You are on page 1of 22

UJIAN TENGAH SEMESTER

BAHASA INDONESIA

Dosen Pembimbing:
Drs. ARZAL,M.Pd

Disusun Oleh:
Atika Rahim

Kementerian Kesehatan RI
Politeknik Kesehatan Jambi
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Tahun Akademik 2015/2016

1. SEJARAH,KEDUDUKAN,DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA

A. SEJARAH BAHASA INDONESIA

Pada saat sebelum kemerdekaan, bahasa Melayu telah digunakan oleh
masyarakat sebagai alat perhubungan atau “lingua franca” di seluruh nusantara
bahkan di eluruh wilayah Asia tenggara. Bahkan, bangsa bangsa asing yang
datang ke Indonesia pun menggunakan bahasa Melayu untuk berkomunikasi
dengan masyarakat di nusantara.
Buktinya adalah dengan adanya beberapa prasasti yang menggunakan
bahasa Melayu kuno, yaitu Prasasti Kedukan Bukit (683 M) dan Talang Tuo
(684 M) di Palembang, Prasasti Kota kapur (686 M) di Bangka, serta Prasasti
Karang Berahi (688 M) di dekat Sungai Musi. Prasasti tersebut di atas
merupakan prasasti peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Hal ini menunjukkan
bahwa Bahasa Melayu kuno merupakan alat komunikasi yang dipakai oleh
masyarakat pada zaman Sriwijaya (Halim, 1976:6-7).
Selain di daerah Sumatra, prasasti berbahasa Melayu kuno juga terdapat
di Jawa yaitu Prasasti Gandasuli (832 M) dan Prasasti Bogor (942 M). Kedua
prasasti di pulau Jawa itu memperkuat dugaan bahwa bahasa Melayu kuno pada
saat itu bukan hanya digunakan di Sumatra, melainkan juga digunakan di Jawa
(Arifin, 1988:3).

Peristiwa peristiwa penting yang berhubungan dengan perkembangan bahasa di
Indonesia antara lain :

1. Tahun 1901 disusun ejaan resmi bahasa Melayu oleh Van Ophuijsen yang
dibantuoleh Nawawi Soetan Ma’moer dan Moehammad Taib Soetan
Ibrahim. Ejaan ini dimuat dalam Kitab Logat Melayu.

2. Tahun 1908 pemerintah kolonial mendirikan sebuah badan penerbit buku -
buku bacaan yang diberi nama Commissie voor de Volkslectuur (Taman
Bacaan Rakyat). Badan ini pada tahun 1917 diubah menjadi Balai Pustaka.
Badan ini menerbitkan novel (seperti Siti Nurbaya dan Salah Asuhan),
buku penuntun bercocok tanam, penuntun memelihara kesehatan. Badan ini
sangat membantu penyebaran bahasa Melayu di kalangan masyarakat luas.

156/P/1972 (Amran Halim Ketua) menyusun buku Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan berupa pemaparan Kaidah Ejan yang lebih luas.3. Tanggal 16 Juni 1927 Jahja Datoek Kajo menggunakan bahasa Indonesia dalam pidatonya. Tahun 1933 berdiri sebuah angkatan sastrawan muda yang menamakan dirinya sebagai Pujangga Baru yang dipimpin oleh Sutan Takdir Alisyahbana. Kongres bahasa Indonesia II di Medan pada tanggal 28 Oktober 2 November 1954 adalah juga salah satu perwujudan tekad bangsa Indonesia untuk terus menerus menyempurnakan bahasa Indonesia yang diangkat sebagai bahasa nasional dan ditetapkan sebagai bahasa negara itu. . 12. Pada tanggal 18 Agustus 1945 ditandatanganilah Undang-undang 1945. 13. Dari hasil kongres itu dapat disimpulkan bahwa usaha pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia telah dilakukan secara sadar oleh cendekiawan dan budayawan Indonesia saat itu. Tahun 1936 Sutan Takdir Alisyahbana menyusun Tatabahasa Baru Bahasa Indonesia. Tanggal 25-28 Juni 1938 dilangsungkan Kongres Bahasa Indonesia I di Solo. yang salah satu pasalnya (pasal 36) menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. 4. Tanggal 28 Oktober 1928 secara resmi Muhammad Yamin mengusulkan agar bahasa Melayu menjadi bahasa persatuan Indonesia yang kemudian disebut “Bahasa Indonesia”. Tanggal 12 Oktober 1972 No. 5. 6. 8. 11. 57. Pada tanggal 16 Agustus 1972 Presiden Republik Indonesia meresmikan penggunaan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan melalui pidato kenegaraan di depan sidang DPR yang dikuatkan pula dengan keputusan presiden no. Hal ini merupakan pidato pertama menggunakan bahasa Indonesia dalam sidang Volksraad. 9. Pada tanggal 31 Agustus 1972 menteri pendidikan dan kebudayaan menetapkan pedoman umum ejaan Indonesia yang disempurnakan dan pedoman umum pembentukan istilah resmi berlaku di seluruh Indonesia. 7. 10. tahun 1972. Pada tanggal 19 Maret 1947 diresmikan penggunaan ejaan Republik (ejaan Soewandi) sebagai pengganti ejaan van Ophuisjen yang berlaku sebelumnya.

