You are on page 1of 6

BAB 3.

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

3.2 Sejarah dan Perkembangan Perusahaan
3.2.1 PT. Astra Agro Lestari
Keberadaan PT Astra Agro Lestari sebagai perusahaan perkebunan kelapa
sawit telah melintasi tiga dasawarsa lebih, tepatnya 32 tahun. Kehadiran Perseroan
ini berawal dari kebijakan PT Astra Internasional Tbk yang membangun unit
usaha untuk menggarap perkebunan ubi kayu seluas 2.000 hektar. Seiring
permintaan karet yang makin tinggi, perkebunan ubi kayu kemudian dikonversi
menjadi perkebunan karet.
Setelah melihat prospek bisnis minyak sawit yang sangat menjanjikan,
Perseroan masuk ke bidang usaha perkebunan kelapa sawit. Pada tahun 1984, PT
Astra International Tbk mengakuisisi PT Tunggal Perkasa Plantations yang telah
memiliki lahan perkebunan seluas 15.000 hektar di provinsi Riau. Kebijakan ini
memiliki dampak yang positif terhadap perkembangan unit bisnis kelapa sawit.
PT. Astra International Tbk akhirnya memutuskan menjadikan unit bisnis
perkebunan kelapa sawit sebagai entitas bisnis yang baru dengan nama PT
Suryaraya Cakrawala pada 3 Oktober 1988.
Sebagai bagian dari bisnis PT Astra International, nama PT Suryaraya
Cakrawala diubah menjadi PT Astra Agro Niaga pada tahun 1989. Seiring
perkembangan usaha dan prospek yang semakin menjanjikan, PT Astra Agro
Niaga menggabungkan usahanya dengan PT Suryaraya Bahtera, baru pada tahun
1997 berganti menjadi PT Astra Agro Lestari. Nama entitas baru ini yang dikenal
masyarakat hingga usia nya mencapai 28 tahun pada tahun 2016.
Adapun visi dan misi PT. Astra Agro Lestari Tbk (AAL) adalah sebagai
berikut:
Visi : Menjadi Perusahaan Agrobisnis (Perkebunan)yang paling Produktif dan
paling Inovatif di Dunia
Misi : Menjadi Panutan bagi perusahaan lain dan bisa memberikan kontribusi
terhadap pembangunan dan kemakmuran bangsa.

2 PT. Tanjung Sarana Lestari (TSL) adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri pemurnian dan fraksinasi Crude Palm Oil (CPO) menjadi 4 jenis produk. 3. PT. Tanjung Sarana Lestari. yang terletak di Pasangkayu. 2014) Lokasi yang berada di dekat pantai memudahkan proses ekspor ke beberapa negara. Mamuju Utara yang didirikan pada tahun 2012 dan mulai beroperasi pada tahun 2014. PT. PT. India. Tanjung Sarana Lestari yang terletak di Provinsi Sulawesi Barat. Tanjung Sarana Lestari dengan kapasitas produksi 2000 MT/hari. Surya Raya Lestari 1 dan 2 serta beberapa perusahaan kelapa sawit dari Indonesia Timur milik PT. salah satu anak perusahaannya adalah PT. TBL juga melakukan proses pemurnian (refinery) yang mengolah CPKO (Crude Palm Kernel Oil) menjadi produk RBDPKO dan PKFAD. Pasangkayu. Tanjung Sarana Lestari PT. Gambar 3. PT.2. Mamuang. Singapura. Astra Agro Lestari akan menyuplai pasokan bahan mentah (CPO) yang akan diolah oleh PT. Tanjung Bina Lestari yang dikelola oleh manajemen yang sama. Bongkar muat kapal diambil alih oleh PT. Stearin dan PFAD. Terdapat pelabuhan yang melakukan shipments produk .. Selain itu. seperti China.1 Bangunan perusahaan (Sumber : PT. Olein. PT. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari PT. Korea dan Filipina. Letawa. Astra Agro Lestari Tbk. TSL mengolah bahan pabrik yang berasal dari sebagiankebun kelapa sawit yang diantaranya PT. Astra Agro Lestari (AAL) mempunyai kurang lebih 40 anak perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia. yaitu RBDPO.

1 Struktur Organisasi PT.438 Mtons (75%). Tanjung Sarana Lestari terbagi menjadi dua yaitu operator dan executive staff. 30.889 Mtons PFAD. Dan telah melakukan shipments hingga 30 Juni 2015. stearin 121. Utility Manager. 120. olein 455. Masing-masing Manager membawahi Supervisoryang berada di posisi Middle Level Management Director Plant Manager Admin Spv Labor Spv EHS Coord CPO Ref CPKO Ref Utility Port Manager Manager Manager Manager Power plant Prod Spv Prod Spv Prod Spv Prod Spv Instr Spv Maint Spv Infrast Spv Spv 4 Operators 4 Operators 4 Operators 9 Operators 2 Elect/Mech 6 Mechanics 11 Operators 13 Operators 18 Employee Gambar 3. PFAD 31. Operator yang bertugas yang menggerakkan kegiatan .ke luar negeri.589 Mtons olein.507 Mtons (20%). Saat ini TSL sudah mengimplementasikan Sistem Keamanan Pangan ISO:22000 dan Sistem Jaminan Halal untuk menjamin kinerja proses produksinya.3 Struktur Organisasi PT. Tanjung Sarana Lestari berada dibawah tanggung jawab seorang Plant Manager yang berada di posisi top leader management.512 Mtons (5%). dan Port Manager. CPKO Refinery Manager. 3.457 PFAD. Pelabuhan ini juga menjadi pintu keluar dan masuk bagi kapal tongkang yang berisi minyak sawit mentah dari Kalimantan Timur.141 Mtons.Hingga 30 Juni telah memproses CPO 659. Tanjung Sarana Lestari 3. Plant manager membawahi 4 manajer. sebesar 470.752 Mtons stearin.4 Manajemen Ketenagakerjaan Tenaga kerja di PT. dan 42. yaitu CPO Refinery Manager.

