You are on page 1of 11

A Air

zat atau materi atau unsur yang penting
Abiotik
bagi semua bentuk kehidupan yang
Salah satu komponen atau faktor dalam
diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi
lingkungan. Komponen abiotik adalah
tidak di planet lain. Air menutupi hampir
segala sesuatu yang tidak bernyawa seperti
71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun
tanah, udara, air, iklim, kelembaban,
kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi.
cahaya, bunyi.

Adaptasi Air Asam Tambang
Cara bagaimana organisme mengatasi Air tambang yang mengandung asam
tekanan lingkungan sekitarnya untuk sulfat lemah yang dihasilkan dari reaksi
bertahan hidup. organik atau anorganik dari material yang
mengandung pirit dengan air dan oksigen.
AdaptasiFisiologi
Penyesuaian fungsi alat-alat tubuh untuk
Aliran Energi
mempertahankan hidupnya. Contohnya
Rangkaian urutan pemindahan bentuk
Kelenjar bau, kantong tinta pada cumi,
energi satu ke bentuk energi yang lain
mimikri pada kadal.
dimulai dari sinar matahari lalu ke
Adaptasi Morfologi produsen, ke konsumen primer
Penyesuaian bentuk tubuh untuk (herbivora), ke konsumen tingkat tinggi
kelangsungan hidupnya. Contoh adaptasi (karnivora) sampai ke saproba.
morfologi, antaralain: Gigi-gigi khusus,
moncong, paruh, daun, akar. Analisis daya dukung lingkungan
Merupakan suatu alat perencanaan
Adaptasi Tingkah Laku pembangunan yang memberikan gambaran
Adaptasi berupa perubahan tingkah laku. hubungan antara penduduk, penggunaan
Misalnya: ikan paus yang lahan dan lingkungan.
sesekali keluar ke permukaan untuk
membuang udara, bunglon mengubah Anorganik
warna kulitnya menyerupai tempat yang Mengenai atau terdiri atas benda selain
dihinggapi. manusia, tumbuhan, dan hewan atau
mengenai benda tidak hidup.

daratan. mencakup keperluan fotosintesis tumbuhan dan udara.Antropogenik memungkinkan kehidupan dan proses Sumber pencemaran yang tidak alami biotik berlangsung. dan kotoran ternak. Contoh biomassa antara dari atmosfer ke bumi dan kembali ke lain tanaman. dan air. DaurKarbon Biosfer Proses pemanfaatan CO2 diudara untuk Bagian luar dari planet Bumi. limbah pertanian dan limbah hutan. Di Bumi. rumput. planet tersebut sampai jauh di luar Biotik angkasa. hidrosfer planet. biosfer adalah sistem tangan manusia atau aktifitas manusia. dari permukaan (air). BOD Suatu karakteristik yang menunjukkan Asas Ekologi jumlah oksigen terlarut yang diperlukan Asas-asas dasar dalam ilmu ekologi yang oleh mikroorganisme (biasanya bakteri) isinya tentang kondisi ekologi dialam ini. termasuk bumi. tinja evaporasi dan transpirasi. ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan Atmosfir antarmereka. fosfor sebagai bahan yang di proses/ mengalami daur ulang. Dalam pengertian luas timbul karena ada pengaruh atau campur menurut geofisiologi. sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi. menyebut sesuatu yang hidup (organisme). Biomassa Bahan organik yang dihasilkan melalui DaurHidrologi proses fotosintesis. pepohonan. Biogenik D Zat yang diproduksi oleh proses biologis DaurFosfor atau organisme hidup dan diperlukan Suatu proses atau siklus yang melibatkan untuk keberlangsungan hidup. presipitasi. termasuk interaksinya Lapisan gas yang melingkupi sebuah dengan unsur litosfer (batuan). atmosfer terdapat dari Istilah yang biasanya digunakan untuk ketinggian 0 km di atas permukaan tanah. baik berupa produk Sirkulasi air yang tidak pernah berhenti maupun buangan. untuk mengurai atau mendekomposisi B bahan organik dalam kondisi aerobik. ubi. dan atmosfer (udara) Bumi. atmosfer melalui kondensasi. yang .

