You are on page 1of 15

Basic Knowledge of Coolant

COOLANT
Panas yang hasil pembakaran didalam engine sangat tinggi, sehingga diperlukan sistim
pendinginan untuk mengontrol temperatur kerja engine agar supaya engine bekerja
dengan performance yang optimum dan menghindari kerusakan komponen-komponen
akibat panas yang tinggi tadi.
Enersi yang diserap oleh sistem pendingin sekitar 20 % dari panas yang dihasilkan
pembakaran bahan bakar, dibuang sebagai exhaust gas 42 %, dan yang yang diubah
menjadi tenaga mekanis 38 %.
Secara umum yang dipakai sebagai media pendingin (coolant) digunakan air (water),
karena air mempunyai “cooling effect”yang baik.

Gambar dibawah memperlihatkan sistim pendinginan pada engine diesel secara umum.

UNTUK MEMPERPANJANG UMUR ENGINE

Gunakan air pendingin yang Ganti air pendingin secara
bekualitas baik periodik dan flushing

Cegah terjadinya overheat Tambahkan additives dan
dan overcool Antifreeze yang cocok

Secara periodik bersihkan dan periksa
radiator, area engine dan sistem pen-
pendingin

ADR/EK/03/02 1

KUALITAS/SIFAT AIR MENURUT Air laut Air tawar Water Treatment City water Air industri Air bawah tanah Air permukaan Air sumur Mata air Air sungai Air danau dls dls KATEGORI AIR MENURUT KUALITAS HARDNESS (KEKERASAN) NILAI pH AIR KERAS AIR LUNAK (HARD WATER) (SOFT WATER) AIR ASAM AIR BASA (ACID WATER) (ALKALINE) ADR/EK/03/02 2 . mudah diidapat. disamping air sendiri dapat menyebabkan korosif pada besi atau logam lainya. atau zat kimia lain yang dapat menghasilkan endapan (scale) pada permukaan dalam dari sistim pendingin. namun air natural secara umum mempunyai sifat selalu mengandung zat- zat organik. zat anorganik.Basic Knowledge of Coolant AIR (WATER) Air merupakan media yang paling baik untuk digunakan dalam sistim pemindah panas. Zat-zat yang terkandung didalam air natural dan sifat- sifatnya berbeda menurut tempatnya.

mengakibatkan korosif. Suatu factor CaO/MgO = 1. timbul suatu perbedaan electric potential. Oleh sebab itu. Lapisan tipis air yang melekat pada permukaan material komponen mesin akan menimbulkan karat dan mengembangkan korosif. nitrit. magesium (Mg).000 ml) air. dan magnesia (MgCO3. calcium carbonat). Jika ada oxygen terurai didalam air(peristiwa elektrolisa). KEKERASAN (HARDNESS) • Besi dan mangan pada umumnya terkandung dalam air hanya dalam kuantitas yang kecil. Senyawa-senyawa kimia ini larut dan membentuk scale (kerak) dan endapaan. iron (Fe).56. German Hardness 10. mangan (Mn) dengan chlorida. Ppm singkatan dari part per million) ADR/EK/03/02 3 . menghasilkan hydrogen sulfida.14 gram magnesium oxida (MgO) bila ada 10 gram Calcium ooxida (CAO) digunakan untuk mengkoresikan ke limestone hardness. KOROSIF PENGARUH DARI AIR • Jika metal dicelupkan kedalam air. French hardness 10. 3. British hardness 10. nitrat.000. garam-garam senyawa antara calcium (Ca). ini menyebabkan terjadi peng-oksidasi-an hydrogen.Basic Knowledge of Coolant MACAM-MACAM KARAKTERISTIK AIR NATURAL JENIS DAN KUANTITAS PENGOTORAN • Sodium chlorida (NaCl). • Kekerasan (hardness) air dinyatakan dengan : 1. dan hal ini seperti suatu cell (accu) yang kecil yang menghasilkan arus listrik. DAYA LARUT DAN MUTUAL REACTION DARI GARAM • Reaksi mutual dari garam-garam sangat mempengaruhi kemampuan air untuk melarutkan zat-zat. sama dengan 1 gram material yang terkandung dalam 1 m3 fluid Kekerasan air misalkan 8. carbonat. magnesium carbonat).000. Kekerasan (hardness) terbentuk karena adanya kandungan limestone (CaCO3.4 (7. PENGARUH ASAM CARBONAT • Asam carbonat dapat menguraikan senyawa-senyawa sulfida. KATEGORI KEKERASAN AIR (German hardness) • Extremely soft water 0 ~ 4 Ppm • Soft water 4 ~ 8 Ppm • Medium water 8 ~ 12 Ppm • Slightly hard water 12 ~ 18 Ppm • Hard water 18 ~ 30 Ppm • Extremely hard water Diatas 30 Ppm Note: 1 Ppm. artinya jika 10 gram Calcium carbonat (CaCO3) larut dalam 1m3 air. sulphat. Zat ini menjadikan suatu pencemaran dalam air bawah tanah.7 m3 air. zat-zat lebih mudah melarut.000 ml) air. dan zat-zat organik. Dalam German hardness sama dengan 0. Dalam German hardness sama dengan 0. Kekerasan dari air ditentukan dengan banyaknya zat-zat ini yang larut didalam air. artinya 8 gram CaO (lime) terkandung Dalam 1 m3 (1.8. artinya jika 10 gram Calcium carbonat (CaCO3) larut dalam 0. didalam air garam. artinya jika 10 gram lime (CaO) larut dalam 1 m3 (1. 2.

