You are on page 1of 16

IMPLEMENTASI PERATURAN DISIPLIN PNS

Yarmanses dan Endang
Sulistyaningsih
FISIP Universitas Riau, Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam, Pekanbaru
28293

Abstract: Implementation of Discipline Regulations PNS. This paper describe the
implementation of the Civil Service disciplinary policies at the University of Riau. Performance
of Civil Servants in the limelight today. This is because until now there are many civil servants
who violate the discipline, especially at the University of Riau. Therefore, the Government
issued a policy of Government Regulation No. 53 of 2010 which aims to improve the discipline
of the Civil Service. The research methodology used in this paper is a qualitative research
method. Conclusion of this paper is that the implementation of Government Regulation No. 53
of 2010 has not managed optimally. This is due to lack of socialization policies, lack of
resources or human resources necessary to implement the policy, the policy implementers
kecendruangan attitude that does not expressly impose sanctions and barriers due to
organizational structure and lack of control factors, pemberikan welfare benefits to civil servants
are not based on discipline and performance PNS, the implementation of an objective scoring
system DP3 yet implemented, the lack of efforts by officials/supervisors in the reward system
and not specifically Applying punishmen against employees who do not discipline in Riau
University policy in order to be effective.

Abstrak: Implementasi Peraturan Disiplin PNS. Tulisan ini menggambarkan mengenai
implementasi kebijakan disiplin Pegawai Negeri Sipil pada Universitas Riau. Kinerja Pegawai
Negeri Sipil saat ini menjadi sorotan publik. Hal ini dikarenakan sampai saat ini masih banyak
Pegawai Negeri Sipil yang melanggar disiplin khususnya pada Universitas Riau. Oleh karena itu
Pemerintah mengeluarkan kebijakan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 yang bertujuan
untuk meningkatkan disiplin Pegawai Negeri Sipil. Metodologi penelitian yang digunakan dalam
tulisan ini adalah metode pe- nelitian kualitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari tulisan ini adalah
bahwa implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 belum berhasil secara
maksimal. Hal ini disebabkan Minimnya Sosialisasi kebijakan, kurangnya sumber-sumber atau
SDM yang diperlukan untuk melaksanakan kebijakan, kecendruangan sikap pelaksana kebijakan
yang tidak tegas menerapkan sanksi dan struktur organisasi dan disebabkan hambatan faktor-
faktor minimnya pengawasan, pemberikan tunjangan kesejahteraan kepada PNS tidak
berdasarkan kedisiplinan dan kinerja PNS, pelaksanaan sistem penilaian DP3 belum obyektif
dilaksanakan, kurangnya usaha-usaha yang dilakukan oleh pejabat/ atasan dalam pemberian
reward dan tidak tegasnya menerapkan punishment terhadap pegawai yang tidak disiplin di
lingkugan Universitas Riau agar kebijakan dapat berjalan dengan efektif.
Kata Kunci: kebijakan, peraturan, disiplin,
kepegawaian

PENDAHULUAN pen- ting dan menentukan yang merupakan
Perubahan paradigma penyelenggaraan unsur apa- ratur negara untuk
peme- rintah dewasa ini menuntut adanya menyelenggarakan peme-
pemerintah yang baik. Pemerintah yang baik
dapat terujut salah satunya dapat diukur dari
pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
Banyak upaya ya- ng telah dilakukan dalam
rangka mewujudkan tuntutan tersebut seperti
dengan memberikan sanksi kepada pegawai
yang tidak disiplin dalam memberikan
pelayanan kepada masyarakat.
Sebagaimana terlihat sepanjang sejarah,
kedudukan Pegawai Negeri Sipil dipandang

195 rintahan dan pembangunan dalam rangka diubah dengan Undang-Undang Nomor 43 usaha mencapai tujuan nasional. Untuk perhatian. Karena itu.Undang Nomor 8 Tahun 1974 sumber daya ma.nusia yang perlu mendapat tentang Pokok. Untuk membentuk sosok PNS Pelaksanaannya ditetapkan Peraturan tersebut telah diatur dalam Undang Undang Pemerintah Nomor 30 Nomor 8 Tahun 1974 Tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin Tentang Pokok-pokok Kepegawaian yang Pegawai telah Negeri Sipil. Yang saat ini dipandang tidak sesuai 195 .gawai Negeri Sipil merupakan Undang. Tahun 1999 tentang Perubahan atas maka Pe.Pokok Kepegawaian.

