You are on page 1of 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Satuan Pendidikan : MTs Maharesi Siddiq Wanantara
Mata pelajaran: : IPS
Kelas/Semester: : IX/Genap
Tema : Peran Indonesia dalam Kerjasama
Antarnegara
Sub tema : Peran Indonesia dalam Perdagangan,
Industri dan Kerjasama Antarnegara
Alokasi Waktu : 4 X 40 Menit

A. Kompetensi Inti (KI)

KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar

1. 1 Mensyukuri kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa
Indonesia untuk melakukan kerjasama Antarnegara
2. 1 Memiliki perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai
perwujudan rasa nasionalisme
3.1 Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam mewujudkan
kesatuan wilayah Nusantara yang mencakup perubahan dan keberlanjutan kehidupan
manusia (ekonomi, sosial, budaya

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1.1 Menunjukkan rasa syukur kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada
bangsa Indonesia untuk melakukan kerjasama Antarnegara
2.1.1. Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai
perwujudan rasa nasionalisme
3.1.1 Menyebutkan bentuk -bentuk kerjasama
3.1.2 Memberikan contoh bentuk -bentuk kerjasama di bidang politik
3.1.3 Mendeskripsikan tujuan kerjasama bidang politik
3.1.4 Mendeskripsikan prinsip kerjasama di bidang politik
3.1.5 Mendeskripsikan peran Indonesia dalam kerjasama antarnegara bidang politik
4.1.1 Menyajikan hasil olahan telaah tentang hasil peran Indonesia dalam kerjasama di bidang
politik

D. Materi Pembelajaran

A. Bentuk-bentuk kerjasama
B. Contoh Bentuk kerjasama di bidang politik
C. Tujuan Kerjasama di bidang politik
D. Prinsip kerjasama di bidang politik
E. Peran Indonesia dalam kerjasama antarnegara bidang politik

Statemen  Dari pertanyaan kelompok dihimpun.melindungi segenap bangsa pemberian Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan rangsangan) kesejahteraan umum. Pertemuan Pertama : 2 x (40 Menit) Langkah Sintak Model Deskripsi Alokasi Pembelajaran Pembelajaran Waktu Kegiatan Pendahuluan Discovery Learning Langkah Sintak Model Alokasi Deskripsi Pembelajaran Pembelajaran Waktu Kegiatan Discovery  Guru menunjuk salah satu siswa untuk 10 Pendahuluan Learning memimpin do’a  Mengecek kehadiran siswa. Bilateral . mencerdaskan kehidupan bangsa..  Siswa diminta mengamati potongan teks 1.  Motivasi: Guru mengajak peserta didik untuk melakukan beberapa gerakan agar peserta Didik bersemangat mengikuti Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran 1. Deskripsikan tujuan kerjasama bidang politik ! 4.E.Deskripsikan peran Indonesia dalam kerjasama antarnegara bidang politik !  Setiap kelompok mencari jawaban dari internet atau dari buku siswa Data Colection  Setiap kelompok mencatat semua jawaban Data dari pertanyaan diatas processing (pengolahan Data)  Cocokkanhasiljawabantiap-tiap kelompok : Verification 1. perdamaian dan keadilan sosial .Stimulation Pembukaan UUD 1945 pada alenia ke 4 “ (Stimulasi / “…... 1. “ 2. Deskripsikan prinsip kerjasama di bidang politik ! 5. Problem  Tiap-tiap kelompok menanyakan pada tayangan di atas. Bentuk-bentuk kerjasama : a. Kegiatan Inti  Guru membagi kelompok dengan anggota 60 4-5 Siswa. dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. kemudian guru memunculkan pertanyaan.Berikancontohbentuk -bentuk kerjasama di bidang politik ! 3. Sebutkan bentuk-bentuk kerjasama ! 2. jika dari peserta didik tidak terdapat pertanyaan yang mengarah ke materi.

4.Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan. Mempertahankan kemerdekaan. Multilateral 2. b) Memajukan kesejahteraan umum. d). b.Pemrakarsa dan Penyelenggara Konferensi Asia Afrika b. melindungi segenap bangsa Indonesiadan seluruh tumpah darah Indonesia.  Motivasi: Guru mengajak peserta didik untuk melakukan beberapa gerakan agar peserta didik bersemangat mengikuti pembelajaran  Appersepsi : Menanyakan tentang peran Indonesia dalam kerjasama antar negara di bidang politik Kegiatan Inti  Guru membagi kelompok dengan anggota 60 ‘ 4-5 Siswa : . dan keadilan sosial.Anggota Organisasi Konferensi Islam Kegiatan Penutup  Kesimpulan disampaikan dari peserta didik dari materi pembelajaran  Refleksi dengan menanyakan tentang  pembelajaran  Pemberian tugas untuk pembelajaran pada pertemuan berikutnya    2. PBB 3. a). c) . Pendiri ASEAN d. Pendiri Gerakan Non-Blok c. Pertemuan kedua: (1JP = 2 x 40 Menit) Langkah Sintak Model Deskripsi Alokasi Pembelajaran Pembelajaran Waktu Kegiatan Saintifik  Guru menunjuk salah satu siswa untuk 10 ‘ Pendahuluan memimpin do’a  Mengecek kehadiran siswa. Peran Indonesia dalam kerjasama antarnegara bidang politik : a. ASEAN b. perdamaian abadi. Mencerdaskan kehidupan bangsa. a. Aktif dalam Kegiatan PBB e. bangsa Indonesia memutuskan untuk tidak memihak kepada Blok Barat maupun Blok Timur sekaligus menentapkan prinsip bebas aktif sebagai prinsip politik luar negerinya 5.