Kongres ini ditandai dengan dipersembahkannya karya b esar pusat pembinaan dan pengembangan bahasa kepada pecinta bahasa di nusantara. kongres ini mengusulkan dibentuknya badan pertimbangan bahasa dengan ketentuan sebagai berikut : a. Kongres bahasa Indonesia VI diadakan di Jakarta pada tanggal 28 Oktober – 2 November 1993. 17. juga berusaha memantapkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia. Kongres ini diselenggarakan dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-55. Kongres bahasa Indonesia IV diselenggarakan di Jakarta pada 21 – 26 November 1983. Jerman. Kongres ini dihadiri oleh kira-kira tujuh ratus pakar bahasa Indonesia dari seluruh nusantara dan peserta tamu dari negara sahabat seperti Malaysia. Singapura. pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia sejak tahun 1908. Kongres bahasa Indonesia V juga diadakan di Jakarta pada tanggal 28 Oktober – 3 November 1988. Belanda. Brunei Darussalam. selain memperlihatkan kemajuan. Jepang. Tugasnya ialah memberikan nasehat kepada pusat pemerintahan dan pengembangan bahasa serta mengupayakan peningkatan status kelembagaan pusat pembinaan dan pengembangan bahasa. . Rusia. Korea Selatan. 18. dan America Serikat). 16. dan Australia. Kongres bahasa Indonesia III yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 28 Oktober – 2 November 1978 merupakan peristiwa peristiwa yang penting bagi kehidupan bahasa Indonesia. Kongres yang diadakan dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda yang kelima puluh ini. pesertanya sebanyak 770 pakar bahasa di Indonesia dan 53 peserta tamu dari mancannegara (Australia. Italia. serta mengusulkan disusunnya undang-undang bahasa Indonesia. Jerman. Dalam putusanya disebutkan bahwa pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia harus lebih ditingkatkan sehingga amanat yang tercantum dalam garis-garis besar haluan negara. dapat tercapai semaksimal mungkin. Brunei Darussalam. India. yang mewajibkan kepada semua warga negara Indonesia untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.14. yaitu berupa (1) kamus besar bahasa Indonesia. Hongkong. dan (2) tata bahasa baku bahasa Indonesia. Singapura. 15. Kongres ini mengusulakn agar pusat pembinaan dan pengembangan bahasa ditingkatkan statusnya menjadi lembaga bahasa Indonesia. Keanggotaannya terdiri atas tokoh masyarakat dan pakar yang mempunyai kepedulian terhadap bahasa dan sastra b. Kongres bahasa Indonesia VII diselenggarakan di hotel Indonesia Jakarta pada tanggal 26 – 30 Oktober 1988.

agama. b. Dalam kedudukannya sebagai Bahasa Nasional. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan perhubungan nasional. Kedua adalah sebagai bahasa negara. Alat pemersatu bangsa Mengacu pada keragaman yang ada pada Indonesia dari suku. KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA 1. dan budaya. ras. .B. Lambang kebanggaan kebangsaan Bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai luhur yang mendasari perilaku bangsa Indonesia. selain Bahasa Indonesia terdapat pula lambang identitas nasional yang lain yaitu bendera Merah-Putih dan lambang negara Garuda Pancasila. d. Lambang Identitas Nasional Bahasa Indonesia mewakili jatidiri bangsa Indonesia. Ini berarti bahwa bahasa Indonesia berkedudukan sebagai Bahasa Nasional. bahasa Indonesia dijadikan sebagai media yang dapat membuat kesemua elemen masyarakat yang beragam tersebut kedalam sebuah persatuan. maka kan sangat sulit berkomunikasi kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Bahasa Indonesia memiliki beberapa fungsi yaitu : a. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional Kedudukan pertama bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa persatuan. Hal ini tercantum dalam Sumpah pemuda (28-10-1928). Alat perhubungan Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda. c.

