You are on page 1of 5

NAMA : Riska putri oktavianti

KELAS : XII IPA 1
M.PELAJARAN : R emedial fisika

d. Gelombang bunyi mengalami pemantulan. b. Jadi pada siang hari bunyi petir merambat dari lapisan udara atas kelapisan udara bawah. Yaitu sebagian bunyi pantul bersamaan dengan bunyi asli sehingga bunyi asli terdengar tidak jelas. Karena cepat rambat bunyi pada suhu dingin lebih kecil daripada suhu panas maka kecepatan bunyi dilapisan udara atas lebih kecil daripada dilapisan bawah. Untuk menghindari terjadinya gaung maka dalam bioskop. dipadukan (interferensi). Gelombang bunyi mengalami pembiasan (refraksi) Salah satu sifat gelombang adalah mengalami pembiasan. yaitu dapat dipantulkan (refleksi). Hal ini dapat dibuktikan bahwa pemantulan bunyi dalam ruang tertutup dapat menimbulkan gaung. c. c. Hal ini dapat dibuktikan saat dua orang astronout berada jauh dari bumi dan keadaan dalam pesawat dibuat hampa udara. Gelombang bunyi mengalami pembiasan. atau besi. . Untuk lebih jelasnya hal ini dapat kalian lihat pada gambar dibawah. Meskipun dua orang astronout tersebut berada dalam satu pesawat. karet. dilenturkan (difraksi) dan dapat diresonansikan. b. studio radio dan televisi. Gelombang bunyi memerlukan medium.SIFAT SIFAT GELOMBANG BUNYI DAN PENGGUNAANNYA Sifat-sifat Bunyi Sifat-sifat bunyi pada dasarnya sama dengan sifat-sifat gelombang longitudinal. dan gedung konser musik dindingnya dilapisi zat peredam suara yang biasanya terbuat dari kain wol. Hukum pemantulan gelombang: sudut datang = sudut pantul juga berlaku pada gelombang bunyi. astronout tersebut tidak dapat bercakap-cakap langsung tetapi menggunakan alat komunikasi seperti telepon. maka dalam perambatannya bunyi memerlukan medium. Gelombang bunyi mengalami perpaduan. gelas. Peristiwa pembiasan dalam kehidupan sehari-hari misalnya pada malam hari bunyi petir terdengar lebih keras daripada siang hari. Hal yang sebaliknya terjadi pada malam hari. e. yang berakibat medium lapisan atas lebih rapat dari medium lapisan bawah. Gelombang bunyi mengalami pelenturan. a. Hal ini disebabkan karena pada pada siang hari udara lapisan atas lebih dingin daripada dilapisan bawah. dibiaskan (refraksi). Sifat-sifat dasar gelombang bunyi: a. Gelombang bunyi mengalami pemantulan (refleksi) Salah satu sifat gelombang adalah dapat dipantulkan sehingga gelombang bunyi juga dapat mengalami hal ini. Gelombang bunyi memerlukan medium dalam perambatannya Karena gelombang bunyi merupakan gelombang mekanik. kapas.

yaitu sebagian bunyi pantul bersamaan dengan bunyi asli sehingga bunyi asli terdengar tidak jelas. . Penerapan dari sifat-sifat gelombang bunyi diantaranya: a. bahwa gelombang yang lebih panjang akan lebih mudah didifraksikan. Terjadinya gaung. Gelombang bunyi mengalami pelenturan (difraksi) Gelombang bunyi sangat mudah mengalami difraksi karena gelombang bunyi diudara memiliki panjang gelombang dalam rentang sentimeter sampai beberapa meter. Dua astronout tidak dapat bercakap-cakap langsung tetapi menggunakan alat komunikasi seperti telepon karena keadaan dalam pesawat dibuat hampa udara. Misalnya waktu kita berada diantara dua buah loud-speaker dengan frekuensi dan amplitudo yang sama atau hampir sama maka kita akan mendengar bunyi yang keras dan lemah secara bergantian. c. Pada malam hari bunyi petir terdengar lebih keras daripada siang hari. Seperti yang kita ketahui. yang dibedakan menjadi dua yaitu interferensi konstruktif atau penguatan bunyi dan interferensi destruktif atau pelemahan bunyi.d. b. Gelombang bunyi mengalami perpaduan (interferensi) Gelombang bunyi mengalami gejala perpaduan gelombang atau interferensi. Kita dapat mendengar bunyi ditikungan meskipun kita belum melihat mobil tersebut karena terhalang tembok yang tinggi. Peristiwa difraksi terjadi misalnya saat kita dapat mendengar suara mesin mobil ditikungan jalan walaupun kita belum melihat mobil tersebut karena terhalang oleh bangunan tinggi dipinggir tikungan. d. e.