hlm. Volume 2. 115- 226 .196 Jurnal Administrasi Pembangunan. Nomor 2. Maret 2014.

litian pada Peraturan tidak melakukan kualitatif. Desain kepada upaya peraturan strategi berhubungan dengan penelitian deskriptif pening. maka apa. muskan mengarahkan kebijakan dan stake. kebijakan ini dinilai Di.mangat dan mematuhi masalah yang PEMBAHAS tanggung jawab.katan sikap pembinaan bagi permasalahan adalah desain yang dan semangat pegawai tersebut penelitian ini. secara empiris dapat digunakan adalah penelitian secara tas pelaksanaan dilihat. Namun desain yang keseluruhan obyek efektifitas dan kuali. bila ditinjau secara bacaan dan bahkan tidak perlu rintah yang normatif sudah ada wawancara bersama meru. tugas yang sangat banyak yang dapat pegawai yang tidak diartikan sebagai dilakukan dengan HASIL DAN memahami dan tidak proses pemecahan se. nyebabkan 53 Tahun 2010 Pemerintah Nomor adalah sudah tepat. atau bagaimana Peraturan diatur dalam lakukan dengan adanya. kebijakan Peraturan sebagaimana diatur Pemerintah Nomor dalam Peraturan faktor apa saja yang me. patkan kopetensi teknis.mor Peraturan Peme. Pada Pemerintah No. dengan deskriptif merupakan tentang Disiplin Tahun 2010 cara penelitian yang non PNS yang Melihat mengumpulkan hipotesis sehingga merupakan permasalahan tulisan-tulisan dalam rangka penyempurnaan dari tersebut. sebagai sumber penelitiannya peraturan peme. akurat.sih desain des. kedisiplinan dan penelitian ini. Implementasi Peraturan Disiplin PNS (Yarmanses dan Sulistyaningsih) 197 dengan kebutuhan pemberian sanksi E melukiskan keadaan perkembangan terhadap Pegawai Penelitian ini subyek dan obyek keadaan maka Negeri Sipil yang merupakan penelitian pene. kebijakan dan diselidiki dengan AN Fenomena peraturan tersebut Implementasi empiris yang terjadi sesuai dengan yang di lapangan Peraturan diharapkan. Dimana saat sekarang Pemerintah Nomor kewajiban atau data yang berdasarkan fakta- 30 Tahun melanggar larangan bersumber dari fakta yang tampak 1980 diganti dengan sebagaimana yang informan di. ma. Sipil tersebut antar memecahkan lain pelanggaran masalah yang terhadap kewajiban M E hendak dicapai. 53 tahun 2010 dapat implemetasi kebijakan tentang Ketepatan terlihat dari gejala. dan larangan Dalam hal ini sebagai Pegawai T O ketepatan kebijakan Negeri Sipil. efisiensi. untuk meningkatkan merumuskan menda. serta dilihat dari D .siplin Pegawai gejala masalah yang Negeri Sipil di dari sejauh mana terjadi berhubungan kebijakan yang ada Universitas Riau dengan kinerja tidak berjalan telah bermuatan hal- Pegawai Negeri hal yang memang efektif. terhadap Disiplin PNS pelaksanaan Studi ini bertujuan untuk Menurut kewajiban dan informan ketepatan larangan mendiskripsikan dan mengetahui faktor. kinerja.kriptif. maka gambaran manajerial. pendekatan umumnya penelitian 53 Tahun 2010 rintah Nomor: 53 kualitatif.holder yang hipotesisnya. Dalam digunakan untuk pengabdian.