pertemuan Gerakan Nonblok dan OKI diadakan atas inisiatif Indonesia. Pendek kata. pihaknya bekerja sama tidak hanya dengan Indonesia tetapi dengan banyak negara.Bagaimana peran aktif Indonesia dalam rangka turut menjaga ketertiban dan perdamaian dunia? b.Apa hubungan antara prinsip politik luar negeri bebas aktif dengan dukungan yang diberikan oleh Indonesia kepada Pelastina? c.Berdasarkan wacana di atas. Sementara itu. Mengamati 1.“Upaya diplomasi kita terus lanjutkan bahkan ditingkatkan. Menanya Sumber:www. papar Marty. Pada sepanjang Jumat lalu di New York Amerika Serikat. Bacalah wacana berikut ini! Palestina Ucapkan Terima Kasih atasDukungan Rakyat Indonesia Duta Besar Palestina untuk Indonesia Fariz Mehdawi mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia terhadap negaranya yang mendapat serangan dari militer Israel. Berbicara di kompleks istana kepresidenan Jakarta (14/7/2014)Fariz menjelaskan. diplomasi bekerja di New York dan di Jenewa. Carilah dari internet/sumber lain peran Indonesia di bidang politik selain dari Mengumpul wacana di atas ! kan informasi Mencari informasi dari internet tentang /mencoba peran Indonesia di bidang politik Menalar/ mengasosiasi Peserta didik secara berkelompok menjawab .pikiran-rakyat. termasuk perempuan dan anak-anak.com dengan pengubahan 2. Termasuk penyaluran bantuan uang 1 juta dolar Amerika dan bantuan obat-obatan dari Indonesia untuk Palestina. Menanyakan apa yang bisa dibantu Indonesia. Marty Natalegawa menambahkan bahwa pihaknya telahberbicara dengan Menteri Luar Negeri Palestina. Indonesia terus memperjuangkan upaya diplomasi untuk Palestina di forum-forum internasional. jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! a. serangan Israel ke Jalur Gaza di Palestina telah menewaskan banyak warga sipil. Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa menjelaskan.Termasuk penggelaran sidang khusus komisi HAM PBB”.Mengomuni wacana di atas ! kasikan Tiap-tiap kelompok mengkomunikasikan hasil kerja kelompoknya Kegiatan Penutup  Kesimpulan disampaikan dari peserta 10 didik dari materi pembelajaran  Refleksi dengan menanyakan tentang  pembelajaran  Pemberian tugas untuk pembelajaran pada pertemuan berikutnya .

Pertemuan Kedua Presentasi hasil diskusi ( Instrumen penilaian terlampir )  Pembelajaran remidial dilakukan apabila peserta didik pada tes tulis  pengetahuan hasilnya kurang dari KB /KKM yaitu 75  Pembelajaran pengayaan dilakukan apabila peserta didik pada tes tulis pengetahuan hasilnya lebih dari KB/KKM yaitu 75 1. Deskripsikan tujuan kerjasama bidang politik ! 4. b) Memajukan kesejahteraan umum. Bangsa Indonesia memutuskan untuk tidak memihak kepada Blok Barat maupun Blok Timur sekaligus menentapkan prinsip bebas aktif sebagai prinsip politik luar negerinya ( skor = 2 ) . apabila tidak pernah melakukan Skor No Aspek Pengamatan 1 2 3 4 1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu 2 Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan 3 Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi 4 Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan 5 Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan Jumlah Skor 2. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1.perdamaian abadi. Penilaian Pengetahuan a. ( skor = 8 ) 4. Bilateral b. d) Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan. apabila selalu melakukan sesuai pernyataan 3 = Sering. apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan 2 = kadang-kadang. Bentuk-bentuk kerjasama : ( skor = 2 ) a. Pertemuan Pertama Soal Tertulis : 1. dan keadilan sosial. Sebutkan bentuk-bentuk kerjasama ! 2. Penilaian. a)Mempertahankan kemerdekaan. F. ASEAN (skor = 2) b. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 1 = tidak pernah. c) Mencerdaskan kehidupan bangsa.Berikan contoh bentuk -bentuk kerjasama di bidang politik ! 3. Penilaian sikap dan Spiritual 4 = Selalu.Deskripsikan peran Indonesia dalam kerjasama antarnegara bidang politik ! b. a. Multilateral 2. PBB 3. Deskripsikan prinsip kerjasama di bidang politik ! 5.

Pd... 5..Media/alat. Bahan. 5. G... Peran Indonesia dalam kerjasama antarnegara bidang politik : ( skor = 8) a.S.... 2...... 3... Pendiri ASEAN d... Sumber Belajar : Buku IPS Kelas IX Cirebon.. 4. Aktif dalam Kegiatan PBB e.. Anggota Organisasi Konferensi Islam 2..Pd .S.. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mapel IPS MTs Maharesi Siddiq Umar Faruq. Penilaian ketrampilan Instrumen Pengamatan diskusi: Aspek Nama Jumlah No..... dan Sumber Belajar 1.Gambar dan koran 2... .. Pemrakarsa dan Penyelenggara Konferensi Asia Afrika b. Media/Alat : LCD. Kerja Nilai Siswa Gagasan Inisiatif Keaktifan Kedisiplinan Skor sama 1.I Yulina Sari.. Pendiri Gerakan Non-Blok c.....