You are on page 1of 11

Data Bangunan

• Arsitek: Adrian D. Smith, SOM Architects

• Lokasi: Shanghai, China

• Tahun Dibangun: 1994-1998

• Luas bangunan: 23,257 m2

• Luas Area: 287,000 m2

• Number of Stories: 88

• Tinggi Bangunan : 421 m

• Fungsi : Komersial & Kantor, Pelayanan, Multifungsi

Menara Jin Mao, Shanghai adalah salah satu gedung pencakar langit tertinggi. Terbuat dari stainless
steel, aluminium, dan kaca yang terbuat dari baja, bahan dan dekorasi merupakan pengalaman yang
fantastis. Desain struktur juga memungkinkan para insinyur untuk mengosongkan bagian tengah inti
untuk menciptakan pusat menara - atrium setinggi 650 kaki, tertinggi dan tertinggi di dunia,
terbentang dari lantai 56th.

Sejarah

Selesai pada bulan April 1999, Gedung Jin Mao adalah yang tertinggi di China, tertinggi ketiga di
dunia, dan Jumbo terakhir abad ke-20. Dengan desain timur-bertemu-barat yang menandakan
kemunculan Shanghai sebagai kota global modern, Jin Mao mengikuti paradigma multi-guna,
menawarkan ritel di markasnya, kantor di atas, dan Hotel Tertinggi Dunia Grand Hyatt yang
menempati 38 lantai atas.

Ditugaskan pada tahun 1993 untuk bertindak sebagai arsitek dan insinyur proyek, kantor Chicago
Skidmore, Owings & Merrill, yang dipimpin oleh mitra Adrian Smith, menghadapi beberapa
tantangan dalam struktur supertall pertama di China. Tidak adanya kode kota yang mengatur
pembangunan bertingkat tinggi mengharuskan afiliasi dekat perusahaan dengan banyak agen lokal
dan konsultan internasional. Proses kolaboratif ini terbukti dalam produk akhir, yang
menggabungkan standar bangunan barat dengan estetika timur.

Angka keberuntungan nomor delapan China menonjol ke dalam komposisi menara. Matematika
lobang pikiran dari bentuk langkah mundur Jin Mao paling baik dijelaskan oleh perusahaan: Segmen
segmen rata-rata dikurangi seperdelapan dari titik awal dan berlanjut sampai ketinggian segmen
delapan tingkat. Pada titik ini Hotel dimulai dan masing-masing segmen mengurangi seperdelapan
dari segmen 8 tingkat sampai mencapai tingkat 88._ Eights juga muncul dalam sistem rekayasa
struktural Jin Mao yang menguat yang memperkuat bangunan tersebut terhadap angin topan dan
gempa bumi yang khas wilayah. Struktur baja dan beton komposit memiliki delapan kolom mega
beton dan delapan baja yang berada di sekitar inti beton menara.

Dan lantai 88 . Lantai 53-88 : disediakan untuk Hotel Grand Hyatt yang mewah. yang bisa menampung 1000 orang sekaligus. yang bisa menampung 800 mobil dan 2000 sepeda. terkait dengan kemakmuran.1 meter (hampir 30 kaki) per detik yang bisa mengirim pengunjung dari lantai dasar ke lantai 88 hanya 45 detik. ekonomi. Konsep Dengan bentuk postmodernnya. Dua lift langsung beroperasi pada kecepatan 9. Proporsi bangunan berkisar pada angka 8. yang dibatasi untuk staf pekerja menara.lantai tertinggi. disediakan untuk dek observasi menara. yang mengurangi waktu tunggu hingga 35 detik bahkan pada jam sibuk. • Pool The pool on the floor 57 acts as a passive switch On the floor 57 is installed a pool. Ruang bawah tanah menara adalah area parkir. Menara ini memiliki lift terbaik yang tersedia. ia membangkitkan arsitektur pagoda tradisional Tiongkok dengan menciptakan pola berirama yang tumbuh setinggi. Dalam Buddhisme 8 adalah angka keberuntungan. The seriousness of the charges is supported by the eight cores of large steel columns along the perimeter . emas dan perdagangan.Lantai 51 dan 52 : pusat fasilitas mekanik dan listrik. lantai 86 menyimpan sebuah klub eksklusif untuk para tamu hotel dan lantai 87 menginap di restoran hotel. Ada juga lima sampai enam lift setiap 10 lantai.