mengurangi penggunaan bahan kerusakan lingkungan hidup masih terjadi. DaurNitrogen Proses perubahan nitrogen anorganik Daya Dukung Optimum menjadi nitrogen organik yaitu amonia Menunjukan jumlah makhluk hidup (NH3). tanaman dengan makhluk hidup dan bahan mineral. Daya Dukung Sub sistem DaurUlang Menjelaskan jumlah makhluk hidup yang Proses untuk menjadikan suatu bahan adadalam lingkungan hidup agak kurang. Menunjukkan jumlah maksimum hewan yang dapat didukung per satuan luas lahan. kerusakan lingkungan Pertukaran oksigen terus-menerus yang hidup tidak terjadi. kesejahteraan DaurOksigen makhluk hidup baik. NO2. menjadi sulfur diokasida lalu menjadi kecepatan kematian lebih kecil dari pada sulfat dan kembali menjadi hidrogen regenerasi. mengurangi penggunaan energi. Daya Dukung Sub optimum DaurSulfur Menunjukan jumlah makhluk hidup yang Perubahan sulfur dari hidrogen sulfida rendah. mencegah adanya sampah yang kelangsungan hidup atau kesejahteraan sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang makhluk hidup di ambang batas. sulfida lagi.pembentukan CO2 kembali sebagai hasil Daya Dukung Maksimum dari proses respirasi makhluk hidup. NO3 kemudian menjadi rendah serta terjadi keseimbangan yang nitrogen anorganik lagi. Kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan Daya Tampung Lingkungan makhluk hidup lain. . baik antara jumlah makhluk hidup dengan ketersediaan makanan. serta berguna. bekas menjadi bahan baru dengan tujuan persediaan makanan cukup(seadanya). baku yang baru. dan emisi gas rumah kaca jika Kemampuan suatu ekosistem untuk dibandingkan dengan proses pembuatan menahan berbagai perubahan atau barang baru. persediaan makanan melimpah . terjadi antara atmosfer dengan air. kemampuan suatu ekosistem untuk Daya Dukung Lingkungan memulihkan diri dari suatu gangguan. mengurangi polusi. kerusakan Daya Lenting lahan.

padang lumut. Lapisan bumi yang terletak paling luar. Ekologi Ilmu yang mempelajari interaksi antara . kebun. tereduksinya nitrit lebih lanjut menjadi dan lain-lain. disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfernya. berinteraksi dengan lingkungannya.Kemampuan lingkungan hidup untuk organisme dengan lingkungannya dan menyerap zat. Contohnya antara lain ekosistem sawah. nitrogen bebas (N2). DO (Disolved Ocxigen) Ekosistem Binaan Jumlah oksigen terlarut dalam air yang Ekosistem yang sengaja dibuat oleh berasal dari fotosintesa dan absorbsi manusia untuk keperluan tertentu. senyawa nitrat menjadi nitrit dan laut. dan atau komponen yang lainnya. lain yang masuk atau di masukkan ke Eksosfer dalamnya. baik Demografi lingkungan biotik maupun abiotik (materi Ilmu yang mempelajari dinamika dan energi). atmosfer/udara. Dekomposer Ekosistem Mikroorganisme yang bertugas sebagai Suatu kesatuan dinamis yang terdiri dari pengurai bahan organik menjadi bahan berbagai spesies makhluk hidup yang anorganik. gurun. padang rumput. waduk. Efek Rumah Kaca Ekosistem Daratan Proses pemanasan permukaan suatu benda Ekosistem yang faktor lingkungan langit (terutama planet atau satelit) yang eksternalnya didominasi oleh daratan. kependudukan manusia. hutan produksi. Contohnya tanah yang mencakup proses reduksi antara lain ekosistem sungai. danau. bendungan. energi. E dan lain-lain. Ekosistem Alami Denitrifikasi Jenis ekosistem yang terjadi secara alami Rangkaian proses mikrobiologi dalam tanpa campur tangan manusia.