Volume 2. Maret 2014. Kepentingan Pegawai Negeri yang Sipil. pat memecahkan masalah kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil dalam bekerja sehingaga terciptanya Pegawai Negeri Sipil yang bersiplin yang tinggi dan berprestasi dalam bekerja sebagai aparatur negara dan pelayan masyarakat.Adapun isi kebi.gawai Negeri dengan kebutuhan Sipil yang dan keadaan saat meliputi sekarang ini.ran kedisplinnan Pe- Pemerintah Nomor gawai Negeri Sipil 53 Tahun 2010 adalah sebagai mampu memberikan berikut : efek jera bagi 1. Nomor 2. Pemerintah Nomor dilihat dari isi 53 kebijakan Tahun 2010 tentang Peraturan Pe- Disiplin Pegawai merintah Nomor Negeri Sipil 53 Tahun 2010 disebabkan karena tentang Di. kewajiban Ketepatan kebjakan ini juga dapat dilihat dari isi kebijakan yang berisikan hal-hal yang da. 115- 226 implementasi Negeri Sipil yang kebijakan Disiplin dapat memecahkan Pegawai Negeri masalah Sipil Peratu. hlm. 198 Jurnal Administrasi Pembangunan.siplin Peraturan Pegawai Negeri Pemerintah Nomor Sipil mengatur 30 Tahun 1980 secara tentang Peraturan keseluruhan Disiplin Pegawai mengenai Negeri Sipil sudah peraturan disiplin tidak sesuai lagi Pe. kan. Penetapan terpengaruhi oleh Peraturan kebija. jakan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai .

Implementasi Peraturan Disiplin PNS (Yarmanses dan Sulistyaningsih) 199 .

pemerintahan dan Nomor 53 Tahun akan diimple- ran kepegawaian pembangunan 2010 adalah mentasi dipandang tersebut. Negeri Sipil yang menyelenggaraka Peraturan Apabila tidak taat n tugas Pemerintah kebijakanan yang terhadap peratu. di daerah.mecahkan yang akan 3. Derajad tampuk masalah yang dihasilkan perubahan yang kekuasaan atau hendak dicapai. upaya ng penuh kan kebijakan kebijakan administratif. Sumberdaya sebagai Pegawai negara. bermutu 5. casila. lakunya ketaatan kepada Pemerintah Pusat Pemerintah hukuman disiplin Pan. sanakan disiplin.pakan dengan mengajukan 2010 terciptanya Nomor unsur yang akan dua buah pertanyaan. Pemerintah No. 115- 226 dan larangan unsur aparatur Peraturan 6. Volume 2. hambatan utama yang merata dan tanggung ja. kan yang akan dalam implementasi Peraturan kebijakan menjalankan roda kebijakan. Hambatan- dan makmur yang menjadi yang diharapkan.pun tertinggi yang kebijakan ini berdaya guna. baik daerah Pemerintah yang sudah tepat untuk 2. Untuk menghindari gagal? mewujutkan hal larangan yang ini maka harus Untuk diperlukan dihindarinya.teks isi bermental baik. memegang dapat me. seluruh Pegawai pejabat eselon tasian keputusan Negara dan Negeri Sipil baik yang terendah hukuman disiplin. Nomor 2. Jenis manfaat maupun pusat. pusat mau. menjawab dua Pegawai Negeri pertanyaan penting 4. dengan Sipil yang pembuat merupakann membicarakan kebijakan empat faktor atau . Prakondisi- berdisiplin tinggi menciptakan pemerintahan prakondisi apa yang akan Pegawai Negeri yang harus yang diperlukan mencapai tujuan Sipil yang dikendalikan oleh sehingga suatu Nasional yaitu berdisiplin unsur pimpinan kebijakan mewujudkan tinggi. Maret 2014.200 Jurnal Administrasi Pembangunan. (Siapa) jalannya ter. dasar 1945. Kedudukan ini. Pemerintah serta yang berada di sampai yang Dari kon. kesetiaan dan yang dibuat oleh Peraturan ber. sadar agar berjalan berhasil? masyarakat adil akan kewajiban sesuai dengan 2. negara dan abdi Nomor 53 Tahun untuk melak- hukuman masyarakat ya. 2010 merupa. dan harus Nomor 53 Tahun dan Undang-Undang dipatuhi oleh 2010 mulai dari pendokumen. Pegawai Negeri 53 Tahun 2010 menjalankan yaitu: Sipil yang mampu roda 1. abdi Pemerintah yang dikerjakan Negeri Sipil. hlm. pengaruh tinggi dan sadar pelaksana kebijakan ini agar oleh kebijakan akan tanggung program dari berjalan dengan adalah Pegawai jawabnya untuk kebijakan efektif. apa yang meng- berkeseimbangan wabnya dan akibatkan suatu materiil dan mampu implementasi spiritual. dengan adanya diinginkan unsur pimpinan Me. Peraturan pemerintahan. selanjutnya dimulai mor 53 Tahun Pemerintah PNS meru. akan mengawasi maka yang akan bersih.nurut Edwards kebijakan merupa.