STANDARD KUALITAS CITY WATER • Nilai pH : 6. air laut. 5 Ppm • Mengandung ion ch. air dari saluran air sederhana atau air pompa. • Air dengan tingkat kekerasan yang rendah. • Air dengan tingkat kekerasan yang tinggi. • Air tawar tidak mengandung garam. 7.orida (Cl-) : Max. 5 Ppm • Mengandung ion sulfat (SO42-) : Max. air sumur.8 .Basic Knowledge of Coolant AIR YANG BAIK SEBAGAI COOLANT • Mengandung tingkat pencemaran / kotoran yang rendah. air dari kolam.5 • Total hardness (CaO) : Max. • Atau air yang memenuhi standard kualitas untuk: City water (air ledeng) Air suling Air yang telah diolah dengan alat pelunak air (water treatment) atau alat pembersih (purifying). AIR YANG JELEK SEBAGAI COOLANT • Mengandung tingkat pencemaran yang tinggi. 5 Ppm ADR/EK/03/02 4 . • Air yang mengandung garam: air sungai.

(Ion-ion korosif : Cl. Bila cooling system ditambahkan antifreeze yang berkualitas jelek. Akibatnya terjadi karat diberbagai tempat pada permukaan yang dilewati coolant. Jika menempel pada dinding yang panas menjadi scale yang keras. tidak larut didalam air tetapi tetap bercampur. Silika merupakan partikel-partikel batu. cooling effect menjadi turun fungsinya. sehingga terjadi problem: • Overheating. karena scale menghambat heat transfer. dan bila menyentuh besi yang panas garam-garam carbonat tadi membentuk scale. Air yang mempunyai keasaman lebih tinggi. silicate-silicate (pasir) terendapkan dan membentuk scale. Akibat penempelan scale pada permukaan dinding saluran pendingin. proses korosi berlangsung secara cepat. Bila temoeratur air yang mengandung garam naik. SCALE (kerak) Penyebab : Magnesium.dan SO42-).dan ion SO42- menempel pada permukaan besi dan menye- babkan besi teroksidasi. Calcium bicarbonat dan/atau magnesoum bicarbonat masing-masing mengurai menjadi calcium carbonat (CaCO3) dan magnesium carbonat(MgCO3). namun tidak membentuk scale. dan hal ini merusak besi. • Pitting.dan calcium-bicarbonat yang ter- kandung didalam air mengurai karena pengaruh panas dan membentuk scale. dan air yang lebih keruh. scale lebih mudah untuk dilepas dari dinding. • Kerusakan piston dan liner. ion asam sulfat (SO42-). membentuk sodium- carbonat Na2CO3 dan larut dalam air. Kejadian ini terjadi karena ion Cl. Bila sodium bicarbonat (NaHCO3) berhubungan dengan temperatur tinggi. ADR/EK/03/02 5 . dan sukar untuk dilepas dari dinding tadi. garam dan exhaust gas yang larut didalam air menghasilkan oxigen dan ion chlor (Cl-).Basic Knowledge of Coolant PROBLEM KARENA MENGGUNAKAN AIR JELEK RUST (karat) Penyebab : Udara(oxigen).