Cara ini akan sangat membantu dalam meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknolologi (iptek) c. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara yaitu : a.2. Bahasa Indonesia sebagai penghubung pada tingkat Nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah. Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan. baik melalui buku-buku pelajaran. Kedudukan keempat dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi. dan kegiatan kenegaraan baik dalam bentuk lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia Sebagai pengembangan kebudayaan Nasional. majalah-majalah ilmiah maupun media cetak lainnya. Ilmu dan Teknologi. Tujuan agar isi atau pesan yang disampaikan dapat dengan cepat dan tepat diterima oleh masyarakat. Kedudukan ketiga dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan digunakannya Bahasa Indonesia dalam hubungan antar badan pemerintah dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat. . ditulis dengan menggunakan bahasa daerah itu sendiri. Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan. Kedudukan kedua dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di lembaga pendidikan dari taman kanak-kanak. Sehubungan dengan itu hendaknya diadakan penyeragaman sistem administrasi dan mutu media komunikasi massa. maka materi pelajaran yang berbentuk media cetak juga harus berbahasa Indonesia. d. Karena sangatlah tidak mungkin bila suatu buku yang menjelaskan tentang suatu kebudayaan daerah. Kedudukan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Negara Bahasa negara sama saja dengan bahasa nasional atau bahasa persatuan artinya bahasa negara merupakan bahasa primer dam baku yang acapkali digunakan pada kesempatan yang formal. b. peristiwa. Mulai saat itu dipakailah bahasa Indonesia dalam segala upacara. Kedudukan pertama dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan digunakannya bahasa Indonesia dalam naskah proklamasi kemerdekaan RI 1945. dan menyebabkan orang lain belum tentu akan mengerti. buku-buku populer. Hal ini dapat dilakukan dengan menerjemahkan buku-buku yang berbahasa asing atau menyusunnya sendiri.

Bahasa sebagai kontrol sosial berfungsi untuk mengendalikan komunikasi agar orang yang terlibat dalam komunikasi dapat saling memahami. karena bahasa juga berfungsi: a. b. anggaran dasar. integritas kerja sama dalam bidang bisnis. dan simbol – simbol lain yang menunjukan arah komunikasi. 2. Dengan bahasa orang dapat menyatakan hidup bersama dalam suatu ikatan. integritas karyawan dalam sebuah departemen. FUNGSI BAHASA INDONESIA 1. Misalnya : integritas kerja dalam sebuah institusi. c. misalnya : komunikasi ilmiah. perilaku. Bahasa sebagai ekspresi diri dapat dilakukan dari tingkat yang paling sederhana sampai yang paling kompleks atau tingkat kesulitan yang sangat tinggi. undang – undang dan lain – lain. perasaan. adalah sebagai alat komunikasi. . dan komunikasi sosial. di luar pengetahuan kebahasaan. Fungsi Bahasa Secara Khusus. Sebagai kunci mempelajari pengetahuan-pengetahuan lain. Untuk mempelajari naskah-naskah tua guna menyelidiki latar belakang sejarah manusia. komunikasi bisnis. b. serta perkembangan bahasa itu sendiri (tujuan filologis). Untuk tujuan praktis: mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari. tingkatan. Fungsi Bahasa Secara Umum Fungsi utama bahasa. bangga dan prihatin kepadamu). integritas berbangsa dan bernegara. Bahasa kontrol ini dapat diwujudkan dalam bentuk : aturan. Ekspresi sederhana. atau mengutarakan pikiran. misalnya. atau sarana untuk menyampaikan informasi (fungsi informatif). Bahasa sebagai sarana integrasi dan adaptasi. Bahasa sebagai sarana kontrol sosial. selama kebudayaan dan adat-istiadat. seperti disebutkan di atas. bahasa pada dasarnya lebih dari sekadar alat untuk menyampaikan informasi. atau gagasan. untuk menyatakan cinta (saya akan senatiasa setia. Bahasa sebagai sarana komunikasi. dan kepentingan yang beraneka ragam. a. Bahasa sebagai sarana ekspresi diri. integritas keluarga.C. komunikasi kerja. Untuk tujuan artistik: manusia mengolah dan menggunakan bahasa dengan seindah- indahnya guna pemuasan rasa estetis manusia. Tetapi. d. Fungsi tersebut digunakan dalam berbagai lingkungan. c. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat. lapar (sudah saatnya kita makan siang). d. dan komunikasi budaya. Masing – masing mengamati ucapan.