eksternalnya didominasi oleh air sebagai habitat dari berbagai organisme air. ikatan Penilaian terhadap tingkah laku dan molekul akan terlepas pada suhu titik uap perbuatan manusia terhadap lingkungan.Ekosistem Peralihan Eutrofikasi Ekosistem antara daratan dan perairan Penyuburan lingkungan perairan. klorofil dengan bantuan sinar matahari. tumbuhan hijau dikenal sebagai hujan. benda padat. tanah. Etika Lingkungan bisa berbentuk cairan. atau oleh G makhluk hidup semisal hewan yang membuat liang. batuan. air atau es. karakteristik sendiri. perubahan setiap keadaan dari keadaan awal sampai akhir sistem Fotosintesis Pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau Erosi melalui suatu proses biokimia pada Peristiwa pengikisan padatan (sedimen. dan partikel lainnya) akibat Karena kemampuannya membuat makanan transportasi angin. Genetik Cabang biologi yang penting saat ini. creep pada tanah dan material lain organisme autotrof. F Energi Fosfor Kemampuan untuk melakukan usaha.energi (ATP) dan Besaran termodinamika yang menyertai senyawa organik lainya. Bahan pembentuk tulang pada hewan karena digunakan sebagai pembentuk Entropi DNA. pesisir) Eks Situ Ekosistem Perairan Melakukan perlindungan dan habitat Ekosistem yang faktor lingkungan aslinya. hutan bakau karena masuknya pupuk kebadan sungai. misalnya seperti lahan basah (rawa. benda ada perbuatan yang etis dan ada yang tidak etis.protein . Gas Suatu fase benda dalam ikatan molekul. di bawah pengaruh gravitasi. Ilmu ini memepelajari berbagai aspek yang . RNA .

Keanekaragaman Hayati Suatu variasi berbagai bentuk makhluk Hutan Hujan Tropis hidup dalam suatu ekosistem tertentu. tidak salju). yang dapat ditemui di wilayah seluruh muka bumi. Bioma berupa hutan yang selalu basah atau dalam sebuah bioma atau bahkan di lembap. maupun dalam bentuk gas (uap air). J Kepadatan Penduduk Jaring jaring makanan . yakni kurang lebih pada lintang 0°–10° ke utara dan ke selatan Kebutuhan Dasar Manusia garis khatulistiwa. Unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan Hutan Konifer keseimbangan fisiologis maupuan Daerah yang ditumbuhi satu spesies pohon psikologis. dan dilepaskan oleh jaringan ke membentuk komunitas sesuai dengan darah yang kemudian dihembuskan oleh syarat hidup makhluk hidup. yang tentunya bertujuan untuk saja dan tanahnya selalu terendam seperti mempertahankan kehidupan dan rawa. dan Tempat tinggal makhluk hidup atau tidak mudah terbakar yang dihasilkan pada sekelompok makhluk hidup yang respirasi. baik Karbon Monoksida dalam bentuk cair (air). K H KarbonDioksida Habitat Gas tidak berwarna. sekitar khatulistiwa. dan menyatu. Gas Karbon monoksida merupakan bahan yang umum Hujan Asam ditemui di industri. tidak berwarna. paru-paru dalam pertukaran dengan oksigen.menyangkut pewarisan sifat variasi sifat Kumpulan beberapa rantai makanan dalam pada organisme maupun suborganisme ( suatu ekosistem yang saling berhubungan seperti virus dan bacteri). tidak berbau. Hujan yang bersifat asam akibat air hujan yang bercampur dengan polutan. padat (es dan Gas tidak berbau. kesehatan. berasa dan tidak mengiritasi. Hidrosfer Semua air yang berada di Bumi.

