You are on page 1of 5

Nama ARDHINI NUGRAHAENI

Kelas ; AJ 1 A

NIM ; 101611123081

Isu perubahan social di bidang kesmas? Dampak positif? Dampak negative? Penjelasan???

FAST FOOD

Dalam perkembangan zaman modern sekarang, individu sangat sibuk dengan aktivitasnya
sehingga tidak mempunyai cukup waktu untuk pergi ke pasar, memilih bahan makanan dipasar,
pergi ke pasar , memasak dan penyajiannya. Dalam kondisi ini terjadi perubahan perilaku
individu. Individu lebih memilih makanan cepat saji karena menghemat waktu. Makanan fast
food meliputi kentang goreng, burger, ayam goreng. Makanan cepat saji cenderung memiliki rasa
yang menggoda, sehingga mengakibatkan ketagihan. Pada umumnya, makanan cepat saji kurang
mengandung gizi dan banyak mengandung kalori.

Dampak positif

1. Menghemat waktu
2. Mudah dalam penyajian
3. Murah dan mudah mendapatkan
4. Praktis

Dampak negative

1. Dapat menyebabkan kenaikan berat badan
Efek negatif makanan cepat saji adalah kenaikan berat badan yang cepat,
seringkali menimbulkan berat badan yang berlebihan atau bahkan obesitas. Makanan
cepat saji cenderung memiliki rasanya enak, sehingga cenderung membuat ketagihan.
Permen, minuman ringan, kentang goreng dan gorengan lainnya, pizza, burger,dan es
krim adalah contoh makanan tinggi gula dan lemak, yang akan memberikan ratusan
kalori per hari.

Mempengaruhi fungsi otak Dalam sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Brain. Selanjutnya. Selain itu. konsumsi secara langsung menghasilkan lonjakan kadar gula. 4. hal ini berarti tubuh mendapatkan pasokan glukosa yang membantu menjaga sensitivitas insulin. 5.2. Dalam kondisi berat badan yang semakin meningkat. Menyebabkan penyakit kanker Fast food adalah makanan yang mengandung kurang serat. resiko terkena serangan jantung akan lebih tinggi. salah satu alasan utama untuk resistensi insulin dan pengembangan diabetes 3. konsumsi junk food menyebabkan obesitas. dimana hal tersebut dapat berkontribusi terhadap pembentukan plak dan penyakit jantung. Peningkatan resiko penyakit jantung Fast food banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang secara langsung meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Ketika tubuh menyerap asupan gizi dari yang berasal dari makanan sehat. Hal ini meningkatkan resiko kanker pada system pencernaan. mengkonsumsi fast food dapat menyebabkan lonjakan gula garah yang meningkat secara tiba-tiba. Studi lain dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle menunjukkan bahwa pria yang makan makanan yang digoreng lebih dari dua kali dalam sebulan telah menunjukkan peningkatan risiko kanker prostat. sehingga serangan jantung pun kapan saja bisa terjadi. and Immunity menunjukkan bahwa satu minggu makan junk food sudah cukup untuk memicu gangguan memori pada tikus. Karena fast food tidak memiliki kandungan serat. Lemak dari fast food dapat terakumulasi dalam tubuh selama periode waktu tertentu yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Peradangan ini menyebabkan kolesterol jahat menempel pada dinding arteri dan menghalangi aliran darah ke jantung. fast food merusak lapisan-lapisan pembuluh darah yang menyebabkan peradangan kronis. Resiko penyakit diabetes Makanan fast food adalah diet yang kurang bergizi. Behavior. Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Cancer Prevention mengungkapkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi gula dan lemak dapat meningkatkan peluang terkenanya kanker kolorektal. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lemak jahat (lemak trans) dari . Sedangkan ketika tubuh menyerap asupan makanan fast food hal ini bisa mengakibatkan stres yang berlebihan pada metabolisme tubuh sehingga mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin dengan benar.