Ciri bahwa unsur itu merupakan keterangan ditandai oleh keberadaan frase depan di dalam (ini harus dihilangkan).2. yakni menggunakan imbuhan di-. Bunga-bunga mawar. PENGERTIAN KALIMAT EFEKTIF Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa baik ejaan maupun tanda bacanya sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau pendengarnya. Kakak menolong anak itu dengan dipapahnya ke pinggir jalan. Kalimat tersebut tidak memiliki kesejajaran antara predikat-predikatnya. yakni imbuhan me-. Di dalam keputusan itu merupakan kebijaksanaan yang dapat membantu keselamatan umum. dan melati sangat disukainya. dan melati sangat disukainya. Dengan kata lain.CIRI KALIMAT EFEKTIF 1.anyelir.anyelir. anyelir. . Kalimat ini tidak memiliki kesatuan karena tidak didukung subyek.. melainkan keterangan. sedang yang satu lagi menggunakan predikat pasif.KESEJAJARAN Memiliki kesamaan bentukan/imbuhan. 3.KEHEMATAN Kalimat efektif tidak boleh menggunakan kata-kata yang tidak perlu. Kalimat yang benar adalah: Mawar. Dalam kata mawar. 2.pula. CIRI . Kata-kata yang berlebih.predikat. kalimat efektif mampu menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pendengar atau pembacanya seperti apa yang dimaksudkan oleh penulis B. Unsur di dalam keputusan itu bukanlah subyek. KESATUAN GAGASAN Memiliki subyek.CIRI-CIRI. Yang satu menggunakan predikat aktif. Jika bagian kalimat itu menggunakan kata kerja berimbuhan di-. Pemakaian kata bunga- bunga dalam kalimat di atas tidak perlu. PENGERTIAN KALIMAT EFEKTIF. bagian kalimat yang lainnya pun harus menggunakan di. serta unsur-unsur lain ( O/K) yang saling mendukung serta membentuk kesatuan tunggal.DAN CONTOHNYA A.dan melati terkandung makna bunga. Penggunaan kata yang berlebih hanya akan mengaburkan maksud kalimat.

dan –kah. Bapak penceramah. 4. Selanjutnya. KELOGISAN Kalimat efektif harus mudah dipahami. yakni menggunakan kata yang bertentangan atau berlawanan makna/maksud dalam bagian kalimat yang ingin ditegaskan. • Menggunakan pertentangan. C. penekanan bagian kalimat dapat menggunakan partikel –lah. saya akan menjelaskan pentingnya air bagi kehidupan .4. Kalimat ini tidak logis/tidak masuk akal karena waktu dan tempat adalah benda mati yang tidak dapat dipersilakan. • Menggunakan partikel. Dalam hal ini hubungan unsur-unsur dalam kalimat harus memiliki hubungan yang logis/masuk akal. Caranya: • Mengubah posisi dalam kalimat. Karena tidak tidur semalaman. 2.. saya persilakan untuk naik ke podium. Contoh : Waktu dan tempat saya persilakan. 5. Kalimat tersebut harus diubah misalnya . Saya sedang membuat nasi goreng. - pun. 3. yakni dengan cara meletakkan bagian yang penting di depan kalimat. 5. Dia memakai baju merah. dia terlambat datang ke sekolah. Sesudah dipahami dan dihayati pancasila harus diamalkan dalam kehidupan sehari- hari. PENEKANAN Kalimat yang dipentingkan harus diberi penekanan. CONTOH KALIMAT EFEKTIF : 1.

tanda tangan. Inisial B. Salam Penutup 4. Tanggal surat 8. CONTOH SURAT RESMI OSIS SMA Negeri 23 Wonogiri Jl. Kepala Surat 7. BAGIAN SURAT RESMI 1.Sudirman No. 12 Wonogiri Dengan hormat.00 WIB s/d selesai Tempat : Lapangan Alun-alun Wonogiri Acara : PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni) Dengan sangat hormat kami mengharapkan kehadiran dari para perwakilan sekolah dan bisa hadir ke tempat pelaksanaan dengan tepat waktu. . 15 November 2015 . Salam pembuka 2. Lampiran 10. Status/jabatan. 12 Wonogiri Wonogiri. Nomor Surat 9.3. Jend.CONTOH SURAT PRIBADI A. Tembusan 6.Jend. BAGIAN SURAT RESMI.CONTOH SURAT RESMI. Pengurus OSIS SMAN 23 Wonogiri Jl. Isi Surat 3.Senin. 16 November 2015 Waktu : Pukul 08. nama jelas 5. Alamat 12. Hal atau perihal surat 11. Sehubungan dengan akan berakhirnya masa kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2015/2016 ini. kami selaku pengurus OSIS SMA Negeri 23 Wonogiri memohon kehadiran dari perwakilan sekolah untuk mengikuti beberapa perlombaan menarik yang sudah kami rancang yang akan diselenggarakan pada : Hari : Minggu.Sudirman No. 6 November 2015 No : 07/OSIS/UND EX/V/15 Lamp :- Hal : Undangan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni) Yth.

