ekonomis.  Beberapa produk yang di hasilkan dari limbah padat anorganik : Gambar di samping adalah hasil daur ulang dari limbah plastik yang bisa dibuat menjadi dompet yang unik dan menarik. Cara menangani limbah padat.  Cara penanganan Penanganan lingkungan adalah usaha. Limbah Padat. kesenian. dan bisa jg untuk kebutuhan kita. membuat limbah padat menjadi ramah lingkungan.

Produk di samping ini adalah hasil dari daur ulang limbah kaleng menjadi celengan yang lucu dan unik. Kekkerajinan di atas adalah hasil hasil daur ulang dari limbah selang yang dibuat menjadi lampu tidur yang . menjadi tempat permen yang unik dan menarik.

bagus dan lucu.  Beberapa produk yang di hasilkan dari limbah padat organik : Gambar di samping adalah hasil kerajinan dari limbah kertas dan koran yang sangat unik dan bisa di manfaatkan. dan akan mempunyai nilai jual yang tinggi. Ini adalah contoh kerajinan/produk dari limbah kayu dan bambu yang di desain dengan unuk. .

Salah satu untuk menangani limbah cair yaitu dengan Instalasi Pengolahan Air limbah ( IPAL ). Limbah Cair. Disamping ini adalah contoh kerajinan yang di buat dari kulit telur ayam. Metode dan tahapan proses pengolahan limbah cair yang telah di kembangkan sangat beragam. lucu dan menarik. bagus. Proses pengolahan IPAL di kelompokan sebagai berikut : Cara penanganan limbah cair dengan cara membuat kolam ganggang atau lagoon merupakan cara pengolahan limbah cair dengan memanfaatkan pertumbuhan ganggan fotosintesis dengan proses fakultatif anaerob serta . dan yang terpenting mempunyai manfaat dan nilai jual yang tinggi. dan di buat dengan unik. 2.

penyaring. dan klorinasi. Cara ini sangat cocok untuk negara berkembang.merupakan cara yang paling sederhana dibandingkan cara-cara lainnya. . sedimentasi. Teknik ini dapat dimodifikasi sehingga menjadi peralatan yang sederhana dengan biaya relatif murah bagi industri menengah ke bawah. Kebutuhan oksigen hayati (BOD) dan kebutuhan oksigen kimia (KOK) dapat dikurangi sampai 60-80%. pengatur kondisi untuk menumbuhkan ganggang. denitrifikasi. Pada dasarnya teknik kolam ganggang terdiri atas banyak kolam yang terbuat dari semen atau logam dengan kapasitas yang besar dan dilengkapi dengan berbagai peralatan pengendali.