You are on page 1of 13

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami haturkan kehadirat allah SWT karena kami  
menyadari bahwa berkat rahmat dan hidayahnyalah kami dapat menyelesaikan
makalah ini dengan judul “Rusaknya Lingkunganku karena Pencemaran”. 

makalah ini ditulis dengan tujuan dan maksud untuk menambah nilai 
mata pelajaran bahasa Indonesia guna dapat mengikuti tahap pembelajaran 
selanjutnya. Dalam hal ini siswa di tuntut untuk dapat mendominasi perannya 
dalam pembelajaran, sementara guru di harapkan berperan sebagai fasilitator 
yang memaparkan metode penyediaan ragam pengalaman belajar siswa. 
Sehubungan dengan tersusunnya makalah ini kami mendapat bantuan dari 
berbagai pihak. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami menyampaikan 
terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan membimbing 
penulisan makalah ini, yaitu :

 Tuhan yang Maha Esa
 Guru pembimbing mata pelajaran Bahasa Indonesia, Ibu Syafdar 
Marlena, S.pd
 Rekan­rekan sejawat di kelas X.2 SMA Negeri 3 Kota Jambi.

         kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih terdapat 
kekurangan dan kelemahan disana sini. Oleh karena itu kritik dan saran yang 
sifatnya membangun dari pembaca atau pihak – pihak yang berkompeten 
sangat kami harapkan dan akan kami terima dengan senang hati demi 
penyempurnaan makalah ini dimasa yang akan datang.

Pada akhirnya kami mengharapkan semoga karya tulis ini dapat 
bermanfaat bagi diri kami sendiri khususnya, dan bagi pembaca pada 
umumnya.

Jambi, 1 November 2010

..............ii DAFTAR ISI....................9 LAMPIRAN................................................................................................................................1 Kesimpulan.......................................... i KATA PENGANTAR...............................................................................................................2 Pembahasan..........................10 ........................................................................... 2 BAB II TINJAUAN PUSTAKA.........................................................................................................................................................................3 BAB III ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN 3....8 4.............................................................................................................................1 Analisis Data......................................................................iii BAB I PENDAHULUAN 1....................................................................................................... ................ 1 1..........................................................................................4 Variabel......................7 BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN 4......................2 Waktu dan Tempat.............................1 Latar Belakang.....................................................................1 1........................................................................                                                                                                          PENULIS DAFTAR ISI JUDUL...........................................................................7 3................. 2 1.............................................................................................................................................8 DAFTAR PUSTAKA...........................3 Hipotesis...................................................................2 Saran.......

bagi   tumbuhan. Untuk itu kami akan mencoba mengamati secara langsung   dengan   menanam   bawang   merah   di   tempat   yang terkena cahaya matahari secara langsung dan tidak langsung dan juga berdasarkan sumber dari beberapa pakar yang kami ambil dari tinjauan pustaka secara detail dan terperinci 1. Dilihat dari Fungsi cahaya yang sangat penting bagi tumbuhan maka   kami   memilih   untuk   menulis   suatu   karya   ilmiah   yang berjudul pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan bawang merah sehingga pada akhirnya nanti kami dapat mengetahui seberapa besar   pengaruh   cahaya   terhadap   pertumbuhan   tunas   bawang merah tersebut.   Makanan   yang   akan   dihasilkan   dari   proses fotosintesis   ini. BAB I PENDAHULUAN 1.1Latar Belakang Seperti yang telah kita ketahui bersama. Bagaimana   perbedaan   pertumbuhan   antara   bawang   merah yang diletakkan di dalam ruangan dan diluar ruangan? .   akan   menentukan   ketersediaan   energi   yang berguna   untuk   pertumbuhan   dan   perkembangan   tumbuhan. bahwa manfaat cahaya atau fungsi cahaya bagi makhluk hidup sangatlah banyak antara   lain   sebagai   sumber   energi. Sedangkan.   Bagi   manusia   dan   hewan cahaya matahari  berfungsi sebagai penerang dunia.2 Rumusan Masalah.   khususnya   tumbuhan   yang   berklorofil   cahaya sangat   menentukan   dan   sangat   membantu   dalam   proses fotosintesis. Bagaimana   pengaruh   cahaya   terhadap   pertumbuhan   tunas bawang merah? 2.             Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah yang di tunjukkan dalam karya ilmiah ini adalah : 1.

