You are on page 1of 30

Conducting Marketing Research

and Forecasting Demand (4)
Ratih Hurriyati
2017

RISET PEMASARAN
Riset pemasaran ialah desain,
pengumpulan , analisis dan pelaporan
data secara sistematis yang relevan bagi
suatu situasi pemasaran tertentu yang
dihadapi sebuah organisasi (Kotler 2011)
Riset pemasaran merupakan suatu
perencanaan proses perencanaan,
pengumpulan, dan analisis data yang
relevan untuk pengambilan keputusan
pemasaran (Lamb 2006)

2

Build-A-Bear
Workshop makes
the most of
“interactive
entertainment
retailing”

4-3

Gillete Venus Pink .

Fungsi deskriptif. spesifikasi tentang bagaimana menggunakan riset 4. Fungsi diagnostik.Peran Riset Pemasaran Bagi Manajemen 1. 2. mencakup pengumpulan dan penyajian pernyataan tentang fakta. Fungsi deskriptif dan diagnostik untuk memperkirakan hasil keputusan pemasaran yang direncanakan. Fungsi prediktif. 3. . penjelasan tentang data atau tindakan.

RISET HARGA 4. Klasifikasi Riset Pemasaran RISET PEMASARAN RISET IDENTIFIKASI MASALAH RISET PENYELESAIAN MASALAH 1.RISET PERILAKU KONSUMEN 6. RISET POTENSI PASAR 1. RISET TREND BISNIS . RISET ANALISIS PENJUALAN 5. RISET PANGSA PASAR 2. RISET PERAMALAN 7. RISET SEGMENTASI 2.RISET KARAKTERISTIK PASAR 4.RISET PROMOSI 5.RISET PRODUK 3. RISET CITRA (IMAGE) 3.

riset yang dilakukan untuk membantu mengidentifikasikan masalah yang tidak selalu jelas kelihatan di permukaan ada kemungkinan muncul di masa yang akan datang Riset Penyelesaian masalah riset yang dilakukan untuk membantu penyelesaian masalah pemasaran yang spesifik .KLASIFIKASI RISET Riset Identifikasi masalah .

atau demographi . atau Research pasar dengan lebih baik. Riset pemasaran untuk Causal menguji hipotesis tentang Research Hubungan sebab akibat . 8 . situasi.ex pasar Bagi suatu produk. Mendefinisikan masalah dan tujuan riset pemasaran Riset pemasaran untuk Exploratory mengumpulkan informasi awal yang Research Akan membantu dalam pendefinisian Masalah dan pengusulan hipotesis Riset pemasaran untukmenjelaskan Descriptive Masalah pemasaran.

Bentuk perusahaan ini biasanya menyediakan spesialisasi dari penyediaan atau pelayanan dari riset. .  3. Sistem perusahaan ini berbentuk penyewaan spesifikasi dari obyek dan proyek luar. Hasil riset pelayanan tertulis. Perusahaan yang merupakan bagian objek penelitian. Kekhususan tim peneliti perusahaan. Misalnya.  2. Mereka merancang study dan hasil dari apa yang telah mereka temukan. Sebagai contoh utama adalah tempat pelayanan perusahaan itu sendiri di mana ini menjual seperti bentuk interelasi ke perusahaan lain. Konsumen dalam bentuk perusahaan ini dan pertukaran informasi yang ada di mana perusahaan menjual untuk mendapatkan keuntungan. media penelitian Nielsen. SAMI/Burke.bentuk penelitian pemasaran  1.

Maintains “healthy” skepticism. perkiraan nilai informasi terhadap biaya 6. Is scientific.RISET PEMASARAN YANG BAIK 1. data diinterpretasikan melalui model yang saling terkait 5. Acknowledges the cost & value of information. mengembangkan cara inovatif 3. Is ethical. Menggunakan prinsip ilmiah 2. Uses multiple methods. harus sesuai dengan norma yang berlaku 10 . Realizes the interdependence of models & data. skeptimisme yang sehat terhadap asumsi yang berlaku 7.menggunakan metode berganda 4. Is creative.

The Marketing Research Process Proses Riset Pemasaran Meng Identifikasikan masalah Merencanakan Riset Desain Menentukan Prosedur sampling Mengumpulkan Data Menganalisis data Mem Persiapkan laporan Tindak lanjut/ Follow Up 11 .

riset tujuannya memberikan informasi yang pemasaran memiliki wawasan bagi pengambilan keputusan . Masalah Masalah yang luas memerlukan riset Keputusan pemasaran agar para manajer dapat Manajemen mengambil tindakan yang benar 12 .Identifikasi Masalah & Peluang Masalah Menentukan informasi apa yang diperlukan dan bagaimana informasi Riset tersebut diperoleh secara efektif dan Pemasaran efisien . Informasi yang spesifik diperlukan untuk Tujuan memecahkan masalah riset pemasaran .

Perencanaan riset desain Memperinci Bagaimana dan Pertanyaan Kapan data Riset yang Tersebut Harus Harus dijawab? ? dikumpulkan? Bagaimana data Tersebut Akan Dianalisis ? 13 .