mun komunikasi minimnya atau sosialisasi sosialisasi minimal harus Peraturan dilakukan kepada Pemerintah semua pejabat yang Nomor: 53 tahun ada di lingkungan 2010 ini. maka Universitas Riau. Setiap pelaku pengambil keputusan harus dapat mengkomunikasika n atau mensosiali- sasikan dengan akurat dan dimengerti dengan cermat oleh para pelaksana kebijakan agar ke- bijakan tersebut . Hal menyeluruh di ini menurut peneliti lingkungan kurang efektif ka. rena dengan na. implementasi tidak Karena masing- dapat berjalan masing para pejabat dengan efektif sekaligus merupakan sebagai mana yang atasan dikemukakan Edward bah.bagai mana Faktor-faktor mestinya sesuai tersebut adalah: dengan petunjuk- Komunikasi petunjuk Sosialisasi pelakasnaan yang Peraturan diatur dalam ke- Pemerintah Nomor: bijakan tersebut. Universitas Riau.waian. Implementasi Peraturan Disiplin PNS (Yarmanses dan Sulistyaningsih) 201 varia.wa komunikasi atau sosialisasi merupakan per- syaratan pertama agar implementasi kebijakan dapat berjalan dengan efektif.bel krusial dapat dalam implementasi diimplementasikan kebijakan publik. se. 53 tahun 2010 Sosialisasi ini sudah dilaksanakan sangat perlu di- kepada Pejabat lakukan tidak pun eselon III dan IV kepada seluruh yang membidangi PNS secara Kepega.

hlm.202 Jurnal Administrasi Pembangunan. Volume 2. Maret 2014. 115- 226 . Nomor 2.

