You are on page 1of 8

MEDAN LISTRIK

Medan listrik adalah daerah di sekitar benda bermuatan listrik yang masih
mengalami gaya listrik. Jika muatan lain berada di dalam medan listrik dari
sebuah benda bermuatan listrik, muatan tersebut akan mengalami gaya listrik
berupa gaya tarik atau gaya tolak.
Arah medan listrik dari suatu benda bermuatan listrik dapat digambarkan
menggunakan garis-garis gaya listrik. Sebuah muatan positif memiliki garis gaya
listrik dengan arah keluar dari muatan tersebut. Adapun, sebuah muatan negatif
memiliki garis gaya listrik dengan arah masuk ke muatan tersebut.

Gambar arah medan listrik (a) keluar dari muatan positif dan
(b) keluar dari muatan negatif.
Suatu muatan (sumber) q menghasilkan medan (listrik) sehingga bila ada
muatan lain (muatan uji) qo yang berada di sekitar muatan tersebut maka muatan
uji tersebut akan mengalami gaya akibat muatan sumber tersebut. Besar gaya yang
dialami muatan uji qo, yaitu F, dihubungkan dengan pengertian medan gaya
(medan listrik) yang dihasilkan oleh muatan sumber q, yaitu
𝑭
𝑬=
𝒒𝟎
Jika muatan sumber adalah q yang terletak pada posisi rq, maka kuat medal listrik
pada suatu titik A yang posisinya rA adalah
𝒒
𝑬𝑨 = 𝒌 𝒓̂
𝑨𝒒
𝒓𝑨𝒒 𝟐
𝒓𝑨 −𝒓𝒒
Dengan 𝒓𝑨𝒒 = |𝒓𝑨 − 𝒓𝒒 | ; 𝒓̂
𝑨𝒒 = |𝒓 −𝒓 |
𝑨 𝒒

Sehingga. x jarak dari pusat cincin. persamaan di atas untuk medan listrik adalah untuk besarnya medan listrik. Pertimbangkan sepotong kecil biaya dq sebagai sketsa dalam diagram. Komponen dEx itu medan listrik sepanjang arah sumbu tegak lurus terhadap bidang cincin . Karena muatan dq ada. Medan listrik oleh muatan cincin Sebuah cincin dari jari-jari memiliki kerapatan muatan yang seragam dengan muatan total yang T.Seperti halnya gaya listrik (gaya coulamb). medan listrik pada posisi rA akibat beberapa muatan titik qi yang berada pada posisi ri adalah 𝑬𝑨 = 𝑬𝑨𝟏 + 𝑬𝑨𝟐 + … 𝒒 𝒒 =𝒌 ̂ 𝒓 𝑨𝟏 + 𝒌 𝒓̂ + ⋯ 𝒓𝑨𝟏 𝟐 𝒓𝑨𝟐 𝟐 𝑨𝟐 𝒒 = 𝒌 ∑( 𝒓̂ 𝑨𝒊 ) 𝒓𝑨𝒊 𝟐 𝒊 1. Kepadatan muatan = Q / (2 a) Ingat. medan listrik juga besaran vektor. ada suatu medan listrik dE di titik P dalam arah yang ditunjukkan. Hitung medan listrik sepanjang sumbu cincin pada suatu titik P.

sekali jari-jari cincin adalah ditentukan dan posisi x. Dari diagram tersebut. Bagaimana dengan komponen dari E yang tegak lurus terhadap arah ini Dengan simetri bahwa komponen adalah nol?. komponen mereka tegak lurus terhadap sumbu simetri hanya membatalkan. dE dE cos x = dE x = dE (x / r) dE x = [k dq / r 2 ] (x / r) dE x = [k dq / r 3 ] x dE x = [kx dq / r 3 ] dE x = [kx / r 3 ] dq Perhatikan bahwa. dengan geometri ini. r dan x tidak berubah seperti yang kita mengintegrasikan lebih dari dq. ada elemen lain biaya dq di sisi berlawanan dari cincin yang menyebabkan medan listrik yang hanya membatalkan yang pertama . r = √ (a2 + x2 ) r 3 = (a2 + x2 ) 3/2 1 / r 3 = 1 / (a2 + x2 ) 3/2 Ingat. Anda dapat melihat bahwa untuk setiap elemen biaya dq. yang sepenuhnya menentukan r.yaitu. Perhatikan bahwa komponen mereka sepanjang sumbu tidak membatalkan karena mereka terletak pada arah yang sama Medan Listrik oleh Muatan Cakra Sekarang kita telah melihat medan listrik karena muatan cincin. . kita dapat membangun dan memperluas bahwa ide-ide kita dan melihat medan listrik karena oleh muatan cakra. x dan tidak variabel.

Cincin memiliki jari-jari r dan ketebalan dr dan membawa muatan dq. Tapi dq hanya proporsional ke daerah tersebut. dq = dA dq = [C dr] dq = [(2 r) dr] dq = 2 r dr Untuk muatan Q pada sebuah cincin berjari-jari r. Hitung medan listrik di titik P yang terletak sepanjang sumbu tengah dari disk dan x jarak dari pusatnya. Sebuah disk jari-jari R memiliki muatan seragam per satuan luas . kami menemukan bahwa medan listrik pada jarak x dari bidang cincin itu kita memiliki muatan dq bukan Q dan cincin memiliki radius r bukan a. Jadi kita dapat menulis .

Tapi substitusi variabel masih cukup langsung dan mudah.Hati-hati. batas-batas integrasi adalah penting. Kita bisa melihat hal ini dalam tabel integral. Hasil ini hanya berlaku untuk x > 0 dan harus diubah sedikit untuk x < 0. .

Apakah medan listrik di titik P karena sepotong kecil biaya T terletak di posisi x.2. seperti ditunjukkan pada gambar ? E=k Q/x2 Kami akan melakukan sebuah integrasi dari x = d untuk x = d + jadi kita perlu mengubah sejumlah kecil muatan q menjadi panjang kecil x. Hitung medan listrik di titik P sepanjang sumbu batang. Q= x E=k( x) / x 2 dimana =Q/ dE = k ( dx) / x 2 dE = k (Dx / x 2) . Medan listrik oleh muatan batang Sebuah batang panjang memiliki muatan seragam per satuan panjang dan muatan total yang T. suatu jarak d dari salah satu ujungnya.

.

DAFTAR PUSTAKA Abdullah Mikrajuddin.shvoong.com/internet-and-technologies/universities-research- institutions/2174602-mengenal-hukum-coulomb/ http://file. Bandung: ITB http://id. 2006.edu/Direktori/FPMIPA/JUR.pdf .upi._PEND. DIKTAT FISIKA DASAR II._FISIKA/197701102008011- RIDWAN_EFENDI/P2-Medan_Listrik_%5BCompatibility_Mode%5D.