Halo. Jangan lupa dibalas ya. dan adik mu? Aku harap mereka semua baik-baik saja ya wik. cukup sampai di sini dulu ya surat dari aku. Jadi aku bisa sekalian mampir ke rumah kamu. 2 Bulan lagi aku mau ke tempat budeku di Solo. bagaimana kabar kamu wik? Aku harap kamu baik-baik saja dan sehat selalu ya Soalnya aku di sini juga sehat dan baik-baik saja.Sukses buat kuliah nya. Hormat Kami.bapak mu.24 Nguter . Boleh kan kalau aku main ke rumah kamu? Harus boleh lho. kalau tidak boleh! Jangan marah lho. Wik gimana dengan kuliah nya? Enak tidak kuliah disana? Banyak teman tidak? Aku disini kuliah nya enak dan aku dapat teman banyak juga. Sido Waras No. Ketua Osis SMA Negeri 23 Wonogiri. wik. Wik. Aku harap kamu begitu juga ya. wik. Wonogiri Solo Dwi yang cantik.wik Aku tunggu lho! Dari Sahabatmu Atika Rahim . wik. Awas. aku kan cuma bercanda. CONTOH SURAT PRIBADI Jambi. Anisa wulandari C. Eh. soalnya aku sudah kangen banget sama kamu.Apa kabar ibu mu.29 Oktober 2015 Dwi Widayanti Jl. Salam buat orang tua mu dan adik-adik mu ya.

. Makalah mahasiswa umumnya merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu perkuliahan.4. Karya ilmiah sering juga disebut "tulisan akademis" (academic writing) karena biasa ditulis oleh kalangan kampus perguruan tinggi --dosen dan mahasiswa. Makalah juga diartikan sebagai karya ilmiah mahasiswa mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan. PENGERTIAN DAN JENIS KARYA TULIS ILMIAH A.Makalah Makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Makalah biasanya disajikan dalam sebuah seminar atau dipresentasikan di kelas (tugas perkuliahan). Data. Dalam konteks ilmiah. simpulan.adalah tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian suatu masalah oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Pengertian yang lain dari makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertasi analisis yang logis dan objektif. prediksi (prediction). JENIS KARYA TULIS ILMIAH 1. B. PENGERTIAN KARYA TULIS ILMIAH Karya Tulis Ilmiah biasa disingkat Karya Ilmiah (Scientific Paper)-. Artikel ilmiah diangkat dari hasil pemikiran dan kajian pustaka atau hasil pengembangan proyek. Artikel Dalam istilah jurnalistik. Karya ilmiah berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berupa penjelasan (explanation). artikel adalah tulisan berisi pendapat subjektif penulisanya tentang suatu masalah atau peristiwa. baik berupa kajian pustaka maupun hasil kegiatan perkuliahan lapangan. artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati. dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan (referensi) bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya. 2. dan pengawasan (control). Makalah ditulis untuk memenuhi tugas terstruktur yang diberikan oleh dosen atau ditulis atas inisiatif sendiri untuk disajikan dalam forum ilmiah.

juga diperlukan sumbangan material berupa temuan baru dalam segi tata kerja. tergantung panduan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing. Disertasi ini berisi suatu temuan penulis sendiri. Artikel ilmiah ditulis lebih bersifat umum. artikel ilmiah popular tidak terikat secara ketat dengan aturan penulisan ilmiah. untuk konsumsi publik. baik bedasarkan penelitian langsung (obsevasi lapangan. Tesis mengungkapkan pengetahuan baru yang diperoleh dari penelitian sendiri. majalah. 4. yang berupa temuan orisinal. 5. Berbeda dengan artikel ilmiah. Pendapat yang diajukan harus didukung oleh data dan fakta empiris-objektif. Tesis Tesis adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S2 (Pasca Sarjana) yang sifatnya lebih mendalam dibandingkan dengan skripsi. Kertas kerja itu menjadi acuan untuk tujuan tertentu dan bisa diterima atau dimentahkan oleh forum ilmiah. yaitu artikel ilmiah yang ditulis dengan gaya bahasa populer (bahasa media/bahasa jurnalistik) untuk dimuat di media massa (suratkabar. tetapi untuk "dikomunikasikan" kepada publik melalui media massa. 6. atau hukum tertentu tentang salah satu aspek atau lebih di bidang spesialisasinya. tabloid). . 7. atau percobaan di laboratorium). Kertas Kerja Kertas kerja (work paper) pada prinsipnya sama dengan makalah. Sistematika penulisannya sama dengan artikel atau makalah. Skripsi berisi tulisan sistematis yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan pendaagt (teori) orang lain. Artikel Ilmiah Populer Selain ketujuh jenis karya ilmiah. Skripsi Skripsi adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S1 (Sarjana).3. Paper Paper adalah sebutan khusus untuk makalah di kalangan akademisi (mahasiswa) dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi (Diploma/S1/S2/S3). ada juga yang disebut artikel ilmiah populer. Disertasi Disertasi --disebut juga "Ph. Dinamakan ilmiah populer karena ditulis bukan untuk keperluan akademik. dalil- dalil. namun dibuat dengan analisis lebih dalam dan tajam dan dipresentasikan pada seminar atau lokakarya yang biasanya dihadiri oleh ilmuwan.adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S3 (meraih gelar Doktor/Dr) yang mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan data dan fakta yang sahih (valid) dengan analisis yang terinci).D Thesis"-. 8.