masalah yang desebabkan oleh mi- agar dapat berjalan sanakan kebijakan. ngan lakukan agar u Universitas Riau kebijakan ini m wajib mentaati jam dipahami dan di. bil kebijakan ngat para pelaksana nya keterampilan keputusan dan kemungkinan dapat dicapai jika pengelolaan sebagai pengawas menge. dihadapi pemerintah nimnya sumber dengan efektif. menyatakan bahwa melaksanakan ke. keputusan dan komunikasi dan pe. / jari). diteruskan kepada a kebijakan akan kepada seluruh janya. mengimple. mapun dosen di yang harus mereka S lingku. Peraturan Pemerin. ngaruhi penerima akan lebih mudah sebelum keputusan. Salah satu harus diatasi. Tetapi dalam dalam yang dapat Efektifitas pelaksana. Tentu saja Bantuan teknik dan kebijakan tidak kepada bawa.annya mengimplentasi digunakan untuk pelaksanaan mungkin mereka kebijakan latihan profesional. Nomor diharapkan.lanjutnya M dosen. sehingga personil yang tepat mempe. e setiap PNS baik putusan harus r tenaga administrasi mengetahui apa . Setiap PNS komunikasikan atau S baik tenaga disosialisasikan. komuni. Seringkali para mentasikan perintah-perintah itu laksanaannya. 1033/UN. sumber kebijakan meru- terhadap yang dilakukan dan yang tersedia adalah pakan masalah besar bawahannya untuk mempunyai cukup cukup untuk men. D administrasi maupun Untuk se.kasi harus pelayanan yang lain menggunakan kete- hannya. yang keputusan. yang dihadapi pelaksanaan keinginan serta dukung kegiatan pemerintah yang Peraturan Peme. Dimana tersebut.tahui apa sumber. b kerja PNS dengan mengerti maka e melakukan absensi kebijakan ini r Finger Print (sidik terlebih dahulu di. Hal ini rintah Nomor 53 ini untuk melak.19/KP/20 persyaratan pertama sana kebijakan yang mempunyai 12 tanggal 20 April bagi implementasi S 2012 tentang Jam kebijakan yang efek. Pelaksana kebijakan dan sema. sumber-sumber tersebut. kemampuan dan u keterampilan untuk Kerja dan Disiplin tif adalah bahwa m PNS yang mereka yang pengelolaan agar b ke. Kurang- pengam. masih dihambat Peraturan Pemerintah Nomor Rektor tah Nomor: 53 oleh struktur-struktur Universitas Riau tahun 2010 dapat organisasi dimana 53 Tahun 2010 ini telah menerbitkan terwujud sesuai mereka men. pejabat pelaksana kebijakan tersebut diikuti. n kebijakan. Implementasi Peraturan Disiplin PNS (Yarmanses dan Sulistyaningsih) 203 langsung dari kebijakan dan pengambil bijakan dapat Pegawai Negeri perintah-perintah keputusan/pelaksan terimplementasi Sipil di unit ker. kegiatan-kegiatan kebijakan. keputusan pelaksana mengimplementasika merupakan penentu. Sumber-sumber melanggar keputusan yang disediakan . Surat Edaran dengan yang jalankan kegiatan adalah kurangnya pejabat pelak. Pejabat akurat dan harus hanya dapat rampilan yang selaku atasan dimengerti dengan ditawarkan jika propesional dalam langsung dari PNS cermat oleh para ditetapkan oleh menerapkan atau yang dipimpinnya pelaksana.

Nomor 2.mentasi wujud dari kebijkan Peraturan implementasi Pe.ngan dari sumber-sumber tersebut. dari para pelaksana kan pemotongan kebija. Maret 2014. Pemerintah Nomor raturan Pemerintah 53 Tahun 2010 Nomor : 53 tahun agar dapat berjalan 2010 tentang dengan Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Sebaliknya.sung. ditetapkan secara komulatif selama 6 S (enam) hari atau i lebih dalam 1 (satu) k bulan tanpa alasan a yang sah/tidak ada p izin dari atasan lang. akan P diberikan sanksi e tegas yaitu bagi Pe. mempunyai Adapun konsekuensi- pemberlakukan konsekuensi penting sanksi ini sebagai bagi imple. hlm. s tongan uang DPP a sebesar 100 % pada n bulan berikutnya a dan bagi tenaga Kecendrungan dosen akan dilaku. bila suatu program tidak mempunyai cukup sumber- sumber pendukung . Volume 2. 204 Jurnal Administrasi Pembangunan. Maka kemungkinan besar program ini akan mendorong ketaatan para pelaksana kebijakan karena mereka berharap memperoleh keuntu. 115- 226 ketentuan jam dan tidak prospektif masuk dan jam maka dukungan dan pulang sesuai ketaatan terhadap dengan jam kerja program akan yang telah menurun. l gawai tenaga a administrasi akan k dilakukan pemo. kan uang makan merupakan faktor sebesar 100% pada ketiga yang bulan berikutnya.

