You are on page 1of 4

PENANGANAN PASIEN RENCANA SKKM DAN RENCANA

BPJS DI INSTALASI FARMASI

RSUD CILEUNGSI
No. Dokumen : No. Revisi : Halaman :
Jl.Raya Cileungsi
1/2
Jonggol
Km : 10
Tanggal Terbit : Ditetapkan
DIREKTUR

SPO

drg. Mike Kaltarina, MARS
NIP. 196407111991032009

Data tersebut di input ke dalam SIM RS 5. Jika dalam waktu 3 x 24 jam pasien telah memiliki SEP.Raya Cileungsi 2/2 Jonggol Km : 10 1. maka wajib menyerahkan ke bagian farmasi SEP berwarna kuning 6. Bagian Farmasi mencatat data obat di dalam kartu kendali sesuai resep dan sesuai sediaan farmasi yang diserahkan kepada pasien 4. PROSEDUR 1. Bagian farmasi memberikan pelayanan obat kepada pasien rencana BPJS/SKKM 3. 2. Revisi : Halaman : Jl. Dokumen : No. Bagian farmasi mengganti status jaminan di kartu kendali dari “rencana SKKM/BPJS” menjadi “BPJS” . TUJUAN agar terjadi keseragaman dalam hal pelayanan untuk pasien rencana BPJS/SKKM sehingga dapat terlayani dengan baik. PENGERTIAN pasien rencana BPJS/rencana SKKM akan diberikan pelayanan seperti pasien BPJS dalam jangka waktu 3 x 24 jam sampai keluarnya kartu BPJS. KEBIJAKAN 4. Pasien rencana BPJS atau rencana SKKM menyerahkan resep berikut kartu kendali yang sebelumnya telah diberikan oleh bagian TPP dan diberi keterangan “rencana BPJS” atau “rencana SKKM” 2. 3. PENANGANAN PASIEN RENCANA SKKM DAN RENCANA BPJS DI INSTALASI FARMASI RSUD CILEUNGSI No.

kemudian mencatatnya di buku retur. maka pasien wajib mengembalikan semua sediaan farmasi yang telah di ambil dari bagian farmasi sesuai dengan data yang tercantum di dalam kartu kendali dalam bentuk obat dan alkes (tidak dalam bentuk uang). Admin Rawat Inap . 11. Kartu kendali di kembalikan kepada admin ranap untuk disimpan di dalam status. Tempat Pendaftaran Rawat Inap 3. Jika pasien tidak jadi SKKM/BPJS dan menjadi pasien tunai. Revisi : Halaman : Jl. 10. Pasien menyerahkan semua sediaan farmasi yang akan dikembalikan tersebut dengan didampingi oleh bagian admin ranap beserta Form retur sediaan farmasi pasien pulang rawat inap. PENANGANAN PASIEN RENCANA SKKM DAN RENCANA BPJS DI INSTALASI FARMASI RSUD CILEUNGSI No. 8. Dokumen : No. Bagian farmasi menerima penggantian sediaan farmasi dari pasien dan memeriksanya kesesuaian data dalam form dengan barang yang diterima. Bagian farmasi melakukan avoid di SIM RS untuk semua sediaan farmasi yang dikembalikan oleh pasien ke bagian farmasi. 5. Instalasi Farmasi 2. UNIT TERKAIT 1. 9.Raya Cileungsi 3/2 Jonggol Km : 10 7.

Raya Cileungsi 4/2 Jonggol Km : 10 . Revisi : Halaman : Jl. PENANGANAN PASIEN RENCANA SKKM DAN RENCANA BPJS DI INSTALASI FARMASI RSUD CILEUNGSI No. Dokumen : No.