2. 4. Pusat Pasar: Pusat (M). Seharusnya dibalik menjadi Plaza Deli (Hukum D-M) dalam bahasa Indonesia. sehingga mengikuti hukum sebaliknya. 5. PENGERTIAN HUKUM DM Hukum D-M merupakan hukum susunan dua atau lebih dua kata dalam bahasa Indonesia dengan ketentuan kata yang terletak di depan adalah kata yang diterangkan (D) dan kata yang belakangnya adalah kata yang menerangkan (M).Pasar (D). Deli Plaza: Deli (M). yang dalam bahasa Indonesia seharusnya menjadi Menteri Perdana (Hukum D-M). disebabkan oleh pengaruh bahasa Belanda dan Inggris. Seharusnya krim es (Hukum D-M) dalam bahasa Indonesia. yang mengikuti Hukum M-D dalam bahasa Inggris.Plaza (D). seorang ahli bahasa Indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari. 3. kelas interval: kelas (M). B. es krim: es (M)-krim (D). yang berasal dari Prime Minister (Hukum M-D) dalam bahasa Inggris. yakni Hukum M-D.Menteri (D). yang berasal dari 'class interval' (Hukum M- D) dalam bahasa Inggris. terjadi penyimpangan-penyimpangan mengenai pemakaian Hukum D-M dalam bahasa Indonesia. sehingga menjadi Hukum D-M. yang berasal dari 'ice cream' (Hukum M-D) dalam bahasa Inggris. Seharusnya diindonesiakan menjadi interval kelas (Hukum D-M) dengan interval (D)-kelas (M). .5. yang dalam bahasa Indonesia seharusnya menjadi Pasar Pusat (Pasar Sentral).interval (D). Hukum ini pertama kali dikemukakan oleh Sutan Takdir Alisyahbana. Perdana Menteri: Perdana (M). CONTOH HUKUM DM 1. yakni Centrale Passer (Hukum M-D). yang berlaku dalam bahasa Belanda dan Inggris. yang berasal dari bahasa Belanda. PENGERTIAN HUKUM DM DAN CONTOH HUKUM DM A.

» ) 12.) a. Tanda Kurung Siku ( [ ] ) 11. Tanda Kurung ( ( ) ) 10. Tanda koma ( . Tanda Kurung Lancip (<. ia lupa akan tugasnya... Matahari makin meninggi. Surah Yasin:9 ...) a..) 6. dan lemari b. Tanda Koma (. Tanda titik koma (. b. Tanda Ulang (2/2) B.>) 14. Tanda titik dua ( : ) 5. meja. Tanda pisah ( ― ) 7. ) 3. Tanda Garis Miring Terbalik (\) 19. Karena ketiduran. Tanda titik koma ( . Tanda seru ( ! ) 9. 4. Tanda titik ( . Yang kita perlukan sekarang adalah barang-barang berikut: kursi. . Tanda Titik Dua (:) a. ) 15. Tanda Penyingkat atau Apostrof ( ‘ ) 20. Tanda Kurung Ganda ( «. 3. Wati sedang memasak di dapur. Andi sedang belajar. Alvin menonton tayangan berita televisi.. Tanda Petik Tunggal (‘ ‘) 17. 2. b. Kalau hari hujan. b. JENIS TANDA BACA DAN CONTOH A. . ) 2. CONTOH 1. ibu menyiapkan sarapan di dapur. JENIS TANDA BACA 1.6. Tanda Kurung Kurawal ( {. saya tidak akan datang. Tanda Elipsis ( . Tanda petik (“ “) 16. Ayah membaca Koran di ruang tamu. ) 4. Tanda tanya ( ? ) 8. Tanda garis miring ( / ) 18.} ) 13. Tanda Hubung ( . Rizka belum bangun dari tidurnya juga.) a. Tanda Titik (.

Biasa digunakan di bahasa komputer HTML.. b. 15. Tanda Petik ( ". Sang Sapurba men[d]engar bunyi gemersik 11.. Tanda Kurung Siku ([... p-e-n-y-a-n-y-i 6. Katanya. Tanda Kurung ((. Faktor-faktor kemunduran … akan dievaluasi lebih lanjut.” 16. “Bahasa negara ialah bahasa Indonesia.... Tanda Kurung Lancip (<..." ) a. 1918—1961 7. Diam kau! 9. Manajemen pembelajaran menyangkut masalah (1) perencanaan. Tutup semua pintu! b. (2) pelaksanaan.. "[Adam] tidak datang ke sekolah hari ini". Tanda Hubung (-) a.. Tanda Petik Tunggal ( '. Pasal 36 UUD 1945 berbunyi.. Siapa nama kamu? b.]) a. kata Fitrah.} ) Disebut juga tanda kurung besar atau akolade 13.. Tanda Kurung Kurawal ( {.. feed-back ‘balikan’ . Kalau begitu … ya. Medan—Ibu kota Sumut—terletak di Sumatera b. Kapan dia pulang? 8. 14. Tanda Kurung Ganda ( ((. Tanda pisah ( ― ) a. anak-anak b.' ) a.)) a.>) Kadang disebut juga tanda kurung lancip atau tanda kurung bersudut. dan (3) penilaian 10. Tanda Elipsis (. Tanda Seru (!) a..) a...)) ) Biasa digunakan di bahasa pemrograman computer 12. Tanda Tanya (?) a. marilah kita berangkat sekarang sebelum hujan turun b.5. b. "Kita harus menyelesaikan makalah ini segera!" b. Problem-Solving ‘pemecahan masalah’ b. Keterangan itu (lihat Tabel 5) menunjukkan kemerosotan perekonomian desa Candiharjo.