tempat semakin tinggi misalkan diatas gunung tekanan atmosfer lebih rendah. pada sea level. misalkan pada tempat dengan ketinggian 4000 m (Freeport) diatas permukaan laut. maka air radiator mendidih dan menyebabkan engine rusak (overheating). Pada umumnya tekanan didalam radiator dijaga sekitar 0. ADR/EK/03/02 6 . pada radiator dilengkapi dengan radiator valve. agar supaya titik didih air naik diatas 1000C. TEKANAN SYSTEM PENDINGIN • Pada sea level (tekanan atmosfer 760 mmHg) air memdidih pada temperatur 1000C. Pada grafik. dan selama engine hidup tekanan (udara) didalam radiator harus lebih besar daripada tekanan udara luar (differential pressure). dibawah 760 mmHg. • Untuk mencegah hal diatas. Bila machine beroperasi ditempat yang tinggi. • Antifreeze dapat ditambahkan kedalam sistim pendingin.75 kg/cm2. sedangkan temperatur optimum kerja engine antara 700C-950C. Pressure) dan mencegah terjadi ke-vacuum-an didalam radiator saat engine menjadi dingin.75 kg/cm2 (differential pressure) titikdidih air menjadi 1150C. titik didih air didalam radiator harus jangan dipengaruhi oleh tekanan udara luar. yang berfungsi menjaga dan membatasi tekanan (diff. dibawah 1000C. • Untuk menjaga supaya tekanan udara didalam radiator tidak dipengaruhi tekanan atmosfer. karena selain untuk menurunkan freezing point. titik didih air-pun makin rendah. titik didih kira-kira 860C.Basic Knowledge of Coolant TITIK DIDIH AIR Grafik dibawah ini memperlihatkan hubungan antara titik didih air dengan altitude (ketinggian diatas permukaan laut). jika diatas air bekerja tekanan sebesar 0. juga menaikan boling point.

pada umumnya tekanan kerja valve di-set 0. jika opening pressure diluar specifikasi ganti cap. Dengan adanya tekanan didalam radiator yang tersekat. sehingga cap membawa peran yang sangat penting dalam pengontrolan temperatur kerja sistim pendingin. maka mencegah hal itu radiator valve bekerja sebagai vacuum valve. dan tidak meluap. • TOOL untuk test radiator valve atau cap radiator: RADIATOR CAP TESTER. sehingga merusak komponen-komponen tsb. dan temperatur dari sistim pendingin menjadi turun. menyebabkan terjadi negative pressure didalam sistim pendingin. air pendingin tidak akan mendidih. akan mengakibatkan tegangan dalam (internal stress) yang bekerja pada komponen- komponen engine menjadi naik. akan lebih susah air membentuk gelembung-gelembung yang akan menempel dinding luar liner atau gelembung karena putaran water pump. ADR/EK/03/02 7 .75 kg/cm2 (differential pressure).Basic Knowledge of Coolant RADIATOR VALVE RADIATOR VALVE terdiri dari: • Pressure Relief Valve Valve ini bekerja untuk menyekat tekanan udara didalam radiator dengan udara luar sampai pada batas perbedaan tekanan yang diizinkan. Jika tekanan didalam radiator diset lebih tinggi. • Radiator Cap Pada umumnya radiator valve dipasang assy dengan cap radiator. sehingga internal stress karena kevacuuman dapat dicegah. Secara periodik cap radiator atau radiator valve harus diperiksa. Dengan demikian pada temperatur kerja engine. sehingga pitting cavitation atau corrosion dapat dicegah. • Vacuum Valve Setelah engine berhenti.