Tidak ada hubungan antara suhu tertentu dengan pertumbuhan tunas bawang merah. Hipotesis Alternatif 1. c. Variabel bebas Pengaruh cahaya.Tidak pasti tumbuhan bawang yang diletakkan di luar ruangan akan lebih cepat tumbuh dari pada tumbuhan bawang yang diletakkan di dalam ruangan. banyaknya cahaya yang diterima oleh bawang merah yang diletakkan didalam ruangan dan diluar ruangan b. pengaruh banyaknya cahaya yang akan dilihat dari pertumbuhan umbi bawang merah tersebut. Tumbuhan bawang yang diletakkan diluar ruangan lebih baik pertumbuhannya dibandingkan dengan tumbuhan yang diletakkan didalam ruangan 5. Variabel terikat Bawang merah. dan perawatan tanaman. Ada pengaruh banyaknya air terhadap pertumbuhan tunas 4. 4. 26 juli 2010 Pukul : 15. .4Hipotesis a. Cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan tunas bawang merah 2.5Variabel a.30 WIB Tempat : Rumah 1. Cara penanaman dan perawatan yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan tunas 3. Tidak ada hubungan antara banyaknya air pada pertumbuhan tunas 3. Tidak ada hubungasn antara intensitas cahaya terhadap pertumbuhan tunas bawang merah 2.1. Hipotesis Nol 1. 1.3Waktu dan Tempat Waktu : Senin. Suhu tertentu dapat mempengaruhi pertumbuhan tunas bawang merah b. Variabel kontrol Jumlah umbi bawang merah. media penanaman.

 China. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. Eropa Timur dan  Spanyol. India. Di Jepang. Jepang. Dalam  penyebarluasan selanjutnya.2 Sejarah Bawang Merah                Tanaman bawang merah diduga berasal dari Asia. Eropa Timur dan  Amerika Serikat.  Iran. Utara Pakistan dan daerah pengunungan Iran dan juga  berkembang ke Mesir dan Turki. 2. Jepang  memproduksi bawang sebanyak 1 juta ton dari 30 ribu hektar. Peninggalan Yunani Kuno  memperjelas. USA. sehingga  menjadi produsen nomor dua di dunia.1 Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan               Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran (massa. betapa tuanya umur pembudidayaan bawang merah. terutama  Palestina. Perkembangan adalah proses menuju kedewasaaan secara kualitatif  terhadap pengembangan tubuh organisme. dan Philipina. bawang merah ini berkembang sampai ke  Timur Jauh dan Asia Selatan. Vietnam. Dari berbagai penelusuran dalam  literatur dan narasumber  terdapat kesamaan pandangan bahwa bawang  merah merupakan tanaman yang tertua dari silsilah budidaya tanaman  oleh manusia hal ini antara lain ditunjukkan pada  zaman I dan II  Dynasti (3200 ­ 2700 sebelum masehi) bangsa mesir sering melukiskan  bawang merah pada patung dan tugu­tugu mereka. tanaman  bawang merah dikenal pada tahun 1500 SM.panjang)  secara kuantitatif yang dihasilkan dari pertambahan jumlah sel dan  bersifat irreversible ( tidak dapat kembali ). diduga tanaman ini dibudidayakan 1. Pada tahun 1975. Di Israel. Italia. Meksiko. Di Kawasan Eropa Barat. budidaya tanaman bawang merah dikenal pada akhir abad  yang sama dengan saat dikenal di Eropa Barat. yakni sekitar abad XIX. terutama Amerika Serikat. yakni  diduga 4000 tahun yang lalu.Hingga sekarang hampir  diseluruh negara di dunia ini mengenal bawang merah.000 tahun yang lalu.  kemudian menyebar ke Amerika. Rumania. Negara­negara  yang menjadi produsennya antara lain.  .

ascalonicum Nama binomial Allium ascalonicum . 2. Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan  membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi. Tinggi herba semusim ini sekitar 40­60 sm. Umbi dari tanaman bawang merah merupakan bahan utama  untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Klasifikasi tanaman Bawang merah        Bawang merah atau Brambang (Allium ascalonicum L.  USA. Bawang merah menjadi salah satu tanaman komersial di berbagai negara di dunia.3 Pengertian bawang merah        Bawang merah adalah tanaman semusim dan memiliki umbi yang  berlapis. Tanaman bawang  merah mempunyai akar serabut. Meksiko dan texas. Umbi bawang merah bukan  merupakan umbi sejati seperti kentang atau talas. Rumania. Italia.) adalah  nama tanaman dari familia Alliaceae dan nama dari umbi yang  dihasilkan. membesar dan  membentuk umbi berlapis. dengan daun berbentuk silinder  berongga. Negara­negara produsen bawang merah antara lain Jepang. Klasifikasi Tanaman Bawang merah: Kerajaan: Plantae Divisi: Magnoliophyta Kelas: Liliopsida Ordo: Asparagales Famili: Alliaceae Genus: Allium Spesies: A. Umbi bawang merah terbentuk dari lapisan­ lapisan daun yang membesar dan bersatu.

