You are on page 1of 8

Masih banyak yang bingung membuat dan mengatur posisi nomor halaman yang

berbeda pada setiap halaman, terutama pada format skripsi/TA, Proposal, dll. Di
sini saya akan menjelaskan cara-cara membuatnya. Sebagai berikut:

1. Atur halaman kertas dengan ukuran kertas A4, margin: Top: 4; Left:4;
Right:3; dan Bottom:3, dan portrait yaitu pada Page layout tab, group page
setup, atur margin dan papernya. Setelah selesai baru tulis semua teksnya atau
kalau sudah membuat di tinggal di Copy dan paste ke halaman yang akan diatur

2. Format page number. pada Insert tab. iii. ii. beri page number. number format : i. Pada Halaman 2 (setelah halaman cover).…dengan start . Page Number.

lalu pada Design tab. .at: i. Kemudian aktifkan header&footer dengan mengklik kiri 2x pada mouse di atas atau di bawah batas halaman. group Option. centang Different first page dan show document teks.

page number. pilih plain number 2. bottom of page.Kemudian pada Design tab. group header&footer. .

3. Untuk memisahkan halaman nomor romawi dengan halaman nomor angka. yaitu letakkan krusor pada halaman terakhir nomor Romawi. .

4. atur halaman ISI (mis: BAB 1) dengan menekan tombol Delete sehingga halaman ISI pindah ke halaman kosong. Sehingga krusor berada di halaman kosong di bawah halaman nomor romawi. Link to previous nya masih aktif seperti pada gambar di bawah. group Navigation. Break. yaitu krusor letakkan pada halaman ISI (BAB 1) kemudian aktifkan Header&Footer . . group page setup. pilih next page. maka di non aktifkan dengan mengklik Link to previous.Kemudian klik page layout tab. Kemudian mengatur halaman isi. section breaks. setelah aktif letakkan krusor pada Footer jika pada Design tab.

Sebelum Link To Previous di nonaktifkan Sesudah Link To Previous di nonaktifkan .

page number. pastikan Link To previous non aktif jika aktif maka silahkan di nonaktifkan. 6. yaitu dengan : Design tab. bottom of page. Sehingga halaman 1 pada ISI terdapat nomor dan halaman ke dua pada ISI tidak terdapat nomor. klik page number. Setelah itu beri nomor pojok kanan atas. Untuk memberi nomor pada halaman selanjutnya. pilih plain number 3. top of page. group header&footer.5. Letakakkan krusor berada pada Header halaman ke dua pada ISI. Kemudian beri page number pada halaman awal ISI (yang ada teks Bab 1) yaitu page number page. . Pastikan Different of page tetap tercentang. group header&footer. pilih plain number 2.