ADR/EK/03/02 8 . element campurkan dalam air. Juga untuk mencegah terjadinya problem pitting yang disebabkan karena terjadinya cavitation. IRON CORROSION INHIBITOR. COPPER. Jika zat kimia yang dingin. mencegah terjadi cavitation. ANTI-SCALE ADDITIVE. partikel-partikel scale atau Zat kimia tsb. untuk mencegah corrosion. dan juga melindungi dilarutkan terlalu lama dan seal water pump. 7. dapat mem. dan juga membuat lebih sukar Element berfungsi sebagai untuk scale melekat pada penyaring kotoran dan permukaan silider dan block. buyarkan scale dan men. mencegah terbentuknya scale. CORROSION RESISTOR MENGANDUNG 7 MACAM INHIBITOR 1. mencegah korosi pada aluminium. dan pendinginan oli pelumas. 4. 6. rust dalam coolant.sehingga dapat mencegah korosi pada cast iron. mencegah korosi pada aluminium. sehingga dapat meningkatkan ketahanan dan memperpanjang umur engine. 3. 5. Basic Knowledge of Coolant CORROSION RESISTOR Corrosion resistor dilengkapkan pada sistim pendingin engine. tidak berfungsi untuk aluminium. secara bertahap akan hilang efeknya. Dengan demikian. dan tsb. tujuannya supaya “cooling effect” dari sisitim pendingin menjadi lebih baik. telah menjadi lebih rendah concentrate-nya atau encer karena sering penambahan air pada sistim pendingin. Membersihkan air pendingin dan inhibitor yang larut didalam air pendingin Inhibitor Zat kimia padat berwarna putih larut dalam air dan Paper Element membentuk lapisan film pada permukaan luar silinder liner. membuat lapisan film pada permukaan (liner) cast iron. liner. ALUMINIUM CORROSION INHIBITOR. 2. ANTI-FOAM AGENT. BUFFER AGENT. COPPER ALLOY CORROSION INHIBITOR. CAVITATION PITTING INHIBITOR. berfungsi meningkatkan sifat alkali/basa pada air.dapat mengurangi scale membuangnya bersama air atau rust yang menempel pendingin saat penggantian pada saluran sistiem pen- air. mencegah korosi pada copper (tembaga) dan pada brass (kuningan).

coolant menjadi bersifat basa (alkali). sama halnya dengan nilai pH kecil (asam). KETERANGAN GRAFIK • Pada rentang pH neutral 6. • Dengan ditambahkan buffer agent pada corrosion resistor. • Dari grafik dapat dilihat nilai pH yang baik untuk cooling system ada pada rentang 8. • Dibawah digambarkan perbandingan pemakaian Al-inhibitor (Komatsu) dengan general Al-inhibitor.5.8-7. sebaliknya untuk aluminium malah mudah berkarat (kororsif). GRAFIK SIFAT ALKALI (BASE) dan ASAM (ACID) terhadap CORROSION pada logam-logam ALUMINIUM dan CAST IRON. sehingga dapat menghambat proses korosif pada besi. Pada grafik terlihat dengan penambahan inhibitor tadi grafik korosif aluminium bergeser kekanan (daerah yang diarsir).5- 10. ADR/EK/03/02 9 . dimana aman untuk besi maupun untuk aluminium.Basic Knowledge of Coolant Pengaruh sifat alkali atau basa dan asam dalam air terhadap besi dan aluminium diperlihatkan dengan grafik berikut. Inhibitor ini (Komatsu) lebih kuat dibanding dengan inhibitor yang biasa. dengan concentrate yang sesuai dapat menghambat korosif pada aluminium. untuk itu pada corrosion resistor ditambahkan “powerfull aluminium corrosion inhibitor”.5 besi lebih mudah korosif dibandingkan aluminium.

Oleh sebab itu. ADR/EK/03/02 10 . titik beku (freezing point) akan menjadi lebih rendah. Temperatur pembekuan berbeda tergantung jumlah (concentrate) antifreeze yang dicampurkan. Jika pada air concentrate garam dinaikan titik beku air akan menjadi rendah lagi. Perlu diketahui. karena garam bersifat sangat korosif. Akan tetapi. water jacket. Air laut mengandung garam. yang berhubungan dengan air pendingin. juga tergantung jenis antifreeze dan manufacturenya.50C. sehingga air laut membeku sekitar – 2. enegy yang dihasilkan karena pembekuan air didalam saluran pendingin ini akan memecahkan cyllinder liner. tetapi jika beberapa additive dilarutkan dalam air. radiator bocor dll.Basic Knowledge of Coolant ANTIFREEZE Antifreeze digunakan untuk mencegah kerusakan engine yang disebabkan karena membekunya air pendingin pada daerah yang bertemperatur dingin (winter).1 kali. Air membeku pada 00C. yang akan merusak komponen engine. Gamabar dibawah memperlihatkan hubungan freezing point dan boiling point terhadap concentration(%) antifreeze jenis Inhibited Ethylene(IEG) pada sea level.kita tidak dapat melakukan penambahan garam pada sistim pendingin. pada daerah dingin dimana temperatur udara luar dibawah 00C harus ditambahkan ANTIFREEZE untuk mencegah pembekuan. jika air membeku volumenya akan bertambah 1.