They have 100 parking spaces in plant and 800 in the underground floors. Level 3 – level 52 OFFICE ZONE Level 1 – level 2 LOBBY UNDER GROUND PARKING . Level 88 OBSERVATORY DECK Level 53 – level 87 HOTEL ZONE Ini adalah diagram bagian fungsi tiap level. lima zona kantor yang berbeda.000 square meters. Atap yang dilapisi laras dimulai di lantai 56 dan meluas ke atas sampai ke- 87. which only has access to specialist staff.• Monitoring A 340 meters above street level. The surfaces are clear. Plants 51 and 52 are occupied by the center of mechanical and electrical installations of the Jin Mao Tower.  Penyewa utama bangunan ini adalah hotel Grand Hyatt bintang lima kelas 555 yang menempati lantai 53 sampai 87. is the observation deck largest and highest of China. ketinggian dua tingkat mekanik dan hotel. on the floor 88 is installed an observatory occupying 1520 square meters. • Offices The offices occupy the floors from level 3 to 50 and have a total of 123. free of columns and are accessed by 26 lifts that have an average wait of 35 seconds during peak hours. Ada lobi.

Transportasi Vertikal  Sistem lift sangat kompleks. Delapan beton dan lapis baja superkolekul.  Pusat kantor dilayani oleh 26 orang Lift di lima zona  Sebuah lift antar jemput hotel  Sebuah dek observasi yang dilayani oleh 2 Lift. . Ada lebih dari 130 lift di Jin Mao Tower. 10 lift servis. yang menandakan keberuntungan di China.  7 set eskalator untuk podium  10 lift untuk hotel Sistem struktur utama Mengikuti tema delapan. dan delapan kolom built-up baja. struktur menara tersebut mengandung inti beton bertulang segi delapan segi delapan.

Beban gravitasi dilawan oleh bingkai anggota lantai komposit. Outrigger Truss Struktur terakhir yang memungkinkan Jin Mao untuk berfungsi secara unik adalah sistem truss outrigger. karena beberapa deformasi terjadi karena bobot tubuhnya sendiri. Pasir tanah liat dapat memberikan beberapa daya dukung. . hal ini dilakukan di Jin Mao karena beton dan baja mengalami deformasi secara elastis. yang membungkus 429 bebatuan baja berongga yang bertumpuk ke lapisan pasir tanah liat setinggi 65 m. Upgrade terdiri dari beton dan baja bertenaga tinggi. pada gilirannya. Penggunaan baja dan beton menciptakan dilema selama konstruksi. mengurangi ukuran anggota vertikal dan pondasi. Hal ini. Sementara proses ini biasanya terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama. Core inti beton memberikan kekakuan yang sangat baik. namun bantalan bangunan bergantung terutama pada ketahanan gesekan tiang. Inti inti dan supercolumns komposit memberikan dukungan tambahan untuk menangkal beban gravitasi. Rekayasa struktural dari pusat adalah struktur pelindung beton bertulang. yang disebut kolom baja struktural. menciptakan sistem yang melawan angin dan gempa bumi dengan elemen struktural sesedikit mungkin Supercolumns Supercolumns terdiri dari baja dan beton. Ini memberikan ketahanan beban lateral melalui inti dinding geser beton bertulang yang dihubungkan dengan supercolumns komposit. Di bawah kerangka kerja adalah fondasi rakit beton bertulang setebal 4m.Krusial untuk bentuk Jin Mao adalah keberhasilan intinya. sementara framing lantai baja struktural memungkinkan untuk menggunakan bentang bebas kolom yang panjang dengan berat minimal.