  2.3% karbohidrat dan unsur­unsur lain seperti dari fosfor. Uap bawang merah bisa digunakan untuk membersihkan luka dan dapat menyembuhkannya.   Jika   diletakkan   di   atas ginjal   dan   kantong   kemih. Cara membuat kompresan   dari   bawang   ini   adalah   dengan   memotong­motong   bawang . kalsium dan besi. Minyak yang mudah menguap yang terkandung dalam air bawang merah berguna   untuk   membunuh   sebagian   besar   mikroba  staphylococci. Mengonsumsi bawang merah yang masih mentah maupun sudah masak dicampur dengan keju dapat meminimalisir terjadinya pembekuan darah. Dapat juga membunuh mikroba  diphtheria.86% air.  4.  7.   Juga   mengandung   zat­zat   karbohidrat. 10. Kandungan dan Manfaat Bawang Merah. 1% lemak. Bawang merah juga memiliki unsur yang mirip dengan  hormon insulin yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah. vitamin B dan C.   bisa   menyembuhkan   susah   buang   air   kecil.  Manfaat Bawang Merah 1.  8.  6.  3. 1. maka dapat menyembuhkan gangguan   pada   fungsi   pengaturan   darah. Mengunyah bawang merah selama beberapa menit dapat membersihkan mulut dari mikroba termasuk mikroba diphtheria.  5. Dapat mengaktifkan gerakan lambung. amuba  disentri  dan mikroba TBC. L. Menghirup   bau   bawang   merah   atau   memakannya   dapat   menyebabkan minyak yang mudah menguap yang mengandung sulfat dan dapat masuk ke dalam darah manusia. demikian   juga   mikroba  streptococci  yang   dapat   menyebabkan   penyakit radang pada toraks dan kerongkongan. Untuk   mengobati   batuk   rejan   dan   radang   paru   dengan   menggunakan bawang   merah   sebagai   kompres   di   atas   dada. Dalam setiap 100 gr bawang merah terdapat 48 kalori. maka akan mengeluarkan nanah dan darah kotor. yang nantinya bisa membunuh mikroba yang bisa menyebabkan penyakit. Susunannya sebagai berikut: 8. 9. Bawang   merah   mengandung   banyak   serat   seluloza   yang   kaya   akan   minyak sulfat   yang   mudah   menguap. Bawang merah benar­benar mampu menghilangkan bakteri­bakteri tersebut dalam waktu singkat. Jika diletakkan di atas kedua telapak kaki.   Dan   jika   diletakkan   di   atas luka.3% protein.   asam fosfat.