Tanjung Sarana Lestari menerapkan tiga shift. dimana didatangkan dari luar pulau sulawesi.00 WITA. serta menyesuaikan dengan kegiatan di dalam kantor. dimana hampir 88% total karywannya merupakan penduduk lokal.00 WITA –15. Sedangkan executive staff bertugas dalam mengkoordinasikan kerja dari operator.00 WITA –07. Sisanya merupakan non lokal.30 WITA. Pada karyawan bagian main office hanya bekerja mulai jam 07.00 WITA Setiap pekerja memiliki jadwal day off yang merupakan hari dimana pekerja libur selama 1 hari dalam melaksanakan tugasnya. Keberadaaan perusahaan ini menghadirkan kesempatan lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar. Pada bagian bongkar muat CPO (unloading CPO) hanya 1 pekerja yang bertugas yang memiliki jam operasional mulai jam 07. . yaitu sebagai berikut : a. Jadwal day off dipilih antara hari senin – minggu. PT.00 WITA (kondisional) sesuai kendala yang dihadapi dalam penerimaan bahan baku. Terdapat pembagian jam kerja yang diterapkan oleh PT.00 WITA – 15. distribusi hinggga analisis. Jumlah keduanya adalah 93 dan 15 orang dengan jumlah total 108 orang.00 WITA hingga jam 21. Diperlukan pergantian jam kerja untuk memastikan pabrik tetap berjalan. Shift pertama bekerja mulai pukul 07. b. sedangkan jumlah pekerja perempuan hanya 10 orang. setiap pekerja memiliki jadwal day off berbeda-beda.di pabrik. Tanjung Sarana Lestari. Komposisi karyawan berdasarkan jenis kelamin lebih dominan pria dengan jumlah 98 orang.00 WITA c. Shift ketiga bekerja mulai dari pukul 23. Shift kedua bekerja mulai pukul 15.00 WITA b. yaitu : a. Karyawan non-shift terdiri dari executive staff dan tidak bekerja pada hari libur. Non-Shift Karyawan non-shift memiliki jam kerja dimulai dari pukul 09.00 WITA hingga jam 15.00 WITA – 23.Shift Perusahaan ini memiliki jam operasional 7x24 jam yang bekerja setiap hari untuk menjalankan proses produksi maupun kegiatan pendukung lainnya. dari proses produksi.

b.3. 2. 3. Hak-hak yang akan dipenuhi oleh PT Tanjung Sarana Lestari bagi karyawannya adalah sebagai berikut. . Saat bulan ramadhan. shift siang akan mendapat makan malam. Tanjung Sarana Lestari memiliki hak cuti yaitu 10 hari/ tahun.5 Hak dan Tanggung Jawab Karyawan a.) Jaminan Sosial PT.) Tunjangan Makan Perusahaan memberikan fasilitas makan kepada seluruh karyawan yang bekerja sesuai dengan shift yang dijalani. Untuk shift pagi akan mendapat makan siang. 4. Hak cuti ini tidak termasuk ke dalam hari libur dan hari libur nasional.) Bekerja sesuai dengan peraturan dan pembagian shift serta datang sesuai waktu yang telah ditentukan kecuali mendapat izin meninggalkan kerja. Tanjung Sarana Lestari memberikan jaminan sosial berupa asuransi kesehatan berupa BPJS.) Hak Cuti Karyawan PT. 1. Apabila karyawan mengalami kecelakaan atau akan menjalani pengobatan. 1. Hak Karyawan Setiap karyawan memiliki hak masing-masing yang melekat pada dirinya. Tanggung Jawab Karyawan Setiap karyawan wajib menaati peraturan yang berlaku di perusahaan antaralain sebagai berikut.) Tunjangan Akhir Tahun Tunjangan akhir tahun diberikan kepada karyawan pada saat tahun baru bisa juga disebut sebagai bonus. karyawan yang tidak memanfaatkan fasilitas makan karena berpuasa akan mendapatkan uang makan. dan shift malam akan mendapat makan pagi. maka biaya pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan melalui asuransi kesehatan tersebut.

. 5. dan 6. 4.) Memberikan atau melaporkan hasil kerjanya pada atasan tepat waktu. dan lingkungan kerja.) Karyawan dilarang merokok di lokasi perusahaan. Perlengkapan Alat pelindung Diri (APD) yang perlu digunakan pada saat karyawan terlibat dalam proses produksi adalah helm.) Karyawan dilarang memakai aksesoris selama proses produksi. Tanjung Sarana Lestari menerapkan beberapa peraturan yang perlu ditaati oleh seluruh karyawan untuk menjaga keselamatan.2.) Karyawan yang datang terlambat akan dicatat. 3. c. dan ear plug (penutup telinga). masker.) Melaksanakan prosedur absensi pada saat masuk dan pulang kerja. Keselamatan dan Kesehatan Kerja PT. safety shoes. kseshatan.