ketebalan dinding inti berkisar 850mm ~ 450mm. Itu membuat bangunan mencapai kedalaman tertinggi di bawah defleksi. Bending Moment Diagram Ini akan cukup mentransfer kekuatan lateral dari kolom inti dan super. Arus overhang memberikan ketahanan lateral yang efisien. Dan pada tingkat 85 ~ 87 ada bingkai tiga dimensi. Jin Mao menanamkan sistem pin yang khas di dalam persendian. Dan melalui rangka tempel. membentuk semacam engsel. Komponen utama yang menahan gaya lateral meliputi inti beton bertulang. sedangkan kekuatan dari C60 sampai C40. sehingga beban dipindahkan ke atrium. 51 ~ tingkat 53 dan tingkat 85 ~ 87. inti terhubung dengan kolom super luar. Axial Forces Diagram . Jenis baja adalah baja flens H yang memiliki ketahanan kuat pada gaya lateral dan tegangan lentur. Pin ini memungkinkan rotasi dan fleksibilitas lebih selama konstruksi. Sementara itu. Jin Mao Tower berat 30t. yang memiliki bentuk pagoda. Dari lantai bawah ke lantai 87. Delapan dinding wajah memberikan kekuatan khusus untuk memutar Arang menjorok ke luar pada tingkat 24 ~ 26. struktur ini juga memecahkan masalah sistem horisontal parsial.

Kolom super simetri luar merupakan pasangan gaya untuk menahan momen lentur. beban akhirnya sampai ke inti dan sampai ke pondasi. . Sementara gaya horisontal yang bekerja pada struktur. ada delapan kolom super dan balok komposit dan balok truss. Dengan hubungan gulungan antara kolom super dan inti. keseluruhan sistem menghasilkan kekuatan inersia dalam yang menahan overturning dan torsi yang diinduksi. Persyaratan desain (a)Wind force load (b)calculate diagram c)displacement (e)overturning moment (d)deformati on Beban angin: 200km/h Beban seismik: 7 on the Richter scale. Beban angin bekerja pada permukaan bangunan. Ini juga memiliki pelat kontur komposit dengan panel normal 76mm sampai 83mm. Untuk bobot sendiri. lalu ditransfer ke kolom super.

8 Column Super bagus untuk menyeimbangkan momen overturning dengan core ------ hook outrigger yang berhubungan dengan inti. Komponen beban lateral Terdiri dari:  Frame yang dikelompokkan dalam inti.  • Core memainkan peran yang paling penting dalam melawan momen.  Pemicu dari inti ke perimeter.  Bingkai super dan bingkai penahan momen di sekelilingnya Super columns core outriggers truss Sistem penahan beban lateral  Bagaimana cara menahan beban?  • Core dan Column Super melalui balok utama di setiap lantai dan balok baja Outrigger truss-- Outrigger Truss membentuk sebuah ruang yang mengintegrasikan struktur ke beban lateral.  supercolmn -------- .

Maka situasi ini membutuhkan pondasi Jin Mao Tower harus melintasi lapisan lumpur dan mencapai tempat tidur pasir yang keras. Pondasi Yayasan Shanghai terletak di aluvial yang empat puluh meter bawah tanah penuh dengan lumpur. Secara umum. pondasi pencakar langit kedalaman setara dengan satu di atas lima belas tinggi bangunan .Elemen Struktural Truss outrigger  Membawa beban lateral  Meningkatkan kemampuan keseluruhan untuk menahan torsi  Transfer lantai gravitasi ke kolom super untuk menyeimbangkan gaya yang disebabkan oleh overturning moment. Jadi harus memiliki dasar pondasi yang cukup untuk membangun gedung pencakar langit.

Panjang perimeter pondasi dari proyek ini adalah 568 meter. kekuatan beton adalah C50. Dan upgrade adalah kekuatan tinggi beton dan struktur baja struktur komposit. Lengan pondasi bangunan utama setebal 4 meter. insinyur struktural merancang struktur pelindung beton bertulang. ada pondasi rakit beton setebal 4 meter dan 429 akar tumpukan baja berongga Ø900m. luasnya hampir 2X104 m2. Rencana Pondasi . Di bawah kerangka pencakar langit. yang mencapai lapisan tanah ketujuh. dan total pemotong tanah 32X104 m3. kedalamannya 15 ~ 19 meter. dan totalnya 13500m3. Pondasi di bawah podium menggunakan tumpukan pipa baja kecil.Pondasi Di sekitar bagian tengah gedung pencakar langit.

Potongan .