Sampling Suatu bagian dari suatu populasi yang Sample lebih bsar . Universe Populasi dari mana sampel akan diambil Setiap elemen dalam populasi Probability memiliki kemungkinan secara statistik Sample untuk terpilih Setiap Sampel mempunyai Non Probability kemungkinan untuk mendapatkan Sample suatu perwakilan dari populasi 14 .

Tipe sampel Non-Probability Probability Samples Samples Simple Random Convenience Sample Sample Stratified Judgment Sample Sample Cluster Quota Sample Sample Systematic Snowball Sample Sample 15 .

Menentukan Prosedur sampling Universe Sample Probability Samples Non-Probability Samples 16 .

Mengumpulkan data  Data sekunder ialah Data  Teknik yang paling populer dalam sebelumnya yang dikumpulkan pengumpulan data primer adalah untuk tujuan manapun riset survey dimana seorang  Data primer ialah informasi yang peneliti berinteraksi dengan orang dikumpulkan untuk pertama orang untuk memperoleh fakta. dapat digunakan untuk pendapat dan sikap menyelesaikan masalah yang diselidiki 17 . kalinya.

Sources of Secondary Data Sumber data sekunder Internal Corporate Information Informasi internal perusahaan Government Agencies Agen pemerintah Trade and Industry Associations Asosiasi industri dan Perdagangan Marketing Research Firms Perusahaan Riset Pemasaran Commercial Publications Publikasi komersil News Media Media Surat kabar 18 .

Riset Survey In-Home Interviews Mail Surveys Mall Intercept Interviews Executive Interviews Telephone Interviews Focus Groups (Home and Central Location) 19 .

Mengumpulkan data  Data dilapangan dikumpulkan terutama data primer melalui kuesiner yang berkualitas Clear and Concise No Ambiguous Language Qualities Unbiased of Good Questionnaires Reasonable Terminology 20 .

sebuah metode dari analisis data yang melihat respons terhadap suatu pertanyaan dalam hubungannya dengan respon terhadap satu atau lebih pertanyaan lainnya 21 .Analisis data  Cross-Tabulation atau tabulasi silang.

Preparing and Presenting the Report (persiapan dan penyajian laporan) • Concise statement of the research objectives (pernyataan dari tujuan riset) • Explanation of research design (penjelasan desain riset) • Summary of major findings (Kesimpulan dari penemuan utama) • Conclusion with recommendations (konklusi dengan rekomendasi) 22 .

Following Up (Tindak Lanjut)  Apakah informasi yang didapat memadai untuk dapat digunakan dalam pengambilan keputusan  Apa yang harus dilakukan untuk membuat laporan lebih berguna bagi manajemen  Apakah yang direkomendasikan dapat diikuti 23 .

) 24 . potensi laba pada setiap peluang pasar  Peramalan digunakan untuk mengestimasi permintaan pasar  Permintaan pasar merupakan fungsi dari sejumlah kondisi tertentu (prediction of actual sales volume that is expected in a future time period for a given level of marketing support.Forecasting & Demand Measurement Peramalan & pengukuran Permintaan  Riset pasar digunakan untuk mengukur pertumbuhan.

Riset Pasar Mendefinisikan Pengembangan Mengumpulka Masalah dan Perencanaan informasi Tujuan riset riset Mem Menganalisis Presentasikan informasi Temuan 25 .

The Measures of Market Demand Dunia Level U.A. Ruang Region Territori Pelanggan Semua penjualan Penjualan industri level Penjualan perusahaan Produk Penjualan lini produk Penjualan bentuk produk Penjualan jenis produk Pendek Medium Panjang Jangka Waktu 26 .S.

Permintaan Permintaan perusahaan Permintaa n pasar 27 .

sekumpulan konsumen yang mempunyai minat. sekumpulan konsumen yang telah membeli produk perusahaan  A Vocabulary for Demand Measurement ◦ Market Demand Permintaan Pasar  Market share /panga pasar  Market penetration index / angka penetrasi pasar  Share penetration index/angka pangsa penetrasi 28 .Forecasting and Demand Measurement  Which Market to Measure? Pasar mana yang akan diukur ◦ Market ◦ Potential market (pasar yg potensial) ◦ Available market (pasar yang tersedia. pendapatan dan akses terhadap tawaran tertentu) ◦ Target market (severed market) (pasar yang terlayani) ◦ Penetrated market .

jumlah penjualan maksimum yang mungkin tersedia bagi seluruh perusahaan pada industri tertentu selama periode tertentu  Potensi Pasar wilayah ◦ The market buildup method (metode pembentukan pasar) pengidentifikasian seluruh calon pembeli pada masing-masing pasar dan mengestimasi pembelian mereka ◦ The multiple-factor indeks method (metode indeks berbagai faktor) digunakan untuk pasar konsumsi dengan metode indeks  Penjualan Industri (jumlah penjualan rata rata industri)  Pangsa Pasar (market share) jumlah pasar yang terlayani dari rata rata industri 29 .Meramal Permintaan  Total Potensi Permintaan Pasar.

Meramal Permintaan yang Akan Datang  Survei keinginan pembeli  Pendapat para salesman  Opini Ahli  Analisis Penjualan Sebelumnya  Metode tes pasar 30 .