Potongan­potongan bawang merah bisa digunakan juga untuk mengobati kalu   dan   mata   ikan   pada   kaki. 1976). Ulangi proses tersebut setiap pagi hingga cacing benar­benar keluar seluruhnya. Bawang   merah   juga   bisa   menghilangkan   cacing   di   lambung   dan mengobati   wasir   dengan   cara   membuatnya   sebagai   obat   pencahar   dari bawang merah yang telah dipanaskan sekitar kurang lebih 3 menit dalam 1 liter air.   Demikian   juga   fungsi­fungsi saraf. Seduhan   bawang   merah   ini   dapat   digunakan   untuk   menghilangkan cacing pada anak­anak. 1962). yaitu dengan cara menyeduh potongan­potongan bawang   merah   dan   memasukkannya   ke   dalam   air   dan   disimpan sepanjang malam.  11. 1939 set  Wilsie.   bawang   merah   dapat   digunakan   sebagai pertolongan pertama daripada harus menggunakan amoniak. Pengaruh cahaya terhadap Pertumbuhan tanaman. kemudian diikat dengan kain. Intensitas cahaya berpengaruh nyata terhadap sifat  morfologi tanaman.   Sebab   baunya   sangat   menusuk   sehingga   dapat   merangsang peredaran   darah   dan   fungsi   pernapasan. internodianya lebih pendek. lalu cuci dengan air hangat dan sabun. Tanaman yang mendapatkan cahaya matahari dengan  intensitas yang tinggi menyebabkan lilit batang tumbuh lebih cepat. Menghirup   aroma   bawang   merah   dapat   mengobati   rasa   pusing   dan pingsan. daun lebih tebal.  14. Beberapa effek dari cahaya matahari yang penuh  .  15. tetapi ukurannya lebih kecil dibanding dengan tanaman yang  terlindung (Wilsie.   Setelah   itu. Bagi pertumbuhan tanaman ternyata pengaruh cahaya selain ditentukan oleh kualitasnya ternyata ditentukan oleh  intensitasnya (Hari  Suseno. Dalam hal ini gunakan bawang merah yang ukurannya sedang agar bisa dimasukkan ke dalam anus. merah   menjadi   beberapa   potongan   kecil   lalu   dipanaskan.   yaitu   dengan   cara   membubuhkan potongan­potongan bawang tersebut di sekitar kalu atau mata ikan pada sore hari sampai pagi hari.  12. diletakkan di daerah yang hendak diobati. Ulangi hal tersebut sampai terlepasnya kalu atau mata ikan dari kaki. lalu pada siang hari diminumkan kepada anak setelah dicampur dengan madu. Lakukan penggantian perban tersebut setiap 12 jam.  susunan pembuluh kayu lebih sempurna. Cahaya matahari merupakan sumber utama energi bagi kehidupan. 1962).  10.  13. tanpa  adanya cahaya matahari kehidupan tidak akan ada (Pearse. Bawang   merah   apabila   ditumbuk   dan   didihkan   dengan   minyak   zaitun bisa digunakan untuk mengobati pecah­pecah pada puting dan wasir.   Dengan   demikian. Air bawang merah digunakan untuk pembalut pada bagian anggota tubuh yang terpotong untuk menghilangkan rasa sakit.

  Substansi yang merespons terhadap spectrum cahaya adalah fitokrom  suatu protein warna pada tumbuhan yang mengandung susunan atom  khusus yang mengabsorpsi cahaya BAB III ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN Dalam percobaan ini kami menanam 4 buah bawang merah. dimana  batang kecambah akan tumbuh lebih cepat namun lemah dan daunnya  berukuran lebih kecil. berukuran kecil. jika kekurangan cahaya tersebut terus dibiarkan maka ketika nanti tumbuhan bawang merah ini telah menunjukkan pertumbuhan daun menyebabkan daun akan berwarna pucat.(yang melebihi) kebutuhan optimum dapat menyebabkan layu. Namun. tipis. Penelitian yang dilakukan oleh Hendricks dan Borthwick  pada tahun 1984. dan berwarna pucat. fotosintesis  lambat. tipis dan batangnya tidak terlalu kokoh karena tanaman tidak bisa melakukan fotosintesis. Pengaruh cahaya bukan  hanya tergantung kepada intensitas ( kuat penyinaran ) saja. yaitu berkaitan dengan panjang  gelombangnya. laju respirasi meningkat tetapi cenderung mempertinggi daya  tahan tanaman. Percobaan dengan menggunakan spectrum infra merah dengan  panjang gelombang 730nm memberikan pengaruh yang berlawanan. hal ini diperkuat oleh pendapat  Shirley sit Wilsie (1962) bahwa cahaya matahari penuh menghasilkan akar  lebih panjang dan lebih bercabang. sehingga tumbuhan yang diletakkan didalam ruangan akan lebih cepat tumbuh atau mengalami perpanjangan. menunjukkan bahwa cahaya yang berpengaruh terhadap  pertumbuhan adalah pada spectrum merah dengan panjang gelombang  660nm. Dalam keadaan tidak ada cahaya . 3. Tanaman yang kurang mendapatkan cahaya matahari  akan mempunyai akar yang pendek. namun ada  factor lain yang terdapat pada cahaya.1 Analisis Data o Tanaman bawang merah pada pot I ( dalam ruangan) Tanaman yang diletakkan di dalam ruangan akan mengalami pertambahan tinggi yang sangat cepat dari hari ke hari. Pada hari kedua tanaman bawang merah yang diletakkan di dalam ruangan sudah mulai menunjukkan kemunculan pangkal tunas yang pertama. hormon auksin merangsang pemanjangan sel-sel. 2 diantaranya diletakkan di dalam ruangan dan 2 lainnya di letakkan di luar ruangan tetapi yang sudah mulai bertunas hanya ada 2 umbi bawang merah jadi dalam hal ini kami hanya membahas bawang merah yang sudah mulai bertunas. o Tanaman bawang merah pada pot II ( Luar ruangan) . Kekurangan cahaya pada saat  perkecambahan berlangsung akan menimbulkan gejala etiolasi.