Tanda Garis Miring Terbalik ( \ ) Tanda garis miring terbalik digunakan untuk mengganti karakter khusus menjadi karakter literal (yakni "mengubah" karakter) 19. mengangkat/menjinjing. Tanda Penyingkat (Apostrof) ( ' ) a. (‘kan = akan) b. Pesawat selanjutnya ‘kan tiba setengah jam kemudian. (’90 = 1990) 20. Saudara-saudara (bukan "saudara2") . Tanda Ulang (.17.. 18.00/ikat.. b.2) a. 24 April ’90. Tanda Garis Miring ( / ) a.500. Harga rambutan itu Rp3. Buku-buku (bukan "buku2") b.

Lantai Lantai sebaiknya tidak lembab. Pengertian Rumah Sehat Pengertian rumah sehat adalah rumah yang dapat memenuhi kebutuhan rohani dan jasmani secara layak sebagai suatu tempat tinggal atau perlindungan dari pengaruh alam luar serta memenuhi syarat-syarat rumah yang sehat. 1. Lantai rumah terbuat dari semen atau ubin. istirahat dan aktivitas lainnya. Syarat yang penting disini adalah tidak berdebu pada musim kemarau dan tidak becek pada musim hujan.kedap air dan mudah dibersihkan. 2.7. Lantai yang basah dan berdebu merupakan sarang penyakit.manfaat nya. Akhir-akhir ini banyak masyarakat yang tidak tahu apa itu rumah sehat. Kebutuhan jasmani misalnya : terpenuhi kebutuhan jasmani seperti membaca.dan ciri-cirinya. keramik. angin dan sebagainya. atau cukup tanah biasa yang dipadatkan. Kebutuhan rohani misalnya : perlindungan terhadap penyakit. CONTOH PENYULUHAN KESEHATAN Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam sejahtera untuk kita semua Puji dan syukur saya haturkan kepada Allah S. cuaca.T atas rahmat dan ridho-NYA lah kita dapat berkumpul bersama-sama di balai desa suka maju Tidak lupa pula salawat beriring salam kita tujukan kepada Nabi Besar Muhammad S. Saya akan memberi penjelasan tentang itu semua.WT.W yang telah membawa kita dari alam kegelapan ke alam yang terang benderang ini Baiklah saya akan memperkenalkan diri saya terlebih dahulu nama saya Atika Rahim. Syarat –syarat Rumah Sehat 1. Saya berdiri disini atas undangan dari Kepala Desa suka maju dan warga desa suka maju. Bertujuan untuk memberikan penyuluhan kesehatan Lingkungan tentang Rumah Sehat. . saya berasal dari politeknik kesehatan jambi jurusan kesehatan lingkungan saya sebagai penyuluh kesehatan di Desa ini.A. menulis.

Aliran udara diusahakan ventilasi silang dengan menempatkan lubang hawa berhadapan antara 2 dinding ruangan. Aliran udara ini jangan sampai terhalang oleh barang-barang besar misalnya almari. Sedangkan luas lubang ventilasi insidentil (dapat dibuka dan ditutup) minimum 5%. Udara yang masuk harus udara bersih. 2. Ventilasi alamiah melalui jendela. Atap Atap rumah sebaiknya terbuat bahan yang tidak menimbulkan suhu panas dan memberikan rasa nyaman. Ø Ventilasi ada 2 macam yaitu : a.Ventilasi yang baik dalam ruangan harus mempunyai syarat lainnya. Cahaya Rumah yang sehat memerlukan cahaya yang cukup. Atap seng maupun asbes tidak cocok untuk rumah pedesaan. lubang anginlubang dinding. kurang menguntungkan karena menjadi jalan masuk binatang binatang atau vector penyakit b. dinding sekat dan lain-lain.Atap genteng adalah umum dipakai baik di daerah perkotaan maupun di pedesaan. tidak dicemari oleh asap dari sampah atau dari pabrik. Ventilasi buatan dengan menggunakan alat khusus yaitu kipas angina pengisap udara tapi tidak cocok untuk perumahan pedesaan 4.2. disamping mahal juga menimbulkan suhu panas di dalam rumah.mialnya dengan atap genteng. . minimum 5% dari luas lantai ruangan. 3. debu dan lain-lain. 3. dari knalpot kendaraan. tidak kurang dan tidak terlalu banyak. di antaranya: 1. Luas lubang ventilasi tetap. Namun demikian banyak masyarakat pedesaan yang tidak mampu untuk itu maka atap daun rumbai atau daun kelapa pun dapat dipertahankan. pintu. Ventilasi Ventilasi digunakan untuk pergantian udara . Di samping atap genteng adalah cocok untuk daerah tropis juga dapat terjangkau oleh masyarakat dan bahkan masyarakat dapat membuatnya sendiri. Ukuran luas ini diatur sedemikian rupa sehingga udara yang masuk tidak terlalu deras dan tidak terlalu sedikit. Jumlah keduanya menjadi 10% dikali luas lantai ruangan.