konsentrasinya. hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan Limbah Gas mempengaruhi satu sama lain. . baik langsung maupun tidak langsung. Limbah Beracun(B3) Komponen Ekosistem Limbah yang mengandung bahan Pembentuk ekosistem yang terdiri dari berbahaya atau beracun yang sifat dan abiotik dan biotik. Hubungan keterkaitan dan ketergantungan antara seluruh komponen ekosistem harus Lingkungan dipertahankan dalam kondisi yang stabil Segala sesuatu yang ada disekitar manusia dan seimbang (homeostatis) yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik secara langsung L maupun tidak langsung. membahayakan kesehatan manusia.Jumlah penduduk disuatu daerah per Limbah satuan luas. Sisa dari suatu hasil usaha dan atau kegiatan yang berwujud cair yang dibuang Komunitas ke lingkungan dan diduga dapat Kumpulan dari berbagai populasi yang menurunkan kualitas lingkungan. dapat merusak atau Komponen Heterotrofik mencemarkan lingkungan hidup atau Organisme yang memanfaatkan bahan. Buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun Komponen Autotrofik domestik(rumah tangga). Penambahan gas dalam udara melampaui kandungan alami akibat kegiatan manusia Konsep Ekologi sehingga menurunkan kualitas udara. bahan organik sebagai makanannya dan bahan tersebut disediakan oleh organisme Limbah Cair lain. yang lebih Organisme yang mampu dikenal sebagai sampah. yang menyediakan/mensintesis makanan sendiri kehadirannya pada suatu saat dan tempat yang berupa bahan organik dari bahan tertentu tidak dikehendaki lingkungan anorganik dengan bantuan energi seperti karena tidak memiliki nilai ekonomis. matahari dan kimia.

atau barang yang Organisme dibutuhkan untuk membuat sesuatu. bakteri-bakteri tertentu. tanpa rasa dan Lingkungan yang meliputi: tumbuhan. dan sebagainya. tanah. tidak berbau dan tidak berfungsi secara alami tanpa campur berasa yang mengisi 20% dari udara yang tangan manusia yang berlebihan. M Organ Manusia Kumpulan dari beberapa jaringan untuk Organisme yang sangat kompleks. manusia dan jasat renik yang stabil. Nitrogen Lingkungan Biotik Gas tanpa warna.Lingkungan Abiotik senyawa nitrat yang dilakukan oleh Lingkungan yang meliputi: air. kita hirup (dan setidaknya setengah dari berat seluruh kerak bumi yang padat). Zat atau benda yang dari mana sesuatu dapat dibuat darinya. dimana melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh . Nitrifikasi Suatu proses oksidasi enzimatik yakni perubahan senyawa ammonium menjadi . Bersangkutan dg zat yg berasal dr makhluk hidup (hewan atau tumbuh-tumbuhan spt Material minyak dan batu bara). batuan. secara hirarkinya didasari oleh latar belakang atau asal usul dari penciptaan Organik manusia itu sendiri. Kumpulan molekul-molekul yang saling memengaruhi sedemikian sehingga N berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup. yang Gas tidak berwarna. udara. tanpa bau. unsur atau senyawa lainnya. iklim. sangat sulit bereaksi dengan (mikroorganisme). Lingkungan Hidup O Istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang Oksigen ada di Bumi atau bagian dari Bumi. merupakan gas diatomik bukan logam hewan.

planet bumi yang secara bertahap semakin memanas hingga mencapai titik yang Pencemaran Suara mengganggu adanya keseimbangan global. zat. hewan. sungai.P Pencemaran Tanah Keadaan dimana bahan kimia buatan Pemanasan Global manusia masuk dan mengubah lingkungan Sebuah fenomena alam di mana suhu tanah alami. total antara organisme dengan atau merusak properti. Keadaan dimana masuknya suara yang masuk terlalu banyak sehingga Pembangunan Berwawasan mengganggu kenyamanan lingkungan Lingkungan manusia. menghasilkan sebuah solusi alternatif di pertimbangkan dan solusi yang di pilih Pencemaran dapat di terapkan. energi dan/ atau komponen lain ke Penduduk dalam air atau udara Orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan Pencemaran Air saling berinteraksi satu sama lain secara terus Suatu perubahan keadaan di suatu tempat menerus / kontinu. Kegiatan membatasi pertumbuhan penduduk. Masuk atau dimasukkannya mahluk hidup. kimia. . lautan dan air tanah akibat aktivitas Pengendalian Jumlah Penduduk manusia. umumnya dengan mengurangi Pencemaran Udara jumlah kelahiran. berkaitan dengan hubungan-hubungan mengganggu estetika dan kenyamanan. penampungan air seperti danau. Upaya sadar dan berencana menggunakan dan mengelola sumber daya secara Pendekatan Sistem bijaksana dalam pembangunan yang Serangkaian tahapan tahapan pemecahan berkesinambungan untuk meningkatkan masalah yang setiap langka di pahami dan mutu hidup. atau biologi di atmosfer dalam Pengetahuan Lingkungan jumlah yang dapat membahayakan Suatu keseluruhan pengetahuan yang kesehatan manusia. dan tumbuhan. Kehadiran satu atau lebih substansi fisik.