Implementasi Peraturan Disiplin PNS (Yarmanses dan Sulistyaningsih) 205 .

lam rangka prosedur-prosedur sudah tiga tahun Pegawai Negeri memecahkan kerja. tetapi Peraturan pendidikan suatu berkembang sebagai ketidakacuhan dari Pemerintah Nomor sistim birokrasi tang.rintah Nomor Procedures (SOP) membidangi sebagaimana yang 53 Tahun 2010.gapan internal para pelaksana 53 sengaja dicipta. kebijakan Peraturan s Tetapi dalam merintah Nomor : Pemerintah Nomor i pelaksa. terutama dari implementasi . 53 Tahun 2010 mengakibatkan da. Volume 2. Birokrasi kedisiplin PNS Universitas Riau Peraturan baik secara sadar tersebut. berjalan di tersebar luas. Kenyataan empiris para pelaksana kemungkinan besar Kedisiplinan B kebijakan mungkin para pelaksana Pegawai Negeri i mengetahui apa kebijakan akan Sipil di setiap unit r yang dilakukan dan melaksanakan kerja di lingkungan o mempunyai cukup kebijakan seba.rusnya r tegas terhadap Tahun 2010 tidak lebih baik bila u kebijakan Peraturan dapat berjalan dibandingkan k Pemerintah Nomor efektif sesuai t dengan in. hlm. Peraturan Pe. sana jalankan kebijakan Kepegawaian menerapkan kebijakan. 115- 226 efektif. berasal peraturan ini maka Universitas Riau. hal ini berarti diharapkan. Univesitas Riau k keinginan serta gaimana yang telah tidak ada bedanya r sumber-sumber untuk diatur dalam sejak diberlakukan a melakukannya. akan telah diatur dalam institusi-institusi Yang pertama.206 Jurnal Administrasi Pembangunan. Di dan fragmen. dan dengan yang u lainnya. kepegawaiaan. Jika para kebijakan Peraturan turan Pemerintah pelaksana bersikap Pemerintah Nomor S Nomor 53 Tahun t konsekwen dan 53 2010 seha. satu badan yang stuktur-struktur ungkapkan oleh Ketidakacuhan paling bahkan secara organisasi dimana informan pejabat para pelaksana keseluruhan menjadi mereka men- Kepala Bagian kebijakan dalam pelak. ada dua :”.tasi. pelaksana serta ke- atau tidak efektifnya inginan untuk mengimplementasi implementasi keseragaman dalam Peraturan ini dan Peraturan berkerjanya tidak tegasnya Pemerintah Nomor organisasi-organisasi dalam menerapkan 53 Tahun 2010 yang komplek dan sanksi bagi PNS ya. r Pada dasarnya adanya dukungan.Peraturan 53 Tahun 2010. ukuran- berlaku dan sudah Sipil di bawah masalah-masalah ukuran dasar. naannya 53 tahun 2010.kan terhadap waktu yang kebijakan untuk Tahun 2010. Maret 2014.stitusi 53 Tahun 2010. Menurut sebagai berikut Pemenrintah Nomor atau tidak Edwars. mempunyai peran karekteristik utama Pemerintah Nomor maka yang sangat penting dari birokrasi yakni.. Nomor 2. Yang ng melanggar lingkungan kedua. Yang untuk menjalankan terbatas dan sumber- bersikap konsekwen akan suatu kebijakan sumber dari para untuk menerapkan mengakibatkan Pera. atau disosialilasikan pimpinan tidak mau dalam implementasi sering disebut Stan- kepada pejabat tahu pula dengan Kebijakan Peraturan dart Oprating struktural yang kedisiplinan Peme. 53 Tahun 2010 dari Birokrasi mungkin mereka Sebagaimana sebelum merupakan salah masih dihambat oleh Kejelasan yang diberlakukan..

masing faktor.birokrasi pelaksanaan pemerintah. tekanan dari luar unit-unit Hambatan birokrasi seperti Implementa komite-komite si Kebijakan legislatif.tifnya birokrasi. Implementasi Peraturan Disiplin PNS (Yarmanses dan Sulistyaningsih) 207 tekanan. Penilaian DP3 yang faktor ini juga belum obyektif secara tidak lansung berjalan mempengaruhi im- plementasi kebijakan Peraturan Pemerintah Nomor: 53 Tahun 2010 melalui dampak masing. konstitusi negara dan sifat Ada beberapa kebijakan yang faktor penyebab mempengaruhi tidak efek. Dengan perkataan lain. faktor pengawa- sumber. disebabkan oleh faktor komunikasi. kencendrungan dan stuktur organisasi yang mana pada gilirannya mempengaruhi implementasi kebijakan Peratu- ran Pemerintah Nomor : 53 Tahun 2010 di ling- kungan Universitas Riau. Peraturan Pengaruh Pemerintah Nomor secara lansung 53 ini adalah tehadap faktor. . san. komu. kecendrungan dan kesejahteraan/insentif stuktur birokrasi /tambahan pada pelaksanaan penghasilan yang kebijakan sangat dibayarkan tidak menentukan agar berdasarkan disiplin implementasi dan kinerja PNS. Faktor. nikasi mepengaruhi sumber. Sistem efektif. kebijakan tersebut lingkungan kerja berjalan dengan pegawai.