Resiko pada masalah pencernaan Makanan fast food dapat mengakibatkan penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dan sindrom iritasi usus (IBS). Hal ini dapat meningkatkan produksi asam. Saran makanan fast food memang cepat. Hal ini dapat mengganggu fungsi ginjal sebagai penyaring semua racun dari darah 7. Kemajuan teknologi ini membuat perubahan yang begitu besar dalam kehidupan manusia. Studi pada hewan juga menunjukkan bahwa lemak dari junk food memperlambat kemampuan untuk belajar keterampilan baru 6. junk food cenderung menggantikan lemak sehat di otak dan mengganggu mekanisme sinyal normal dalam otak. meningkatkan masalah seperti sembelit dan wasir. Fast food lebih banyakmengandung kalori daripada nilai nutrisi. sehingga dapat memperburuk resiko GERD dan gangguan pencernakan. praktis. Contoh gadget yaitu ponsel. komputer Dampak positif . sehingga meningkatkan keinginan untuk terus mengkonsumsi makanan ini. Lalu rempah-rempah yang ada di dalamnya dapat mengiritasi lapisan lambung. Anak-anak dan orang dewasa sudah banyak menggunakan gadget. Kandungan lemak jahat dan natrium yang tinggi dari garam tersebut mampu mengganggu keseimbangan sodium-potasium tubuh yang dapat menyebabkan hipertensi. tablet. kandungan minyaknya akan tersimpan dalam dinding lapisan perut. Saat kita mengkonsumsi fast food yang digoreng. Peningkatan resiko gangguan ginjal Fast food yang meliputi kentang goreng maupun keripik memiliki rasanya enak. Kandungan garam halus yang ada didalamnya dapat meningkatkan air liur dan sekresi enzim. mudah didapat namun fast food memiliki dampak buruk bagi kesehatan pilihan kembali ke pada pola hidup sehat dan makan makanan yang mengandung gizi GADGET Pada zaman modern ini teknologi sangat berkembang pesat. Kurangnya serat dalam kandungan fast food dapat menghambat pencernaan.

Memudahkan untuk mengerjakan tugas dengan melakukan browsing melalui internet 3. Tidak ingat waktu 3. hubungan jarak jauh tidak lagi menjadi hal yang menjadi masalah dan menjadi halangan. 6. Penggunanaan cahaya atau pencerahan maksimal secara berkala pada ponsel. Masuknya budaya barat secara perlahan tanpa adanya filterasi dari mereka yang mengikuti.carakhasiatmanfaat. 7.wedaran.jendelaberita. misalnya media sosial seperti sekarang ini. Kurang bergaul dan kurang komunikasi 2. Memicu penyakit mental seperti depresi. Mempersingkat jarak dan waktu.komputer. Memudahkan dalam berkomunikasi Dampak negative 1. gangguan bipolar dan autis karena penggunaan gadget yang tidak terkontrol.id/pengaruh-buruk-gadget-terhadap-kesehatan-anak/3315/ http://www.com/2015/11/dampak-positif-dan-negatif-dalam-menggunakan-gadget/ https://www. Dapat menyebabkan kecanduan 8.html http://www.com/17915/keuntungan-dan-kerugian-makanan-cepat-saji/ . Cenderung autis atau asyik dengan gadgetnya sendiri sehingga tidak memperhatikan hal- hal yang ada disekitarnya. Penggunaan gadget sesuaikan pada tempatnya REFERENCE http://halosehat. 5. Memudahkan untuk mendapatkan informasi 4. Peningkatan resiko kanker dari penggunaan ponsel karena radiasi yang di berikan. 1.com/artikel/efek-buruk-makanan-cepat-saji-bagi-kesehatan.co. Saran . tablet dan lain bisa mengakibatkan perih pada mata dan lebih parahnya bisa menimbulkan rabun dekat 5. Memudahkan untuk berbisnis bisa melalui website dan media sosial 2.ekoran. 4.com/makanan/makanan-berbahaya/bahaya-junk-food-bagi-kesehatan http://www.