Namun.2 Pembahasan Alat Dan Bahan : o Bawang merah o Tanah bakar o Gelas arthess o Air o Daun pisang Cara menanam :  Potonglah bagian atas umbi bawang merah lebih kurang 1/3 bagian. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN 4. ­ Tanaman bawang yang diletakkan di luar ruangan mengalami  pertumbuhan yang lebih lambat dan memiliki tinggi batang yang lebih  pendek ­ Cahaya adalah Faktor yang ikut mempengaruhi pertumbuhan tanaman  dan bentuk fisik tanaman.  Lalu tutup dengan menggunakan mulsa.  Setelah ditutupi dengan daun kering siram dengan air sampai daun kering terlihat basah.1 Kesimpulan Berdasarkan paparan karya tulis ilmiah pada bab sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa : ­ tanaman bawang yang diletakkan di dalam ruangan mengalami  pertumbuhan yang lebih cepat dan batang yang lebih tinggi. karena mendapatkan cahaya matahari yang cukup maka tanaman tersebut dapat melakukan fotosintesis secara maksimal sehingga ketika nanti daunnya sudah mulai tumbuh akan memiliki daun yang lebih sehat. Apabila tanaman di letakkan di dalam akan  lebih cepat memanjang karena hormon auksin bekerja tidak di hambat  matahari sedangkan tanaman yang diletakkan diluar ruangan mengalami . 3. Tapi disini kami mengganti mulsa dengan daun kering. lalu tanam di tempat yang telah disediakan dengan 1/3 bagian yang di potong menghadap ke atas  Tutupilah umbi bawang merah yang sudah ditanam dengan menggunakan tanah tipis saja. Tanaman yang diletakkan diluar ruangan akan mengalami pertumbuhan yang lambat karena hormon auksin mengalami kerusakan akibat dihambat oleh cahaya matahari sehingga tumbuhan akan tumbuh lebih pendek atau lebih lambat.

Diakses pada tanggal 27 Juli 2010. tumbuhan yang berada di luar ruangan memiliki bentuk tumbuhan yang sangat optimal sedangkan di dalam ruangan tidak. . Com.org.cahayahariku. http//www. Pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman. Dan agar bisa lebih memahami dan menyimpulkan   kembali   perbedaan   apa   lagi   yang   mungkin   ada   di   antara tumbuhan yang cukup dan tidak cukup cahaya sebaiknya kami diberikan waktu kembali sampai daun dan batangnya benar benar tumbuh dengan sempurna.lablink. 4.2 Saran Berdasarkan paparan karya tulis ilmiah pada bab pembahasan.id.erbarbazy. DAFTAR PUSTAKA Bawang merah.wordpress. http//www.com. Sejarah tanaman bawang merah.wikipedia.com. penulis dapat memberi saran yaitu: Sebaiknya   apabila  anda  ingin lebih mendapatkan hasil  tumbuhan yang  lebih optimal   maka   tanamlah   tumbuhan   tersebut   di   luar   ruangan   walaupun tumbuhan yang diletakkan di dalam ruangan akan lebih cepat tumbuh namun. Diakses pada tanggal 26 Juli 2010.http//www.scribd. Manfaat dan Sejarah Bawang Merah. Diakses pada tanggal 28 Juli 2010. Bawang merah.or. pertumbuhan yang lebih lambat karena hormon auksin bekerja di hambat oleh matahari. Diakses pada Tanggal 27 Juli 2010. http// www. http// www.

LAMPIRAN Ditanam sejak hari senin dan mulai pengamatn di hari selasa.1 cm 0 cm .4 cm 0 cm 0. Tinggi Tanaman / hari: Hari Umbi I di dalam Umbi 2 di dalam Umbi I di luar Umbi II di luar ruangan ruangan ruangan ruangan Pertama 0 cm 0 cm 0 cm 0 cm Kedua 0.