Volume 2. Maret 2014. Nomor 2. 115- 226 .208 Jurnal Administrasi Pembangunan. hlm.

Daniel teladan serta direncanakan untuk AG. Implementasi Syukur. melanggar aturan menyelenggarakan M.usaha Pancasila. James AF. nuh Hadari Nawawi. Irfan Islamy. terhadap PNS yang serta tegas tinggi dan sadar Bandung: ber. rapan hukuman dan yang telah tugas peme. . Formulasi ke (sanksi). Reward U K Analisa (Penghargaan) dan L A Kebijakan tegas menerapkan A N Negara dari funishmant N Abdullah M. Edward dan memberi sikap dengan yang telah Jakarta: P4N Freeman. pembinaan yang menciptakan 2005.nan Sumber Daya atasan untuk S R Manusia. ada usaha-usaha tertulis. dan Aplikasi. Metode adanya pem.A Wahab. Impelentasi mengendalikan kebijakan Peraturan Perkembangan Kebijakan disiplin PNS dengan Peme. Dye. Penelitian penghargaan yang berprestasi bersih. Public setiap kesetiaan dan 1990. Undang. Bidang Sosial. Gilbert JR. Teori Prenhalindo. Nomor dengan ketentuan D Jakarta: Bumi 53 Tahun 2010 dan peraturan yang A Aksara tentang Disiplin telah ditetapkan F Panggabean.prestasi dan menerapkan sanksi akan tanggung Remaja disiplin serta tidak bagi PNS yang jawabnya untuk Rosdakarya tegasnya pene. mengubah prilaku I U Jakarta: Ghalia kelompok sasaran M J Indonesia. baik daerah maupun Perumusan Peraturan kap dan perilaku pusat. melakukan 53 Tahun 2010 di Penerapan Jakarta: Bumi pengawasan Universitas Riau Studi Aksara melekat (Waskat).rintahan 1997. implementasi aparatur ne. Metode atasan/pimpinan Policy.berian gaan kepada PNS berdaya guna. 1986. abdi masyarakat Pustaka Pelajar 53 tahun 2010 Understanding yang pe. Negara dan Gadjah Mada dengan Pe. Implementasi Peraturan Disiplin PNS (Yarmanses dan Sulistyaningsih) 209 sesuai dengan mengawasi dan merintah serta Lexi J Moleong. ketaatan kepada Penelitian Prentice harus ber. 2000. Peraturan Thomas R. membangun. dan pembangunan prinsip Implementasi Konsekuen bersi. 1997. Analisis 1996. Agar Sipil yang Publik: Jakarta: terlaksananya merupakan unsur Konsep. memberi moti. University Press membinanya. Inc. bersipat Pegawai Negeri Kebijakan Manajemen. R. bermutu Kualitatif.vasi dengan efektif sesuai Kebijakan. dengan memberi P U S. Hall. R Manajemen dan keingi. ditetapkan. PNS akan efektif baik secara tertulis T Mutiara S. Prinsip- sanksi. merubah prilaku Undang Dasar Yogjakarta: Englewood bawahannya 1945. bermental baik. terlaksana apabila maupun tidak A 2002. ketentuan dan tidak memberi penghar. Subarsono.gara. abdi negara dan Yogjakarta: Pemerintah Nomor 1978.rintah Nomor dan Negara. belum berjalan Implementasi Stonner. R. Kabijakan Pemerintah serta berbuat sesuai Negara.