kakus. diusahakan sinar matahari menyinari lantai. 7.cahaya alami sangat penting karena dapat mebunuh bakteri pathogen misalnya TBC yang sensitive terhadap sinar matahari 2. Jarak jamban dengan sumber air minimal 10 meter. kecuali anak dibawah umur 5 tahun.dalam membuat jendela diusahakan sinar dapat langsung masuk keruangan tidak terhalang oleh bangunan lain 4. Sumber Air Kualitas air tanah dan air minum harus baik dan memenuhi persyaratan kesehatan. 8.minimal 2. Tempat Pembuangan Tinja (jamban) Rumah yang sehat harus mempunyai tempat pembuangan kotoran (tinja) yaitu WC/septick tank. artinya luas lantai bangunan tersebut harus disesuaikan dengan jumlah penghuninya. dengan menimbun atau dikelola untuk dibuat pupuk kandang. Ø Cahaya dibagi menjadi 2 macam yaitu : 1) Cahaya alamiah 1.Sumber Air (sumur). 6. Sampah Sampah – sampah di tempat tinggal dapat ditanggulangi dengan cara dibuang dilokasi pembuangan sampah (yang jauh dari lingkungan tempat tinggal). jendela sebagai ventilasi dan sebagai jalan masuk cahaya 5. Luas Bangunan Rumah Luas lantai bangunan rumah sehat harus cukup untuk penghuni di dalamnya. dan lain – lain. Luas bangunan yang tidak sebanding dengan jumlah penghuninya akan menyebabkan perjubelan (overcrowded). atau dengan pembuatan lubang sampah. perlu . konstruksinya baik dan memenuhi syarat. bukan dinding diusahakan dengan genteng kaca 2) Cahaya buatan sumber dari lampu listrik api diesel dan lain lain 5.5-3 meter untuk tiap jiwa.Luas ruang tidur minimal 8m2 dan tidak dianjurkan digunakan lebih dari dua orang tidur dalam satu ruang tidur. sebaiknya jendela 15%-30% dari luas lantai 3.

j. Melakukan penghijauan pada halaman. . Membuang sampah pada tempatnya. Menguras bak mandi. Melindungi penghuninya dari cuaca baik / buruk. Menata rapi barang di rumah. saluran air kotor yg tidak kedap air) adalah 7 meter.diperhatikan saat membuat sumur. Untuk tempat beristirahat. Dinding diusahakan terang. Mendapat penerangan yang cukup. Kandang hewan tidak boleh serumah dengan penghuni. sumur resapan. 9. membuka jendela kamar setiap pagi dan siang b. 5. 2. i. 4. Mengubur barang bekas. Kandang hewan Kandang hewan (biasanya untuk rumah di pedesaan). jarak minimal dari sumber air kotor (septick tank. h. Kamar mandi dijaga kebersihannya setiap hari. tempat tinggal dan kegiatan hidup harian. Membersihkan rumah dan halaman rumah setiap hari. Mencegah penyebaran penyakit menular. 3. Upaya yang dilakukan agar Rumah menjadi Sehat Yang perlu dilakukan agar rumah menjadi sehat : a. Meningkatkan hubungan sosial diantara penghuninya. e. d. 3. f. 4. agar sumur tidak tercemar. c. Manfaat Rumah Sehat Manfaat rumah sehat yaitu : 1. letaknya diusahakan agar tidak terlalu dekat dengan rumah dan harus terisah. g. Melindungi penghuninya dari bahaya-bahaya dari luar.

Demikianlah penyuluhan Kesehatan Lingkungan tentang Rumah Sehat ini saya sampaikan. Saya akhiri dengan wabilahi taufik walhidayah Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh . Saya berharap masyarakat atau warga Desa Suka Maju dapat mengetahui dan lebih mengerti apa itu rumah sehat dan manfaatnya. Dan saya juga berharap warga disini dapat menerapkan rumah sehat ke dalam lingkungan di sekitar rumah.