Sel Unit struktural dan fungsional terkecil Produsen penyusun Mahluk Hidup. Rantai Makanan Penurunan Jumlah Penduduk Perpindahan energi dari organisme pada Berkurangnya jumlah penduduk suatu tingkat tropik ke tingkat tropik menyebabkan turunnya jumlah populasi berikutnya dalam peristiwa makan dan pada sebuah daerah. .lingkungannya yang bersifat organik R maupun anorganik. komponen biotik dan kembali lagi ke komponen abiotik. pada satu sisi penelitian. Organisme yang dapat menyusun senyawa organik (mengandung bahan kehidupan) Siklus Biogeokimia dari bahan anorganik (tidak mengandung Siklus unsur-unsur atau senyawa kimia bahan kehidupan) menjadi makananya yang mengalirdari komponen abiotik ke sendiri. ditebang (tandus. berat kering. menunjukkan jumlah penduduk laki-laki dan pada sisi lainnya menunjukkan jumlah S penduduk perempuan dalam kelompok interval usia penduduk lima tahunan. sama dan memiliki kemampuan bereproduksi di antara sesamanya. Self Purification Kemampuan alam untuk “membersihkan” Populasi pencemar melalui proses-proses kimia- Sekumpulan individu dengan ciri-ciri yang fisik-biologi yang berlangsung secara sama (spesies) yang hidup di tempat yang alami dalam badan air. dan lokasi dua buah diagram batang. Piramida Penduduk populasi atau subjek penelitian. dimakan dengan urutan tertentu. maupun kemampuan menyimpan energi pada tiap trofik. gundul). Ruang Lingkup Bagian variabel-variabel yang diteliti. Piramida Ekologi Reboisasi Gambaran susunan antar trofik dapat Penanaman kembali hutan yg telah disusun berdasarkan kepadatan populasi.

Sistem Organ Tanah Bentuk kerja sama antarorgan untuk Kumpulan tubuh alam yang menduduki melakukan fungsi-fungsi yang lebih sebagian besar daratan planet bumi. Tumpahan Minyak Strategi Hidup Perilisan sebuah cairan minyak Bagaimana manusia / makhluk hidup hidrokarbon ke dalam lingkungan akibat menghadapi keterbatasan lingkungan dan kegiatan manusia. penebangannya. Sistem budi daya hutan atau teknik bercocok tanam hutan yang dimulai dari Tumbuhan pemilihan bibit. permukaan bumi. ada pengaruh Campuran gas yang terdapat pada kelentingan lingkungan. Strategi Hidup “k” Manusia dengan kemampuan U menyesuaikan diri. Organisme benda hidup yang terkandung sampai pada pemanenan atau dalam alam Plantae. yang kompleks. Sumber Daya Alam(SDA) Segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. T . pembuatan tanaman. memperhatikan batas Udara daya dukung lingkungan. mampu menumbuhkan tanaman dan sebagai tempat mahluk hidup lainnya Sistem Silvikultur dalam melangsungkan kehidupannya. sederhana sampai tingkat yang paling kompleks. Tingkat Organisasi SDA Strategi Hidup “r” Mahluk hidup(organisme) yang memiliki Pertumbuhan populasi cepat mengabaikan tingkat organisasi dari tingkat yang paling daya dukung lingkungan. di lingukungan. dan merupakan bentuk toleransi terhadap perubahan yang terjadi polusi.