a. c. tembok. pembiasan tidak akan terjadi saat benda dicelupkan dalam posisi tegak lurus. seperti aspal. kaca pembesar atau lup. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat. dan lainnya. batang kayu. Alat Optik terbagi atas dua jenis yaitu alat optik alami dan alat optik buatan. Sifat-Sifat Cahaya Cahaya merupakan salah satu bentuk energi. Pemantulan teratur terjadi jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata. Bunyi hukum pemantulan adalah sebagai berikut. dipantulkan. Alat Optik alami berupa mata. dibiaskan.  Sinar datang garis normal. Cahaya akan dibiaskan ketika melalui medium dengan kerapatan yang berbeda. Pemantulan baur terjadi jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang tidak rata. Namun. mikroskop. namun cahaya ada di sekitar kita dan dapat dirasakan keberadaannya. dan merupakan gelombang elektromagnetik. Semakin besar perubahan kecepatan cahaya saat melalui dua medium yang berbeda. Cahaya dapat dibiaskan Pembiasan cahaya adalah pembelokan cahaya ketika berkas cahaya melewati bidang batas dua medium yang berbeda indeks biasnya. Berikut ini beberapa sifat cahaya. Cahaya dapat merambat lurus. Cahaya adalah energi berbentuk gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380-750 nm. Untuk mengenali cahaya.SIFAT SIFAT CAHAYA DAN PENGGUNAANYA Cahaya memiliki sifat-sifat khusus. sedangkan alat Optik buatan berupa kaca mata. Kecepatan cahaya akan menurun saat memasuki air atau medium yang lebih rapat. dan hukum pembiasan cahaya untuk membentuk bayangan suatu benda.  Besar sudut datang sama dengan besar sudut pantul. seperti cermin datar atau permukaan air danau yang tenang. dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar. . kita perlu mengetahui dan memahami sifat-sifat cahaya dan penggunaannya pada alat-alat optik. kamera. tanpa cahaya. hukum pemantulan. maka di sekitar kita menjadi gelap dan kita tidak bisa melihat benda. Cahaya Merambat Lurus Cahaya merambat ke semua arah. Alat Optik adalah alat yang memanfaatkan sifat cahaya. jika lilin atau lampu yang kamu nyalakan di tempat gelap. Cahaya dapat dipantulkan Cahaya memiliki sifat dapat dipantulkan jika menumbuk suatu permukaan bidang. maka kamu akan melihat bahwa daerah yang ada di sekitar lilin atau lampu tersebut akan terang. Cahaya tidak mempunyai wujud. akan semakin besar pula efek pembiasan yang terjadi. periskop. Sehingga cahaya dapat merambat tanpa memerlukan medium. dan teropong. Pemantulan yang terjadi dapat berupa pemantulan baur dan pemantulan teratur. b. Misalnya. Cahaya yang biasa kita lihat merupakan kelompok- kelompok sinar cahaya atau disebut berkas cahaya.

Contoh lainnya adalah matahari yang memancarkan gelombang cahayanya melalui ruang angkasa (tanpa medium). . Hal ini berarti gelombang cahaya dapat merambat pada ruang kosong (hampa udara) tanpa adanya materi. Gelombang elektromagnetik terbentuk karena adanya perubahan medan magnet dan medan listrik secara periodik. Salah satu fenomena yang dapat membuktikan bahwa cahaya itu mampu mentransfer energi adalah saat lilin yang dinyalakan di sebuah ruang yang gelap dan kemudian lilin tersebut dapat menerangi ruangan tersebut.Jika dirumuskan adalah sebagai berikut : ∠ i = ∠ r Keterangan : ∠ i = Sudut datang ∠ r = Sudut pantul d. Gelombang cahaya matahari memancar ke segala arah sampai ke bumi meskipun melalui ruang hampa udara. Cahaya merupakan Gelombang Elektromagnetik Cahaya dapat mentransfer energi dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa menggunakan medium sehingga cahaya merupakan gelombang elektromagnetik.