get glembung.COPPER masuk kesirkulasi air gelembung liner ALLOY INHIBITOR selama operasi dlm. Penggerakan dari permukaan COPPER.coolant aran LINER impact PITTING KAVITASI DAN KOROSI Penurunan level air dalam radiator.coolant Korosi pada Penggerakan CHEMICAL Ion-ion acid Cl. MEKANISME PROSES PENGHAMBATAN KOROSIF Kavitasi (inhibitor 11 Pencegahan pitting kavitasi dan korosi mengurangi impact) Tamparan Pembentukan Tamparan Ledakan MEKANIKAL Getaran gelembung PISTON. udara Gelembung. KOROSI PISTON LINER dlm.dan permukaan anode oleh KORROSI SO42-(kualitas air) LINER ion Cu+ Basic Knowledge of Coolant PH ADJUSTMENT IRON CORROSION ADR/EK/03/02 INHIBITOR .

lebih mudah terjadi korosi. CORROSION Ketika piston mulai turun Tekanan yang timbul karena karena adanya pembakaran ledakan dari gelembung- (power stroke). dihasilkan tekanan tinggi yang merusak permukaan cylinder liner. pitting. liner sebelah gelembung mengakibatkan kiri tetekan piston.dan semua lapisan film pencegah korosi gelembung pada permukaan hilang. cylinder liner sebelah tertekan piston dan bergerak sedikit kekanan Gema dari getaran-getaran akan menambah pembentukan dan peledakan glembung- gelembung. ADR/EK/03/02 12 . Akibat ledakan. dan hal ini membuat liner terpukul dan meledak. Karena kerusakan ini. menjadi lebih mudah untuk membentuk gelembung-gelembung. sehingga mempercepat proses cavitation.Basic Knowledge of Coolant MEKANISME TERJADINYA PITTING Ketika piston bergerak naik ECHO EFFECT (compression stroke). Timbul gelembung2 kecil pada permukaan cylinder pada sisi yang berlawanan.

liner Korosi antara cast iron pada Impeller water pump yang permukaan atas cylinder dimakan karat block ADR/EK/03/02 13 . liner permukaan cylinder liner Scale menempel cyl.Basic Knowledge of Coolant CONTOH PROBLEM KARENA AIR Korosi pada seluruh permukaan Pitting pada cyl.

Terjadi water pump Oil cooler pitting gelembung- rusak. Air pendingin Air bocor dari seal kotoran masuk kedalam air beremulsi waterpump d ADR/EK/03/02 14 . Basic Knowledge of Coolant CONTOH PROBLEM-PROBLEM YANG DISEBABKAN AIR PENYEBAB PROBLEM AKIBAT Air menyembur Liner pitting dari muffler Piston. exhaustgas gelembung masuk kedalam air pendingin. biru) Abnormal noise Valve rusak/aus Overflow Water hammer Overheat Korosi pad Oil engine dan oil cooling system powertrain ber- campur (emulsion) Cyl. Head distorsi Excessive Rust (red) Bearing rusak Excessive Rust Core radiator (brown or black) b t Impeller Air cepat kotor waterpump kavitasi / pitting LAIN-LAIN (fan belt kendor. liner aus / AIR PENDINGIN Warna gas buang rusak KURANG (putih. Head retak AIR PENDINGIN JELEK Air menyembur dari upper tank Cyl.

Basic Knowledge of Coolant MAP KWALITAS AIR DIDUNIA STANDARD KWALITAS AIR YANG HARUS MENGGUNAKAN CORROSION RESISTOR (INHIBITOR) . ADR/EK/03/02 15 .